Mishima Skywalk

Home / Attraction / Mishima Skywalk
Item image

Hakone-Seiroku Mishima Grand Suspension Bridge atau lebih dikenal dengan Mishima Skywalk adalah salah satu tempat terbaik menikmati pemandangan Gunung Fuji yang baru selesai dibangun di akhir tahun 2015 kemarin. Ini kabar bagus buat teman-teman pecinta Gunung Fuji karena semakin banyak tempat di mana kita bisa mengagumi keindahan gunung paling terkenal di Jepang ini. Bentuk Mishima Skywalk ini adalah jembatan suspensi yang diperuntukkan untuk para pejalan kaki. Seperti namanya, jembatan ini terletak di Kota Mishima, Shizuoka yang terletak di ujung paling barat wilayah Hakone dan Kawaguchiko. Meskipun belum terlalu terkenal, Mishima adalah kota transit terdekat jika teman-teman ingin melanjutkan perjalanan ke Kyoto atau Osaka dari area Fuji Kawaguchiko. Simak kunjungan Tim Info Jepang mengunjungi jembatan suspensi dengan pemandangan paling terkenal di Jepang ini yuk!

Jembatan suspensi Mishima panjangnya 400 meter dan memang diperuntukkan hanya untuk pejalan kaki saja. Melintasi jembatan ini dari ujung ke ujung kira-kira membutuhkan waktu 10 menit saja, namun tentu bisa lebih lama kalau kita berhenti sejenak atau mengambil foto di tengah-tengah jembatan. Meskipun konstruksi jembatan menghabiskan dana yang cukup besar (4 miliar yen atau hampir 500 miliar rupiah), rasanya sebanding dengan 1,8 juta pengunjung yang datang ke sini dalam setahun.

Meskipun bentuk jembatan ini terlihat “rapuh” dan cukup menyeramkan dengan kabel suspensinya, namun kapasitas desain jembatan ini mampu menampung 2100 orang secara bersamaan. Berada di ketinggian 70 meter dari atas permukaan tanah, kita bisa merasakan tiupan angin dari arah Gunung Fuji maupun dari arah laut sambil menikmati tiga pemandangan yang keren banget dari atas jembatan.

Kegiatan Wisata Seru di Mishima Skywalk

1. Melihat Pemandangan Gunung Fuji dan Teluk Suruga di siang hari

Pertama, pemandangan gunung tertinggi sekaligus ikon wisata utama Gunung Fuji dengan puncak salju abadinya. Dan yang kedua, pemandangan laut Teluk Suruga yang biru dan Semenanjung Izu. Teluk Suruga ini adalah teluk terdalam yang ada di Jepang. Tidak heran, itulah mengapa warnanya jika dilihat dari jauh berwarna biru tua, seperti warna lautan lepas atau samudera. Dan yang terakhir atau yang ketiga, adalah pemandangan hamparan hutan hijau luas sejauh mata memandang.

2. Mengincar pemandangan Gunung Fuji di sore hari

Yang paling menarik dan selalu menjadi kegiatan favorit para pengunjung tentu adalah menikmati pemandangan Gunung Fuji. Kombinasi perubahan warna pepohonan di hutan kaki Gunung Fuji sesuai dengan penampakan pagi hari, siang hari, dan malam hari menjadi kombinasi yang menakjubkan dari atas Mishima Skywalk. Baca juga: Pemandangan Gunung Fuji. Namun, menurut Tim Info Jepang, waktu terbaik untuk mengunjungi Skywalk ini adalah menjelang sore hari (sekitar pukul 16.30). Selain kondisi jembatan yang sudah tidak terlalu ramai, pemandangan matahari terbenam dengan langit ungu kemerahan kemudian menjadi gelap sayang untuk dilewatkan.

Pemandangan Gunung Fuji dari Mishima Skywalk

Pemandangan Gunung Fuji dari Mishima SkyWalk

3. Mencicipi kuliner dan beli oleh-oleh khas Shizuoka di Sky Garden

Jangan lewatkan juga Sky Garden yang berada di ujung jembatan. Di sini ada area observasi yang menjadi salah satu spot dengan pemandangan terbaik ke arah Gunung Fuji. Buat yang mau selfie atau foto-foto, di sini banget tempatnya. Selain itu, tersedia juga kafe dengan menu makanan ringan dan juga toko souvenir yang menjual beragam kerajinan tangan khas Shizuoka dan aneka oleh-oleh bertema Gunung Fuji. Di kafe Sky Garden, teman-teman bisa mencoba makanan Ichigodaifuku yakni kue mochi lembut dengan isian buah strawberry yang lezat.

Ujung jembatan Mishima Skywalk

Ujung jembatan Mishima Skywalk

4. Rasakan sensasi berjalan di kegelapan malam “Night SkyWalk”

Acara Night Skywalk dilaksanakan dua kali dalam setahun, saat liburan musim panas dan awal bulan Oktober. Di tahun 2017, Night SkyWalk telah dilaksanakan pada tanggal 11-12 Agustus 2017 (saat liburan musim panas) disertai dengan peluncuran kembang api. Acara yang dimulai pada pukul 20.45 berlangsung sangat meriah dan berhasil menarik banyak pengunjung, meskipun harga tiketnya cukup mahal yakni 1.800 yen untuk dewasa, 1.300 yen untuk pelajar SMP dan SMA, dan 1000 yen untuk pelajar SD. Tiket sudah termasuk tiket masuk ke Mishima SkyWalk dan tiket mengikuti event Night SkyWalk.

Di tahun 2017, event tersebut kembali diadakan pada tanggal 6-7 Oktober 2017. Tahun ini temanya adalah tradisi dan inovasi, menggabungkan tradisi dan keindahan seni musik Jepang dengan inovasi macam-macam bentuk dan warna kembang api terbaru. Buat teman-teman yang sedang di Jepang bisa mengunjungi Mishima SkyWalk dan merasakan sensasi jalan di jembatan pejalanan kaki terpanjang di Jepang ini saat malam hari! Teman-teman tidak perlu takut karena ada bus spesial yang dioperasikan pada saat event berlangsung. Ada bus tambahan yang akan dioperasikan.

Bus dari Mishima Station (halte nomor 5) menuju ke Mishima SkyWalk
Berangkat pukul 17.25, 18.25, 19.15, dan 20.05 dengan waktu perjalanan 20 menit.

Bus dari Mishima SkyWalk ke Mishima Station (halte nomor 5)
Berangkat pukul 17.55, 18.55, 19.45, 21.15 dengan waktu perjalanan 20 menit.

5. Wahana Baru: Forest Adventure

Mulai sejak musim panas tahun 2018, sudah dibuka wahana baru Forest Adventure. Teman-teman pecinta outdoor kayaknya kudu datang ke sini untuk menjajal keseruan wahana di Forest Adventure. Lokasinya di sebelah utara ujung Mishima Skywalk. Dengan suasana alam yang kental kita bisa mencoba naik jembatan gantung, berjalan di jaring-jaring antar pepohonan. Ada juga wahana yang paling ditunggu-tunggu yakni Zipline atau Flying Fox sejauh 300 meter sejajar dengan Mishima Sky Walk. Buat yang datang bareng pasangan kayaknya bakalan seru banget cobain flying fox barengan deh (ada 2 line). Rasakan terpaan angin di wajah, keseruan yang membuat adrenalin meningkat dan…. tentu pemandangan Gunung Fuji yang megah di depan mata. Biayanya adalah 3600 yen untuk kedua wahana ini: Forest Adventure dan Zipline Mishima Skywalk.

Informasi Tiket Masuk ke Mishima Skywalk

Tiket masuk area Sky Garden dan Mishima Skywalk adalah 1.000 yen untuk orang dewasa, kemudian 500 yen untuk pelajar SMP-SMA, dan 200 yen untuk anak-anak.

Sebagai catatan, hembusan angin di atas jembatan cukup kencang dengan suhu yang lumayan dingin (15-20 derajat di musim panas, dan 5-10 derajat di penghujung musim gugur, bahkan lebih dingin lagi saat musim dingin). Sangat tidak disarankan untuk membawa bayi atau anak balita ke sini. Saran Tim Info Jepang juga bagi teman-teman, usahakan memakai jaket dan syal di leher juga sarung tangan agar tetap nyaman saat berjalan dan menikmati pemandangan di atas jembatan.

Akses menuju Mishima Skywalk

Dari Hakone

Meskipun terletak di Prefektur Shizuoka, Mishima Skywalk ini sangat dekat dengan Hakone. Jika naik Shinkansen dari Stasiun Mishima, kita bisa keluar melalui pintu sisi selatan, ke halte bus nomor 5 lalu naik bus Tokai bewarna jingga menuju Moto-Hakone (kota di selatan Danau Ashinoko Hakone) dan berhenti di halte Mishima Ootsuribashi (Mishima Skywalk). Lama perjalanannya sekitar 25 menit dengan ongkos 500 yen. Bus berangkat satu atau dua kali dalam sejam; beberapa jam penting bus berangkat adalah 08:15, 09.15, 10.15, 11.15, 12. 15, 16.15 di hari-hari kerja. Sementara hari libur dan akhir pekan, ada tambahan bus pukul 08:40, 09:45, 10:40, 12:40, 13.15, 14.15, 14.40, 15.15. Kalau memerlukan informasi untuk jam-jam lainnya bisa ditanyakan lewat kotak komentar di bagian bawah. Jika memiliki Hakone Free Pass, maka perjalanan dengan Tokai Bus ini GRATIS.

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Mishima Skywalk juga mudah diakses dari Hakone, khususnya dari Moto Hakone di selatan Danau Ashinoko, tempat Kuil Hakone dan pelabuhan kapal wisata Hakone. Bisa naik bus menuju ke Mishima Skywalk atau ke arah Mishima Station. Busnya sama dengan yang dari arah Mishima, yakni Tokai Bus bewarna jingga. Lama perjalanan 20 menit. Beberapa jam penting keberangkatan bus adalah pukul 09.25, 10.25, 11.25, 12.25, 13.25, 14.25, 15.25, 16.25, dan 17.25. Di hari libur atau akhir pekan ada juga tambahan bus pukul 09.50, 11.50, 13.50, dan 15.50. Ongkos perjalanan dari Halte Moto-Hakone sampai ke Halte Mishima Ootsuribashi (Mishima Skywalk) adalah 650 yen. Jika memiliki Hakone Free Pass, maka perjalanan dengan Tokai Bus ini GRATIS.

Dari Stasiun Mishima

Atau jika kelewatan bus, jangan kuatir bisa naik taksi (pengalaman Tim Info Jepang). Lama perjalanan dari Mishima Skywalk ke Moto Hakone atau ke Mishima Station sekitar 20 menit dengan ongkos taksi sekitar 4000 yen. Tenang saja, jika menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang, kami akan membantu berbicara kepada supir taksi mengenai tujuan jalannya.

Dari Kawaguchiko dan Gotemba

Kalau teman-teman dari area Fuji Kawaguchiko atau Gotemba dan Hakone, teman-teman bisa naik bus Fujikyu yang melalui jalur Stasiun Kawaguchiko, Gotenba, hingga Stasiun Mishima. Dari Stasiun Kawaguchiko sampai Mishima ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan bus biasa dan 1,5 jam dengan bus ekspress, dengan ongkos 2.260 yen. Bus Fujikyu ini masuk dalam cakupan Fuji Hakone Pass.

Dari Stasiun Gotemba, bisa naik kereta JR Gotemba Line sampai Stasiun Numazu, lalu naik JR Tokaido Line sampai Stasiun Mishima. Terakhir, bisa naik bus Tokai ke Mishima Skywalk. Total ongkosnya 580 yen dengan lama perjalanan 45 menit.

Dari Tokyo, Kyoto, atau Osaka

Jika teman-teman yang punya rute Tokyo-Kyoto/Osaka (dan sebaliknya) melalui Hakone atau Kawaguchiko, Mishima bisa dijadikan sebagai kota transit untuk menekan biaya perjalanan. Stasiun Mishima dilalui oleh kereta Tokaido Shinkansen Hikari dan Kodama.

Cheap Hotels near Mishima [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Select Inn Fujisan Gotemb
18 km away
Select Inn Fujisan Gotemba
from ¥6057/night
Hotel Route-Inn Gotenba
17 km away
Hotel Route-Inn Gotenba
from ¥7803/night
Kuretake Inn Gotemba Inte
16 km away
Kuretake Inn Gotemba Inter
from ¥8111/night
The Gotembakan
17 km away
The Gotembakan
from ¥6571/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Fuji Milk Land
41 km away
Pemandangan Fuji Milk Land
Gotenba
17 km away
Keindahan Gunung Fuji dari Gotenba
Mishima Skywalk
0 km away
Meniti jembatan Mishima Sky Walk
Taman Bunga Grinpa
24 km away
Hamparan bunga tulip di Taman Bunga Grinpa

Sumber gambar: Flickr livedoor blog, trhk, Dokumentasi Tim Info Jepang


Recommended for you


Last modified: October 6, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
ellya
2017-01-10 16:11:12
terima kasih untuk info jadi punya pilihan lain utk melihat mt. fuji, ijin share

Close Comments

Comments (66)

  1. Selamat malam pak nugroho,

    Saya ingin bertanya pak,apakah memungkinkan pak untuk 1 day muterin hakone (itin sesuai info jepang) + mengunjungi mishima sky walk lalu kembali ke tokyo?apabila memungkinkan,mana yg terlebih dahulu di kunjungi,mishima skywalk dulu atau wisata hakone?

    Terima kasih banyak pak

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa pak, namun harus berangkat agak pagi, takutnya nanti gak terkejar bus kembali dari Mishima Skywalk ke Hakone (supaya tercover dengan Hakone Free Pass). Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ongkos kereta dan shinkansen ke Mishima tidak tercover dengan JR Tokyo Wide Pass. Salam

  2. Selamat pagi, Pak Nugroho
    Lokasi hotel kami dekat dengan Koenkami Station
    Pertanyaannya:
    1. Apakah 1 keluarga dengan 4 orang dewasa boleh bawa 1 koper ukuran L dan 2 koper ukuran M untuk naik Cable Car dari Gora Station ke Koenkami Station?
    2. Demikian juga untuk naik bus dari Gora Station ke arah Gotemba?
    3. Dimanakah penitipan koper yang terstrategis dan terbaik buat perjalanan dari Gora ke arah Gotemba, yang mana akan dilanjutkan perjalanannya ke Mishima Skywalk?
    Terima kasih atas bantuannya.

  3. Pak Nugroho,
    maaf, mau tanya, saya rencana mau ambil 1 day trip tour ke hakone dr tokyo.
    Apakah nanti cukup waktu untuk mampir ke mishima ?
    lalu kembali lagi ke tokyo ??

    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau berangkat pagi-pagi dari Tokyo bisa ke Mishima, tapi harus diperhitungkan matang-matang waktunya. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Laras bisa naik kereta JR Gotemba Line dari Gotemba sampai Stasiun Numazu, lalu naik JR Tokaido Line sampai Stasiun Mishima. Lalu naik bus Tokai ke Mishima Skywalk. Salam.

    • kemudian untuk kembali dari Mishima Skywalk ke Stasiun Mishima naik apa pak Nugroho? apakah dg bus tokai yang sama atau bagaimana pak? thx before

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, bus Tokai itu melewati Mishima Skywalk sebelum Stasiun Mishima (kalau berangkat dari Hakone). Bus yang sama juga melayani rute sebaliknya: Stasiun Mishima-Mishima Skywalk-Hakone. Salam.

  4. Malam Pak Nugroho,
    Mau tanya sedikit soal article ini, disebutkan ada bus express dari Mishima St ke Kawaguchiko.
    Untuk tiket busnya bisa beli langsung di tempat atau harus book online ya pak?
    Trims sebelumnya pak..

  5. Ga dr cruise saja langsung lanjut Mishima Skywalk nya?

    Atau dr Odawara ke Skywalk dulu via Bus baru jalan balik, cruise- ropeway sampi ke gora(tempat penginapan)?

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada pak, cruise nya hanya punya rute Togendai Moto-Hakone atau Hakone Machi. Kalau dari Odawara ke Skywalk bisa juga pak, silahkan naik bus ke Moto Hakone atau Hakone Machi, baru naik bus Tokai ke Mishima Skywalk.

    • Harris  |  

      pak nanya lagi, di gora ada locker utk lugage ukuran L ga ya kira2? atau ada jasa penitipan barang untuk checkin agak sore?
      thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Di Gora rasanya tidak ada loker ukuran besar Haris. Loker untuk koper ukuran L paling-paling ada di Stasiun Odawara. Salam.

  6. Hi Pak, keburu ga pak kira2 kalau dr tokyo ke mishima skywalk dengan hakone pass melalui gora ropeway dan cruise apabila jalan dr tokyo jam 7an pagi? sore kita harus return ke gora utk nginap yg besoknya baru lanjut ke osaka.

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf pak, untuk di naik Hakone Ropeway rasanya sulit. Namun, kalau mau menitip loker, bapak harus ke Stasiun besar yang menyediakan loker dalam jumlah banyak. Paling dekat ya di Odawara. Salam.

  7. Apakah memungkinakan saya mengunjungi mishima skywalk setelah check out dari Gora via ropeway lanjut cruise lalu bus Numazu untuk selanjutnya melanjutkan ke osaka dengan membawa lugage?

    • Nugroho Christian  |  

      Memungkinkan bu. Nanti ibu naik bus Tokai dan Moto-Hakone atau Hakone-Machi sampai ke Mishima Skywalk, dilanjutkan ke Stasiun Mishima buat naik shinkansen sampai Shin-Osaka. Salam.

  8. Dear Pak Ngugroho,

    Apakah ada Jam berangkat sekitar jam 2 Siang dari Mishima Station diluar holiday dan weekend ya Pak? Dan untuk rute Bali dari Mishima Skywalk kembali ke mishima station apakah menggunakan bus yang sama?

    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau hari biasa memang tidak ada Pak bus dari Mishima Station pukul 14.00 (seperti yang sudah dituliskan di artikel di atas).
      Kemudian untuk kembalinya menggunakan Tokai Bus juga (bus yang sama). Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!