Aqua Bus Osaka

Home / Canal / Aqua Bus Osaka
Item image

Jalan-jalan ke Osaka? Mungkin kamu sudah sering menemukan informasi tempat-tempat wisata bagus di Osaka seperti Universal Studio Japan, Umeda Sky Building, Namba, Dotonbori dan lainnya. Tim Info Jepang kali ini ingin membagikan informasi mengenai satu kegiatan wisata seru di Osaka, yakni mengelilingi tempat-tempat wisata Osaka yang terkenal dari atas perahu. Dengan perahu bernama Aqua Bus Osaka, kita akan menyusuri tempat-tempat wisata kota Osaka dari sungai yang membelah kota Osaka. Pasti seru dan jadi pengalaman tak terlupakan! Ditambah lagi kita bisa gratis naik Aqua Bus Osaka ini dengan membeli tiket Osaka Amazing Pass. Seperti apa sih Aqua Bus Osaka itu? Berikut ini informasinya bagi para pembaca setia Info Jepang.

Informasi mengenai Aqua Bus Osaka

Lokasi Tokyo, Osaka, dan Hiroshima bisa dibilang mirip. Sebelas dua belas lah. Kota-kota ini terletak di dataran rendah, berbatasan langsung dengan laut, dan terbelah oleh sungai-sungai besar. Di Osaka, kita bisa melihat Aqua Bus Osaka yang menjadi salah satu daya tarik wisata kota di Kansai ini. Dengan tinggi kapal hanya 1,6 meter dari permukaan air, Aqua Bus Osaka dapat melewati jembatan-jembatan di pusat kota Osaka menyusuri tempat wisata terkenal seperti Osaka Castle, Taman Nakanoshima, Osaka Business Park, dan Osaka Amenity Park selama kurang lebih satu jam. Kita dapat makan siang, makan malam, dan melihat pemandangan kota Osaka dari dek depan atau belakang kapal.

6 Kapal Aqua Bus Osaka: Rute dan Harganya

1. Kapal Aqualiner

Aqualiner ini berbentuk kapal pesiar dan menyusuri sungai di pusat kota. Rutenya adalah pelabuhan Osaka Castle, ke arah barat ke Pelabuhan Hachikenya dekat Temmabashi, lalu ke Yodoyabashi di pusat kota Osaka, dan ke arah utara yakni Osaka Amenity Park dan Kema Sakuranomiya, sebelum kembali ke pelabuhan Osaka Castle. Ongkosnya 1.700 yen untuk musim biasa. Sedangkan di musim semi, saat bunga sakura mekar di Taman Kema Sakuranomiya, harganya jadi sedikit lebih mahal yakni 2.000 yen. Untuk anak-anak mendapatkan potongan setengah harga 850 Yen di musim biasa, dan 1.000 yen di musim semi. Waktu keberangkatan dari pelabuhan Osaka Castle adalah jam 10.00-17.00 setiap satu jam sekali. Dengan Tiket Osaka Amazing Pass, GRATIS naik Aqua Bus Osaka Aqualiner periode Desember-Februari atau mendapatkan potongan harga 700 yen periode: April-November, dan periode 1-27 Maret. Di luar itu tidak mendapat potongan harga.

Bunga sakura dari Aqua Bus Osaka

Menikmati bunga sakura dari Aqua Bus Osaka

2. Kapal Aquamini

Kapal ini mirip dengan Aqualiner diatas namun dengan atap terbuka dan jalur lebih pendek. Adapun pelabuhan yang disinggahi adalah Pelabuhan Osaka Castle, lalu ke timur sampai ke Temmabashi, dan menyusuri sungai Tombori ke selatan sampai ke arah Dotombori dan Namba. Harganya lebih murah dari Aqualiner yakni 1200 yen dan 600 yen untuk penumpang anak-anak. Lama perjalanannya 50 menit dan tidak kembali ke pelabuhan asal. Jadi cocok dimasukkan ke itinerary perjalanan Osaka antara Osaka Castle dan Dotombori atau Namba. Aquamini hanya beroperasi di hari libur di musim panas antara bulan April sampai November dengan 3-7 kali keberangkatan tiap hari.

Naik kapal Aqua Bus Osaka di Namba

Naik kapal Aqua Bus Osaka di Namba

3. Kapal Himawari

Kapal ini memiliki rute yang sama seperti Aqualiner, namun hanya melayani charter saja. Ada tiga pilihan waktu yang tersedia: saat makan siang dari jam 13.00 selama 90 menit, atau antara 14.00-15.30 selama 90 menit, dan jam 21.00 untuk waktu makan malam selama 2 jam. Jika tertarik dan ingin mencoba naik kapal Himawari bersama dengan keluarga bisa menuliskannya di kotak komentar di bawah. Tim Info Jepang akan membantu. Saran dari Tim Info Jepang: charter kapal Himawari akan untung jika yang naik diatas 30 orang.

4. Kapal Santa Maria

Kapal unik ini mirip seperti kapal penjelajah Christopher Colombus. Kapal ini menyusuri tempat-tempat wisata di daerah pelabuhan Osaka seperti Taman Tempozan, Akuarium Kaiyukan, Universal Studio Japan, dan Cosmo Tower di sebelah selatan. Untuk paket perjalanan siang hari selama 45 menit, biayanya 1.600 yen untuk dewasa dan 800 yen untuk anak-anak. Dengan tiket khusus kita juga bisa mendapatkan potongan 700 yen masuk ke Akuarium Kaiyukan dan potongan 300 yen naik Bianglala di Tempozan.

Tersedia juga paket malam hari dengan durasi dan rute perjalanan yang lebih panjang yakni 60 menit. Biayanya 2.100 yen untuk dewasa dan 1.050 yen untuk anak-anak. Perlu dicatat untuk naik kapal Santamaria harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Dengan Tiket Osaka Amazing Pass: GRATIS naik antara paket siang atau malam hari, selama kapal tersedia dan tidak dicharter. Lokasi keberangkatan kapal di belakang gedung Kaiyukan Akuarium Osaka.

Kapal Aqua Bus Osaka yakni Santa Maria

Kapal Aqua Bus Osaka yakni Kapal Santa Maria

5. Osaka Suijyo Bus Temmabashi Best View Cruise

Dalam 25 menit durasi perjalanan kapal, kita bisa melihat keindahan pemandangan tempat-tempat wisata di sekitar Nakanoshima Island, Temmabashi dari atas sungai. Suatu pengalaman yang tidak bisa didapatkan kalau berjalan kaki di daratan. Plan Cruise ini baru dibuka tahun 2017, bersamaan dengan Osaka Amazing Pass yang baru. Plan ini cocok buat teman-teman yang ingin menikmati pemandangan malam kota Osaka, tanpa ingin membayar mahal-mahal. Ini karena plan ini berbeda dengan night cruise lainnya yang biasanya dipaket dengan makan malam sehingga harganya sedikit lebih mahal. Tiketnya adalah 1.500 yen untuk satu orang. Namun, jika menunjukkan Osaka Amazing Pass, tiketnya GRATIS! Kapal wisata berangkat dari dermaga Hachikenyahama pukul 17.30, 18.00, 18.30 dari bulan Mei-November, plus pukul 19.00 dan 19.25 pada bulan September dan Oktober. Untuk mencapai dermaga Hachikenyahama, teman-teman bisa naik kereta subway Tanimachi Line atau kereta Keihan Line dan turun di Temmabashi Station exit nomor 2. Dermaga ada langsung di sebelah kanan pintu keluar.

6. Osaka-jo Gozabune (Kapal Cruise Osaka Castle)

Kapal Wisata Gozabune ini mempunyai rute mengelilingi kanal (outer moat) di sekeliling Kastil Osaka atau Osaka-jo selama 20 menit perjalanan. Kapal Wisata Gozabune memiliki interior yang mewah dengan hiasan daun emas Hoo Maru dari masa Toyotomi Hideyoshi. Kapal wisata beroperasi pada bulan Maret hingga November, setiap hari mulai pukul 10.00-16.30. Kapal akan berangkat setiap 10-15 menit sekali. Biayanya 1.500 yen untuk dewasa dan 750 yen untuk pelajar SD dan SMP. Jika teman-teman memiliki Osaka Amazing Pass, bisa naik kapal cruise ini gratis pada periode tanggal 17 April sampai akhir Maret tahun berikutnya. Namun untuk periode 1-16 April (saat musim puncak Hanami Sakura) ongkosnya tidak tercover sepenuhnya, hanya berupa potongan harga 200 yen untuk orang dewasa atau 100 yen untuk anak-anak.

Untuk mencapai dermaga kapalnya, teman-teman bisa naik kereta subway Tanimachi Line dan turun di Stasiun Tanimachi 4-Chome (Tanimachi Yonchome) lalu keluar di pintu exit 1B atau 9. Selain itu bisa juga naik kereta subway Tanimachi Line atau kereta Keihan Line dan turun di Temmabashi Station exit nomor 3.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Osaka Marriott Miyako Hot
5 km away
from ¥19900/night
Hotel Trusty Osaka Abeno
5 km away
Hotel Trusty Osaka Abeno
from ‎¥12683/night
IM Guest House
4 km away
from ‎¥2114/night
Toyoko Inn Osaka Tsutenka
5 km away
Toyoko Inn Osaka Tsutenkaku
from ‎¥6804/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Namba Osaka
3 km away
Suasana Namba Osaka di malam hari
Dotonbori Street
4 km away
Suasana di Dotonbori Street Osaka
Shin Saibashi Osaka
3 km away
Suasana Shin Saibashi Osaka
Tenma Osaka
2 km away
pintu masuk kuil osaka tenmangu

Sumber gambar: Flickr Tetsushi Kimura, MIKI Yoshihito, tabibird, Koichi ‘Jack’ Tanii


Recommended for you


Last modified: April 24, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (55)

  1. Malam pak, kalau saya ada rencana untuk ambil OAP tanggal 1 april dan saya ingin ke umeda sky building, osaka castle, Legoland discovery, salah satu ferris well dan tombori cruise/kapal santa maria.

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah cukup jika hanya ambil OAP 1 hari?
    2. Rutenya lebih baik seperti apa?
    3. Lebih baik ambil ferris well tempozan/HAP?
    4. Kapal mana yg harus saya pilih? Atau ada rekomendasi lain?

    Terimakasih pak

  2. Selamat malam Pak Nugroho, saya ingin bertanya mengenai Osaka Suikyo Bus Temmabashi Best View Cruise, rencananya saya akan ke Jepang pada September 2019, saya ingin naik itu pada malam hari sekitar pukul 19.00, kira2 baiknya saya datang kesana nya brp jam sblm keberangkatan ya pak dan juga untuk tiket nya tinggal menunjukkan OAP saja? Selain itu, pada
    https://www.infojepang.net/liburan-murah-di-osaka-dengan-osaka-amazing-pass/ info nya hanya beroperasi pada Dec-Feb, jadi kalau saya kesana bulan Sept apakah tidak tercover OAP apa bagaimana ya pak? Terima kasih Pak

  3. Sore Pak Nug,

    Saya berencana naik kapal
    Aquamini di hari minggu bulan April thn depan. Yang saya ingin tanyakan apakah kapal Aquamini ini hanya beroperasi di siang hari ataukah ada juga yg beroperasi di malam hari? Untuk mengetahui schedule keberangkatannya bisa dilihat dimana ? Dan apakah pembelian tiketnya bisa dibeli langsung ditempat ataukah harus dgn pembelian online?

    Salam,
    Ratih

    • Nugroho Christian  |  

      Beroperasinya mulai siang hari, dan tersedia keberangkatan setiap 1 jam sekali (7-8 kali keberangkatan). Untuk rute Osaka Castle, kapal pertama beroperasi jam 11.05, lalu Minatomachi Pier berangkat jam 12.10, lalu rute Tombori River Walk mulai jam 12.20. Pembelian bisa langsung di dermaganya. Untuk info lengkapnya bisa di cek di Website Suijobus, dan info terakhir sepertinya minggu ketiga April belum beroperasi. Salam

  4. Selamat siang pak,

    Terima kasih atas jawaban bapak mengenai pertanyaan saya soal OAP, disini saya ingin bertanya mengenai menggunakan OAP untuk naik Aqua Bus Osaka ini, apakah kita boleh naik semuanya atau harus pilih salah satu saja?
    Kalau saya dari Osaka Castle mau lanjut ke Dotonburi/Namba berarti naik yang no. 2 Aquamini ya? naiknya dari Osaka Castle disebelah mana ya pak?
    Trus saya juga pengen naik Santa Maria Cuise di Osaka Bay City, tetap free kah dengan OAP? apakah harus booking dulu? lewat apa ya pak?

    Terima kasih banyak atas penjelasan bapak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dengan Osaka Amazing Pass, harus memilih di antara Osaka Suijyo Bus Temmabashi Best View Cruise, Kapal Aquamini dan Kapal Aqualiner.
      Naiknya di sebelah timur laut Osaka Castle, kalau datang dari JR Osakajo Koen Station, kelihatan kok papan penunjuk jalan ke pelabuhannya.
      Lalu dengan Osaka Amazing Pass, bisa kok naik kapal Santa Maria. Ibu bisa beli tiketnya langsung. Salam

    • Terima kasih infonya Pak,
      Btw aquamini yg dari Osaka Castle ke Namba kalau bln Oct hanya beroperasi dihari libur saja ya? Maksudnya weekend kah?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, yang dimaksud hari libur itu sabtu, minggu, dan tanggal merah di Jepang.
      Di bulan Oktober, beroperasi tanggal 6-8, 13, 14, 20, 21, 27, 28 Oktober. Salam

    • Waduh saya rencana akan keliling Osaka dgn OAP nya hari jum’at tgl 19 Okt Pak, pilihan naik aqua bus yg beroperasi hari itu selain Santa Maria Cruise apa ya Pak? Krn tgl 20 saya sudah di Kyoto rencananya
      Maaf ya Pak..jadi panjang pertanyaannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu mau naik kapal Aqua Mini atau Santa Maria Cruise? Yang beroperasi di akhir pekan itu adalah Aqua Mini dengan rute Osaka Castle ke Namba. Salam

  5. tanya pak: dari osaka aquarium ke osaka castle bisa naik kapal?
    tiket kapal bisa dibeli online atau harus on the spot?
    umeda sky building menarik di malam/siang hari?

    • Nugroho Christian  |  

      Ada kapal di kedua tempat tersebut, namun keduanya tidak berhubungan rutenya. Tiket kapal bisa beli di tempat, namun ada baiknya 1 hari sebelumnya, atau pagi hari jika mau naik sore harinya. Umeda Sky Building sama saja, kalau siang kelihatan kota Osakanya, kalau malam kelihatan pemandangan kota dengan kerlap-kerlip lampu. Malam hari lebih romantis sih. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!