Taman Nakanoshima

Home / Museum / Taman Nakanoshima
Item image

Nakanoshima adalah daerah unik di Jepang. Kenapa unik? Karena wilayah ini adalah delta (daratan yang terbentuk dari endapan/ sedimentasi) sungai Ogawa. Tidak heran, mengunjungi Nakanoshima seperti mengunjungi pulau kecil di tengah-tengah Osaka, di mana ada sungai Dojima di sisi utara dan sungai Tosabori di sisi selatan. Letaknya taman ini tidak jauh dari Stasiun Osaka dan Umeda dan bisa ditempuh dengan 20 menit berjalan kaki ke arah selatan. Kalau Umeda dan Namba di Osaka adalah pusat belanja dan hiburan, di area Nakanoshima kita bisa menemukan kantor pemerintahan, museum, aula kota Osaka yang megah, dan area taman kota. Taman Nakanoshima terletak di sisi timur delta dan menjadi salah satu taman terindah di Osaka. Mengapa? Yuk, simak liputan Tim Info Jepang di Taman Nakanoshima berikut ini.

Kegiatan seru di area Nakanoshima

1. Menikmati area Taman Nakanoshima

Tahukah teman-teman kalau taman Nakanoshima adalah taman tertua di Osaka? Taman ini dbuka lebih dari 100 tahun lalu, tepatnya tahun 1891. Bisa dibilang, taman ini adalah satu-satunya daerah terbuka di Osaka. Terkepung diantara dua magnet kota Osaka yakni Umeda di utara dan Namba di selatan, taman ini jadi “pelarian” yang sempurna bagi para pekerja yang ingin beristirahat sejenak saat makan siang. Selain itu, area taman ini juga ramai di pagi dan sore hari oleh para penduduk Osaka yang berolahraga. Oiya, hampir lupa, di area taman ini, kita juga bisa menikmati lebih dari 4000 tanaman bunga mawar warna-warni yang berasal dari seluruh dunia yang mekar sepanjang bulan Mei.

Malam hari di Taman Nakanoshima Osaka

Suasana taman Nakanoshima di malam hari

Bunga mawar di Taman Nakanoshima Osaka

Bunga mawar di Taman Nakanoshima Osaka

2. Mengunjungi Museum Keramik Osaka

Tidak jauh dari area Taman Nakanoshima, teman-teman bisa mengunjungi Museum Keramik Osaka. Dengan tiket masuknya 500 yen, kita bisa melihat beragam koleksi keramik dari Korea dan Tiongkok yang bersejarah. Menurut sejarah, koleksi museum ini berasal dari beberapa koleksi pribadi para penduduk Osaka yang dikumpulkan dan kini dipajang di museum ini. Melihat ragam bentuk dan keindahan keramik tentu jadi pengalaman berharga mengunjungi museum ini.

3. Mengunjungi Museum Sains Osaka

Museum Sains Osaka ini mirip seperti Planetarium Jakarta di Taman Ismail Marzuki. Dengan diameter kubah sebesar 26,5 meter, kita bisa melihat pemandangan bintang-bintang dan tata surya secara tajam, mirip seperti melihatnya langsung melalui teleskop. Bagi teman-teman yang liburan bersama dengan anak di Osaka, Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi Museum Sains Osaka ini.

Museum sains Osaka

Museum sains Osaka

4. Mengikuti Nakanoshima Night View Cruise

Yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi Osaka adalah kegiatan menyusuri sungai Nakanoshima dengan kapal wisata. Kalau mengikuti Nakanoshima Night View Cruise, kita dapat menyusuri sungai di malam hari light up jembatan, bangunan-bangunan kuno, dengan latar belakang lampu-lampu dari gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan mewah di Umeda dan Namba, daerah-daerah di sepanjang sungai Doujimagawa dan Dosaborigawa yang memang sudah ramai sejak jaman dahulu sebagai pusat pemerintahan, ekonomi, dan budaya. Dalam perjalanan, semua penumpang akan mendapat headphone wireless yang akan melantunkan suara musik alat musik tradisional Jepang. Kita bisa sekaligus menikmati perpaduan budaya tradisional Jepang dan kecanggihan kota masa kini dalam tur malam Nakanoshima.

Nakanoshima Night View Cruise berangkat setiap 30 menit mulai pukul 17.00-21.00, dengan durasi waktu perjalanan 20 menit. Kapal wisata akan berangkat dari dermaga Fukushima (Hotaru machi) menyusuri sungai Doujimagawa dan kembali ke dermaga Fukushima. Tiketnya seharga 900 yen dan dapat dibeli dari satu jam sebelum jam keberangkatan kapal. Informasi mengenai jadwal keberangkatan kapal bisa dicek di halaman berikut. Jika memiliki Osaka Amazing Pass, maka tiket seharga 900 yen jadi GRATIS.

Dermaga Fukushima (Hotaru machi) bisa ditempuh dengan berjalan kaki, 11 menit dari stasiun Higobashi pintu keluar nomor #3 di jalur subway Yotsubashi Line, 4 menit dari Stasiun Fukushima (jalur Hanshin/ JR Tozai Line), atau 6 menit dari pintu keluar nomor #6 di Stasiun Nakanoshima jalur kereta Keihan Line.

Night Cruise Taman Nakanoshima Osaka

Foto Nakanoshima Night Cruise

Akses menuju Nakanoshima

Nakanoshima dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Osaka atau Stasiun Umeda. Letaknya yang sekitar 600 meter dari Stasiun Osaka dan Umeda dan bisa ditempuh dengan 20 menit berjalan kaki ke arah selatan. Atau naik Osaka Loop Line dari Osaka Station sampai ke Kyobashi Station. Lama perjalanannya 7 menit dengan ongkos 160 yen. Dilanjutkan dengan naik kereta Keihan Main Line sampai Naniwabashi Station. Lama perjalanannya sekitar 4 menit dengan ongkos 150 yen.Dari Naniwabashi hanya tinggal berjalan 2 menit sampai ke Nakanoshima Park.

Selain itu bisa dengan kereta keihan dan turun di Stasiun Keihan Nakanoshima, atau dengan kereta Hanshin turun di Stasiun Hanshin Fukushima.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Trusty Osaka Abeno
5 km away
Hotel Trusty Osaka Abeno
from ‎¥12683/night
Sunlife Hotel
2 km away
from ‎¥5806/night
Khaosan World Tennoji
5 km away
Khaosan World Tennoji
from ‎¥3300/night
Osaka Marriott Miyako Hot
5 km away
from ¥19900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Dotonbori Street
3 km away
Suasana di Dotonbori Street Osaka
Aqua Bus Osaka
2 km away
Aqua Bus Osaka di Dotombori
Osaka Castle
2 km away
Osaka Castle dari kejauhan
Sennichimae Doguyasuji Os
3 km away
Pintu masuk Sennichimae Doguyasuji Osaka

Sumber gambar: Flickr Yu-Ching Chu, chiaki (c_c).6, nupe, Kimon Berlinnobu3withfoxy


Recommended for you


Last modified: August 28, 2017 by

Close Comments

Comments (13)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Alexa, kereta Osaka Loop Line dan Kereta Keihan bukan kereta subway, jadi tidak tercover dengan kereta Keihan. Salam.

  1. Selamat malam pak nugroho, kalau mau ke umeda, namba, osaka castle, tempozan ferris wheel, dstrik shinsekai, tennoji osaka dan nakonosima, apakah sdh benar kalau memakai osaka subway pass? Atau ada yg lbh baik pak? Rencana 2 hari d osaka. Dan kalau mau ke airport kansai sebaiknya naik.apa? Trims pak nugroho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Apakah yang dimaksud Adventure Travel? Tidak, Adventure Travel hanya beriklan di website Info Jepang. Ada apa ya Pak? Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!