Bus dari Kawaguchiko Gotemba Kyoto

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Bus dari Kawaguchiko Gotemba Kyoto

Perjalanan ke Gunung Fuji dan daerah wisata Kawaguchiko sudah menjadi itinerary perjalanan wajib buat teman-teman yang pergi ke Jepang. Kawaguchiko menjadi salah satu tempat alternatif melihat keindahan gunung Fuji selain dari Gotemba Premium Outlet dan Hakone. Selain pemandangan gunung Fuji yang bagus, kawasan Kawaguchiko memiliki banyak tempat wisata alam dengan panorama indah, plus festival-festival seru yang diadakan sepanjang tahun. Sayang sekali kalau teman-teman hanya tahu Kawaguchiko, namun melewatkan tempat-tempat wisata yang sebetulnya dekat dengan Kawaguchiko, hanya karena tidak tahu. Untuk itulah, Tim Info Jepang senantiasa memberikan informasi terbaru tentang tempat wisata di Jepang, plus bantuan bagaimana akses transportasi ke sana.

Apa saja sih yang bisa kita lihat di Kawaguchiko? Baca panduan terlengkap Tim Info Jepang di tempat-tempat wisata di Fuji Kawaguchiko

Bus langsung dari Kawaguchiko ke Kyoto dan Osaka

Tersedia bus langsung dari Kawaguchiko ke Osaka/ Kyoto berangkat setiap hari pada pukul 20.52 dari Kawaguchiko Station. Ongkosnya sendiri mulai dari 6.700 yen untuk ke Osaka dan 6.200 yen untuk ke Kyoto. Pemberhentian busnya ada di depan Stasiun Kyoto, lalu di depan Stasiun Higashi-Umeda (dekat Stasiun Osaka), Kintetsu Namba West Gate (bangunan OCAT), dan Stasiun Adenobashi.

Bus dari Kawaguchiko Gotemba Untuk Pemilik JR PASS

Naik shinkansen adalah opsi paling praktis dan paling cepat dari Danau Kawaguchiko menuju ke Kyoto atau Osaka. Hanya perlu dicatat, tidak ada jalur kereta yang menghubungkan Kawaguchiko Gotemba secara langsung. Kamu harus lewat jalur memutar kembali ke arah Tokyo.

1. Opsi Pertama, Kawaguchiko-Hachioji-Shin Yokohama-Kyoto

Opsi pertama ini melewati jalur lingkar luar kota Tokyo, dan menghindari kereta menuju ke Tokyo Station yang padat penumpang. Teman-teman pertama bisa naik Fuji Kyuko Line (tidak tercover JR Pass) sampai Otsuki Station. Lalu lanjut naik kereta JR ekspress sampai ke Hachioji Station (tercover JR Pass). Transfer ke JR Yokohama Line sampai Stasiun shinkansen Shin-Yokohama Station, dan kemudian naik shinkansen sampai ke Kyoto Station (semuanya tercover oleh JR Pass). Total waktu perjalanan adalah 4 jam 50 menit (dengan 2 jam adalah perjalanan Shinkansen Shin Yokohama-Kyoto).

2. Opsi Kedua, Kawaguchiko-Tokyo-Kyoto

Opsi kedua ini lebih praktis karena hanya dua kali berganti kereta, namun perlu waktu lebih lama. Selain itu akan melewati jalur kereta Chuo Line yang merupakan jalur kereta terpadat di Tokyo. Sama seperti opsi pertama, awalnya naik Fuji Kyuko Line (tidak tercover JR Pass) sampai Otsuki Station. Lalu lanjut naik kereta JR ekspress sampai ke Tokyo Station, dan kemudian naik Tokaido Shinkansen dari Tokyo Station sampai ke Kyoto Station (semuanya tercover oleh JR Pass). Total waktu perjalanan adalah 5 jam 30 menit (dengan 2 jam 15 menit adalah perjalanan Shinkansen Tokyo-Kyoto).

Suasana bus lokal dari Kawaguchiko Gotemba Kyoto

Suasana dalam bus lokal dari Kawaguchiko Gotemba Kyoto

Bus dari Kawaguchiko Gotemba Buat yang tidak memiliki JR PASS

Bisa dibilang teman-teman yang tidak memiliki JR Pass beruntung karena tidak perlu bingung memilih alternatif transportasi Kawaguchiko Gotemba Kyoto. Teman-teman bisa naik bus lokal Fujikyuko yang menghubungkan Kawaguchiko–Gotemba– Stasiun Mishima di sekitaran Gunung Fuji. Perlu dicatat, semua bus yang dijelaskan di bawah ini adalah bus lokal, artinya teman-teman tidak perlu reservasi atau pesan tiket terlebih dahulu, tinggal antri di halte keberangkatan dan naik begitu bus tiba. Namun, jika dalam musim puncak liburan (hanami atau golden week), Tim Info Jepang menyarankan untuk melakukan reservasi kursi bus terlebih dahulu secara online melalui website Japan Bus Online.

Kamu yang memiliki JR Pass, namun ingin perjalanan lebih cepat, mengunjungi Kawaguchiko, Gotemba, dan Hakone maka bisa menggunakan opsi dibawah ini. Catatan: semua ongkos bus ini tidak tercover oleh JR PASS.

1. Opsi Pertama, Kawaguchiko-Gotemba-Mishima-Kyoto

Kalau dari area Fuji Kawaguchiko, teman-teman bisa naik bus Fujikyu yang melalui jalur Stasiun Kawaguchiko, Gotemba, hingga Mishima. Dari Stasiun Kawaguchiko sampai Stasiun Gotemba atau Gotemba Premium Outlets ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 75 menit dengan ongkos 1.510 yen. Rute bus dari Kawaguchiko sampai Gotemba atau Gotemba Premium Outlets tercover sepenuhnya oleh Fuji Hakone Pass. Dari Gotemba bisa naik bus Fujikyu sampai ke Mishima Station (ongkosnya 970 yen) atau naik kereta JR dengan ongkos 580 yen dan waktu perjalanan 50 menit. Bus ini melewati tempat wisata terkenal di barat Fuji-Kawaguchiko, seperti Danau Yamanakako, Oshino Hakkai, Taman Bunga Hananomiyako. Bus ini berangkat 30 menit sekali dari pukul 07.40 sampai pukul 20.10, dengan waktu perjalanan 50 menit.

Bus menuju ke Gotemba Premium Outlets

Bus menuju ke Gotemba Premium Outlets

2. Opsi Kedua, Kawaguchiko-Mishima-Kyoto

Bagi teman-teman yang tidak ingin mampir ke tempat-tempat wisata sekitar Gotemba seperti Fuji Safari Park, Snow Town Yeti atau Taman Chichibunomiya, bisa naik bus ekspress dari Kawaguchiko langsung ke Mishima Station. Selain lebih cepat sampai daripada bus yang melewati Gotemba, ongkosnya juga lebih murah. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam dengan ongkos 2.260 yen. Jadwal keberangkatan bus bisa dicek di website Fujikyu Bus.

3. Opsi Ketiga, Kawaguchiko-Gotemba-Odawara-Kyoto

Teman-teman yang ingin mampir ke tempat wisata di Hakone bisa naik Hakone Tozan Bus rute G dari Gotemba Station sampai ke halte transfer Sengoku atau Gora Station. Buat yang dari Gotemba Premium Outlets pilihan busnya lebih banyak: rute S, rute M, dan rute L. Rute S dan rute M menghubungkan Gotemba Premium Outlets dengan Sengoku, Gora Station, Kowakien dan Hakone Yunessun Hotel. Rute L menghubungkan Gotemba Premium Outlets sampai Hakone Yumoto Station. Dari Hakone Yumoto Station bisa naik kereta Odakyu sampai ke Odawara Station atau bus rute H dan rute T sampai ke Odawara Station.

Shinkansen dari Odawara atau Mishima Station

Dari Odawara, teman-teman yang ingin kembali ke Tokyo, bisa naik shinkansen (pemilik JR Pass) atau naik Odakyu Express/ Romance Car (pemilik Hakone Free Pass versi Shinjuku). Buat yang ingin lanjut ke Kyoto, bisa naik shinkansen ke arah sebaliknya dan tiba di Kyoto. Bila naik Hikari Shinkansen waktu perjalanan 1 jam 44 menit dengan ongkos 11.560 yen. Sementara kalau naik Kodama Shinkansen waktu perjalananan 3 jam 8 menit dengan ongkos 11.560 yen (tercover oleh JR Pass).

Buat teman-teman yang berangkat dari Stasiun Mishima, bisa naik Tokaido Shinkansen (Kodama atau Hikari) sampai Kyoto Station. Lama perjalanan adalah 2 jam 43 menit dengan ongkos 10.580 yen.

Kalau saya dari Osaka atau Nagoya, bagaimana?

Ada juga bus ke Gunung Fuji dari Nagoya, Osaka, Kyoto dan kota-kota lainnya. Namun tidak dituliskan di sini supaya tidak membuat bingung. Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi lengkap mengenai biaya dan halte keberangkatan bus ke Gunung Fuji bisa bertanya via kotak komentar di bawah atau menghubungi kami di Tour Guide Online Info Jepang.

Artikel terkait wisata ke Gunung Fuji (selengkapnya)

Pemandangan Gunung Fuji Hakone

Fuji Hakone Pass adalah pass paling tepat buat kamu yang ingin berkeliling tempat wisata di Gunung Fuji dan 5 danau sekitarnya. Berikut tips hemat berkeliling Gunung Fuji Hakone rancangan Tim Info Jepang.

Bus di Kawaguchiko Retro Bus Red Line

Tips dan trik paling praktis, paling efektif, dan paling ampuh untuk dapat berkeliling objek-objek wisata di kawasan Kawaguchiko, Danau Yamanaka, dan Gunung Fuji yakni dengan naik bus di Kawaguchiko.

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko

Kawasan Fuji-Kawaguchiko bisa dibilang adalah kawasan wisata non-kota paling terkenal di Jepang. Berikut adalah daftar rekomendasi tempat wisata di Fuji-Kawaguchiko.

Gunung Fuji dari Pantai Shimizu Shizuoka

Pemandangan hamparan kebun teh sepanjang perjalanan Shinkansen sampai ke arah Nagoya adalah wajah prefektur Shizuoka yang sebenarnya, penghasil bubuk teh dan teh hijau nomor satu di Jepang.

Bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko

Mau ke Gunung Fuji tapi bingung gimana cara perginya? Berikut jawal lengkap keberangkatan bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko dari Shinjuku, Tokyo, Haneda dan Narita Airport.

Pemandangan Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko

Musim dingin di Jepang hampir segera berakhir. Akhir Maret hingga pertengahan April, sebagian besar wilayah Jepang akan menikmati musim semi. Tim Info Jepang sudah meliput 4 Tujuan Wisata Musim Semi di Jepang. So, jangan tunggu lagi...segera...


Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Mt. Fuji Inn Furusato
from ¥2725/night
Hotel Mt. Fuji
from ‎¥13043/night
Teiensaryo Yamanakako
from ‎¥11040/night
PICA Fujiyoshida
from ¥7000/night

(sponsored by Booking.com)


Recommended for you

Last modified: April 25, 2017

Comments (48)

  1. Pak mohon penjelasan..saya dari Tokyo mau ke Osaka naik kereta yang tercover oleh JR PASS semua. apa bisa?lihat petunjuknya dimana ya?sebab saya lihat google map ada jalur kereta yang tdk tercover oleh JR .Trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Vina, yang tercover adalah Shinkansen Hikari dan Kodama dari Stasiun Tokyo/ Shinagawa sampai Stasiun Shin-Osaka. Di google maps pasti yang keluar adalah rute tercepat dengan shinkansen Nozomi yang memang tidak tercover JR Pass. Salam

  2. Selamat Sore Pak ,

    Saya mau tny transportasi dgn kereta (JR PASS) dari kyoto ke kawaguchiko bagaimana pak ? Apakah tetap kita harus ke tokyo terlebih dahulu baru di lanjutkan ke kawaguchiko. Mohon informasinya pak. Terimakasih

  3. Selamat pagi. Saya mau tanya..
    Kalo dari Kawaguchiko ke Kyoto, ada willer bus malam gak? Mending pulang dulu ke tokyo, atau langsung naik bus malam menuju kyoto? Dan itu memakan waktu berapa hari?
    Makasih yaaa..

  4. Dear Pak Nugroho
    Pak kalau saya dari KYOTO mau nae bus malam ke KAWAGUCHIKO apakah ada bus malam? Jika ada bus apa yah Pak? Bs book online kah? Thanks you

  5. Halo pa Nugroho….sy msh bingung utk perjalanan ke kawafuchi-gotemba. rencana saya akan menginap di kawaguchi terus mau ke gotemba premium outlet lalu mau ke Osaka.
    Apakah lebih baik saya ambil bus dari kawaguchi-osaka? Atau Gotemba-Osaka? Mana yg lebih murah biayanya?
    Saya baca yang ke Gotemba balik lagi kebkawaguchi baru ke Osaka. mana ya yang lebih baik? Mengingat kami bawa tas2 jg. trm kshpa

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam. Pertama, tidak ada rute bus langsung dari Gotemba Premium Outlets, hanya ada dari Gotemba Station.
      Kedua, kalau dibandingkan antara ongkos Kawaguchiko atau Gotemba Premium Outlets, mungkin lebih murah dari Gotemba Station Ibu, secara lokasinya lebih dekat dengan jalan tol Tokaido ke Osaka.
      Hanya kekurangannya, ibu musti bawa-bawa koper dari Kawaguchiko-Gotemba Premium Outlets-Gotemba Station. Sedangkan kalau naik bus dari Kawaguchiko, hanya tinggal titip koper di Kawaguchiko. Salam

    • sheila  |  

      Terima kasih pa utk infonya….klo sy ambil bus dari kawaguchi-Osaka berarti dr Gotemba outlet saya kembali lagi ya ke Kawaguchi? saya tinggal ambil bus fujikyu saja ya pa utk PP Kawaguchi-Gotemba? turunnya lgs di Gotemba Premium Outlet ato Gotemba Stasion ya pa?
      Klo sy ambil bus dr Gotemba stasion berarti dr Gotemba Outlet sy naik bus ke Gotemba STASION bener ya pa? trs sy naik bus apa utk ke OSAKA? Berapa lama ya pa perjalanannya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Fujikyu Bus dari Kawaguchiko lewat Gotemba Station dan Gotemba Premium Outlets ibu.
      Kemudian tersedia juga kok shuttle bus gratis dari Gotemba Station–Gotemba Premium Outlets.
      Kemudian ongkos bus dari Gotemba Station–Osaka harganya 6900-7800 yen, tergantung hari keberangkatan dan jenis tempat duduk.
      Salam

    • sheila  |  

      Pagi pa….trm kasih utk bantuannya.sy mo bertanya lagi klo seandainya sy dr Shinjuku-kawaguchi trs dr Kawaguchi-Gotemba Outlet naik bus lalu kembali lg ke Shinjuku lwt Kawaguchi,apa keburu 1 hr pa?
      Lalu stlh sampai di Shinjuku lgs naik bus malam ke Osaka.terlalu resiko ga pa?
      Saya msh bingung menentukan utk ke Osaka nya apakah menginap di Kawaguchi lgs ke OSAKA bsk siangnya ato tdk menginap tp lgs balik ke Shinjuku naik bus malam ke Osaka.
      Ato dr Gotemba Stasion sy naik bus balik ke Shinjuku y? cuma ada nya bus nya cm sekali ya pa? apa keburu ya pa utk naik bus ke Osaka nya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bus malam ke Osaka jam berapa ya Ibu? Biasanya semua di atas jam 11 malam.
      Jadi kalau rutenya Shinjuku-Kawaguchi-Gotemba Premium Outlets, pertama ibu titip dulu kopernya di Shinjuku Station.
      Kemudian jalan-jalan sesuai rute yang ibu tuliskan. Santai-santai pun paling lama hanya sampai malam sekitar jam 18.00.
      Nah, dari Gotemba Premium Outlets ibu bisa naik kereta kok kembali ke Shinjuku, sebab kalau ingin naik bus langsung busnya hanya ada pukul 16.30. Salam

    • Sheila  |  

      Trm ksh sekali pa utk penerangannya….wah keburu ya walaupun sy mgk puter2 dl di Kawaguchi ya.klo keburu ya sy balik aja ke Shinjuku.oya pa klo sy naik kereta dr Gotemba Stasi-shinjiku bener trn di otsuki st trs naik yg chuo line? Hqrganya brp ya pa? Itu hrs pake JR pass ga? Sy kebetulan g pake JR pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau dari Gotemba tidak usah lagi ke Otsuki Station. Ibu bisa mengikuti rute kereta Tokaido Line atau Odakyu Line sampai ke Tokyo/ Shinjuku Station. Info lengkapnya di akses ke Gotemba Station. Salam

    • sheila  |  

      ok baiklah pa…trm ksh byk buat informasinya.oya pa klo bus di Kawaguchi yg red line ato green line itu kira2 berapa lama ya utk 1x berkeliling? rencana sy pergi jam 8 dr Shinjuku lalu jam 3 sore sdh di Gotemba Outlet.apakah memungkinkan ya utk naik bus red line dan green line di Kawaguchi.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk red line kira-kira 60 menit, sementara untuk green line 90-110 menit. Rasanya cukup Sheila, bahkan kamu bisa berhenti dan berfoto-foto di objek wisata yang dilalui bus Retro. Salam.

    • sheila  |  

      malam pa….saya mo bertanya lg.di atas bpk info ada bus dr Gotemba Stasion ke Kyoto/osaka.pesen bus nya dmn ya pa?
      klo misalnya naik shinkansen apa bs dr Gotemba Stasion? brp harganya? trm ksh pa

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ada bus dari Gotemba ke Osaka/ Kyoto. Sheila harus ke Kawaguchiko dahulu. Untuk naik shinkansen, paling dekat dari Stasiun Gotemba adalah dari Stasiun Mishima atau dari Stasiun Odawara. Untuk mencapainya bisa naik bus dari Gotemba ke arah Mishima (dengan bus Hakone Tozan-Bus Tokai) atau bus Hakone Tozan sampai Odawara. Salam.

  6. Reyner Jonathan  |  

    Jika saya stay di gotemba selama 2 hari. Dan hari pertama ke kawaguchi. Hari kedua ke hakone. Transportasi apa yang perlu saya gunakan. Dan kartu apa yanh perlu saya beli

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Reyner bisa naik bus Fujikyu ke Kawaguchiko dan bus Odakyu ke Hakone (ke Togendai) atau Hakone Tozan untuk ke Hakone Yumoto. Silahkan baca lengkapnya di Transportasi di Hakone. Salam.

  7. Laura Sidhartawan  |  

    Selamat malam Pak Nugroho.
    Saya berencana berlibur ke Jepang bersama keluarga tapi jalan sendiri tanpa ikut tour.
    Jika ini pertama kali trip ke Jepang, apakah memungkinkan untuk saya lakukan karena buta sama sekali.?
    Saya ada beberapa pertanyaan & mohon dibantu ya Pak.Tetapi maaf email saya panjang dan pertanyaan saya agak banyak Pak.

    Jadwal saya seperti di bawah ini :
    29 Mei 2017 Jakarta – Tokyo
    6 Juni 2017 Osaka – Jakarta
    .
    Mungkin di Tokyo 5 malam dan Osaka 3 malam. Apakah cocok Pak?

    Di Tokyo saya berencana mau menginap di daerah Shinjuku (mau mencari hotel yang mempunyai limousine service dari Narita Terminal 1), apakah bisa dipandu bagaimana cara memesan limousine bus ini dari Narita menuju ke Shinjuku?

    Lalu tempat-tempat yang ingin saya kunjungi :
    1. Imperial Palace
    2. Shinjuku garden
    3. Ueno Park/zoo
    4. Disneyand/Disneysea
    5. Hakone – Lake Ashi – Gotemba
    6. Kawaguchi-ko
    7. Karuizawa
    8. Hiroshima & Nagasaki
    9. Osaka : Imperial Castle,
    10. Kyoto

    – Kalau misal jadwal seperti itu, apakah dimungkinkan bisa kami dapatkan semua?
    – Untuk Hirohima & Nagasaki apakah sekarang sudah aman Pak? Aman maksudnya sudah terbebas dari radiasi bekas bom atom?
    – Kalau untuk di Tokyo area, apakah kami cukup membeli pasmo untuk 5 atau 7 hari dan apakah ini bisa dipakai untuk menjangkau daerah-daerah diatas ?
    – Lalu apakah saya perlu membeli JR pass untuk 5 atau 7 hari?
    – Jika berangkat untuk periode itu, suhu di sekitar Tokyo & Osaka serta Mt Fuji sekiar berapa derajat ya Pak?
    – Apakah untuk periode tersebut tour Fuji Shibasakura sudah tidak ada lagi ya?

    Demikian Pak sementara pertanyaan-pertanyaan saya. Mohon berkenan dijawab ya Pak.
    Dan apabila Bapak ada saran sebaiknya jadwalnya bagaimana dan apa saja yang perlu saya siapkan, monggo ya Pak.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kesediaan dan bantuan Bapak.

  8. Pagi pak.. sy tlg tny kl saya menginap di hakone yumoto.. lalu ada rencana ke gotemba.. sy lihat di postingan instagram teman saya kok di mt fuji masih ada salju ya.. itu di mt fuji yg arah kawaguchi atau yg di hakone ya? Mohon infonya dan bagaimana cara ke sana .. dan 1 lg kl dari hakone yumoto/odawara/stasiun gora itu ada bus nya semua ya kl mau ke gotemba? Trimakasih banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Puncak Gunung Fuji hampir selalu ditutupi salju sepanjang tahun bu. Mungkin view yang ibu lihat dari sisi Danau Kawaguchiko. Dari Stasiun Hakone Yumoto, ibu bisa naik bus Hakone Tozan rute L sampai Gotemba Premium Outlet, dilanjutkan dengan naik bus Fujikyu sampai Stasiun Kawaguchiko.

  9. Salam Pak.. mau bertanya,
    Lebih baik nginep dimana ya shinjuku atau shibuya dengan tujuan mau ke gunung fuji dan gotemba premium outlet?

    Tolong infonya juga ya kalo dr shinjuku atau shibuya naik apa ke gunung fuji yg murah?

    Dan lebih baik rutenya ke gotemba atau fuji dulu?

    Byk danau di gunung fuji.. dari saran bapak.. danau mana karena waktunya hanya 1 hari mau pulang ke kota lagi

    Trima kasih
    Maaf kalo nanyanya panjang

  10. Pagi Pak.. saya mau minta saran Bapak perjalan kami pada tgl 6 mei km check out dr sunroute higashi shinjuku ingin ke fuji dan shibasakura dan gotemba sekitarnya dan malamnya kami langsung ke osaka jd kami bermalam di bus. Tgl 7 kami tinggal di keihan universal tower. Apa yg harus kami lakukan kami harus naik apa saja dan jam berapa bus ke osaka. Dan brp harga tiketnya. terima kasih

  11. Pak saya mau tanya, kalau dari Shinjuku mau ke gunung fuji level 5 – kawaguchiko -premium outlet gotemba naik bus apa. dan pulang dari premium outlet gotemba ke Kyoto. atau ada bus tidak untuk ke alpine road langsung. Dan masing masing kena biaya berapa busnya. Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk dari Gunung Fuji-Kawaguchiko-dan Gotemba bisa naik bus Fujikyu atau Odakyu. Info lengkapnya bisa dibaca di Bus di Kwaguchiko Fuji Gotemba. Untuk ongkosnya 500-1000 yen. Kalau ke Alpine Route tidak ada langsung, Yenni harus kembali ke Tokyo dahulu, lalu naik shinkansen ke Toyama.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kamu bisa naik bus Fujikyu yang melalui jalur Stasiun Kawaguchiko, Gotemba, hingga Mishima. Bus ini tidak reserved kok (seperti bus di Indonesia). Salam.

  12. Sore pak nugroho, saya bertanya lagi, krn kemarin belum dijawab. Dari osaka ke fuji, sy bisa naik shinkasen yg mana? Itu berhenti di stasiun apa kalau di fuji. Rencana menginap di kawaguchi dan mau ke gotemba factory outlet dan tidak beli JR pass dr Indo.
    Dari stasiun kawaguchiko bisa langsung ke tokyo naik kereta? Krn dr sini besoknya lsg ke tokyo. Terima kasih sblmnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf jika terlupa menjawab pertanyaannya. Dari Stasiun Shin-Osaka, Vera bisa naik kereta sampai Stasiun Mishima. Dari Stasiun Mishima bisa naik bus Fujikyu dari rute Mishima-Gotemba-Kawaguchiko, kamu bisa mampir ke Gotemba Premium Outlet juga kok.
      Dari Stasiun Kawaguchiko, kamu bisa naik kereta Fujikyu ke Stasiun Otsuki, kemudian bisa lanjut kereta JR Chuo Line sampai Stasiun Shinjuku. Salam.

  13. Selamat siang Pak,
    Mau tanya, kalau dari Stasiun Gotemba ke Stasiun Kyoto Jr, naik apa yang tercover JR Pass?
    di hyperdia stasiun kyoto itu apakah Kyoto JR?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Gotemba Station ibu bisa naik Fujikyu Bus menuju ke Mishima Station seperti yang tertulis di bagian “Kawaguchiko-Gotemba-Mishima-Kyoto”. Dari Mishima Station bisa naik kereta shinkansen sampai Kyoto JR. Salam

    • Siang pak Nugroho,maaf ini nanya terus..
      kalau saya ingin ke lake kawaguchiko & Gotemba tanpa ke hakone dari Tokyo PP, JR Pass sudah tercover belum ya?
      sampai disana adakah naik bus2 lagi?

      Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Dari Tokyo bapak bisa naik kereta ekspress sampai Otsuki Station (tercover JR PASS), kemudian naik kereta Fuji Kyuko sampai Kawaguchiko Station (tidak tercover JR PASS). Nah dari Kawaguchiko ke Gotemba harus naik bus Fujikyu seperti tertulis di artikel di atas (tidak tercover JR PASS).
      Salam

  14. Mas Nugroho yang Baik Hati,

    Alhamdulillah detail sekali informasi yang saya peroleh dan Mas Nugroho sangat responsif dan sabar menjawab pertanyaan2 saya. So far ini web terbaik pariwisata Jepang berbahasa Indonesia yang saya tau.

    excellent!

  15. Met sore mas ,sy des kmrn baru plg dr tokyo wah dgn infojepang ini sgt membantu sy.tp sy ga ssmpat ke kyoto,osaka.rcn bln sept thn ini sy ingin berlibur k jepang lg.spy lbh terencana dan transf jatuhnya lbh murah sy dr jkt ke osaka lanjut fuji tokyo at jakarta haneda ke kyoto 2 at 3 hr balik lg ke tokyo?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau ingin menghemat perjalanan, bisa dibuat satu arah saja Ibu. Misalnya Tokyo-Hakone-Fuji-Kyoto pulang dari Kansai Airport, atau sebaliknya.
      Kalau seperti ini, bisa naik bus malam, sehingga makin bisa menekan biaya perjalanan.
      Salam

  16. Kita masih bingung antara mengunjungi Kawaguchiko atau main2 di Gala Yuzawa.?
    Karena base kita di Tokyo, apakah dimungkinkan visit kedua tempat pulang pergi.?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Pak, kedua tempat: Kawaguchiko dan Gala Yuzawa bisa ditempuh dalam satu hari PP dari Tokyo.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!