Kawaguchiko Music Forest

Home / Attraction / Kawaguchiko Music Forest
Item image

Berkeliling dan menikmati keindahan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko rasanya belum akan pas jika tidak mengunjungi Kawaguchiko Music Forest. Di kompleks taman terbuka di tepi danau Kawaguchi ini, kita bisa melihat berbagai koleksi kotak musik, organ, dan istrumen musik antik dan berasal dari Eropa. Jadi tidak heran, kalau orang-orang menyebut taman ini sebagai museum musik, seperti Museum Kotak Musik Otaru dan Museum Kotak Musik Rokko di Kobe. Sebutan Kawaguchiko Music Forest atau hutan musik Kawaguchiko muncul karena kita bisa berkeliling dan menikmati keindahan alam berupa taman dan danau, sambil mendengarkan alunan lembut instrumen musik. Jadi pengen tahu gimana rasanya di Kawaguchiko Music Forest?

Koleksi utama yang ada di sini adalah organ buatan Perancis yang besarnya hampir satu ruangan. Dengan bentuk yang khas Eropa yang unik, organ ini ini masih bisa dimainkan sampai sekarang. Setiap 30 menit sekali, kita bisa mendengar melodi indah yang berasal dari organ buatan tahun 1905 atau lebih dari 100 tahun ini. Di beberapa kesempatan, kita juga bisa menyaksikan para pemain musik dari Eropa yang berkunjung dan mengadakan konser di sini. Biasanya mereka akan bermain juga di Hakone Glass no Mori sebelum atau setelah pertunjukan di Kawaguchiko.

Masih di area bangunan aula dan museum, ada juga toko oleh-oleh yang menjual beragam aksesoris unik dengan bentuk-bentuk alat musik. Ada gantungan kunci berbentuk organ, piano, atau saxophone, hingga kotak musik yang bisa jadi oleh-oleh kamu saat kembali ke Indonesia.

Foto di Kawaguchiko Music Forest

Foto di Kawaguchiko Music Forest

Nah, setelah puas melihat-lihat koleksi aneka alat musik yang antik, kita bisa lanjut berkeliling di luar bangunan aula utama. Di area taman ada ribuan tanaman bunga mawar yang tumbuh dan terbagi atas kebun-kebun berdasarkan warnanya. Kebun bunga mawar di sini adalah favorit keluarga Kaisar Jepang. Ada mawar putih, ungu-biru, merah jambu, kuning, dan tentunya mawar berwarna merah. Kita bebas berfoto dengan latar belakang bunga-bunga mawar ini, tapi ingat ya, jangan sampai memetik atau menginjaknya!

Pemandangan Kawaguchiko Music Forest

Pemandangan Kawaguchiko Music Forest

Informasi Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke area taman dan bangunan museum adalah 1.500 yen untuk orang dewasa, lalu untuk anak SMA hingga kuliah dikenakan biaya 1.100 yen, dan untuk anak-anak hingga usia sekolah harga tiketnya 800 yen.

Selain itu ada tiket sore hari 1 (masuk jam 15.00) seharga 800/ 800/ 500 yen, dan tiket masuk sore hari 2 (masuk jam 16.00) seharga 500/ 500/ 500 yen.

Akses menuju Kawaguchiko Music Forest

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit.

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Untuk mencapai hutan musik Kawaguchiko, kita bisa naik bus Retro dari Stasiun Kawaguchiko dan turun di halte bus Ukai Orugoruno Mori Bijutsukan. Lama perjalanannya sekitar 25 menit dengan ongkos 320 yen.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Den’s Inn
0 km away
from ¥3533/night
Forest Village
6 km away
click for detail
Mt. Fuji Hostel Samurise
3 km away
from ¥2624/night
Umeya Annex
1 km away
from ¥9792/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Oishi Park
2 km away
Suasana Oishi Park di tepi Danau Kawaguchiko
Gunung Fuji
18 km away
Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko
Resort Ski Fujiten
12 km away
Resort Ski Fujiten di kaki Gunung Fuji
Pagoda Chureito
4 km away
Keindahan Pagoda Chureito dan Gunung Fuji

Sumber gambar : Flickr Stéphane D,Yamaguchi Yoshiaki, Yamaguchi Yoshiaki


Recommended for you


Last modified: June 1, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (122)

  1. Terima kasih pak nugroho.

    Pak klw kita di wisata ke 2-3 tempat di danau kamaguchiko sebaiknya beli tiket bus terusan selama di kawaguchiko atau lebih hemat ketengan

  2. Selamat Pagi Pak
    Kalau menginap di Kawaguchiko 1 mlm dan PP hakone+shizuoka apa cukup pakai TWP saja pak? Sebaiknya kemana dulu dg rute tsb. Datang dr shinjuku station (balik dr arah takayama by JR pass). Trima kasih sebelumnya

  3. Selamat malam pak Nugroho
    Saya berencana mengunjungi kawaguchiko pada tanggal 2 Maret 2019, tiba di kawaguchiko jam 14.00 dan malamnya naik bus malam ke Kyoto.
    1. Mohon advise untuk tempat yang dapat saya kunjungi degan waktu yg singkat tsb.
    2.Untuk transportasi mengunjungi tempat2 tsb sebaiknya bagaimana ya pak?apakah dengan Retro Buss Pass 2 days?

    Terima kasih advisenya

    Salam

  4. Salam,
    Pak saya akan berkunjung ke jepang february 2019 dan melakukan one day trip di daerah fuji-kawaguchiko dan matsuda sakura fest. saya sudah membeli JR pass.
    Kirakira rute terbaik nya bagaimana ya Pak untuk ke tempat wisata tsb. dan juga untuk akses transportasi menuju kesana. terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Rute yang paling efektif adalah naik kereta sampai ke Kawaguchiko Station. Setelah berkeliling tempat wisata di Kawaguchiko, kemudian naik Fujikyu Bus sampai ke Gotemba Station, lalu naik JR Gotemba Line sampai ke Matsuda Station. Dari Matsuda Station bisa jalan menuju ke tempat bunga sakuranya. Salam

    • Pak kalo sy pke JR pass mau ke fuji-kawaguchi lebih hemat turun kereta di otsuki stasiun atau gotemba ya Pak? Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih hemat turun di Otsuki (asumsi naik kereta ekspress Azusa atau Kaiji dari Stasiun Shinjuku) ya. Salam.

  5. Pagi..

    Mau tanya Pak, jika saya beli Retro Bus Free Pass apakah saya bisa menggunakannya untuk red bus dan green bus? atau harus dipilih salah satunya/ hanya berlaku untuk salah satunya saja? karena tempat yang mau dikunjungi adalah, Kachi2 Ropeway, Music Forest dan Iyashi No Sato.

    Terima kasih

  6. Salam kenal pak, kalau beli pass retro red line aja bisa ga? Kalau cuma mau ke music forest dan taman oishi saja ketengan berapa tarifnya? Trims pak

  7. Malam pak, kalau dari kachi kachiyama ke music forest menggunakan retro bus tanpa membeli free pass itu membayarnya harus uang cash atau bisa suica/pasmo. Kalau menggunakan suica/pasmo itu tinggal tap atau bagaimana?

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa pak, tinggal tap di mesin otomatis di sekitar supirnya. Salam.

  8. haloo.. selamat sore pak. saya mau meminta rekomendasi mengenai JR Pass.
    saya akan ke jepang akhir bulan May tapi durasi disana hanya 4 hari, start&finish di bandara Narita, menginap di Shinjuku.
    Day1: keliling Tokyo – Day2: Alpine Route – Day3: Kawaguchi/ Hakone – Day4: Tokyo.
    kira-kira sebaiknya tiket transportasi apa yang harus saya ambil agar bisa menghemat pengeluaran? untuk pergi ke Alpine route saya berencana melalui Nagano, menggunakan Hokuriku Shinkansen agar hemat waktu.
    mohon sarannya.. Terimakasih :)

    • Nugroho Christian  |  

      Silahkan membeli JR Pass bu Indri (29.110 yen). Perjalanan dari Narita, lalu keliling Tokyo, ke Tateyama Kurobe Alpine ROute bisa tercover dengan JR Pass reguler. Salam.

    • Indri  |  

      untuk tiket ke kawaguchi/ hakone apakah tercover JR Pass juga? kalau saya membeli tiket terpisah untuk semua destinasi apakah totalnya akan lebih murah? soalnya agak sayang JR Pass untuk 7 hari hanya dipakai 4 hari. mohon infonya. Terimakasih :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dengan JR PASS hanya bisa menghemat sekitar setengah ongkos perjalanan. JR PASS tidak mengcover seluruh ongkos perjalanannya.

  9. Hallo Pak Nugroho,
    Saya rencana akhir tahun akan jalan-jalan ke jepang selama 7 hari
    Itenary saya tiba di bandara Haneda dan akan keliling tokyo selama 2 hari
    Kemudian akan ke gunung Fuji, dari gunung fuji akan ke Tetayama utk jalan-jalan ke Shirakawago
    Dari Shirakawago ke osaka..
    Mohon saran pak untuk pass kreta yang cocok buat saya apa??..
    Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Silahkan ibu membeli JR Pass reguler. Nanti ongkos dari Tokyo ke Kawaguchiko (sampai Stasiun Otsuki) tercover dengan JR Pass. Lalu ibu bisa balik ke Tokyo, lalu esok paginya bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen sampai Toyama, jalan-jalan ke Tateyama Kurobe Alpine, lalu esok harinya bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen ke Stasiun Kanazawa, titip koper di sini, lalu naik bus Nohi/ Hokutetsu ke Shirakawago. Setelah itu kembali ke Stasiun , lalu naik kereta Thunderbird sampai Osaka. Salam.

    • Pak Nugroho,
      Terima kasih untuk petunjuk dan advisenya.
      Nanya lagi pak, apakah rute yang bapak sarankan semua tercover dengan JR Pass reguler??..
      Oh ya seandainya dari Kawaguchiko tidak balik ke tokyo tapi nginap di kawaguchiko besoknya langsung ke tateyama Kurobe Alpine atau ke Shirakawago transportasinya memungkinkan dengan JR pass reguler??..

      Sekali lagi terima kasih untuk bantuannya..

      Mohon Info pak biaya private tour utk 4 orang ke kawaguchiko, Tateyama dan Shirakawago berapa pak??.. siapa tau bisa masuk budget :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bisa saja tidak kembali ke Tokyo, namun justru perjalanannya lebih lama karena tidak ada kereta cepat atau shinkansen. Kalau private tour bakalan mahal sekali Ibu. Terakhir Tim Info Jepang mengatur perjalanan untuk ibu-ibu yang sudah agak tua (1 orang perlu kursi roda), rute Takayama-Shirakawago-Kanazawa harganya 200 ribu yen. Salam

  10. Caroline Caroline  |  

    Pak Nugroho.. maaf, saya sempat bertanya mengenai hal di bawah ini di halaman Tokyo Wide Pass, tapi tidak tampak comment dan reply dari Bapak.
    1. Jk saya membeli TWP untuk hari 1 Narita – Ookubo, hari 2 Shinjuku – Gala Yuzawa, Hari 3 Shinjuku – Kawaguchiko, saya harus membeli pass apalagi untuk transportasi selama di kawaguchiko ke hakone?
    2. Hari 4 saya planning akan langsung ke Osaka, dari sta Kawaguchiko Bapak info untuk naik bus ke sta. Mishima, itu harus dengan kartu apa?
    Tx.
    Caroline

    • Nugroho Christian  |  

      1. Dengan TWP, paling ibu cuma perlu membeli tiket bus yang memang tidak tercover dengan Tokyo Wide Pass.
      2. Kembali, jika naik bus, ongkosnya tidak tercover dengan Tokyo Wide Pass. Silahkan beli tiket busnya saja langsung, harganya 1.510 yen (rute Kawaguchiko-Stasiun Mishima). Salam.

  11. Haloo pak. Saya mau tanya. Rencana saya mau ke jepang selama 12 hari. Kira2 itinerary nya seperti ini:
    Day 1 : 08.00am haneda ke osaka
    Day 2 : Universal studio japan
    Day 3 : osaka – kobe – osaka
    Day 4 : osaka – kyoto
    Day 5 : kyoto – kawaguchi
    Day 6 : kawaguchi & mount fuji
    Day 7 : kawaguchi – tokyo
    Day 8 – 12: tokyo (disneyland, disneysea, gotemba factory outlet, shibuya, shinjuku, dll)
    Saya mau tanya. Kira2 pass yg saya beli sebaiknya apa yah pak? Lalu itinerary yg saya buat sudah benar atau ada yg salah? Tolong info nya yah pak. Sama kalau saya mau ke gotemba factory outlet lebih dekat dari kawaguchi atau dari tokyo dan lebih mudah transportasi dari tokyo atau tidak? Thanks before 😊

  12. selamat malam,
    saya berdua dengan suami rencana tgl 31 Maret sampai 8 April 18 mau liburan ke Jepang.
    pesawat dari Jkt ke Osaka, sedang pulangnya lewat Haneda.
    Tempat2 yang ingin kami kunjungi : Osaka, Kyoto,Shirakawago, Tokyo dan Gunung Fuji.
    kami sudah terlanjur booking hotel di Osaka dari tgl 31 Maret s/d 3 April 18.
    yg selanjutnya belum booking hotel.
    Mohon advis , bagaimana sebaiknya rute perjalanan kami, dan transportasi apa yg paling mudah
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu, ibu bisa berkeliling Osaka dan Kyoto dahulu dari tanggal 31 Maret sampai 3 April. Untuk ke Kyotonya, bisa dengan PP dari Osaka. Setelah itu, tanggal 4 pagi, ibu bisa naik kereta Thunderbird dari Osaka ke Kanazawa, dilanjutkan ke Shirakawago dengan bus Nohi. Malamnya, ibu bisa stay di Kanazawa. Tanggal 5 pagi, bisa naik Hokuriku Shinkansen sampai Tokyo, keliling Tokyo sampai tanggal 8 April. Perjalanan ke Fuji Kawaguchiko bisa dengan kereta PP dari Tokyo. Salam.

  13. Malam pak, 5 mei rute sy tokyo-mt fuji-tokyo. Setelah mengunjungi fest shibazakura di pagi hari, berlanjut ke kawaguchiko, tmpt yg mau di kunjungi kawaguchiko, iyashi no sato, music forest, oishi park( bgus tdk pak d bln mei?)
    Apakah sy perlu beli retro bus pass 1200Y atau beli ketengan saja, kalo beli keteng ongkos ny brp pak?
    Mohon saran bpk jg utk urutan rute ny.
    Makasih pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Iya, kalau melihat rutenya, sudah akan balik modal dengan Retro Bus Pass. Oishi Park mungkin tidak terlalu bagus, karena bunganya belum mekar sempurna. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!