Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Gion Matsuri 2017

July 17, 2017 - July 24, 2017

Gion Matsuri atau Festival Gion adalah festival musim panas yang sangat terkenal di Jepang. Diadakan selama satu bulan mulai dari 1 Juli hingga 31 Juli, daerah Gion selalu dipenuhi oleh para wisatawan yang datang untuk menonton parade yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Festival yang sudah berlangsung semenjak tahun 869 atau sekitar 1200 tahun yang lalu ini, awalnya dimulai sebagai parade meminta bantuan dewa Gion Goryoue supaya wabah penyakit yang menyerang kota Kyoto bisa berhenti.

Dan hingga kini, tradisi 1300 tahun itu tetap dijaga oleh bantuan sosial masyarakat sekitar. Festival Gion Matsuri ini juga selalu diliput luas oleh media-media di Jepang. Itulah mengapa festival ini menjadi begitu terkenal. Selain itu, hampir seluruh masyarakat di Kyoto dan distrik Gion turut serta dalam puncak festival Gion Matsuri.

Suasana Festival Gion Matsuri

Puncak parade adalah di jalanan Gion yang akan ditutup untuk umum dan menjadi jalur Parade pada tanggal 14-16 Juli (pertengahan bulan Juli). Teman-teman juga bisa melihat Yamaboko seberat 12 ton yang diarak keliling kota, lengkap dengan aneka hiasan seperti lentera dan kain-kain tradisional. Seluruh penduduk Kyoto, mulai dari anak-anak sekolah, para pekerja, hingga para Geisha berkumpul untuk merayakan Gion Matsuri bersama-sama. Pesta parade selama tiga malam begitu ramai dengan alunan alat musik tradisional dan juga orang-orang yang menari dan bernyanyi.

Akses Menuju ke Gion

Dari Kyoto Station kita bisa naik bus nomor 100 atau 206 dan berhenti di halte Gion (waktunya sekitar 20 menit dengan ongkos 230 yen).

Akses ke Kyoto dari Tokyo

1. Dengan kereta dari Tokyo

Dari Tokyo, teman-teman bisa mengambil kereta JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo atau Shinagawa sampai di Stasiun Kyoto. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki. Pertama kereta Nozomi (138 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 14.110 yen untuk kursi pesanan). Atau bisa juga naik kereta Hikari (158 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 13.800 yen untuk kursi pesanan) atau Kodama (220 menit) dengan harga tiket yang lebih murah dengan JR Pass.

2. Dengan kereta Dari Osaka

Dari Osaka, teman-teman bisa mengambil kereta JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Shin-Osaka sampai di Stasiun Kyoto. Lama perjalanannya 15 menit dengan harga tiket 3.570 yen (green class), 2.810 yen (reserved seat), 1.420 yen (unreserved seat). Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki, yaitu Hikari dan Kodama (tidak perlu membayar tiket jika dengan JR Pass), atau kereta Nozomi.

Selain itu, kalau kereta shinkansen terasa mahal, teman-teman bisa naik kereta JR Kyoto Line dari Stasiun Osaka ke Stasiun Kyoto. Lama perjalanan sekitar 30 menit, dengan harga tiket 560 yen atau gratis dengan JR Pass.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Century Hotel
from ¥10487/night
Hotel New Hankyu
from ¥13643/night
Hotel Gran Ms Kyoto
from ¥9774/night
Almont Hotel Kyoto
from ¥13800/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Amanohashidate
amanohashidate
Kuil Kokedera
Bangunan Kuil Kokedera di Kyoto
Rental Kimono Yumeyakata
Berkeliling Kyoto dengan kimono Yumeyakata
Kuil Honganji
Foto pendopo Amida di Kuil Honganji

top


Recommended for you

Details

Start:
July 17, 2017
End:
July 24, 2017
Event Category:
Event Tags:
,

Venue

Gion
23-1 Nagitsuji Fushikawacho, Yamashina Ward
Kyoto, Kyoto Prefecture 607-8167 Japan
+ Google Map
Website:
http://www.gion.or.jp/