Taman Tempozan

Home / Attraction / Taman Tempozan
Item image

Taman Tempozan adalah oase kehidupan bagi masyarakat Osaka. Terletak di tepi Teluk Osaka yang jauh dari gedung-gedung bertingkat dan jalan raya yang dipenuhi dengan kendaraan, taman ini adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan dengan suasana yang tenang. Ada ratusan pengunjung taman ini setiap harinya dan mayoritas duduk di bangku taman atau berjalan sebentar di area tepi laut. Perpaduan taman dan tepi laut dengan hembusan angin menjadi pesona Taman Tempozan yang saya sukai sejak dahulu. Selain itu, pemandangan laut yang berpadu dengan gemerlapnya kota juga bisa kita nikmati dari Tempozan Ferris Wheel. Mari simak laporan perjalanan Tim Info Jepang mengunjungi Tempozan di Osaka.

Kegiatan seru di Taman Tempozan

1. Menikmati pemandangan taman yang indah

Taman Tempozan adalah salah satu tempat favorit saya jika mengunjungi Osaka. Berlokasi di tepi Teluk Osaka, jauh dari hingar bingar kota yang ramai dan “penuh dengan persaingan”, Taman Tempozan menawarkan lokasi yang tenang untuk menikmati pemandangan taman yang berpadu dengan lautan. Kita bisa duduk santai di bangu-bangku yang tersebar di seluruh area taman, atau juga bisa menikmati pemandangan Teluk Osaka. Waktu terbaik untuk mengunjungi dan menikmati Taman Tempozan adalah saat hanami sakura di awal bulan April di mana ratusan pohon bunga sakura di taman ini bermekaran.

2. Lihat Teluk Osaka dari Tempozan Ferris Wheel, bianglala terbesar di dunia

Selain HEP Ferris Wheel yang berwarna merah menyala di pusat kota, kita juga bisa merasakan sensasi naik Tempozan Ferris Wheel di area Taman Tempozan. Kalau HEP Ferris Wheel menyajikan pemandangan kota dengan gedung-gedung bertingkat dan lampu-lampu yang meriah, di sini kita bisa melihat pemandangan Teluk Osaka yang teduh. Dari puncak ketinggian, kita bisa melihat Tsutenkaku Tower di Namba, HEP Ferris Wheel di daerah Umeda, dan juga Universal Studios.

Perlu teman-teman ketahui, Ferris Wheel Tempozan setinggi 112,5 meter adalah wahana Bianglala terbesar dan tercanggih yang ada di dunia. Begitu besarnya, sehingga 480 orang bisa naik bersamaan dalam satu kali putaran. Canggih, karena bagian tengah bianglala ini juga adalah monitor raksasa yang digunakan sebagai wahana hiburan dan informasi penduduk di Osaka. Tempozan Ferris Wheel beroperasi dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam, dengan biaya 800 yen untuk sekali naik (gratis dengan menggunakan Osaka Amazing Pass).

Tempozan Ferris Wheel

Tempozan Ferris Wheel

3. Pergi ke Akuarium Kaiyukan

Disebut-sebut sebagai salah satu akuarium terbaik di Jepang, Kaiyukan Osaka mungkin bisa jadi tujuan wisata teman-teman saat mengunjungi Taman Tempozan.Dari area taman, kita hanya perlu berjalan kaki 5 menit untuk sampai di Akuarium Kaiyukan. Memang kurang pas rasanya kota sebesar Osaka dan ditambah lokasinya yang berada di tepi laut, jika tidak memiliki akurium yang megah. Ada lebih dari 30.000 ikan dan hewan dari 620 spesies, termasuk berang-berang, singa laut, penguin, lumba-lumba, ubur-ubur, dan tentunya hiu paus berukuran raksasa yang jadi primadona di sini.

ikan hiu paus di kaiyukan

Ikan hiu paus di kaiyukan

4. Menikmati masakan khas Jepang Takoyaki di Tempozan Marketplace

Berlokasi tepat di sebelah Tempozan Ferris Wheel, Tempozan Marketplace (Museum Takoyaki Osaka) terdiri dari beragam restoran, kafe, dan toko oleh-oleh khas Osaka. Tempat yang amat pas dikunjungi setelah menikmati pemandangan Taman Tempozan atau melihat koleksi di Akuarium Kaiyukan. Di sini, kita bisa menikmati bermacam-macam makanan khas Jepang seperti Takoyaki, Yakiniku, Wasabi, atau pancake Okonomiyaki yang lezat.

5. Bermain di LEGOland Discovery Center Osaka

Di Tempozan Marketplace, kita juga bisa mengunjungi LEGOland Discovery Center, yakni arena bermain LEGO. Kita bisa melihat miniatur objek wisata terkenal di Jepang seperti Tokyo Skytree, Osaka Castle, dan area Yokohama Minatomirai yang dibuat dari keping-keping LEGO, ada juga lomba balap mobil lego. Mau coba buat diorama Osaka atau Tokyo? Nah, kita bisa belajar membuat diorama kota bersama dengan para desainer LEGO yang berpengalaman. Kita bisa bebas bermain dari jam 10.00-19.00, dengan tiket masuk seharga 2.300 yen. Jika kamu punya Osaka Amazing Pass, maka tiket masuk 2.300 yen jadi GRATIS!

Tempozan Marketplace Osaka

Tempozan Marketplace Osaka

6. Naik kapal Santa Maria keliling Teluk Osakako

Kapal unik ini mirip seperti kapal penjelajah Christopher Colombus. Kapal ini menyusuri tempat-tempat wisata di daerah pelabuhan Osaka seperti Taman Tempozan, Akuarium Kaiyukan, Universal Studio Japan, dan Cosmo Tower di sebelah selatan. Untuk paket perjalanan siang hari selama 45 menit, biayanya 1.600 yen untuk dewasa dan 800 yen untuk anak-anak. Dengan tiket khusus kita juga bisa mendapatkan potongan 700 yen masuk ke Akuarium Kaiyukan dan potongan 300 yen naik Bianglala di Tempozan.

Tersedia juga paket malam hari dengan durasi dan rute perjalanan yang lebih panjang yakni 60 menit. Biayanya 2.100 yen untuk dewasa dan 1.050 yen untuk anak-anak. Perlu dicatat untuk naik kapal Santamaria harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Dengan Tiket Osaka Amazing Pass: GRATIS naik antara paket siang atau malam hari, selama kapal tersedia dan tidak dicharter. Lokasi keberangkatan kapal di belakang gedung Kaiyukan Akuarium Osaka.

Akses menuju Taman Tempozan

Dari Stasiun Shin-Osaka, teman-teman naik kereta jalur Midosuji sampai Stasiun Hommachi (lama perjalanan 11 menit, dengan ongkos 240 yen). Kemudian naik Osaka Subway Chuo Line sampai ke Stasiun Osakako (lama perjalanan 10 menit, dengan ongkos 240 yen).

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta Osaka Loop Line sampai Stasiun Bentencho (lama perjalanan sekitar 10 menit, dengan ongkos 160 yen), lalu berpindah ke kereta Osaka Subway Chuo Line dan turun di Stasiun Osakako (lama perjalanan 5 menit, dengan ongkos 240 yen).

Buat teman-teman yang berangkat dari daerah Namba, bisa naik kereta subway Midosuji Line sampai ke Hommachi Station, kemudian berganti ke subway Chuo Line sampai ke Osakako Station. Ongkosnya 280 yen.

Dari Stasiun Osakako keluar dari Exit 1 atau 2, lalu berjalan 5 menit untuk sampai Taman Tempozan maupun wahana Tempozan Ferris Wheel.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Namba Hostel
6 km away
Namba Hostel
from ‎¥4500/night
Khaosan World Tennoji
8 km away
Khaosan World Tennoji
from ‎¥3300/night
Ark Hotel Osaka Shinsaiba
7 km away
Ark Hotel Osaka Shinsaibashi
from ‎¥6400/night
Picnic Hostel Osaka
5 km away
Picnic Hostel Osaka
from ‎¥3100/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Shinsekai
7 km away
Kawasan Shinsekai Osaka dan Menara Tsutenkaku
Nipponbashi Osaka
7 km away
Suasana Kuromon Ichiba Nipponbashi Osaka
Osaka Castle
9 km away
Osaka Castle dari kejauhan
Umeda Osaka
8 km away
Sungai Yodogawa dari Umeda Sky Building

Sumber gambar: Flickr Bong GritStéfan, Kentaro Ohno


Recommended for you


Last modified: April 27, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (47)

  1. siang pak..sy mao tanya..kalau dari universal studio japan ke tempozan market place bisa via kapal fery?kalau bisa drmana jalurnya ya pak?salam..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ada kapal namanya Captain Line yang menghubungkan Universal Studios Japan ke pelabuhan samping Kaiyukan Akuarium. Ini lokasi pelabuhannya GOOGLE MAPS. Salam

  2. Pak, kl hotel sy dkt namba st. lalu akan ke Osaka Castle, Umeda sky building & tempozan park, urutannya lbh baik bgm agar mudah naik transportasinya. Sy menggunakan OAP & Hokuriku Arch Pass, apakah bisa mengcover transportasi ke 3 tmpt tsb ? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, kereta subway dan tiket masuk tempat-tempat wisata tercover oleh OAP, sementara untuk naik kereta JR nya ibu bisa gunakan Hokuriku Arch.

  3. Pak..mau tanya utk Legoland discovery Center, apakah berlaku gratis utk dewasa + anak jika menggunakan OAP.
    pernah baca di artikel lain..cuma salah satu aja yg gratis.
    Terima kasih

  4. Mas nugroho ..

    Mohon dibantu .. sy bawa bayi usia 1th, kmna” bawa stroller . Memungkinkan ga dgn itenary dbwh ini .

    Day 1 : landing osaka jam 3 sore, rencana lgsung ke dotonbori area
    Day 2 : USJ sampai mlm tutup
    Day 3 : sy ingin ke umeda,tempozan wheel, aquarium,osaka castle, dll (msh blm tau mau kmna lg apa bs dibantu recomend)
    Day 4 : sy pesawat jm 5 sore di kaansaiairport, memungkinkan kemana saja sy pergi sblm ke airport? Wisata yg tdk jauh dg airport .

    Atau mugkinkah di hari ke 4 sy ke kyoto mas? Dan baikny kewisata yg mana yg tdk mkn waktu byk dan bs lgsung k airport .

    Mhon dibntu ya mas . Trims bntuannya

  5. Siang Pak…
    Tolong tanya utk legoland, itu masuknya free ya kalo pake OAP?
    termasuk 4d movie ato ga?
    kalo ga, trus apa yang bisa kita nikmati di legoland? bongkar pasang lego atau hanya berfoto?
    terima kasih

  6. Pak…..utk subway Midosuji dan subway Chuo line ke Tempozan , subway Nagahori ke Tsurumikyomichi, subway shi eiji ke Tenjinbashi
    apakah di cover Enjoy Eco card??
    Mau memastikan bahwa Enjoy Eco card bisa dipakai utk tempat yg saya mau pergi.
    Thanks A lot

  7. Malam mas
    Jika saya ingin pakai osaka amazing pass ke legoland osaka, osaka castle, tempozan, tennoji zoo dan kapal pesiar santa maria..enaknya dr hostel namba midomi kanon. .kemana dulu ya mas??

  8. Siang Bapak,

    Bapak kalau beli Osaka One Day Pass pada hari Kamis, apa harganya jadi 600 yen?

    Terus kan rencana saya mau ke USJ lalu foto sebentar di Kaiyukan dan Tempozan ferris wheel nya setelah dr USJ, kalo kita punya OODP apa transportasi dr USJ ke Kaiyukan juga sudah tercover?

    Lalu dari Kaiyukan saya mau ke Namba dan Minami, apa OODP juga mengcover semua transportasinya? makasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau beli Osaka One Day Pass di hari kerja, harganya 800 yen, sedangkan di hari libur harganya 600 yen.
      Osaka One Day Pass tidak mengcover ongkos kereta ke USJ. Sementara ongkos ke Osakako Station (stasiun terdekat dengan Kaiyukan Akuarium dan Tempozan Ferris Wheel) tercover oleh Osaka One Day Pass. Ongkos dari Osakako Station menuju ke Namba dan Minami juga tercover oleh Osaka One Day Pass. Salam

    • Jadi baiknya saya beli saya beli one day bus pass atau tidak ya pak kalo rute tujuan saya seperti di atas itu?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mungkin maksudnya Osaka One Day Pass/ Enjoy Eco Card ya? Ongkos dari Osakako ke Namba adalah 280 yen (bisa dicek di link artikel terkait).
      Ibu ke USJ dari hotel dekat stasiun apa?
      Kalau naik kereta subway lebih dari 5 kali, maka sudah balik modal. Di bawah itu, malah rugi.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau ibu berangkat dari Stasiun Tsurugaoka, berarti Osaka One Day Pass/ Enjoy Eco Card tidak balik modal. Salam

  9. apakah letak Univeras Studio Osaka dekat dengan taman tempozan…?

    rencanannya saya ingin 1hari bermain di USJ dan sekitar jam 6 saya lanjut ke taman Tempozan sekedar naik bianglala…? dan apakah naik bianglala free karna memiliki OAP?

    • Nugroho Christian  |  

      Walaupun dekat, namun kamu harus ke pusat kota Osaka dahulu untuk ke Taman Tempozan dari USJ. Taman Tempozan itu dekat dengan Akuarium Kaiyukan. Namun kalau rencana kamu mau seperti itu, sepertinya bisa, melalui Stasiun Nishikujo (dengan kereta JR Yumesaki Line), lalu ke Stasiun Bentencho (dengan kereta JR Yamatoji Line), lalu Osaka City Subway sampai Stasiun Osakako di dekat Taman Tempozan.

  10. Hi Pak Nugroho
    saya berencana akan ke Tempozan Ferris Wheel.
    Waktu yang bagus untuk menikmati pemandangan apakah siang atau malam hari pak ?

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih bagus malam hari berdasarkan pengalaman saya. Setelah puas bermain seharian di USJ atau Kaiyukan Osaka, Taman Tempozan jadi cara terbaik menutup hari selain ke Namba atau Dotonburi. Salam.

  11. Malam Pak Nugroho,
    Karena saya berniat ke Osaka Aquarium di siang hari baru ke Tempozan Park untuk naik Ferris Wheel saat sunset, baiknya saat tiba di Osakako Station saya exit di gate berapa ya?

  12. Malam Pak Nugroho, untuk exit gate Osakako Station yang terdekat dengan Tempozan Place Market, Exit gate berapa ya Pak? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bisa keluar di Exit nomor 1 atau nomor 2 yang lebih dekat dengan Tempozan Place Market. Salam

  13. Slmt Siang Pak Nugroho,

    Mohon saran nya untuk perjalanan saya ( Osaka – Kyoto – Tokyo – Osaka ) dengan Itinerary sbb :

    D#1 : Landing Osaka 09.20, Osaka Castle, Umeda Sky Building, Shinsaibashi, Dotonbori
    D#2 : Universal Studio, Osaka Aquarium, Minami Namba, Tempozan Ferris Wheel
    D#3 : Osaka – Tokyo, Disneyland (hanya diluar), Asasuka, Tokyo Skytree, Ueno Park
    D#4 : Tokyo, Gala Yuzawa, Shibuya, Shinjuku, Akihabara, Odaiba
    D#5 : Tokyo, Shibazakura Festival, Mt Fuji, Lake Kawaguchiko
    D#6 : Tokyo, Tateyama Alpine Road ( 1/2 day ), Arashiyama, Fushimi Inari, Kyoto Tower

    Apakah rute nya sudah tepat dan berurutan pak
    Apakah cukup dengan JR Pass dan Osaka Amazing Pass pak
    Kereta Shinkansen dari Kyoto ke Tokyo ditempuh brp lama pak
    Kereta Shinkansen dari Tokyo ke Shin Osaka Paling akhir jam brp ya pak

    Osaka menginap di Hotel Toyo
    Tokyo di javanize guesthouse

    Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mohon informasinya yang lengkap.
      1. Apakah mendarat dari Kansai Airport dan kembali juga dari Kansai Airport?
      2. Apakah semua rutenya ingin dijalani dalam 6 hari? Sebab di komentar sebelumnya ibu menuliskan jadwal 12 hari liburan di Jepang.

      Untuk perjalanan hari keenam, sepertinya tidak mungkin dijalani semuanya. Untuk perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine Route, secepat-cepatnya pasti memakan waktu 5-6 jam, belum ditambah perjalanan ke Kyoto dengan kereta, mungkin hanya sempat ke Kyoto Tower yang masih buka sampai malam pukul 20.40. Lalu, kereta Shinkansen terakhir dari Tokyo ke Shin Osaka dan Kyoto berangkat pukul 20.03, tiba jam 23.01 di Kyoto dan 23.16 di Shin Osaka. Salam

    • iya betul bpk, mendarat dan kembali dari kansai airport
      sorry salah tulis hanya 6 hari saja liburan di jepang pak
      kalau diganti menjadi spt ini apakah bisa pak atau ada salah satu tempat yg dihilangkan ?

      Day#4 Tokyo, Gala Yuzawa, Tateyama Alpine Road, shinjuku,Akihabara, Odaiba
      Day#5 Tokyo, Shibazakura Festival, Mt Fuji Lake Kawaguchiko
      Day#6 Tokyo – Kyoto, Arashiyama,Fushimi Inari, kyoto Tower

      thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Day 4 itu tidak bisa Cheesa, Tokyo-Gala Yuzawa biasanya sudah balik sore/malam hari di Tokyo, tidak mungkin bisa ke Tateyama. Paling hanya bisa jalan-jalan di Shinjuku dan Akihabara. Odaiba juga jauh dan tidak mungkin terkejar.
      Day 5 masih mungkin karena berdekatan, bisa jadi daytrip dari Tokyo.
      Untuk Day 6, sebaiknya langsung saja dari Gunung Fuji ke Kyoto (tidak perlu kembali ke Tokyo). Ibu bisa naik bus ke Mishima, lalu naik shinkansen langsung ke Kyoto. Jauh lebih efektif dan menghemat banyak waktu.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Shinkansen Hikari pertama (yang tercover oleh JR PASS) berangkat pukul 06.06 dari Tokyo Station.
      Tiba di Shin Osaka Station pukul 08.33 dan kalau naik kereta ekspress Haruka pukul 08.46, tiba di Kansai Airport pukul 09.34.
      Salam

    • pusing juga buat itin nya pak….hehehe

      seandainya rute nya saya rubah lagi spt dibawah ini apakah worth it pak

      D1 : Landing Osaka 09.20 , Kyoto, Arashiyama, Fushimi Inari, Kyoto Tower
      D2 : Universal Std, Osaka Castle,Osaka Aquarium, Shinsaibashi , Dotonbori, Tempozan Feris Wheel
      D3 : Osaka – Tokyo, Disneyland / Disneysea, Asasuka, Skytree, Ueno, Akihabara
      D4 : Tokyo, Galayuzawa,Shibuya,Shinjuku, Harajuku
      D5 : Tokyo,Tateyama Alpine Road
      D6 : Tokyo, Shibazakura Festival, Mt Fuji, Lake Kawaguchiko, Osaka

      Apakah Rute nya sudah berurutan dan searah pak ? apa ada yg perlu dirubah atau dihilangkan salah satu nya
      Dari Lake kawaguchiko menuju Osaka naik kereta shinkansen ke osaka paling terakhir jam brp ya pak

      thanks

  14. Halo Pak Nugroho,

    mau tanya untuk transport berikut:
    1. Osaka Castle/Osaka Park ke Umeda Sky Building
    2. Umeda sky building ke Tempozan Ferris Wheel
    3. Tempozan ke Namba

    Semoga bisa terjawab semua pak, terimakasih atas bantuannya..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Silakan bisa dicari menggunakan kotak search bewarna biru, semuanya sudah tertulis kok.
      Salam

  15. Malam Pak Nugroho, saya rencana ke Jepang tgl 22 – 27 Februari 2017 dengan rencana wisata sbb
    Tgl 22 – 23 Feb 2017 wisata Osaka
    1. Osaka Castle
    2. Tenjinbashisuji Market
    3. Tempozan Ferris Wheel
    4. Namba – Dotombori Area
    5. Tsutenkaku Tower
    6. Universal Studio
    7. Umeda Sky Building
    8. Shinsaibashi
    Tgl 24 feb 2017 wisata Kyoto
    1. Hutan bambu Arashiyama
    2. Kinkakuji Temple (Golden Pavilion)
    3. Fushimi Inari
    4. Gion Distric
    Tgl 25-26 Feb 2017 wisata Tokyo
    2. Shibuya Crossing
    3. Harajuku
    4. Tokyo Disneyland
    5. Night back to Osaka

    Kalau dari rencana saya diatas tiket apa yang harus saya beli??? mohon masukan, info dan tipsnya. Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Untuk perjalanan di Osaka, bisa menggunakan Osaka Amazing Pass. Kemudian one day bus pass di Kyoto untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Kyoto. Sedangkan untuk di Tokyo tidak perlu membeli pass harian Tokyo, kalau hanya mengunjungi 2-3 tempat dalam sehari.
      Kalau boleh tahu, perjalanan dari Osaka ke Tokyo dan Tokyo ke Osaka ingin naik apa? Kalau PP naik shinkansen, maka JR Pass sudah balik modal.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!