FAQ Tentang Express Pass di USJ

You are here Home  > Tips Wisata >  FAQ Tentang Express Pass di USJ

Teman-teman tentu ingin bermain dan berlibur di Universal Studios Japan. Sudah jauh-jauh datang dari Indonesia, tapi waktunya habis menunggu antrian demi permainan atau wahana 10-15 menit. Buat teman-teman yang ingin memaksimalkan waktunya di Universal Studios Japan, ada express pass! Express pass ini adalah pass ajaib, yang membuat pemiliknya tidak perlu mengantri. Bagi teman-teman pemiliki express pass, bisa wushh..langsung masuk dan mencoba atraksi tanpa perlu mengantri lama-lama. Seperti apa sih express pass itu? Berikut adalah informasi lengkap mengenai express pass rangkuman Tim Info Jepang.

Sekilas mengenai Universal Studios Japan

Universal Studios Japan atau USJ adalah taman bermain (theme park) pertama yang dibangun oleh Universal Studio di Jepang. Universal Studios Japan dibuka pada Maret 2001 di area seluas 39 hektar di dekat tepi Teluk Osaka. Taman bermain USJ menjadi arena permainan yang paling sering dikunjungi setelah Tokyo Disney Resort. Di sini kita bisa menikmati berbagai petualangan seru dan mencoba merasakan bermain di film-film Hollywood. Universal Studios Japan terdiri dari 8 bagian: Hollywood, New York, San Francisco, Jurassic Park, Waterworld, Amity Village, Universal Wonderland dan The Wizarding World of Harry Potter. Yang terakhir yakni area Harry Potter menjadi arena terbaru yang dibuka pada Juli 2014 dan menyedot banyak pengunjung.

Membeli Express Pass 4 atau Express Pass 7?

Tiket Express Pass terdiri dari dua jenis pass: 4-ride-pass seharga 5.000 yen untuk bermain di 4 buah wahana, atau 7-ride-pass seharga 7.400 yen untuk bermain di 7 buah wahana. Memang ada express pass 6 atau 3, namun biasanya hanya dijual pada event-event tertentu. Pada dasarnya hanya 4-ride pass dan 7-ride pass yang dijual sepanjang tahun. Perlu dicatat, untuk dapat bermain, teman-teman tidak cukup membeli tiket express pass saja, namun juga tiket 1-day Studio Pass (tiket masuk ke Universal Studios Japan) seharga 7.600 yen. Dengan kata lain, teman-teman perlu membayar 2 kali lipat dibanding tiket biasa. Nah, udah bayar mahal-mahal kalau bisa jangan sampai salah memilih pass yang diperlukan.

Berikut adalah kriteria pembanding buat kamu yang masih bingung memilih express pass yang diperlukan.

  1. Datang saat liburan panjang atau saat ada event khusus di Universal Studios Japan (yang berarti ada banyak pengunjung).
  2. Jarang datang ke Universal Studios Japan, hanya sekali dalam beberapa tahun.
  3. Ingin mencoba banyak wahana permainan dalam satu kali kunjungan ke Universal Studio.
  4. Hanya punya waktu pendek di Universal Studios Japan.
  5. Tidak pintar atau malas membuat plan bermain di Universal Studios Japan.
  6. Tidak apa-apa biarpun harus membayar lebih mahal (lebih mementingkan bisa bermain banyak wahana dibandingkan menghemat uang.

Kalau ada satu kriteria yang tidak pas di kamu, kamu silakan membeli 4-ride pass. Jika semuanya cocok, kamu bisa membeli 7-ride pass.

usj express pass

Universal Studios Japan Express Pass

Bagaimana kalau terlambat datang? Apakah Express Pass-nya Hangus?

Banyak pembaca website Info Jepang dan pengguna Tour Guide Online bertanya mengenai express pass ini. Perlu diketahui bahwa di express pass ada yang ditulis jamnya dan ada yang tidak. Atraksi-atraksi yang ramai dan banyak peminatnya biasanya dituliskan jam masuknya. Misalnya: Masuk ke Harry Potter Area, Harry Potter and the Forbidden Journey, Flight of The Hippo Griff, Hollywood Dream – The Ride, Jurassic Park The Flying Dinosaur. Wahh, emang semuanya wahananya yang terkenal-terkenal. Lalu, kalau terlambat datang jadi bagaimana?

Pada dasarnya kalau lewat dari jam yang tertulis di pass, maka tidak bisa masuk lagi ke atraksi tersebut. Hanya boleh tidaknya masuk ditentukan oleh petugas atau kru yang berjaga di pintu masuk. Jadi kalau teman-teman terlambat, jangan langsung kecewa! Silakan bicara dulu ke petugas yang berjaga. Hanya menurut pengalaman Tim Info Jepang, petugas di USJ lebih strict daripada Tokyo Disney Resort. Kalau di Tokyo Disneyland atau Tokyo Disneysea, petugas akan memikirkan cara supaya kita bisa masuk, petugas di USJ lebih strict pada peraturan. Kalau sudah lewat lebih dari 5 menit atau lebih, hampir pasti kita tidak bisa masuk.

Kemudian kalau misalnya, jadwalnya bertabrakan, teman-teman bisa bertanya kepada petugas. Petugas biasanya akan memberikan ide atau masukan-masukan supaya kita tetap bisa mencoba dua atraksi, tanpa perlu mengorbankan salah satunya.

Pernah juga ada pengalaman berlibur bersama keluarga dengan express pass, namun durasi waktunya semua berbeda-beda. Ini sering terjadi kalau pass yang tersedia tinggal sedikit di tanggal tertentu. Kalau hal ini sampai terjadi, teman-teman juga bisa bertanya dulu kepada petugas. Lebih cepat lebih baik, jangan sampai sudah waktunya dulu baru bertanya.. Kalau seperti itu petugas sudah tidak bisa berbuat apa-apa.

7-ride pass universal studio osaka

7-ride pass universal studio osaka

Membeli Express Pass dalam event-event khusus

Tahun 2017, mulai dari 13 Januari hingga 25 Juni 2017, ada event khusus Cool Japan di Universal Studios Japan dengan wahana Evanggelion XR Ride, Godzilla: The Real 4-D, Attack on Titan: The Real, Detective Conan: The Escape, dan Monster Hunter: The Real yang diadakan di Universal Cool Japan Area, di sebelah kiri pintu masuk Universal Studios Japan. Untuk event seperti ini, Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli express pass. Ini dikarenakan dalam event-event khusus, jumlah pengunjung biasanya akan bertambah dan kebanyakan terkumpul di area event tersebut, menjadikan durasi antrian jadi sangat panjang. Contohnya saja, tanpa express pass antrian Evanggelion XR Ride mengular sampai 3-4 jam. Biar pun agak mahal, namun express pass punya keuntungan sendiri.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Very Hostel Namba
Very Hostel Namba
from ‎¥3300/night
Bonfire Hostel
from ¥2541/night
Hotel Zipang
Hotel Zipang
from ‎¥1950/night
Hotel Raizan South
Hotel Raizan South
from ‎¥2400/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kids Plaza Osaka
Gedung Kids Plaza Osaka
Umeda Sky Building
Rinku Premium Outlet Kans
Rinku Premium Outlet Kansai di malam hari
Namba Osaka
dotonbori street malam

Sumber Gambar : Tripadvisor, photobucket


Recommended for you

Last modified: May 18, 2017

TAGS  :

Comment (1)

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!