Kuil Honganji

Home / Park / Kuil Honganji
Item image

Kuil Honganji atau Hogwanji adalah kuil Buddha yang terletak di pusat kota Kyoto. Letaknya yang dekat dengan Stasiun Kyoto, Istana Nijo, dan Kuil Toji membuat kuil ini hampir pasti ada di daftar itinerary para wisatawan yang mengunjungi Kyoto. Kuil yang sudah dibangun sejak tahun 1321 atau hampir 700 tahun yang lalu ini adalah pusat pengajaran agama Buddha di Kyoto dan Nara, khususnya aliran Buddha Jodo. Kuil Honganji lalu dipisah menjadi dua bagian oleh Tokugawa Ieyasu di awal tahun 1600-an, menjadi Honganji timur (Higashi Honganji) dan Honganji barat (Nishi Honganji) sampai dengan hari ini. Meskipun terpisah, namun Kuil Honganji ini masih sama-sama digunakan dalam berbagai acara keagamaan Buddha. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota Kyoto ditambah gratis biaya masuk, Kuil Honganji bisa jadi destinasi teman-teman di Kyoto.

Kegiatan seru mengunjungi Kuil Honganji

Tim Info Jepang memulai perjalanan dari Kuil Nishi-Honganji (yang ada di sisi paling barat), lokasinya hanya berbeda 1 blok dari Taman Umekoji dan Akuarium Kyoto.

1. Kuil Nishi Honganji

Seluruh kompleks dan bangunan kuil Nishi-Honganji masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO. Di sini, kita bisa melihat bangunan aula Amitabha di mana orang-orang berdoa dan memohon perlindungan kepada Buddha Amida, dan juga aula Goeidō yang terletak di sampingnya. Kedua bangunan ini punya arsitektur yang menarik dan “unik”, dengan atap landai satu-satunya di Kyoto. Oiya, aula Goeidō ini digunakan untuk menghormati Shinran yakni pengajar pertama agama Buddha Jodo di Kyoto yang kemudian menyebar ke seluruh Jepang. Masih belum puas? Kita juga bisa melihat beberapa benda bersejarah seperti kitab dan tulisan yang digunakan dalam pengajaran agama Buddha.

Pintu masuk kuil Nishi Honganji

Pintu masuk kuil Nishi Honganji

2. Kuil Higashi Honganji

Setelah puas berkeliling dan mengambil beberapa foto di kuil Hishi Honganji, kita bisa melanjutkan perjalanan ke sisi timur untuk mengunjungi kuil Higashi Honganji. Lokasinya persis berhadapan dengan Kyoto Tower. Di sini kita bisa melihat Mausoleum (makam) dari Shinran yang begitu megah. Ada juga bangunan gerbang Kaisando atau Goeidō yang digunakan untuk menghormati Shinran. Bangunan gerbang Kaisando ini juga merupakan bangunan kayu terbesar di Kyoto, yang dikenal dengan dua lapis atap landai yang tidak ada duanya di Jepang. Sampai hari ini, kuil Higashi dijadikan tempat pengajaran utama Buddha Jodo di Kyoto dan Nara.

Kuil Higashi Honganji di Kyoto

Kuil Higashi Honganji di Kyoto

3. Menikmati keindahan taman Shoseien

Sekitar 200 meter di sisi timur Kuil Higashi Honganji, kita bisa mengunjungi dan melihat keindahan Taman Shoseien. Area taman ini dibangun oleh Tokugawa Iemitsu (anak dari Ieyasu) di tahun 1657. Menurut Tim Info Jepang, Taman Shoseien ini adalah salah satu taman bergaya Jepang yang paling indah di Kyoto. Kita bisa melihat perpaduan antara pepohonan maple dan kebun bunda, sungai, dan kolam. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di Taman Shoseien adalah di puncak musim gugur (sekitar pertengahan Oktober-November). Kita bisa melihat keindahan warna pepohonan kuning kemerahan yang terpantul di permukaan kolam.

Selain itu, kita juga bisa mengunjungi bangunan Shukuen-tei dan Tairitsu-seki, yakni bangunan yang biasa digunakan dalam upacara minum teh. Jika sedang tidak ada upacara minum teh, kita bisa masuk dan duduk di area teras bangunan yang menghadap langsung ke kolam. Dari sini, kita bisa memperoleh pemandangan terbaik taman Shoseien.

Pintu masuk Taman Shoseien di Kyoto

Pintu masuk Taman Shoseien di Kyoto

Taman Shoseien di dekat Kuil Honganji Kyoto

Pemandangan musim gugur di Taman Shoseien dekat Kuil Honganji Kyoto

Bunga sakura di Taman Shoseien Kyoto

Bunga sakura di Taman Shoseien Kyoto

Akses ke Kuil Honganji

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa berjalan kaki ke arah utara melewati Kyoto Tower untuk mengunjungi Kuil Higashi Honganji. Kalau Kuil Nishi Honganji berada 400 meter di sisi kiri Kuil Higashi Honganji, sementara Taman Shoseien sekitar 200 meter di sisi kanan kuil Higashi Honganji.

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Informasi Tambahan Kuil Honganji

Untuk masuk ke kompleks Kuil (baik Nishi Honganji dan Higashi Honganji), kita tidak dipungut biaya, gratis!. Teman-teman bisa bebas masuk untuk berkeliling, atau melihat beberapa patung bersejarah di dalam kuil. Namun, kita dikenakan biaya tiket masuk sebesar 500 yen jika masuk ke Taman Shoseien.

Kompleks Kuil Honganji sudah buka sejak pukul 6 pagi. Teman-teman bisa sarapan pagi di hotel terlebih dahulu, kemudian langsung mengunjungi kuil Nishi Honganji dan Higashi Honganji, lalu Taman Shoseien yang buka pukul 9 pagi. Setelah itu bisa melanjutkan perjalanan ke Kuil Tofukuji atau Kuil Toji dan Taman Umekoji yang lokasinya berdekatan.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Keihan Kyoto
1 km away
from ¥7000/night
Hyatt Regency Kyoto
2 km away
from ¥31812/night
Sakura Terrace
2 km away
from ¥7331/night
Green Rich Hotel Kyoto
1 km away
from ¥7900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Sannenzaka Ninenzaka
3 km away
Suasana Sannenzaka Ninenzaka di senja hari
Kuil Yoshida
5 km away
Gerbang besar Kuil Yoshida di Kyoto
Istana Nijo
3 km away
Keindahan Istana Nijo di Kyoto
Kuil Tenryuuji
8 km away
Kuil Tenryuuji di Arashiyama Kyoto

Sumber Gambar: Flickr Christian Kaden, kid-d, Wei-Te Wong, Richard, enjoy my life!, Wei-Te Wong, PV9007 Photography


Recommended for you


Last modified: March 7, 2017 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
James
2016-07-07 18:48:45
Bagus kuilnya

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!