Universal Studios

Home / Amusement Park / Universal Studios
Item image

Universal Studios Japan atau USJ adalah taman bermain (theme park) pertama yang dibangun oleh Universal Studio di Jepang. Universal Studios Japan dibuka pada Maret 2001 di area seluas 39 hektar di dekat tepi Teluk Osaka. Taman bermain USJ menjadi arena permainan yang paling sering dikunjungi setelah Tokyo Disney Resort. Di sini kita bisa menikmati berbagai petualangan seru dan mencoba merasakan bermain di film-film Hollywood. Universal Studios Japan terdiri dari 8 bagian: Hollywood, New York, San Francisco, Jurassic Park, Waterworld, Amity Village, Universal Wonderland dan The Wizarding World of Harry Potter. Yang terakhir yakni area Harry Potter menjadi arena terbaru yang dibuka pada Juli 2014 dan menyedot banyak pengunjung. Mau tahu serunya mencoba beragam permainan di Universal Studio Jepang ini?

Kalau teman-teman pernah mengunjungi Universal Studio di Singapura, Universal Studio Jepang menawarkan sesuatu yang lebih keren dan spektakuler. Selain ada puluhan wahana permainan dan atraksi seru, kita dapat menyimak teknik-teknik pembuatan film dan menikmati berbagai atraksi seru seperti the Amazing Adventure of Spiderman, Hollywood Dream, WaterWorld Show, The Terminator 2 (3D), Shreks’s (4D), Adventure/ Sesame Street Movie Magic, Snoopy’s Playland, Jurassic Park, dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa menikmati satu hari penuh di USJ dengan menaiki roller coster sambil menikmati simulasi film Spiderman, Back to the Future, dan film lainnya. Bisa juga melihat atraksi dan hiburan tarian yang diadakan hampir setiap 30 menit di seluruh penjuru taman

Di wahana Jurassic Park, kita bisa melihat dinosaurus pemakan tumbuhan di balik pepohonan sekaligus merasakan sensaji takut dikejar Raptor, T-Rex dan dinosaurus lain. Belum lagi cipratan-cipratan air yang membuat wahana Jurrassic Park memiliki keunikan dan sisi menarik yang siap memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke Universal Studios ini. Setelah dari wahana Jurassic Park, kita bisa melanjutkan ke wahana permainan Jaws. Di wahana permainan ini, kita akan menaiki sebuah kapal dan menelusuri area danau. Dan kita mesti waspada karena ada ikan hiu yang terdapat di wahana permainan ini akan muncul tiba-tiba dan menyerang kapal. Dengan ditambah segala macam spesial efek seperti api dan berbagai efek lainnya, tentu membuat wahana Jaws ini semakin menarik untuk dikunjungi. Oh iya di bagian pintu masuk disediakan jas hujan transparan, teman-teman silakan menggunakannya supaya baju tidak kebasahan sehingga tetap bisa mencoba wahana-wahana permainan lain.

Selain itu, ada wahana Dunia Sihir Harry Potter yang mulai diperkenalkan di Universal Studio Jepang sejak musim panas 2014. Kita bisa merasakan sendiri “dunia Harry Potter” yang selama ini hanya dapat kita lihat dari film-film seri Harry Potter. Ada bangunan kastil Hogwarts dengan atraksi utama tur berkeliling Hogwarts, seperti masuk ke ruangan kantor Dumbledore, ruangan asrama Gryffindor, hingga merasakan belajar di ruangan kelas pertahanan terhadap sihir hitam dengan Professor Snape sebagai pengajarnya.

hogwarts di Universal Studio Jepang

Hogwarts di Universal Studio Jepang

Selain itu, kita juga pergi ke toko Ollivanders dan memilih tongkat sihir kita. Bahkan, kita bisa menggunakannya untuk membuat semburan api dan membuat salju turun. Wah, keren kan?

Jangan lewatkan juga wahana permainan roller coaster dengan bentuk Hippogriff, yakni hewan peliharaan Hagrid yang hampir dibunuh dalam kisah “Harry Potter and the Prisoners of Azkaban“. Kita akan dibawa berkeliling area kebun Hogwarts dan rumah Hagrid. Jangan lupa juga untuk menikmati santapan di Three Broomsticks yang tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta Harry Potter. Kita akan dibawa dalam suasana ruangan makan luas dengan atap tinggi dan balkon-balkon khas Hogwarts. Menu makanan favorit disini adalah menu-menu makanan khas Inggris, seperti anke roti, ikan goreng, dan tentunya Great Feast (gabungan salad, daging ayam asap, kentang, dan jagung yang begitu lezat).

Makan di Hogsmeade di Universal Studio Jepang

Makan di Hogsmeade Universal Studio Jepang

Buat teman-teman yang berencana mengunjungi USJ sambil membawa anak-anak, bisa mencoba ke area Universal Wonderland di mana ada beragam permainan dengan karakter dari Sesame Street, Snoopy, dan Hello Kitty. Permainan di area Wonderland ini akan mengajak anak-anak untuk bekerja sama sekaligus mengenalkan tanggung jawab dari pilihan yang dia ambil. Buat anak-anak yang lebih kecil, mereka bisa belajar beragam warna dan bentuk melalui pola-pola permainan yang disediakan. Sebagai catatan, mayoritas wahana permainan bertema “air” sehingga mayoritas pakaian anak-anak akan basah. Teman-teman sebaiknya mempersiapkan 1 atau 2 set pakaian ganti buat berjaga-jaga supaya tidak sakit karena kedinginan. Buat yang membawa bayi, kamu bisa menyewa kereta dorong bayi tersedia dengan harga 1.000 yen untuk sehari penuh.

Informasi tambahan tentang Universal Studios Japan

  1. Usahakan datang sejak pagi hari. Dengan begitu, kita bisa menikmati seluruh permainan dan hiburan yang ada di taman bermain. Sayang kan sudah membayar 7.600 Yen atau sekitar 800 ribu rupiah namun hanya sebentar di USJ.
  2. Salah satu trik yang sering saya sampaikan bagi para pengguna Tour Guide Online adalah penggunaan Ekspress Pass atau dengan membeli VIP Wristband, di mana kita bisa masuk 30 menit lebih awal daripada para pengunjung lainnya. Minimal, kita sudah bisa bermain 1 wahana langsung dengan VIP Wristband ini. Beli VIP Wristband USJ di sini.
  3. Membawa minuman sendiri. Di area taman, ada mesin penjual otomatis, namun hanya menjual minuman bersoda dan minuman dingin, tidak ada air mineral. Dengan membawa air mineral, kita bisa tetap segar berkeliling taman, tanpa perlu kehausan.
  4. Titip tas di loker dekat pintu masuk. Bagi teman-teman yang datang dari Kansai Airport, tidak perlu menunggu hingga siang hari untuk check-in di hotel. Kita bisa langsung menuju ke Universal Studios Japan dengan membawa koper dan tas, lalu menitipkannya di loker yang tersedia (ke bangunan di sebelah kiri pintu masuk). Sebetulnya tersedia juga loker di dalam Universal Studios Japan, namun ukurannya kecil. Jika ingin menitipkan koper atau tas-tas yang ukurannya besar. Adapun harga lokernya adalah sebagai berikut:
    ukuran kecil (lebar 35cm x panjang 45cm x tinggi 40cm) 400 yen
    ukuran sedang (lebar 35cm x panjang 45cm x tinggi 53cm) 600 yen
    ukuran besar (lebar 35cm x panjang 45cm x tinggi 80cm) 1000 yen
    ukuran kecil dan bisa buka tutup (lebar 36cm x panjang 42cm x tinggi 30cm) 400 yen

Tempat wisata lain di sekitar Universal Studio Japan

Puas bermain di Universal Studio Jepang, teman-teman bisa mengunjungi Taman Tempozan atau Museum Takoyaki Osaka yang masih berada dalam satu kawasan Universal City. Plus, kalau mau menikmati pemandangan Teluk Osaka dari atas kapal, bisa mencoba naik kapal Captain Line yang menghubungkan Universal Studio Jepang dengan Akuarium Kaiyukan Osaka.

Akses Menuju Universal Studios Japan

Dengan Kereta dari Osaka

Kita bisa dengan mudah masuk ke Universal Studios Japan karena letaknya sangat dekat dengan stasiun. Dari Stasiun Osaka kita bisa transit di Stasiun Nishikujo dan kemudian melanjutkan naik kereta JR Yumesaki ke Stasiun Universal City. Total waktu tempuhnya 17 menit dan perlu 180 yen. Kalau teman-teman mau langsung ke Universal Studio dari Bandara Kansai (Kansai Airport), bisa mengambil kereta JR Kansai Airport menuju Stasiun Nishikujo dan melanjutkan naik kereta JR Yumesaki dan turun di Stasiun Universal City di pintu masuk Universal Studio. Total waktunya 1 jam 15 menit dengan ongkos 1190 Yen.

Dengan kereta dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Kyoto Line sampai Stasiun Osaka, lalu berpindah ke kereta Osaka Loop Line sampai Stasiun Nishikujo dan kemudian melanjutkan naik kereta JR Yumesaki ke Stasiun Universal City. Total waktu tempuhnya 48 menit dengan ongkos 800 yen.

Dengan Kereta dari Namba

Dari Namba, teman-teman bisa jalan kaki dahulu ke Stasiun Osaka-Namba (di jalur kereta Hanshin). Lalu naik kereta Hanshin sampai Stasiun Nishikujo, kemudian berpindah ke kereta JR Yumesaki Line sampai Stasiun Universal City. Lama perjalanannya sekitar 20 menit dengan ongkos 360 yen.

Dengan Bus

Kita bisa naik bus langsung ke USJ dari Kansai Airport dengan total waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dan biaya 1.550 yen. Bus berangkat pada jam 07.15, 08.55, 09.55, 10.55, 11.55, 12.55, 14.55, 15.55, 18.55, 20.55 dari Kansai Airport. Teman-teman dari Tokyo, Nagoya, atau daerah lainnya juga bisa berangkat dengan bus malam dan tiba di Universal Studios Japan pada pagi hari.

Pertunjukkan tarian di Universal Studios Japan
Universal Studio Japan

Waktu Berkunjung

Kita bisa masuk ke Universal Studios Japan setiap hari sepanjang tahun, mulai dari jam 9 pagi hingga 9 malam tergantung pada musim. Di musim panas, waktu tutupnya diperpanjang hingga jam 9 malam karena sering diadakan pertunjukan tarian dan kembang api. Di musim dingin (November – Januari), waktu tutupnya relatif lebih cepat karena suhu udara yang dingin dan tidak cocok untuk permainan di luar ruangan.

Biaya Masuk

Tiket 1 hari untuk dewasa 12 hingga 64 tahun 7.600 yen
Tiket 1 hari untuk anak-anak 4 sampai 11 tahun 5.100 yen
Tiket 1 hari untuk senior 65 tahun ke atas 6.830 yen

Tiket 2 hari untuk dewasa 12 hingga 64 tahun 12.800 yen
Tiket 2 hari untuk anak-anak 4 sampai 11 tahun 8.620 yen

Beli Online Tiket Masuk
Universal Studios Japan

Galeri Foto Universal Studios Japan

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Tennoji-Ekimae
7 km away
APA Hotel Tennoji-Ekimae
from ‎¥8000/night
Oshiteruya
10 km away
from ¥7410/night
Namba Hostel
5 km away
Namba Hostel
from ‎¥4500/night
Hotel Kansai Umeda
7 km away
from ‎¥5917/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kids Plaza Osaka
8 km away
Gedung Kids Plaza Osaka
Kuil Shitennoji
7 km away
Gerbang Nishijumon di Kuil Shitennoji
Harvest Hill
24 km away
Pintu masuk Harvest Hill Osaka
Air Terjun Minoo
19 km away
jalur menuju air terjun minoo yang dikelilingi pepohonan

Sumber Gambar : BlogSpot, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7,  Flickr JoelJoel


Recommended for you


Last modified: August 10, 2017 by

Close Comments

Comments (72)

  1. Malam pak…

    Setelah bermain di USJ.. saya ingin ke Tempozan Feris wheel.. dan kalau masih ckup wkt. Mau ke museum Takoyaki…

    Itu apakah jaraknya berdekatan atau bisa jalan kaki dri USJ… klo misal naik kereta itu bagaimana cara menuju.nya..?
    Trima kasih

  2. selamat malam pak….rencana perjalanan ke jepang saya tgl 2 – 11 juni, tiba di narita tgl 3 juni pagi, saya sudah beli JR pass 7 hari, lebih baik diaktifkan disaat tiba atau kapan ya pak baiknya? rencana saya sebagai berikut:
    3 – 4 : tokyo
    5 – 6 : disneyland
    7 : osaka
    8 : usj
    9 : kyoto
    10 : tokyo
    11 : balik ke jkt jam 11 siang

    kalau dihitug 7 hari menggunakan JR pass berarti ada sisa 2 hari kan ya pak tanpa JR Pass…lebih baik pakai pass apa ya pak?

    sewaktu saya di tokyo pak…ini list tempat yg akan kami kunjungi tsukiji fish market, tokyo tower, shibuya, harajuku, shinjuku gyoen, ueno park, sensoji temple, ameya yokocho, meiji shrine, ginza, tokyo skytree, akihabara, asakusa….karena kami ada waktu 3 hr untuk di tokyo, bagaimana cara pembagian tempat yg searah ya pak?

    mohon bantuan nya pak…makasih yang sebesar2nya 😊

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan bisa diaktifkan untuk tanggal 4 Juni sehingga bisa mengcover ongkos shinkansen tanggal 10 Juni ke Tokyo.
      Ibu bisa menggunakan free pass harian di Tokyo, dan dicocokkan dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Di artikel di atas tertulis lengkap mengenai stasiun-stasiun mana yang tercover.
      Maaf, Tim Info Jepang tidak menuliskan detail perjalanan di website ini karena akan sangat panjang dan membingungkan pembaca lainnya. Ibu bisa bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan selama di Jepang nanti. Salam

    • melissa  |  

      iya pak makasih….lalu dengan hari terakhir balik ke jakarta….apakah lebih murah beli tiket biasa ke narita airport atau sewa minibus untuk 9 dewasa dan 3 anak2? kalo iya boleh tau harganya pak? makasih pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau ingin ke Narita Airport minibus untuk 12 orang dan barang-barang, harganya bisa 70-80 ribu yen Ibu.
      Jelas naik transportasi umum tetap lebih murah. Salam

    • melissa  |  

      dari apa yg bapak sudah anjurkan ke saya…saya mengambil kesimpulan untuk membeli tiket subway pass 24 jam di tgl kami tiba yaitu tgl 3 juni…apakah pass ini bs dipakai dari narita airport ke shinjuku station pak? karena kami mau taro koper disana lalu pergi ke tsukiji market dan tempat lain yg tdk dicover oleh JR pass yg akan kami aktifkan keeseokan harinya tgl 4 – 10 juni. lalu untuk tgl 11 juninya dgn pesawat siang…kami menginap di ikebukuro…kereta yg mana yg harus kami pakai untuk kembali ke narita express pak? makasih ya pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tidak ada pass harian Tokyo yang mengcover ongkos Narita-Tokyo. Kalau ibu PP via Narita bisa membeli NEX Tokyo Round Trip Ticket (nomor 5) seharga 4000 yen yang bisa dipakai untuk ongkos kereta Narita Express dari dan menuju ke Narita dengan masa berlaku 14 hari. Sedangkan subway pass nya bisa digunakan untuk perjalanan berkeliling tempat wisata di Tokyo. Salam

  3. Siang pak,
    1. Dari shinsabaishi ke universal kalo sudah memiliki jr pass lebih baik mengakses kereta yang mana ya?
    2. Dari shinsabaishi ke kyoto pulang-pergi sudah memiliki jr pass bagaimana ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu harus menambah ongkos lagi karena tidak ada jalur kereta JR di Shinsaibashi Station.
      Ibu bisa naik subway Midosuji Line dari Shinsaibashi Station sampai Umeda Station, kemudian naik kereta JR Osaka Loop Line dari Osaka sampai ke Universal City Station. Dengan JR PASS ibu harus membayar 230 yen ongkos subway Midosuji Line.

      Perjalanan ke Kyoto juga sama. Ibu bisa naik subway Midosuji Line dari Shinsaibashi Station sampai Umeda Station, kemudian naik kereta JR Tokaido Line sampai ke Kyoto Station. Dengan JR PASS ibu harus membayar 230 yen ongkos subway Midosuji Line. Salam

  4. Saya mau tanya lebih baik beli express pass atau vip wrisband?bedanya apa ya….sy baca sama tp kenapa express pass jauh lebih mahal?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Silakan dicek sendiri di website yang menjual VIP Wristband nya. Salam

    • Sy sdh cek spt nya hampir sama….justru saya ingin masukan lbh baik saya beli express pass atu vip wrisband

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tim Info Jepang belum pernah mencoba menggunakan VIP Wristband, hanya pernah Express Pass.
      Untuk menjaga aktualitas dan faktualitas, Tim Info Jepang tidak menjawab hal-hal yang belum pernah dicoba sebelumnya.
      Kalau ibu berkenan nanti bisa berbagi kisahnya di sini. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Santi
2016-05-28 04:26:04
Saya bersama suami dan anak-anak mengunjungi USJ, bagus namun ya penuh banget. Harus siap2 ngantri
Nia
2014-09-24 23:35:33
Seru banget datang ke USJ! Asekk

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!