Kuil Hakone

Home / Temple / Kuil Hakone
Item image

Kuil Hakone (Hakone Jinja) terletak di kaki Gunung Hakone dan di tepi Danau Ashinoko. Ini adalah salah satu alasan mengapa kuil ini terkenal, karena saat berdoa di sini, teman-teman seperti beda di tengah-tengah dua alam: gunung berapi dan danau yang teduh. Kuil Hakone yang buka sepanjang tahun ini berada di tengah-tengah hutan yang cukup lebat. Namun teman-teman bisa mudah menemukannya karena ada gerbang torii yang terlihat dari Danau Ashinoko. Warna gerbang yang merah menyala ini menjadi ikon Kuil Hakone. Dari gerbang torii, teman-teman berjalan kaki menembus hutan yang cukup lebat hingga tiba di bangunan utama kuil.

Karena dikelilingi oleh hutan dan pepohonan yang lebat, juga diapit danau dan gunung, membuat kuil Hakone sering diselimuti kabut. Kabut tipis sepanjang tahun inilah yang dipercaya orang-orang menambah daya magis dan keindahan kuil ini.

menuju kuil hakone
Menuju ke Kuil Hakone

Ada lagi kuil yang teman-teman bisa kunjungi di sekitaran Danau Ashinoko, namanya Kuil Matsumiya. Letaknya di puncak Komagatake. Teman-teman bisa mengunjunginya dengan menggunakan kereta gantung Komagatake atau hiking dari Hakone-en. Dari kuil di puncak gunung ini, teman-teman bisa menikmati luasnya Danau Ashinoko dengan latar belakang Gunung Fuji.

Bangunan Kuil Hakone

Bangunan Kuil Hakone

Bagaimana cara ke Kuil Hakone?

Kuil Hakone dapat ditempuh dengan sepuluh menit berjalan kaki dari dermaga Moto-Hakone. Untuk mencapai Moto-Hakone, teman-teman bisa naik kereta dari Stasiun Odawara menuju Stasiun Hakone-Yumoto. Tiketnya 310 yen dan ditempuh dalam 15 menit. Kemudian, dari Stasiun Hakone-Yumoto naik bus Hakone Tozan selama kurang lebih 40 menit menuju ke Moto Hakone. Harga tiketnya 960 yen atau gratis dengan menggunakan Hakone Free Pass.

Dari stasiun Shinjuku Tokyo, teman-teman bisa naik kereta ekspress Odakyu Romance Car dan  turun di Stasiun Hakone-Yumoto. Lama perjalanan dari Tokyo hanya 1,5 jam dengan biaya tiket 2080 yen. Dari stasiun Hakone-Yumoto teman-teman bisa melanjutkan perjalanan naik bus seperti penjelasan di atas.

Sementara itu, untuk mencapai Kuil Matsumiya, teman-teman bisa naik kereta gantung Komagatake dari Hakone-en di tepi Danau Ashi (sekitar 45 menit berjalan kaki dari Kuil Hakone). Biaya tiket pulang pergi kereta gantung 1080 yen (gratis dengan menggunakan Hakone Free Pass)

Sebagai tambahan, jika teman-teman berminat untuk berkeliling tempat-tempat wisata di Hakone, kami sarankan untuk membeli Hakone Free Pass atau Fuji Hakone Pass akan menghemat ongkos perjalanan macam transportasi di Hakone.

Tips Bahasa

Jika teman-teman sudah sampai di Stasiun Hakone-Yumoto atau setelah turun bus di Moto Hakone, dan bingung mencari kuil menemukan diri Anda di Hakone, teman teman bisa menanyakan lokasi Kuil Hakone kepada orang sekitar.

Di mana kuil Hakone?
hakone jinja wa, doko desu ka?

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yumoto Fujiya Hotel
8 km away
from ¥18287/night
Umimoto
6 km away
from ¥16021/night
Hakone Sengokuhara Prince
7 km away
from ¥19735/night
Senkei
7 km away
from ¥18143/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Gora
5 km away
Air mancur raksasa di Taman Gora Hakone
Hakone En
2 km away
Momiji musim gugur dari Hakone En
Sengokuhara
6 km away
Padang Rumput Sengokuhara di musim panas
Owakudani
5 km away
owakudani

Sumber gambar : Flickr ume-y, Mandy


Recommended for you


Last modified: March 11, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (14)

  1. Siang pak, mau tanya.
    Saya ingin ke fuji dan hakone dlm 1 hari.
    Rencana di hakone hanya ingin pergi ke hakone jinja shrine saja.
    Dan di fuji hanya ke kebun bunga hananomiyako dan lihat2 sekitar saja.

    Apakah 1 hari sempat untuk mengunjungi keduanya?
    Untuk transportasinya bila saya sdh ada JRPass, Pass apa lagi yang harus sy beli untuk datang ke kedua tempat tersebut?

    terimakasih

  2. Pagi pak, hanya ingin memastikan. Kalau menuju kuil hakone dari shinjuku langsung naik odakyu romance car sampai di hakone yumoto tidak di cover jr pass. Yg di cover jr pass hanya shinjuku-odowara. Lalu odowara naik bus ke hakone yumoto lalu ke moto hakone adalah tidak tercover jr pass. Apakah spt itu? Makasi.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Untuk pergi ke Hakone, ada 2 jenis kereta yang dipakai:
      1. kereta Odakyu terdiri dari Odakyu romance car dan kereta odakyu biasa
      2. kereta JR Shonan Shinjuku sampai ke Odawara (pintu masuk ke Hakone)
      Untuk kereta nomor 1 tidak tercover oleh JR PASS, jadi bapak harus naik kereta nomor 2 supaya tercover JR PASS.
      Informasinya di Info Wisata Hakone bagian Akses. Salam

  3. halo tim info jepang,

    aku ada plan mau ke fuji dan hakone. Kalau dari penjelasan diatas sepertinya cukup susah kalau dalam satu hari jadi harus stay either di hakone nya atau kawaguchi.

    Bisa kah kalau fuji hakone dipakai dengan rute
    day 1 : shinjuku-hakone-shinjuku
    day 2 : shinjuku-fuji-shinjuku
    karena plan aku kita hanya menginap di shinjuku saja.

    Please info nya yaa :)
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Sarah. Bisa saja PP dua hari ke Kawaguchiko dan Hakone. Artikel di atas adalah pengalaman Tim Info Jepang menggunakan Fuji Hakone Pass dengan menginap 2 malam di daerah Kawaguchiko dan Hakone. Kalau mau PP kayak rencana Sarah bisa saja, namun ongkos yang tercover adalah satu kali perjalanan kereta PP saja.

      Kalau mau ke PP ke Kawaguchiko dan Hakone bisa dikombinasikan dengan Hakone Pass dan JR Tokyo Wide Pass.

  4. Terima kasih atas replynya Mas, saya datang melalui tokyo dan kota yang ingin saya kunjungi seperti hakone, shirakawago, kyoto, osaka, dan kembali ke tokyo, tempat wisata alam seperti kalau di hakone danau ashi, hakone shrine, dll, mt fuji, danau kawaguchi, gotemba, desa shirakawago dan sekitar, alpine route, hutan bambu kyoto, fushimi inari dan kuil2 di kyoto lainnya, kuliner di osaka / tempat wisata yang menarik u/ dikunjungi, di tokyo seperti disneyland/disneysea, sanrio puroland, dan tempat kuliner atau tempat apa yg wajib dikunjungi ditokyo. lama perjalanan saya 10 hari dgn penerbangan langsung demikian mas, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Widi. Seluruh objek wisata di atas sudah tertulis di website infojepang, bisa kamu temukan dari kotak search bewarna biru.
      Silakan mengecek sendiri pemandangan masing-masing tempat wisata, kegiatan yang bisa dilakukan, serta tips dan trik hemat perjalanan.
      Tim Info Jepang tidak melayani konsultasi itinerary via website karena hanya akan membuat 100 ribu pengunjung lain bingung.
      Mohon pengertiannya. Kalau memang ingin bantuan konsultasi liburan di Jepang, ada layanan berbayar Tour Guide Online Info Jepang.
      Salam

  5. bertanya dong, jika saya rencana menginap di fuji hakone guest house, kira2 rute pergi pulang nya baiknya spt apa supaya bisa dapat banyak tempat yg bisa dilihat dan dikunjungi di fuji hakone dengan memakai hakone day pass? untung mana jika beli dengan JRtokyo wide pass, jika kembali dari hakone, mau langsung ke yokohama? mohon advice, thankyou

    • Info Jepang  |  

      Hi, Angie, kamu berangkat dari mana? Apa dari Tokyo?
      JR Tokyo Wide Pass itu recommended kalau kamu mau naik bepergian antara Tokyo-Hakone-Yokohama. Namun karena harganya 10.000 yen harus dipikirkan lagi mau ke mana aja. Kalau hanya pengen ke Hakone (1 hari) lalu kembali ke Yokohama/ Tokyo, Tim Info Jepang saranin kamu beli tiket kereta biasa aja atau Hakone Free Pass.

      Soal Hakone Free Pass, itu berguna banget kalau kamu mau ngunjungin Hakone dari Tokyo (karena udah gratis tiket Shinjuku-Hakone), dan nikmatin objek-objek wisata di Hakone, seperti naik kereta gantung Hakone (Gora-Togendai), naik perahu untuk mengelilingi Danau Ashinoko, atau naik bus ke Hakone Glass no Mori, ke Kuil Hakone, Chichibunomiya Memorial Park, atau ke Taman Gora. Detail mengenai Hakone Free Pass dibaca di sini. Inget hakone free pass ini cuma berlaku 2 atau 3 hari.

      Kalau mau tanya2 lagi, hubungi kami bisa ke 0818.221.505, Kami siap membantu liburan Angie.
      Salam dan selamat liburan!

    • Info Jepang  |  

      Sedikit tambahan, pengianpan Fuji Hakone Guest House itu berada di dekat Museum Seni Gelas Hakone, berada di Hakone dan bisa diakses dengan bus wisata Hakone (bisa menggunakan Hakone Day Pass). Jadi pilihan untuk menginap di Fuji Hakone Guest House sangat tepat! Untuk perjalanan ke Yokohama bisa dilakukan di antara perjalanan dari Hakone dan Tokyo. Jadi sebelum kembali ke Tokyo, bisa menginap satu hari dan berkeliling di Yokohama. Sekian informasinya.

    • Hai..wah terima kasih untuk info lengkapnya. iya maaf saya kurang lengkap informasinya. Saya stay di asakusa, lalu berangkat ke Mt. Fuji Hakone itu dari Shinjuku ( rata2 dari situ semua bkn?) lalu nginep semalam di Fuji Hakone dan besoknya half dat puter hakone dan turun mau langsung ke Yokohama, nginap lagi semalam dan besoknya baru ke Tokyo lagi.
      thanks a lot sebelumnya. ^_^

    • Info Jepang  |  

      Benar, cara termudah ke Hakone adalah dari Shinjuku karena tersedia kereta langsung. Kalau melihat rencananya seperti itu, rasanya untuk ke Hakone dan Yokohama jangan membeli JR Pass, cukup beli hakone free pass di Shinjuku. Selamat liburan!

      Salam,
      Tim Info Jepang

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!