Museum Sains Osaka

Home / Attraction / Museum Sains Osaka
Item image

Museum Sains Osaka atau Osaka Shiritsu Kagakukan adalah museum khusus anak-anak yang ada di Pulau Nakanoshima Osaka. Lokasinya ada di sekitaran Umeda Osaka. Dalam museum ini, anak-anak akan dibawa menjelajahi dunia luar angkasa dan planet, mengenal dunia kelistrikan dan kimia melalui beragam permainan dan film yang diputarkan. Sejak dibuka tahun 1989, setiap harinya, ada ratusan anak sekolah TK atau SD di sekitaran wilayah Osaka dan Kansai yang datang ke sini untuk bermain dan belajar. Salah satu yang membuat saya kagum dengan Jepang adalah, pemerintah dan orangtua tahu persis kebutuhan anak-anak untuk bermain. Dan mereka “menyelipkan” pengenalan akan ilmu-ilmu pengetahuan itu sehingga anak-anak sudah terbiasa dan tertarik untuk belajar. Di Indonesia rasanya kita masih butuh waktu lebih lama ya, semoga..


Kegiatan-kegiatan Seru di Museum Sains Osaka

Oh, karena sedari awal saya banyak berbincang mengenai anak-anak, tenang saja, Museum Sains Osaka ini juga boleh kok dikunjungi oleh orang dewasa. Bagi teman-teman yang liburan bersama dengan anak di Osaka, Tim Info Jepang menyarankan untuk memasukkan Museum Sains Osaka sebagai destinasi teman-teman selama di Osaka.

Museum Sains Osaka ini terdiri dari 4 lantai di mana ada banyak permainan interaktif yang bisa dicoba langsung. Di lantai 1, kita akan berkenalan dengan energi dan listrik. Ada pedal power dimana kita bisa mencoba menghasilkan listrik dengan menggowes pedal sepeda. Lalu ada juga tiang transmisi listrik dan juga bagian dalam lampu lalu lintas, di mana kita bisa belajar penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Bola Van der graaf penghasil listrik statis

Bola Van der graaf penghasil listrik statis

Lalu di lantai 2, kita akan mengenal ilmu-ilmu alam yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, ada percobaan bola Bernoulli yang bisa “melayang” di udara dan juga tipuan cermin di mana jumlah bayangan kita berjumlah sesuai dengan besar sudut kita berdiri.

Di lantai 3, kita bisa belajar mengenai ilmu kimia, yang meliputi mineral dan bahan tambang, plastik, dan juga obat-obatan. Ada kristal batuan di mana barang-barang tambang diperoleh, maupun kafe fragrance, dimana kita diajak mengenal bahan kimia aromatik yang dijadikan perasa makanan atau minuman. Masih di lantai 3, ada area pertujukan sains, di mana para staff akan memeragakan langsung kejadian-kejadian sains sehari-hari. Semisal cara kerja roket, letusan gunung berapi, maupun cara kerja pembangkit listrik tenaga uap.

Dan di lantai paling atas atau lantai 4, ada area Universe and Discovery yang berkisah mengenai angkasa luar. Ada miniatur planet dalam skala 1:500000, di mana kita bisa membandingkan ukuran matahari dengan bumi dan jarak planet-planet dalam tata surya kita. Lalu ada spark chamber di mana kita bisa belajar sinar kosmik yakni sinar yang membawa energi saat merambat. Wah, keren semua deh pokoknya!

Lihat baju astronot di Museum Sains Osaka

Lihat baju astronot di Museum Sains Osaka

Area Universe and Discovery di Museum Sains Osaka

Area Universe and Discovery di Museum Sains Osaka

Salah satu yang spesial di Museum Sains Osaka ini adalah kubah planetarium dengan diameter 26,5 meter. Kita bisa melihat pemandangan bintang-bintang dan tata surya secara tajam, mirip seperti melihatnya langsung melalui teleskop. Begitu detail dan nyatanya, sampai kita seakan-akan sedang berada di pesawat luar angkasa dan melihat ribuan bintang-bintang itu dengan mata kepala kita sendiri.

Informasi Tiket Masuk Museum Sains Osaka

Untuk anak-anak sampai pelajar SMP (usia 15 tahun) tidak dipungut tiket masuk alias gratis. Untuk pelajar SMA dan mahasiswa tiket masuknya 300 yen, dan orang dewasa 400 yen.

Akses menuju Museum Sains Osaka

Museum Sains Osaka terletak di Pulau Nakanoshima, bersebelahan dengan Taman Nakanoshima. Museum ini bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Osaka atau Stasiun Umeda. Letaknya yang sekitar 600 meter dari Stasiun Osaka dan Umeda dan bisa ditempuh dengan 20 menit berjalan kaki ke arah selatan.

Atau kalau malas berjalan kaki, bisa juga naik kereta Osaka Loop Line dari Osaka Station sampai ke Kyobashi Station. Lama perjalanannya 7 menit dengan ongkos 160 yen. Lalu berpindah ke kereta Keihan Main Line sampai Watanabebashi Station. Lama perjalannya sekitar 4 menit dengan ongkos 150 yen. Dari Stasiun Naniwabashi, kita hanya tinggal berjalan 10 menit ke arah barat daya sampai ke Museum Sains Osaka.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Khaosan World Tennoji
5 km away
Khaosan World Tennoji
from ‎¥3300/night
Hotel Raizan South
5 km away
Hotel Raizan South
from ‎¥2400/night
Guesthouse Enn Nipponbash
4 km away
from ¥12279/night
Osaka Marriott Miyako Hot
5 km away
from ¥19900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Dotonbori Street
3 km away
Suasana di Dotonbori Street Osaka
Kuil Shitennoji
5 km away
Gerbang Nishijumon di Kuil Shitennoji
Hozenji Yokocho
8 km away
Gang sempit di Hozenji Yokocho Osaka
Air Terjun Minoo
17 km away
air terjun minoh di osaka

Sumber gambar: Flickr Hidefumi, Hidefumi, takamatsu minori, nobu3withfoxy


Recommended for you


Last modified: September 12, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (10)

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk tiket masuk ke Museum Sains Osaka bisa langsung dibeli di loket yang ada di area pintu masuk bu. Salam.

  1. Siang Mas
    Saya dan keluarga ingin memakai osaka amazing pass1D
    Itinerarynya:
    1.osaka castle
    2.science museum
    3.santa maria day cruise
    4.tempozan ferris wheel
    5.Dontonburi
    Jika saya stay di Namba orange street,pengaturan listnya mana terlebih dahulu utk menghemat waktu.
    Terima kasih.

  2. Pagi pak kalau ksmi dari kansai pagi hari langsung ke museum sains ini dan setelah makan siang kami akan melanjutkan perjalanan keliling osaka sblm cek in apt di daerah kitakagaya kira2 rekomen tempat wisata yg bisa kami ambil apa yah pak?thanks before

  3. Hi, saya akan ke jepang dengan rute : Haneda-Kawaguchi-Osaka-Kyoto-Tokyo-Haneda (dengan menginap di kawaguchi, osaka dan tokyo selama 9 Hari). Apakah saya perlu membeli JR PASS? Dan apakah Kintetsu, Keihan Main Line, dan Osaka loop tercover JR PASS?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Halo Finni, salam kenal.

      Kita butuh itinerary lengkap kamu dulu, buat bisa nentuin apa untung atau gak beli JR Pass. Terutama waktu penggunaannya, karena kamu kan 9 hari, padahal JR pass hanya 7 hari masa berlakunya. Namun, dari rute yang kamu kasih lihat, kayaknya sih gak perlu, karena Finni gak pake shinkansen (ke Kawaguchi dulu).

      Kintetsu dan Keihan Main Line gak ke cover JR Pass karena mereka private train. Tapi Osaka Loop Line ama JR Yamanote Line (di Osaka dan Tokyo) masuk dalam lingkup JR Pass. Mengingat harga JR Pass yang sampai 29.000 yen, harus pinter-pinter berhitung hari/ waktu, mau kemana aja, dan apa ada alternatif transportasinya

    • Oo begitu, kalo itinnya
      Hari 1 haneda – kawaguchi
      2 kawaguchi – hakone – osaka
      3 osaka-arashiyama-fushimi inari-osaka
      4 usj
      5 osaka-nara-kiyomizudera-gion-osaka
      6 osaka-gion-tokyo
      7 tokyo
      8 disney
      9 disney
      10 haneda

      Apakah rute di atas perlu menggunakan jr pass?

      Terima kasih…

    • Nugroho Christian  |  

      Jika ingin mencoba naik shinkansen pulang pergi Tokyo Osaka, maka JR Pass cukup worthed dibeli.
      Namun jika ingin menghemat biaya perjalanan lagi, ada alternatif transportasi lain yang lebih murah dan tentu harganya tidak sampai 29 ribu yen.
      Jika ada pertanyaan lainnya, silakan ditanyakan. Kami siap membantu.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!