Tenma Osaka

Home / Attraction / Tenma Osaka
Item image

Kawasan Tenma Osaka terletak di sisi timur kawasan Umeda Osaka. Namanya mungkin masih asing di telinga teman-teman, namun sesungguhnya kalau teman-teman pernah membaca atau mengunjungi pusat perbelanjaan Tenjinbashi-suji atau Kuil Osaka Tenmangu, nah itulah kawasan Tenma Osaka. Pusat perbelanjaan Tenjinbashi-suji sendiri diklaim sebagai yang terpanjang di Jepang, yakni sepanjang hampir 2 kilometer dari Stasiun Subway Rokuchome sampai ke dekat Jembatan Tenjinbashi. Dengan semakin meningkatnya kunjungan ke kota Osaka, kini kawasan Tenma dikenal sebagai pusat jajanan dan tempat kita bisa melihat kehidupan malam di Osaka. Nah, kegiatan seru apa saja yang bisa kita lakukan di sini?

Kegiatan seru di Tenma Osaka

1. Menikmati makanan khas Osaka dan suasana kota yang ramah

Buat teman-teman yang sudah pernah ke Namba atau Shinsekai, maka bisa mencoba suasana lain di pusat perbelanjaan Tenjinbashi-suji. Di sepanjang jalan, ada banyak toko-toko yang menjual aneka makanan, sepatu, buku, obat-obatan, dan makanan kecil. Toko-toko di sini juga cukup instagrammable untuk jadi latar belakang foto.

Menjelang malam hari, kawasan Tenma menjadi semarak dengan lampu-lampu terang dari toko-toko. Kita bisa menikmati santap malam hari di sini, mulai dari menu sushi, yakitori, hingga makanan khas Eropa di Tenma. Pokoknya lengkap deh! Cocok buat kamu para petualang kuliner yang ingin mencoba “sesuatu” yang baru selama di Osaka.

2. Mengunjungi Kuil Osaka Tenmangu Shrine

Setelah puas berkeliling dan menikmati makan lokal, jangan lupa berkunjung ke Kuil Osaka Tenmangu. Kuil yang selesai dibangun pada abad ke-10 ini dibangun oleh Sugawara Michizane, yang juga membangun Kuil Kitano Tenmangu di Kyoto dan juga Dazaifu Tenmangu. Kuil megah ini dibangun untuk menghormati arwah-arwah penjaga kota Osaka yang membawa kebahagiaan dan air yang melimpah.

pintu masuk kuil osaka tenmangu

Pintu masuk Kuil Osaka Tenmangu

Setiap tanggal 24 dan 25 Juli setiap tahunnya, diadakan juga Tenjin Matsuri yang dipusatkan di Kuil Osaka Tenmangu. Bersama dengan Gion Matsuri di Kyoto dan Kanda Matsuri di Tokyo, Tenjin Matsuri adalah salah satu dari tiga festival paling terkenal di Jepang. Sepanjang festival ini, sebagian besar penduduk Prefektur Osaka akan berkumpul di jalan dan melihat pawai tempat arwah (mikoshi) dan kemudian ditutup dengan festival kembang api di tepi sungai.

3. Melihat keadaan Osaka di masa lampau

Nah, masih di kawasan Tenma, teman-teman juga bisa mengunjungi Museum Rumah dan Kehidupan Osaka atau Osaka Museum of Housing and Living. Kita bisa melihat beragam foto dan presentasi video atau film yang menggambarkan kondisi kota dan para penduduk Osaka pada Periode Edo (tahun 1603-1867). Saya menyarankan juga teman-teman untuk berfoto dengan pakaian penduduk Edo (kimono) sebagai kenangan mengunjungi museum yang termasuk unik di Jepang.

Suasana dalam Osaka Museum of Housing and Living
Suasana dalam Osaka Museum of Housing and Living

Akses ke Tenma Osaka

Kawasan Tenma Osaka bisa dicapai dengan naik kereta subway jalur Tanimachi atau Sakaisuji dari kawasan Umeda atau Namba. Kalau teman-teman ingin mengunjungi Pusat Perbelanjaan Tenjinbashi-suji bisa turun di Stasiun Tenjimbashi-suji Rokuchome.

Kalau ingin mengunjungi Kuil Osaka Tenmangu, lebih dekat jika turun di Stasiun Minamimorimachi (di jalur kereta subway), atau bisa dengan naik kereta JR Tozai Line.

Kalau ingin mengunjungi pusat jajanan di sekitaran Stasiun Tenma, bisa naik kereta JR Osaka Loop Line dari Stasiun Tennoji atau Stasiun Osaka. Setibanya di Stasiun Tenma, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit melalui pintu keluar utara.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Consort Shin Osaka
3 km away
from ‎¥6314/night
Picnic Hostel Osaka
5 km away
Picnic Hostel Osaka
from ‎¥3100/night
Hotel Sunplaza
6 km away
Hotel Sunplaza
from ‎¥2000/night
Universal Port Hotel Osak
8 km away
from ‎¥13300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tenma Osaka
0 km away
pintu masuk kuil osaka tenmangu
Tennoji Osaka
6 km away
Pemandangan dari Tennoji Osaka
Spa World Osaka
6 km away
Wahana Permainan Air di Spa World Osaka
Museum Uang Logam Jepang
1 km away
lorong sakura di depan museum uang logam jepang

Sumber gambar: Flickr m-louisStephen Kelly


Last modified: June 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (33)

  1. Pak , november nanti saya berencana ke jepang,
    Saat ini kan dollar sedang menguat apakah hal ini berpengaruh juga terhadap harga komoditas barang2 di jepang?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Harga barang dalam yen tidak banyak berubah bu. Mungkin ibu harus mengeluarkan lebih banyak rupiah untuk membeli yen. Salam

  2. Veronica (Abe)  |  

    Hi, saya rencananya akan liburan bersama keluarga (suami+2 gadis remaja) ke jepang selama 2 mgg dg destinasi tokyo, osaka & sekitarnya & mt fuji.
    Mohon info,
    1.utk transportasi apakah sebaiknya pake JR pass atau ada option paket lain yg lebih murah mengingat harga JR pass utk 4 org cukup besar
    2.kami jg perlu info paket transportasi utk go around sekitar tokyo, sekitar osaka & mt fuji
    3.mohon info recommended apartemen utk 4 org dg harga yg terjangkau di osaka, tokyo & mt fuji

    Tks
    (Abe)

    • Nugroho Christian  |  

      1. Boleh diinfokan bapak/ibu mendarat dan kembali dari Jepang lewat bandara mana ya? Supaya saya bisa tahu urutannya.
      2. Tidak ada paket transportasi, adanya JR Pass.
      3. Tim Info Jepang tidak punya referensi apartemen, hanya ada hotel di tempat-tempat wisata yang ada di website ini. Salam.

    • Veronica (Abe)  |  

      -Tiba & pulang dari Narita airport.
      -iya mas, mksd nya selain jr pass, apakah ada transportasi dr tokyo-osaka-tokyo yg lebih murah, mengingat kami ber 4
      -boleh dibantu dg info hotel murah & recommended di osaka & tokyo

      Tks

  3. Halo pak, hari terakhir di jepang saya berencana check out hotel dan berkeliling di osaka (namba, dotonbori, shinbaishi,tenjinbashi) sebelum filght malam via kansai airport.
    1. Lebih baik purchase Chikatoku atau Yokoso ya?
    2. Di stasiun mana sebaiknya saya titip koper?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bisa membeli Chikatoku, sebab Yokoso Osaka Ticket itu hanya untuk one way dari Kansai Airport ke Nankai Namba Station.
      Bapak bisa titip di penitipan koper di Nankai Namba Station. Salam

    • thanks pak Nugroho, btw beli chikatoku dimana ya?apakah ada di osaka station? karena saya baca diatas tidak tersedia di Namba station.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Bapak check out hotel, hotelnya dimana ya? Kan banyak stasiun lain di Osaka, tidak musti di Namba.

    • hendrik  |  

      pak kartu chikatoku bisa dipakai dari bandara kansai keliling osaka sebelum ke kansai airport ya?, trus kartu yokoso cuma untuk kansai ke namba ya, tidak bisa dipakai dari namba ke kansai? trims

    • Nugroho Christian  |  

      Keduanya mengcover ongkos kereta subway dan kereta Nankai ke Kansai. Bedanya Chikatoku dengan Yokoso Osaka Tiket adalah masa aktif/ berlaku untuk rute kereta subway. Jika menggunakan Chikatoku, ongkos yang tercover adalah sampai ke stasiun subway terakhir. Jika teman-teman keluar, maka Chikatoku tidak bisa lagi mengcover ongkos kereta subway atau tramnya. Sementara Yokoso Osaka Tiket akan tetap mengcover ongkos kereta subway dan tram selama seharian. Sepertinya kamu lebih cocok pakai Yokoso Ticket. Salam.

  4. Selamat malam pak, utk memastikan, kalau saya pakai kereta JR dengan rute :
    – Tokyo-Gala Yuzawa (pergi-pulang)
    – Tokyo-Osaka (pergi-pulang).
    Apa hanya cukup beli “Tokyo wide pass” ?
    Terima Kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Rute JR Tokyo ke Osaka tidak tercover dengan Tokyo Wide Pass. Salam

    • -Apa sebaiknya saya beli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass ?
      -Apa pass itu bisa juga pakai ke gala yuzawa dari tokyo dan keliling kota tokyo ?

    • Nugroho Christian  |  

      Silahkan ibu membeli JR Pass reguler saja (29.110 yen), karena Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mengcover ongkos kereta ke Gala Yuzawa. Salam.

  5. Selamat malam Pak nugroho..Saya dengan istri dan 1 baby ada rencana ke jepang 14 hari yg dibagi daera Tokyo dan Kansai saja masing2 per minggu yg mau saya tanyakan
    1.Apakah sebaiknya suda cukup saya menggunakan JR Tokyo pass untuk 7 hari pertama dan untuk daera osaka kyoto dengan JR Kansai pass?apa ada jenis pass lain yg mengcover tokyo dan kansai.karena begitu banyak jenis pass lain jd bingun
    2.Untuk perpindahan dr Tokyo ke Osaka atau sebaliknya apakah bisa dibeli on the spot di hari itu jg ketika ingin pinda daera?
    terima kasih sblumnya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Malam pak, mohon di beri tahu mendarat dan kembali ke Indonesia rencananya dari bandara mana ya?
      2. Tiket kereta Shinkansen bisa dibeli lebih dahulu (advanced booking) atau beli on-the-spot, hanya saja jadinya akan mengantri. Salam.

    • 1. Jakarta-Haneda pulangnya lewat airport Kansai biar ga bolak balik lg.ada rekomendasi saya pake jemis pass yg mana diluar pk jr pass.krn cmn maen didaera tokyo-kansai aja kurang lebi 14 hari.dan perkiraan hrg brp
      2.perbedaan spesifik antara tokyo/kansai Pass dengan yg WIDE PASS itu apa yah.
      Makasih pak balesannya sblmnya

    • Nugroho Christian  |  

      Kami perlu detail rencana perjalanan untuk menghitung pass kereta mana yang menguntungkan. Perbedaan spesifik antara Tokyo Pass dan Kansai Pass dengan yang wide pass adalah cakupan wilayah yang dicover. Tokyo Pass hanya mengcover ongkos dalam kota Tokyo saja, sementara Tokyo Wide Pass mengcover sampai wilayah di luar Tokyo. Begitu juga dengan Kansai Pass dan Kansai Wide Pass. Salam

    • Perjalanan saya kurang lebi seperti ini yg dibagi mengnap 7 hari pertama di Tokyo dan 7 hari setelahnya di dua tempat Osaka dan Kyoto
      Tokyo: KAwaguchiko lake,Akihabara,Harajuku,Shibuya,Diver city mall,Tokyo tower,Tsukiji fish market,Asakusa temple,Shinjuku,Meiji shrine
      Osaka: Dotonbori,Osaka castle,Unuversal,Umeda sky building,Shinsekai street,AMerikamura
      Kyoto: Fushimi inari shrine,Arashiyama,Kyoto tower,Gion,Nishiki market,Kuil Kiyomizuder
      Secara garis besar seperti ini pak,diminta sarannya saya cukup pake tokyo&kansai pass/ “Wide pass”/ Jenis jr pass laen yg lebi menguntungkan.terima kasih

    • Thx pak suda fast response sedikit2 suda mulai jelas.untuj tokyo wide pass ada yg bs sampe 7 hari?info yg saya dpet hanya 3 hari.apa msti beli sampe 2x kah..kalau sy 2x bisa dibeli sekaligus atau lebi baik ketika 3 hari abis bru beli lg.makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa Pak Ronald, bisa beli berkali-kali sekaligus dalam satu kali kunjungan di Jepang. Salam.

  6. Selamat malam Pak Nugroho,
    Pak mohon bantuannya jika kami mau ke Osaka dari Tsurumi Station dengan Shinkasen , saya punya JR PASS dan saya cek di hyperdia seperti ini :

    dari station tsurumi naik JR Keihin tohoku / Negishi Line Local for Higashi – Jujo turun di shinagawa –

    naik Shinkansen Hikari 505 lalu turun di Shin Osaka (arrival track 25) – naik Osaka City Subway

    Midosuji Line for Nakamozu – lalu turun di Namba (subway) kemudian jalan ke Osaka Namba.

    Hal yg ingin saya tanyakan adalah :
    1. apakah dengan kereta yg disebut diatas tercover semua oleh JR PASS ?

    2. Kami ke osaka tgl 17 Mei, apakah kami bisa reserve lebih awal misalnya tgl 12 Mei atau 13 Mei untuk keberangkatan tgl 17 Mei ? apakah reserve kursi juga bisa , kami hanya punya JR PASS ORDINARY?

    3. Jika memang bisa reserve (Point 2), di station mana saja yah, mengingat kami akan berawal dari Tsurumi station.

    4. kami balik dari OSAKA langsung ke Haneda tgl 18 Mei, apakah kami bisa reserve tiket dan kursi juga pada awal kami reserve (refer point no.2) ?
    Jika tidak bisa, apakah kami bisa reserve ketika kami tiba di OSAKA NAMBA untuk kembalinya ?
    Dan bilang nya langsung ke Haneda yah ?

    Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      Perjalanan Midosuji Line tidak tercover oleh JR PASS. Pemesanan tiket shinkansen bisa dilakukan sebelumnya Ibu, untuk shinkansen Shinagawa-Shin Osaka dan sebaliknya. Tinggal tunjukkan JR Pass yang aktif dan lakukan pemesanan/ reservasi. Ibu bisa pesan juga kok di stasiun Tsurumi, di ticket office Midori no Madoguchi (ditunjukkan dengan ruangan dengan warna hijau). Ibu tinggal bilang stasiun akhir dalam hal ini Shin-Osaka dan Shinagawa, tanggal dan perkiraan jam keberangkatan. Salam

    • maria  |  

      Selamat pagi Pak Nugroho…terima kasih banyak yah atas bantuannya.

      pak untuk yg midosuji line tiketnya bisa langsung beli di tsurumi atau di shin osaka yah?

      terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, bisa dibeli di Shin Osaka tiketnya. Salam

  7. Hai, sy mau ke jepang 8hr dg rute
    1-narita
    2-tokyo
    3-tokyo disneyland
    4-tokyo
    5-kyoto
    6-osaka
    7-osaka
    8-narita
    Dg rute bgtu apa lbi baik membeli jr pass? Krna sy bingung jr pass 7hr sdgkan perjalanan sy 8hr totalnya (pp narita)
    Terimakasih^^

    • Nugroho Christian  |  

      Pagi xtea,
      Karena ada perjalanan Tokyo-Kyoto/Osaka-Tokyo kembali, sudah balik modal jika membeli JR Pass. Hari pertama atau hari terakhir ya tidak apa2 tidak memakai JR Pass (beli tiket biasa), cari saja mana yang paling sedikit menggunakan kereta.
      Salam

    • Thankyou for the reply^^
      Kt jg ada pertimbangan pp tokyo osaka pkai willer bus malam (supaya g byr hotel lg)
      Klo dbandingkan dg pp willer, msih lebi hemat jrpass ya?
      Thx ^^

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!