Kitano Tenmangu

Home / Temple / Kitano Tenmangu
Item image

Kitano Tenmangu adalah Kuil Shinto di Kyoto yang dibangun untuk menghormati Kami (dewa atau roh leluhur) Sugawara no Michizane. Meskipun ada lebih dari 12.000 kuil di seluruh Jepang yang dibangun untuk menghormati Sugawara no Michizane, namun kuil Kitano Tenmangu di Kyoto adalah kuil pertama dan yang utama. Kuil yang sudah berusia lebih dari 1000 tahun (sejak dibangun tahun 947) ini adalah kuil pertama yang dibangun untuk menghormati roh leluhur atau Kami yang pernah hidup di dunia. Sugawara no Michizane dikenal dewa pendidikan. Selain bangunan kuil yang memiliki makna historis di mana banyak orang yang berdoa sebelum ujian, taman di sekeliling kuil yang dipenuhi pohon plum dan maple adalah daya tarik utama wisatawan mengunjungi kuil di utara Kyoto ini.

Kegiatan di Kuil Kitano Tenmangu

1. Berdoa sebelum mengikuti ujian

Di setiap musim ujian akhir sekolah atau ujian masuk universitas (sekitar akhir Maret-awal April) Kuil Kitano Tenmangu akan dipenuhi dengan para pelajar yang berdoa dan sembahyang. Orang-orang Jepang khususnya yang beragama Shinto percaya bahwa Kami Michizane akan membantu mereka dalam mengerjakan soal-soal ujian, dan bisa memperoleh hasil yang memuaskan. Pemandangan yang indah dan suasana yang tenang khas kui-kuil di Jepang tentu menjadi kesempatan yang baik bagi teman-teman untuk berdoa atau merenung sejenak.

2. Menikmati pemandangan musim gugur

Taman Kuil Kitano Tenmangu dikenal luas oleh karena pemandangan musim gugurnya yang spektakuler, dan menjadi salah satu yang paling mengagumkan di Kyoto. Dengan lebih dari 350 pohon maple berukuran besar, dedaunan yang berubah warna menjadi kuning kemerahan menjadikan pemandangan momiji di tempat ini sukar dilupakan. Juga jangan lewatkan kesempatan menikmati momiji malam hari dengan lampu dan iluminasi yang indah. Iluminasi musim gugur diadakan setiap hari pada 12 November hingga 4 Desember dari pukul 17.00-20.00. Teman-teman bisa datang ke sini di puncak musim gugur (sekitar pertengahan November sampai awal Desember).

kitano tenmangu fall

3. Menikmati pemandangan musim semi

Di awal musim semi, ketika suhu udara mulai menghangat (pertengahan Februari-awal Maret), kita bisa menikmati bunga-bunga plum (ume) yang bermekaran di sini. Michizane amat menyukai pohon plum, jadi jangan heran kalau ada ribuan pohon plum di area taman kuil. Bunga plum ini berwarna merah jambu dan sekilas mirip dengan bunga sakura, namun memiliki aroma atau bau yang lebih menyengat. Dan di setiap tanggal 25 Februari, taman kuil menjadi tuan rumah upacara minum teh spesial yang disebut Baikasai. Dalam Baikasai, maiko dan geiko akan berkumpul. Teman-teman bisa bergabung dalam upacara minum teh di sini.

kitano tenmangu spring

4. Mengikuti Festival Tenjin

Setiap tanggal 25 di tiap bulannya, Kuil Kitano Tenmangu mengadakan Tenjin Festival untuk memperingati hari kelahiran dan kematian dari Michizane. Dalam festival ini, teman-teman bisa menemukan “pasar dadakan” di halaman luar kuil dan di sekitar pintu masuk kuil. Barang-barang yang dijual antara lain makanan khas Kyoto, berbagai aksesoris dan hiasan, pakaian bekas, dan beberapa peralatan rumah tangga. Saat festival ini, kuil akan dibuka dari jam 6 pagi sampai jam 9 malam.

Akses ke Kuil Kitano Tenmangu

Dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa mengambil bus kota dengan nomor 50 atau 101 dan turun di Halte Bus Kitano Tenmangu-mae, ongkosnya 230 yen dan kurang lebih 30 menit perjalanan. Dari halte bus, kita bisa berjalan kaki masuk ke area kuil. Baca juga: Panduan terlengkap jalur bus di Kyoto.

Tour di Kyoto

Selamat datang di Istana Nijo Kyoto

Menikmati keindahan Kyoto di pagi hari dan mengunjungi Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dalam Tour Kyoto Pagi. Tour ini pilihan terbaik untuk mengunjungi objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


Kuil Kiyomizudera Musim Gugur

Mengunjungi Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera dalam Tour Kyoto Sore hari. Tour ini pilihan terbaik mengunjungi objek-objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


kuil kiyomizudera

Tur mengunjungi Nijo Castle, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dan mengunjungi Kuil Kitano Tenman-gu. Dilanjutkan dengan pergi ke Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera.


kuil kiyomizudera

Mencoba Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto dan mengunjungi objek wisata bersejarah di Kyoto, seperti Kuil Sanjusangen-do, Kuil Heian Jingu, dan Kuil Kiyomizudera.


Suasana Gion di Kyoto Jepang

Merasakan sendiri pengalaman menjadi Geisha sambil menyusuri wilayah bersejarah di Gion Kyoto dengan kimono. Kita akan didandani oleh penata rias profesional, lalu bebas memilih desain kimono dan aksesoris pelengkapnya. Lengkap dengan obi, kaos, mantel, syal, tas, tabi dan geta.


Kuil Kinkakuji di Kyoto

Tour untuk yang berada di Kyoto dan ingin mengelilingi objek-objek wisata seperti Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto. Perjalanan dilanjutkan ke Nara dan mengunjungi Kuil Todaiji, Nara Park lalu ke Kuil Kasuga Taisha.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Plaza Hotel
6 km away
from ¥8800/night
Almont Hotel Kyoto
6 km away
from ¥13800/night
Hotel New Hankyu
5 km away
from ¥13643/night
Ryokan Izuyasu
5 km away
from ¥27287/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kifune Jinja
10 km away
Menuju ke Kifune Jinja di Kyoto
Sannenzaka Ninenzaka
6 km away
Suasana Sannenzaka Ninenzaka di senja hari
Taman Sewaritei Kyoto
16 km away
Suasana hanami di Taman Sewaritei Kyoto
Kuil Shimogamo
3 km away
Sakuramon di Kuil Shimogamo

Sumber gambar: Flickr Naoki Nakashima, YuZou Huang, Elizabeth Goodman


Recommended for you


Tiket masuk gratis
Last modified: September 1, 2016 by

Close Comments

Comments (2)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Kyoto Station bisa naik bus 101 sampai Kitano Tenmangu, dan kembali ke Kyoto Station. Kemudian bisa lanjut naik bus Minami-5 dari Kyoto Station sampai Fushimi Inari Jinja, lalu dari Fushimi Inari Jinja kembali ke Kyoto Station. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!