Kawaguchiko Music Forest

Home / Attraction / Kawaguchiko Music Forest
Item image

Berkeliling dan menikmati keindahan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko rasanya belum akan pas jika tidak mengunjungi Kawaguchiko Music Forest. Di kompleks taman terbuka di tepi danau Kawaguchi ini, kita bisa melihat berbagai koleksi kotak musik, organ, dan istrumen musik antik dan berasal dari Eropa. Jadi tidak heran, kalau orang-orang menyebut taman ini sebagai museum musik, seperti Museum Kotak Musik Otaru dan Museum Kotak Musik Rokko di Kobe. Sebutan Kawaguchiko Music Forest atau hutan musik Kawaguchiko muncul karena kita bisa berkeliling dan menikmati keindahan alam berupa taman dan danau, sambil mendengarkan alunan lembut instrumen musik. Jadi pengen tahu gimana rasanya di Kawaguchiko Music Forest?

Koleksi utama yang ada di sini adalah organ buatan Perancis yang besarnya hampir satu ruangan. Dengan bentuk yang khas Eropa yang unik, organ ini ini masih bisa dimainkan sampai sekarang. Setiap 30 menit sekali, kita bisa mendengar melodi indah yang berasal dari organ buatan tahun 1905 atau lebih dari 100 tahun ini. Di beberapa kesempatan, kita juga bisa menyaksikan para pemain musik dari Eropa yang berkunjung dan mengadakan konser di sini. Biasanya mereka akan bermain juga di Hakone Glass no Mori sebelum atau setelah pertunjukan di Kawaguchiko.

Masih di area bangunan aula dan museum, ada juga toko oleh-oleh yang menjual beragam aksesoris unik dengan bentuk-bentuk alat musik. Ada gantungan kunci berbentuk organ, piano, atau saxophone, hingga kotak musik yang bisa jadi oleh-oleh kamu saat kembali ke Indonesia.

Foto di Kawaguchiko Music Forest

Foto di Kawaguchiko Music Forest

Nah, setelah puas melihat-lihat koleksi aneka alat musik yang antik, kita bisa lanjut berkeliling di luar bangunan aula utama. Di area taman ada ribuan tanaman bunga mawar yang tumbuh dan terbagi atas kebun-kebun berdasarkan warnanya. Kebun bunga mawar di sini adalah favorit keluarga Kaisar Jepang. Ada mawar putih, ungu-biru, merah jambu, kuning, dan tentunya mawar berwarna merah. Kita bebas berfoto dengan latar belakang bunga-bunga mawar ini, tapi ingat ya, jangan sampai memetik atau menginjaknya!

Pemandangan Kawaguchiko Music Forest

Pemandangan Kawaguchiko Music Forest

Informasi Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke area taman dan bangunan museum adalah 1.500 yen untuk orang dewasa, lalu untuk anak SMA hingga kuliah dikenakan biaya 1.100 yen, dan untuk anak-anak hingga usia sekolah harga tiketnya 800 yen.

Selain itu ada tiket sore hari 1 (masuk jam 15.00) seharga 800/ 800/ 500 yen, dan tiket masuk sore hari 2 (masuk jam 16.00) seharga 500/ 500/ 500 yen.

Akses menuju Kawaguchiko Music Forest

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit.

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Untuk mencapai hutan musik Kawaguchiko, kita bisa naik bus Retro dari Stasiun Kawaguchiko dan turun di halte bus Ukai Orugoruno Mori Bijutsukan. Lama perjalanannya sekitar 25 menit dengan ongkos 320 yen.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yabuki
14 km away
from ‎¥8932/night
Kounso
15 km away
from ‎¥10638/night
Ichifujiso
2 km away
from ¥6865/night
Den’s Inn
0 km away
from ¥3533/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Yagisaki
2 km away
Gunung Fuji dari Taman Yagisaki di Kawaguchiko
Kebun Buah Fuefukigawa
22 km away
Pemandangan dari Kebun Buah Fuefukigawa
Gunung Fuji
18 km away
Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko
Danau Saiko
7 km away
Gunung Fuji dari Danau Saiko

Sumber gambar : Flickr Stéphane D,Yamaguchi Yoshiaki, Yamaguchi Yoshiaki


Recommended for you


Last modified: June 1, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (122)

  1. Selamat siang Pak Nugroho, saya rencana di kawaguchi 2 hari yaitu ke snow town yeti, gotemba premium outlet, kachi-kachi ropeway, iyashi no sato, oishipark, kawaguchiko music forest. Boleh dibantu urutannya saya harus kemana dulu dan mohon rekomendasikan di hotel mana sebaiknya saya nginap. Saya berangkat dari tokyo. Terima kasih.

  2. Selamat malam pak, saya dan keluarga (anak 5 tahun) berencana akan ke Kawaguchiko.
    Saya mau tanya mengenai rute dari Asakusa ke Kawaguchiko sebaiknya naek apa ya? kalau Bus express apakah harus pesan dahulu lewat website atau bisa beli ditempat? ataukah bisa reserve di tempat untuk keesokan harinya?

    kemudian jika disana saya berencana ke Chureito pagoda, music forest apakah saya perlu beli retro bus pass?
    terima kasih infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Asakusa, Surya bisa naik kereta Tokyo Metro Ginza Line ke Kanda Tokyo, lalu naik JR Chuo Line sampai Shinjuku. Dari Shinjuku, ada 2 pilihan, bisa naik bus dan kereta sampai ke Kawaguchiko. Dari Stasiun Kawaguchiko, bapak bisa naik kereta Fujikyu ke Stasiun Shimo-Yoshida ke Pagoda Chureito dan Kawaguchiko Music Forest. Kalau hanya 2 spot tempat wisata, tidak perlu membeli retro bus pass pak.

    • Terima kasih infonya Pak Nugroho…saya hanya berencana ke Chureito, Kachikachi ropeway dan music forest…
      Klo menurut bapak lebih baik pakai bus atau kereta ya pak? Soalnya saya bersama anak saya berusia 5 tahun…
      Saya hanya akan membeli tokyo subway 3 days…maaf pak ternyata saya lebih dekat ke Oshiage daripada ke Asakusa st
      Terima kasih info dan bantuannya Pak Nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya 3 spot tempat wisata, tidak perlu membeli retro bus pass pak. Dari Stasiun Oshiage, bapak bisa naik kereta Toei Subway Asakusa Line sampai Stasiun Asakusabashi, dilanjutkan dengan naik kereta JR Chuo/Sobu Line ke Shinjuku.

  3. Malam pak.. bole beri input kalo di pertengahan Des ini sebaiknya tempat wisata di fuji kawaguchi yang dikunjungi lokasi apa saja? Terima kasih

  4. Pak Nugroho, Salam kenal..
    Mohon infonya untuk Festival Momiji Kawaguchiko tahun ini berakhir kapan ya?
    kemudian jika saya berencana di Kawaguciko setelah makan siang (setelah explore Chureito Pagoda) mengunjungi sbb :
    – Kachi-Kachi Ropeway
    – Kawaguchiko Music Forest
    – Salah satu Onsen
    – Momiji Tunnel atau dan Mapple Corridor
    Bagaimana urutannya yang enak dan apakah memungkinkan, dan apakah perlu beli tiket terusan bus atau bayar tiap naik saja?
    Bus terakhir ke Kawaguchiko Station paling akhir jam berapa ya Pak?
    Mohon maaf banyak pertanyaan. Mohon bantaunnya nggih Pak.
    Nuwun-Adi

  5. saya akan ke jepang pada bulan november, kalau kami stay di tokyo dan melakukan perjalanan ke kawaguchino, gotemba, hakone dan sekitarnya…apakah effisien bulak balik selama dua hari dengan menggunakan Tokyo wide Pass ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dengan Tokyo Wide Pass perjalanan ke Kawaguchiko, Gotemba, dan Hakone dalam 2 hari, sudah balik modal ibu. Salam

    • terimakasih Pak , please advise donk masih bingung…saya ada waktu 3 hari di tokyo …pengen ke yg tsb diatas plus snow town yeti… hari ke 4 nya ke kyoto, pass apa yang harus saya beli ? tokyo world wide pass plus fuji hakone free Pass ? pengen yang effisien dan murah , dan sebaiknya menginap dimana ? rencana nya stay di tokyo …jadi kesana bulak balik ? gimana tuh Pak …

    • Nugroho Christian  |  

      Setelah ke Kyoto, apa ibu akan kembali ke Indonesia lewat Haneda/ Narita? Apa lewat kansai? Kalau menginap di Tokyo, bisa lihat rekomendasi hotel kami di Ueno atau Asakusa. Salam.

  6. Halo,

    Saya Fatima,
    Tanggal 13-19 Februari 2018, mau travel ke jepang total ada 4 dewasa, 3 anak (usia 10-12 thn) dan 1 anak usia 2 thn.
    Renaca perjalanan :
    1. berangakat tgl 13 Feb jam 21.45 – tiba di Haneda – 07.00
    2. Pulang tgl 19 Feb jam 23.30 – tiba 05.30 di jakarta.
    Tempat wisata yang ingin dikunjungi :
    1. Osaka-Kyoto
    5. Mt. Fuji ( Kawaguchiko)
    6. Kota Tokyo (apa rekomendasinya).

    Apakah efektif bila saya beli JR pass dari jakarta untuk 7 hari dengan harga 3,5 jute per org?( dapat gratis WIFI unlimited untuk 4 hari setiap pembelian 2 JR pass ini )
    Rencana saya “:
    menginap 1 malam di tokyo atau langsung ke Osaka
    2 malam di Osaka ( untuk mengcover Osaka-Kyoto)
    1 malam di kawaguchiko
    1 malam di Tokyo.

    Mohon advice. Terima kasih

  7. Hi Pak Niugroho…mohon info kalau saya berempat rencana di Japan 8 hr hanya keliling Tokyo, Kawaguchiko, Gala Yuzawa dan Yokohama..apakah beli JR pass trmasuk efisien dr segi biaya? Manakh rute yg dicover JR Pass dr destinasi-destinasi diatas?

  8. Pa Tolong Tanya, Saya ber 4 akan ke Jepang 27 juni s/d 4 juli
    27 di Tokyo
    28 di Kawaguchi
    29 , 30 di Osaka
    1/7, 2/7 di Sapporo
    3/7 , 4/7 balik Tokyo

    saya udah punya tiket Pesawat Osaka – Sapporo Total Rp 5,1 jt

    Pertanyaannya : Apakah lebih ekonomis beli Tiket Pesawat Sapporo – TokyoTotal Rp 5,3 jt
    plus beli tiket KA ketengan atau bus untuk sekitar Tokyo Kawaguchi Osaka.dan Sapporo

    atau Beli JR Pass 7 hari total 14 jt .Mungkin perlu beli tiket yg lain juga Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Malam Pak Rully, Melihat rute Pak Rully, akan sangat murah jika dengan JR Pass saja, di mana semua ongkosnya sudah tercover dengan JR Pass (kecuali ke Kawaguchiko, hanya sebagian). Perjalanan Tokyo-Osaka saja sudah 13.600 yen pak dengan Shinkansen.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Bagaimana dengan perjalanan dari Tokyo ke Osaka? Apakah ingin naik pesawat juga?
      Sebetulnya tidak hanya biaya yang perlu dipertimbangkan, kalau ingin naik shinkansen lebih baik, naik shinkansen terus, memaksimalkan penggunaan JR PASS.
      Namun kalau ingin naik shinkansen, maka perjalanan Osaka hingga ke Sapporo akan memakan waktu sekitar 9-10 jam. Salam

  9. siang mas nugroho mau tanya. kan saya reservasi bus highwaybus.com nah pas sudah selesai reservation keteranganya sebagai berikut

    boarding date 2017/5/29
    boarding bus 07:45 for for hirano
    off station kawagushiko station

    nah hirano itu station juga ?
    dan kl station apakah melewati kawaguchiko statiun dulu atau sebelumnya

    thanks mas

    • Nugroho Christian  |  

      Hirano itu adalah pemberhentian bus di dekat Danau Yamanaka, salah satu dari 5 danau di sekitar Gunung Fuji. Letaknya sebelum Kawaguchiko, jadi Shinjuku-Hirano-Kawaguchiko. Salam.

    • jiacmoko  |  

      mas nugroho hirano itu daerah mana ya mas . saya reserevasi tiket highwaybus.com boarding bus nya 07:45 for for hirano
      off station kawaguchiko station

    • jiacmoko  |  

      sebelumnya maaf mas double post .

      maaf mas saya perlu ubah reservasi lagi atau tidak agar bisa berhenti di stasiun kawaguchiko. salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Bukannya sudah tepat turun di Kawaguchiko Station? Kawaguchiko Station adalah halte sebelum Hirano di Yamanakako. Salam

  10. sore Pak Nugroho.
    pak mau tanya kl mau ke :
    shibazakura , kachikachi yama, kawaguchi music forest, danau kawaguchi dan gotemba premium outlet

    urutannya begini yah:
    station kawaguchiko ke shibazakura (beli tiket pp 1200 yen)
    balik ke station kawaguchiko
    lalu beli retro bus red line /kawaguchiko line
    kemudian ke kachikachi yama
    kemudian ke kawaguchi music forest
    kembali ke kawaguchiko station dengan retro bus red line
    lalu naik fujikyu bus ke gotemba station
    lalu naik free shuttle bus ke gotemba premium outlet

    untuk kembalinya mau ke tsurumi , dari gotemba station ke kawaguchiko station by fujikyu bus.

    pertanyaan nya:
    1. apakah sdh benar urutannya?
    2. apakah ke kachikachi yama ropeway dan kawaguchi music forest hemat dengan retro bus ? atau lebih hemat ketengan?

    3) naik bis fujikyu ke gotemba station dan pp apakah worthied gak yah pak dengan tiket ketengan? apa di hilangkan saja?

    mohon koreksi yah pak.
    tq

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Urutannya sudah benar.
      Tiket PP Kawaguchiko Station ke tempat festival Shibazakura adalah 2000 yen. Kemudian perjalanan ke kachikachi yama ropeway dan kawaguchi music forest memang harus membeli tiket ketengan retro bus ibu. Lalu perjalanan dari Gotemba Station ke Tsurumi Station, bisa dengan kereta JR Ibu, tidak perlu kembali ke Kawaguchiko Station lagi. Salam

    • maria  |  

      terima kasih pak.

      Tapi setelah dipikir2 Pak karena saya hanya punya waktu sehari, mau diubah seperti ini bisa gak yah rutenya, maksudnya sudah searah lom :
      station kawaguchiko – shibazakura (PP Yen 2000)
      balik ke station kawaguchiko
      naik fujikyu ke station Gotemba (Yen 1.510) – turun
      lanjut naik free shuttle bus ke Gotemba Premium Outlet
      dari Gotemba Premium outlet mau ke Hakone Glass No Mori —-> ini naik apa yah?
      dari Hakone Glass No Mori lebih baik ke mana yah pak (1 tempat saja) biar bisa searah balik ke tsurumi dari Station Odawara?

      dari station Odawara ada kereta yang ke Tsurumi gak yah Pak ?

      Catatan:
      saya punya JR Pass , misalnya dengan rute tersebut ditambah 1 tempat lagi kalau ada saran dari Bapak , apakah hrs beli pass atau ketengan saja yah ?

      Mohon dibantu yah Pak.

      Tq

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Gotemba Premium outlet mau ke Hakone Glass No Mori bisa naik Hakone Tozan Bus Rute L atau rute M.
      Kemudian bisa naik Hakone Tozan Bus Rute L sampai ke Hakone Yumoto Station, ibu bisa jalan-jalan membeli oleh-oleh di sekitaran Hakone Yumoto Station saja. Sebab tidak ada lagi tempat wisata di Hakone yang berada di antara Hakone Yumoto Station dan Hakone Glass No Mori. Dari Hakone Yumoto Station bisa naik kereta Odakyu menuju ke Odawara.
      Dari Odawara bisa naik kereta Sounan Shinjuku Line sampai Yokohama, kemudian tukar ke JR Keihin Tohoku Line sampai ke Tsurumi Station. Salam

    • Selamat siang Pak Nugroho.
      Terima kasih yah infonya.
      Pak bisa naik Shinkansen Kodama juga yah dr Odawara sampai Shin Yokohama baru lanjut JR Keihin Tohoku ke Tsurumi?

      tq

    • Nugroho Christian  |  

      Ya bisa bu, tapi jadinya memutar karena harus ke Shin-Yokohama. Salam.

    • maria  |  

      Ok Pak Terima kasih yah.
      Tapi mengapa yah Pak sy cek di hyperdia dan Navitime for Japan Travel tidak ada keterangan yang naik Sounan Shinjuku ?

      tq

    • Nugroho Christian  |  

      Mungkin yang banyak keluar adalah naik shinkansen, sebab waktunya lebih cepat. Salam

    • maria  |  

      selamat malam Pak.
      Oh ok Pak. Terima kasih.

      Oh ya pak kalau dari Hakone Yumoto station naik odakyu ke odawara itu tiketnya bisa tercover JR PASS gak yah ? atau pakai suica/pasmo ?

      tq

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak tercover JR PASS ibu, ibu bisa pakai suica/ pasmo, sebab namanya bukan kereta JR. Salam

  11. Selamat malam, pak.

    Saya akan ke Jepang bulan juli (summer) dan brencana ke mt.fuji tanpa tour.
    Tempat2 yg mau saya kunjungi di Mt. Fuji :
    – Onsen Konanso (jika memungkinkan)
    – Iyashi no sato
    – Kachi Kachi Ropeway
    – Kawaguchiko Music Forest
    Pertanyaannya:
    1. Apakah Retro Bus Free Pass di beli on the spot ?
    2. Apakah memungkinkan untuk bs mengunjungi ke-4 tempat tersebut dalam waktu 1hr ?
    3. Jika memungkinkan, apakah lebih baik jika urutan rutenya seperti ini ? (di bawah)
    —- st.kawaguchiko – onsen – st.kwaguchiko – iyashi no sato – st.kawaguchiko – kachi kachi ropeway – kawaguchiko music forest – st.kawaguchiko
    4. Jika tidak memungkinkan untuk mengunjungi smua tempat tersebut dlm 1 hr, mana yang lebih baik saya kunjungi?

    Terima kasih banyak :)

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bisa dibeli on the spot di Stasiun Kawaguchiko
      2. Bisa, asal dari pagi hari, urutannya, Kawaguchiko-Iyashi no Sato-Kawaguchiko-Kawaguchiko Music Forest. Lalu untuk ke Onsen Konanso dan Kachi-Kachi Ropeway bisa terakhir karena dekat dengan Stasiun Kawaguchiko.
      3. Kalau disuruh memilih, mungkin lebih baik melepas Onsen Konansou (kalau sudah pernah mengunjungi onsen) atau Kachi-kachi yama (kalau sudah cukup puas melihat keindahan gunung Fuji, gak perlu sampai naik/ ngantri).
      Salam.

    • Hanna The  |  

      Pagi, pak.. makasih untuk responnya yang cepat menjawab smua pertanyaan. Setelah baca jawaban bapak saya langsung browsing2 lagi nih. Dan spertinya memang Kachi Kachi Ropeway tdk terlalu penting lagi ya karna dr tmpt lain gunung fuji nya sudah cukup terlihat. Malah jadi mau ke oishi park krn pas bln juli ada lavender :)

      Belum pernah coba onsen makanya mau coba hehee. Apa bapak tau harga onsen di fujikawaguchiko onsen konanso itu brp ya? dan biasanya kalao onsen itu perlu waktu berapa lama?

      Apakah baik kalau rute nya jadi seperti ini ?
      kawaguchiko – iyashi no sato – kawaguchiko – oishi park – music forest – kawaguchiko

      (dari oishi park kalau mau pulang ke kawaguchiko naik bus retro akan lewatin music forest kan?)

      Terima kasih :)

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf Hanna, sepertinya untuk Konansou Onsen tidak dibuka untuk pengunjung yang tidak menginap. Untuk onsen umum, kamu bisa ke Tensui Onsen Kawaguchiko yang terletak tidak jauh dari Museum Itchiku Kubota.
      Rutenya kawaguchiko – iyashi no sato – kawaguchiko – oishi park – Tensui Onsen Kawaguchiko – kawaguchiko music forest – kawaguchiko.
      Biayanya adalah Biayanya 1.000 yen untuk dewasa, pelajar SMA/ SMP, dan 700 yen untuk anak SD ke bawah.

    • Hanna The  |  

      Oooh gituu. okay2 makasih banyak pak infonya! sangat membantuuu.
      Btw, berangkat ke Fuji dr shinjuku station, kalau brgkt dr jam6 gitu bisa kan yah?

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa kok. Kalau bisa memang pagi-pagi sekali, kalau kesiangan nanti sudah penuh keretanya. Salam.

  12. Selamat malam pak.

    rencana akhir april ini saya berangkat ke jepang (ariived di Narita dan baliknya lewat osaka)
    Saya sudah punya pasmo/suica.

    -> Apa lebih baik saya beli wide pass 3 days saja?? mohon sarannya.

    Itin saya :
    -> hari 1-3 Keliling tokyo, disneyland, shibuya, shinjuku, Harajuku. Paginya check out hotel di tokyo dan mau ke mount fuji dari asakusa. (kira kira naik apa yaa??))

    -> hari ke 4 saya ke mount fuji lalu ingin naik bus ke osaka. (Kira kira naik bus apa yaa? willer bisa kah?))

    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya ingin ke Gunung Fuji dan keliling Tokyo rasanya sulit untuk balik modal dengan Tokyo Wide Pass. Silahkan gunakan bus atau kereta ke Danau Kawaguchiko. Ada satu keberangkatan bus willer setiap malamnya dari Stasiun Kawaguchiko ke Osaka/ Kyoto. Salam.

    • maaf tanya lagi Pak, jadi mending saya top up suica atau beli tokyo wide pass 3 hari??

      Terimakasih pak

    • Terimakasih banyak Pak, sungguh sangat membantu.

      Jadi 3 hari awal saya keliling tokyo (dari asakusa-shinjuku-shibuya-disneyland) menggunakan SUICA saja, nah yg saya ingin tanyakan lagi :

      1. Jadi hari ke 4 saya ke fuji, menghunakan high bus dari shinjuku halte – kawaghuciko??

      2. Trus dari kawaghuciko saya mau naik bus ke osaka, namun info web yang dari bapak tdk bisa memesan. Mohon info cara pemesanannya pak?

      Sangat sangat terimakasih Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk ke Kawaguchiko, bisa memesan langsung bus dari Shinjuku ke Kawaguchiko.
      Lalu pemesanan bus menuju ke Osaka, memang hanya tersedia reservasi dalam bahasa Jepang Ibu.
      Sebagai gantinya, ibu bisa kok langsung memesan tiket bus ke Osaka malam hari di Kawaguchiko Station, pagi-pagi sesampainya di sana. Salam

  13. Halo pa Nugroho….sy msh bingung utk perjalanan ke kawafuchi-gotemba. rencana saya akan menginap di kawaguchi terus mau ke gotemba premium outlet lalu mau ke Osaka.
    Apakah lebih baik saya ambil bus dari kawaguchi-osaka? Atau Gotemba-Osaka? Mana yg lebih murah biayanya?
    Saya baca yang ke Gotemba balik lagi kebkawaguchi baru ke Osaka. mana ya yang lebih baik? Mengingat kami bawa tas2 jg. trm kshpa

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam. Pertama, tidak ada rute bus langsung dari Gotemba Premium Outlets, hanya ada dari Gotemba Station.
      Kedua, kalau dibandingkan antara ongkos Kawaguchiko atau Gotemba Premium Outlets, mungkin lebih murah dari Gotemba Station Ibu, secara lokasinya lebih dekat dengan jalan tol Tokaido ke Osaka.
      Hanya kekurangannya, ibu musti bawa-bawa koper dari Kawaguchiko-Gotemba Premium Outlets-Gotemba Station. Sedangkan kalau naik bus dari Kawaguchiko, hanya tinggal titip koper di Kawaguchiko. Salam

    • Terima kasih pa utk infonya….klo sy ambil bus dari kawaguchi-Osaka berarti dr Gotemba outlet saya kembali lagi ya ke Kawaguchi? saya tinggal ambil bus fujikyu saja ya pa utk PP Kawaguchi-Gotemba? turunnya lgs di Gotemba Premium Outlet ato Gotemba Stasion ya pa?
      Klo sy ambil bus dr Gotemba stasion berarti dr Gotemba Outlet sy naik bus ke Gotemba STASION bener ya pa? trs sy naik bus apa utk ke OSAKA? Berapa lama ya pa perjalanannya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Fujikyu Bus dari Kawaguchiko lewat Gotemba Station dan Gotemba Premium Outlets ibu.
      Kemudian tersedia juga kok shuttle bus gratis dari Gotemba Station–Gotemba Premium Outlets.
      Kemudian ongkos bus dari Gotemba Station–Osaka harganya 6900-7800 yen, tergantung hari keberangkatan dan jenis tempat duduk.
      Salam

    • sheila  |  

      Pagi pa….trm kasih utk bantuannya.sy mo bertanya lagi klo seandainya sy dr Shinjuku-kawaguchi trs dr Kawaguchi-Gotemba Outlet naik bus lalu kembali lg ke Shinjuku lwt Kawaguchi,apa keburu 1 hr pa?
      Lalu stlh sampai di Shinjuku lgs naik bus malam ke Osaka.terlalu resiko ga pa?
      Saya msh bingung menentukan utk ke Osaka nya apakah menginap di Kawaguchi lgs ke OSAKA bsk siangnya ato tdk menginap tp lgs balik ke Shinjuku naik bus malam ke Osaka.
      Ato dr Gotemba Stasion sy naik bus balik ke Shinjuku y? cuma ada nya bus nya cm sekali ya pa? apa keburu ya pa utk naik bus ke Osaka nya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bus malam ke Osaka jam berapa ya Ibu? Biasanya semua di atas jam 11 malam.
      Jadi kalau rutenya Shinjuku-Kawaguchi-Gotemba Premium Outlets, pertama ibu titip dulu kopernya di Shinjuku Station.
      Kemudian jalan-jalan sesuai rute yang ibu tuliskan. Santai-santai pun paling lama hanya sampai malam sekitar jam 18.00.
      Nah, dari Gotemba Premium Outlets ibu bisa naik kereta kok kembali ke Shinjuku, sebab kalau ingin naik bus langsung busnya hanya ada pukul 16.30. Salam

    • Trm ksh sekali pa utk penerangannya….wah keburu ya walaupun sy mgk puter2 dl di Kawaguchi ya.klo keburu ya sy balik aja ke Shinjuku.oya pa klo sy naik kereta dr Gotemba Stasi-shinjiku bener trn di otsuki st trs naik yg chuo line? Hqrganya brp ya pa? Itu hrs pake JR pass ga? Sy kebetulan g pake JR pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau dari Gotemba tidak usah lagi ke Otsuki Station. Ibu bisa mengikuti rute kereta Tokaido Line atau Odakyu Line sampai ke Tokyo/ Shinjuku Station. Info lengkapnya di akses ke Gotemba Station. Salam

    • ok baiklah pa…trm ksh byk buat informasinya.oya pa klo bus di Kawaguchi yg red line ato green line itu kira2 berapa lama ya utk 1x berkeliling? rencana sy pergi jam 8 dr Shinjuku lalu jam 3 sore sdh di Gotemba Outlet.apakah memungkinkan ya utk naik bus red line dan green line di Kawaguchi.

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk red line kira-kira 60 menit, sementara untuk green line 90-110 menit. Rasanya cukup Sheila, bahkan kamu bisa berhenti dan berfoto-foto di objek wisata yang dilalui bus Retro. Salam.

    • sheila  |  

      malam pa….saya mo bertanya lg.di atas bpk info ada bus dr Gotemba Stasion ke Kyoto/osaka.pesen bus nya dmn ya pa?
      klo misalnya naik shinkansen apa bs dr Gotemba Stasion? brp harganya? trm ksh pa

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada bus dari Gotemba ke Osaka/ Kyoto. Sheila harus ke Kawaguchiko dahulu. Untuk naik shinkansen, paling dekat dari Stasiun Gotemba adalah dari Stasiun Mishima atau dari Stasiun Odawara. Untuk mencapainya bisa naik bus dari Gotemba ke arah Mishima (dengan bus Hakone Tozan-Bus Tokai) atau bus Hakone Tozan sampai Odawara. Salam.

  14. Sore Pak, rute saya:
    1. Haneda Airport, Stasiun Shinjiku – Stasiun Kawaguchiko pakai Fujikyu Bus
    2. Kawaguchiko, pakai Retro Bus free pass
    3. stasiun Kawaguchiko – stasiun osaka (Higashi-Umeda) pakai Fujikyu Bus
    4. Osaka
    5. Kyoto (pakai kyoto one day bus pass)
    4. Tokyo disneyland

    saya mau tanya,
    1. Fujikyu Bus, Retro bus kawaguchiko, kyoto one day bus pass, apakah bisa tercover dengan JR Pass?
    2. Rute antar kota Osaka – Kyoto – Tokyo – Disneysea apakah pakai shinkansen?
    3. untuk jalan2 di kota Osaka dan kota Tokyo apakah menggunakan subway, JR pass bisa cover?
    Terima kasih Pak Nugroho.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Fujikyu Bus, Retro bus kawaguchiko, kyoto one day bus pass, kereta subway di Tokyo dan Osaka tidak tercover oleh JR Pass.
      JR Pass hanya mengcover kereta JR Line dan shinkansen. Salam

    • Memohon masukan dari bapak. rute dan transportasi saya yang saya pakai, apakah saya perlu beli JR pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu mendarat dari Haneda Station, kemudian kembali ke Indonesia dari bandara mana?
      Salam

    • Mohon bantuan untuk transportasi & pass:

      berikut detail itinerary saya:
      1. Rabu 22/3, 23:00 tiba di Haneda International Airport Terminal 1 (nginap airport)

      2. Kamis 23/3, pagi 06: 55 dari Tokyo stasiun shinjuku – stasiun kawaguchiku (tiba 09:35), by Fujikyu Bus (overnight bus)
      malam 20:50 stasiun kawaguchiko – osaka (Higashi-Umeda Station) by Fujikyu bus, tiba esok pagi 07:00

      3. Jumat 24/3, Osaka Higashi-Umeda Station – Sumiyoshi Taisha – Shitennō-ji -Osaka Castle – Shinsaibashi – Dotonbori – Umeda sky building – nginap hotel dekat stasiun osaka.
      Rencana beli Osaka pass , tapi binggung beli amazing pass atau one day pass?

      4. Sabtu 25/3, stasiun osaka ke stasiun kyoto (pakai shinkansen / JR) – fushimi inari – kiyomizudera – Gion – stasiun kyoto (pakai kyoto one day buss pass).
      stasiun kyoto ke stasiun tokyo (pakai shinkansen) – harajuku – tokyo skytree – nginap di hotel dekat Haneda airport.
      (di tokyo masih blm tau naik transportasi apa, mohon masukan dari bapak)

      5. Minggu 26/3, seharian full di Disneysea tokyo

      6. Senin 27/3, Pagi pesawat jam 10:00 balik Jakarta, dari airport Haneda juga.

      Apakah saya butuh beli JR pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau ingin naik bus malam ke Osaka dan kembali dengan shinkansen ke Tokyo, maka tidak perlu membeli JR Pass.
      Kalau hanya ke Harajuku – Tokyo Skytree cukup dengan kartu suica/pasmo atau beli tiket satuan. Salam

    • Kartu suica / pasmo apakah dipakai utk kereta non JR seperti subway dan monorail? Apakah bisa dipakai utk titip loker di st.kawaguchiko & st. Kyoto? Jika jdwl sy sabtu magrib dari stasiun tokyo ke harajuku kemudian malm ke ke sky tree. Minggu ke Disneysea dan senin pagi2 balik jakarta dari airport haneda. Apakah lebih efektif sy beli kartu suica, daripada beli tiket satuan?
      Sy jg mau minta petunjuk, utk penginapan 2 malam di tokyo, lebih efektif sy cari penginapan di area mana sesuai jdwl di atas? Terima kasih atas petunjuknya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk penitipan loker, tergantung jenis lokernya. Sepertinya kalau di Kawaguchiko Station, lokernya hanya bisa pakai uang koin. Di Stasiun Kyoto tersedia versi digital bisa dibayar dengan suica/pasmo. Dengan kartu suica, maka ongkos kereta akan dibayar sesuai tarif (lebih murah 4-5 yen karena tiket satuan adalah pembulatan ke atas). Namun, kartu suica kalau direfund ada biaya registrasi 220 yen. Silakan diperhitungkan sendiri mana yang lebih untung. Untuk hotelnya, Ibu mungkin bisa mencari penginapan di sekitar Tokyo Station atau Ueno Station. Salam

    • Siang Pak, Kami rencana nginap di alamat Edogawa-ku, Tōkyō-to, Jepang , 8 menit walking to Tokyo Koiwa Station. Mau nanya, dari Koiwa Station ke Airport Haneda International Terminal, naik transportasi apa? Biaya dan durasi? karena kami pesawat pagi jam 8 sdh harus check-in. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Koiwa Station, ibu bisa naik kereta JR Chuo Sobu Line arah Mitaka dan turun di Asakusa Bashi. Silakan naik di gerbong paling belakang (buntut), sebab pintu keluar stasiun ada di bagian belakang kereta. Kemudian berpindah ke Asakusa Line menuju ke Haneda Airport.
      Ongkosnya 790 yen, dan ibu silakan paling telat naik kereta JR pukul 06.53 dari Koiwa Station. Kalau bisa tepat waktu, tiba di Haneda Airport International Terminal pukul 07.58. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Silakan dibaca-baca dulu link-link di atas, kami sudah memberikan contoh cara penggunaan Tokyo Wide Pass untuk pergi ke beberapa tempat wisata sekitar Tokyo seperti Gala Yuzawa, Danau Kawaguchiko. Untuk perjalanan ke Museum Doraemon Fujiko F.Fujio bisa dibaca di artikel berikut. Salam

    • Ok pak terimakasih,satu lagi, tokyo wide pass ini,bisakah saya beli hari senin tapi mulai dipakai hari rabu?

      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Saat membeli Tokyo Wide Pass kita bisa memilih tanggal mulai menggunakannya. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!