Kuil Genkoan

Home / Temple / Kuil Genkoan
Item image

Berbeda dengan kuil-kuil di Kyoto, seperti Kinkakuji, Gingakuji, atau KiyomizuderaKuil Genkoan akan memberi sebuah pengalaman yang berbeda bagi teman-teman di Kyoto. Kuil yang ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan Kuil Kiyomizudera atau Kuil Kinkakuji ini menawarkan suasana lebih tenang dan nyaman diantara halaman kuil yang teduh ditutupi pepohonan. Kuil ini dikenal luas di Kyoto dan Jepang oleh karena dua buah jendela besar yang menghadap ke taman kuil. Satu jendela berbentuk bundar atau lingkaran dan dinamai jendela kebijaksanaan dan satu jendela lainnya berbentuk kotak persegi dan dinamai jendela kebingungan. Meskipun keduanya mengarah ke arah yang sama, namun saat menengok ke luar melalu jendela ini, teman-teman akan mendapatkan penglihatan yang berbeda. Sampai saat Tim Info Jepang menuliskan ini, kami masih bingung rahasia apa yang ada di jendela Kuil Genkoan? Arah yang dituju sama, tapi mengapa yang kita lihat berbeda?

Kuil Genkoan adalah Kuil Buddha dari aliran Zen Buddha, berarti kuil asal mula cahaya dalam bahasa Jepang. Kuil ini awalnya adalah tempat untuk bersemedi atau bertapa yang dibangun untuk biksu dari Kuil Daitokuji. Di dalam bangunan kuil, teman-teman bisa melihat banyak patung-patung Buddha dan  Kannon Bodhisattva. Di salah satu ruangan, teman-teman bisa melihat “bloody ceiling”, di mana langit-langit atau plafon ruangan dibuat dari lantai kayu Kastil Fushimi yang dihancurkan sekitar tahun 1598. Kastil ini adalah tempat tinggal Tokoguwa Ieyasu (dikenal sebagai pendiri tentara Shogun atau Samurai), yang mati bunuh diri setelah dikalahkan.

Salah satu ruangan di Kuil Genkoan

Salah satu ruangan di Kuil Genkoan

Lingkungan sekitar kuil yang masih asri dengan pepohonan memang membuat suasana di kuil ini terasa tenang. Teman-teman bisa bersantai sejenak dan merenung di sini. Memang harus diakui, kuil-kuil di Jepang memberikan suasana yang berbeda bagi pengunjungnya. Memberikan kesempatan bagi kita untuk beristirahat dalam suasana yang hening.

2 Kegiatan Menarik di Kuil Genkoan

1. Melihat Jendela Kebijaksanaan dan Jendela Kebingungan

Tentu ini tidak boleh dilupakan saat pergi ke Kuil Genkoan. Sambil beristirahat, kita bisa merenung sejenak sambil menikmati ketenangan dan keteduhan Kuil Genkoan. Di sini kita bisa berelaksasi sejenak setelah berhimpit-himpitan dengan orang banyak di objek-objek wisata kota Kyoto.

Jendela Kebijaksanaan di Kuil Genkoan

Jendela Kebijaksanaan di Kuil Genkoan

2. Melihat Momiji dari Jendela

Jika teman-teman ke Kyoto sekitar bulan November (saat musim gugur), pemandangan di taman luar Kuil Genkoan merupakan salah satu yang terbaik di Kyoto. Daun-daun pepohonan akan berubah warna menjadi jingga kemerahan. Memberikan sebuah pemandangan yang amat indah. Pemandangan ini bahkan terpilih menjadi gambar dasar poster “Souda Kyoto”, suatu poster promosi kebudayaan dan pariwisata kota Kyoto, bukti nyata keindahan momiji musim gugur dari Kuil Genkoan.

Jendela Kebingungan di Kuil Genkoan

Jendela Kebingungan di Kuil Genkoan

Akses Menuju Kuil Genkoan

Teman-teman bisa naik bus wisata dari Stasiun Kyoto (sekitar 30 menit) dan turun di halte Bus Takagamine Genkoan-mae. Dari sini, teman-teman bisa berjalan kaki 1-2 menit menuju Kuil Genkoan. Biaya masuknya 400 yen untuk orang dewasa, dan 200 yen untuk anak-anak.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Santiago Guesthouse Kyoto
8 km away
from ¥2222/night
Amenity Hotel Kyoto
8 km away
from ¥8045/night
Suiran Luxury Collection
7 km away
from ¥48732/night
Centurion Cabin & Sp
6 km away
from ¥4000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Chionin
7 km away
Suasana Kuil Chionin di musim gugur
Museum Kereta Kyoto
8 km away
Pengunjung melihat koleksi Museum Kereta Kyoto
Imperial Palace Kyoto
4 km away
Pintu gerbang Imperial Palace Kyoto
Arashiyama
8 km away
Arashiyama waktu musim panas

Sumber gambar: Flickr vera46vera46, mrhayata


Recommended for you


Last modified: March 11, 2018 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!