Taman Tempozan

Home / Attraction / Taman Tempozan
Item image

Taman Tempozan adalah oase kehidupan bagi masyarakat Osaka. Terletak di tepi Teluk Osaka yang jauh dari gedung-gedung bertingkat dan jalan raya yang dipenuhi dengan kendaraan, taman ini adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan dengan suasana yang tenang. Ada ratusan pengunjung taman ini setiap harinya dan mayoritas duduk di bangku taman atau berjalan sebentar di area tepi laut. Perpaduan taman dan tepi laut dengan hembusan angin menjadi pesona Taman Tempozan yang saya sukai sejak dahulu. Selain itu, pemandangan laut yang berpadu dengan gemerlapnya kota juga bisa kita nikmati dari Tempozan Ferris Wheel. Mari simak laporan perjalanan Tim Info Jepang mengunjungi Tempozan di Osaka.

Kegiatan seru di Taman Tempozan

1. Menikmati pemandangan taman yang indah

Taman Tempozan adalah salah satu tempat favorit saya jika mengunjungi Osaka. Berlokasi di tepi Teluk Osaka, jauh dari hingar bingar kota yang ramai dan “penuh dengan persaingan”, Taman Tempozan menawarkan lokasi yang tenang untuk menikmati pemandangan taman yang berpadu dengan lautan. Kita bisa duduk santai di bangu-bangku yang tersebar di seluruh area taman, atau juga bisa menikmati pemandangan Teluk Osaka. Waktu terbaik untuk mengunjungi dan menikmati Taman Tempozan adalah saat hanami sakura di awal bulan April di mana ratusan pohon bunga sakura di taman ini bermekaran.

2. Lihat Teluk Osaka dari Tempozan Ferris Wheel, bianglala terbesar di dunia

Selain HEP Ferris Wheel yang berwarna merah menyala di pusat kota, kita juga bisa merasakan sensasi naik Tempozan Ferris Wheel di area Taman Tempozan. Kalau HEP Ferris Wheel menyajikan pemandangan kota dengan gedung-gedung bertingkat dan lampu-lampu yang meriah, di sini kita bisa melihat pemandangan Teluk Osaka yang teduh. Dari puncak ketinggian, kita bisa melihat Tsutenkaku Tower di Namba, HEP Ferris Wheel di daerah Umeda, dan juga Universal Studios.

Perlu teman-teman ketahui, Ferris Wheel Tempozan setinggi 112,5 meter adalah wahana Bianglala terbesar dan tercanggih yang ada di dunia. Begitu besarnya, sehingga 480 orang bisa naik bersamaan dalam satu kali putaran. Canggih, karena bagian tengah bianglala ini juga adalah monitor raksasa yang digunakan sebagai wahana hiburan dan informasi penduduk di Osaka. Tempozan Ferris Wheel beroperasi dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam, dengan biaya 800 yen untuk sekali naik (gratis dengan menggunakan Osaka Amazing Pass).

Beli Tiket Online
HEP Ferris Wheel
Tempozan Ferris Wheel

3. Pergi ke Akuarium Kaiyukan

Disebut-sebut sebagai salah satu akuarium terbaik di Jepang, Kaiyukan Osaka mungkin bisa jadi tujuan wisata teman-teman saat mengunjungi Taman Tempozan.Dari area taman, kita hanya perlu berjalan kaki 5 menit untuk sampai di Akuarium Kaiyukan. Memang kurang pas rasanya kota sebesar Osaka dan ditambah lokasinya yang berada di tepi laut, jika tidak memiliki akurium yang megah. Ada lebih dari 30.000 ikan dan hewan dari 620 spesies, termasuk berang-berang, singa laut, penguin, lumba-lumba, ubur-ubur, dan tentunya hiu paus berukuran raksasa yang jadi primadona di sini.

ikan hiu paus di kaiyukan

Ikan hiu paus di kaiyukan

4. Menikmati masakan khas Jepang Takoyaki di Tempozan Marketplace

Berlokasi tepat di sebelah Tempozan Ferris Wheel, Tempozan Marketplace (Museum Takoyaki Osaka) terdiri dari beragam restoran, kafe, dan toko oleh-oleh khas Osaka. Tempat yang amat pas dikunjungi setelah menikmati pemandangan Taman Tempozan atau melihat koleksi di Akuarium Kaiyukan. Di sini, kita bisa menikmati bermacam-macam makanan khas Jepang seperti Takoyaki, Yakiniku, Wasabi, atau pancake Okonomiyaki yang lezat.

5. Bermain di LEGOland Discovery Center Osaka

Di Tempozan Marketplace, kita juga bisa mengunjungi LEGOland Discovery Center, yakni arena bermain LEGO. Kita bisa melihat miniatur objek wisata terkenal di Jepang seperti Tokyo Skytree, Osaka Castle, dan area Yokohama Minatomirai yang dibuat dari keping-keping LEGO, ada juga lomba balap mobil lego. Mau coba buat diorama Osaka atau Tokyo? Nah, kita bisa belajar membuat diorama kota bersama dengan para desainer LEGO yang berpengalaman. Kita bisa bebas bermain dari jam 10.00-19.00, dengan tiket masuk seharga 2.300 yen. Jika kamu punya Osaka Amazing Pass, maka tiket masuk 2.300 yen jadi GRATIS!

Tempozan Marketplace Osaka

6. Naik kapal Santa Maria keliling Teluk Osakako

Kapal unik ini mirip seperti kapal penjelajah Christopher Colombus. Kapal ini menyusuri tempat-tempat wisata di daerah pelabuhan Osaka seperti Taman Tempozan, Akuarium Kaiyukan, Universal Studio Japan, dan Cosmo Tower di sebelah selatan. Untuk paket perjalanan siang hari selama 45 menit, biayanya 1.600 yen untuk dewasa dan 800 yen untuk anak-anak. Dengan tiket khusus kita juga bisa mendapatkan potongan 700 yen masuk ke Akuarium Kaiyukan dan potongan 300 yen naik Bianglala di Tempozan.

Tersedia juga paket malam hari dengan durasi dan rute perjalanan yang lebih panjang yakni 60 menit. Biayanya 2.100 yen untuk dewasa dan 1.050 yen untuk anak-anak. Perlu dicatat untuk naik kapal Santamaria harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Dengan Tiket Osaka Amazing Pass: GRATIS naik antara paket siang atau malam hari, selama kapal tersedia dan tidak dicharter. Lokasi keberangkatan kapal di belakang gedung Kaiyukan Akuarium Osaka.

Akses menuju Taman Tempozan

Dari Stasiun Shin-Osaka, teman-teman naik kereta jalur Midosuji sampai Stasiun Hommachi (lama perjalanan 11 menit, dengan ongkos 240 yen). Kemudian naik Osaka Subway Chuo Line sampai ke Stasiun Osakako (lama perjalanan 10 menit, dengan ongkos 240 yen).

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta Osaka Loop Line sampai Stasiun Bentencho (lama perjalanan sekitar 10 menit, dengan ongkos 160 yen), lalu berpindah ke kereta Osaka Subway Chuo Line dan turun di Stasiun Osakako (lama perjalanan 5 menit, dengan ongkos 240 yen).

Buat teman-teman yang berangkat dari daerah Namba, bisa naik kereta subway Midosuji Line sampai ke Hommachi Station, kemudian berganti ke subway Chuo Line sampai ke Osakako Station. Ongkosnya 280 yen.

Dari Stasiun Osakako keluar dari Exit 1 atau 2, lalu berjalan 5 menit untuk sampai Taman Tempozan maupun wahana Tempozan Ferris Wheel.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Khaosan World Tennoji
APA Hotel Tennoji-Ekimae
from ‎¥8000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Nipponbashi Osaka

Sumber gambar: Flickr Bong GritStéfan, Kentaro Ohno

Recommended for you

Last modified: December 11, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (47)

1. Malam…
    Pa saya mo ty pass apa yg paling cocok u perjalanan saya
    1.namba-osaka castle-kita district-tempozan ferris wheel-namba
    2.namba-kyoto st-kiyomizudera-fushimi inari-kinkakuji-arashiyama-kyoto st

2. hi pak.
    Mohon saran pass apa yg hrs saya beli mengingat itinerary saya adalah sbb :
    day 1. Sy mendarat di Kansai kemudian menuju hotel dekat USJ,
    day 2 USJ full day.
    day 3 berkeliling Osaka : KAiyukan, tempozan, Shinsaibashi, Dotonburi. (menginap di Shinsaibashi)
    day 4 Tsukiji (Osaka) , Osaka castle, to Nara Park (menginap shinsaibashi)
    day 5 to Kyoto : Fushimi Inari, Kyomizu dera to Tokyo
    (spend night in train)
    day 6 Shinjuku, Harajuku, Shibuya, Ginza (menginap di daereah ikkeburo)
    day 7 Disney land
    day 8 Free time at tokyo
    day 9 back to Jakarta

• Nugroho Christian  |

Ibu silahkan menggunakan kartu ICOCA saja dan dipadukan dengan tiket kereta Shinkansen dari Stasiun Kyoto ke Tokyo. Sebagai catatan, tidak ada kereta malam bu, kalau ibu mau mungkin bisa coba bus malam di Jepang yang harganya jauh lebih murah dibandingkan kereta shinkansen. Salam.