Info Wisata di Asakusa

You are here Home  > Wisata Jepang >  Info Wisata di Asakusa

Asakusa adalah salah satu distrik atau wilayah di Tokyo yang masih bertahan dari gempuran globalisasi dunia. Di wilayah lain seperti Ginza, Shinjuku, Shibuya, dan Odaiba, kita dengan mudah menemukan sentral-sentral bisnis dan ekonomi dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi. Mendengar Asakusa, tentu kita akan mengingat Kuil Sensoji, daya tarik utama Asakusa yang begitu terkenal. Buat kita para turis, jalan Nakamise atau Nakamise Dori adalah surga belanja makanan tradisional atau oleh-oleh Jepang dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, kita juga bisa merasakan Jepang di masa lampau dengan naik jinrikisha, kendaraan beroda dua yang ditarik oleh tenaga manusia. Perjalanan ke Asakusa kemarin membawa saya kepada masa nostalgia menikmati Jepang dengan suasana yang asri dan kental dengan sejarah. Khusus bagi para pembaca, ini dia panduan wisata di Asakusa.

Tempat Wisata di Asakusa

1. Kuil Sensoji dan Nakamise-Dori

Nakamise-dori adalah sebutan jalan di antara Gerbang Halilintar (Kaminarimon) dengan Kuil Sensoji. Dengan panjang sekitar 200 meter, Nakamise-dori tersusun lebih dari 80 toko yang menjual pernak-penik dan oleh-oleh khas Jepang, seperti kipas Jepang, jimat-jimat sebagai pajangan, gantungan kunci, atau Yukata dan kimono. Kuil Sensoji sendiri adalah kuil tertua di Tokyo yang sudah ada dari abad ke-6. Warna merah menyala di tengah-tengah bangunan tinggi di Tokyo jadi latar belakang foto yang sangat indah.

Info Wisata di Asakusa Gerbang Kaminarimon

Info Wisata di Asakusa Gerbang Kaminarimon

Oiya, kalau teman-teman punya waktu lebih, bisa juga mampir ke Taman Bermain Hanayashiki Amusement Park. Saya sendiri baru tahu keberadaan taman ini setahun belakangan, ya karena memang jarang diekpos juga ke media atau brosur wisata. Taman bunga yang sudah berusia lebih dari 150 tahun ini punya beragam wahana permainan, mulai dari roller coaster, wahana bianglala atau Ferris Wheel, dan juga carousel yang selalu menarik anak-anak untuk bermain. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga 1.000 yen (ditambah dengan tiket terpisah untuk beberapa wahana), kita bisa bermain sepuasnya. Taman Bermain Hanayashiki buka dari jam 10.00-18.00 setiap harinya.

2. Pusat Informasi Wisata di Asakusa

Pusat Informasi Wisata Asakusa dibuka oleh pemerintah kota Tokyo di tahun 2012 untuk lebih memperkenalkan Asakusa kepada para wisatawan. Di sini, kita bisa memperoleh banyk brosur wisata di Tokyo lengkap dengan layanan multi-bahasa bagi teman-teman. Pusat informasi turis ini buka dari jam  09.00 sampai 20.00. Dari lantai paling atas, kita juga bisa melihat pemandangan Asakusa termasuk Kuil Sensoji dan pusat perbelanjaan Nakamise Dori yang selalu dipenuhi wisatawan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah selepas matahari terbenam, karena kita bisa melihat pemandangan malam Tokyo yang gemerlap secara gratis.

Wisata di Asakusa: Asakusa Culture Tourist Information Center

Wisata di Asakusa: Asakusa Culture Tourist Information Center

3. Naik Kapal Wisata di atas Sungai Sumida

Salah satu kapal Tokyo Cruise beroperasi dari Asakusa. Teman-teman bisa naik dan menikmati suasana kota Tokyo dari atas sungai termasuk ke Taman Hama Rikyu dan juga Odaiba (melihat Rainbow Bridge yang terkenal).

Wisata di Asakusa Naik kapal Himiko

Wisata di Asakusa: Naik kapal Himiko

4. Bersantai di Taman Sumida

Taman terletak di tepi kiri dan kanan Sungai Sumida yang buka selama 24 jam sehari ini dibuka untuk umum secara gratis. Di hari biasa, taman ini jadi spot favorit wisatawan di Jepang untuk berfoto. Oiya, Taman Sumida ini juga adalah spot hanami yang terkenal di awal bulan April, serta tempat penyelenggaraan Sumidagawa River Firework Festival di hari sabtu terakhir bulan Juli.

Wisata di Asakusa Taman Sumida di malam hari

Wisata di Asakusa: Taman Sumida di malam hari

5. Menara Asahi Beer

Menara Asahi Beer ini adalah kantor pusat Asahi Breweries yang selesai dibangun tahun 1989. Teman-teman bisa berfoto dengan latar belakang menara dan juga menikmati beragam makanan tradisional Tokyo di restoran di lantai 1, termasuk menikmati segelas Asahi Beer yang sangat terkenal.

Wisata di Asakusa: Tokyo Skytree dan Asahi Beer Tower

Wisata di Asakusa: Tokyo Skytree dan Asahi Beer Tower

Akses menuju Asakusa

Asakusa dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Asakusa, yang dilalui oleh jalur kereta Ginza Subway Line, Asakusa Subway Line, Tsukuba Express, dan Tobu Railways. Selain itu, Asakusa juga bisa dicapai dengan Tokyo Cruise.

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Kanda (lama perjalanan 2 menit, dengan ongkos 140 yen) lalu berpindah ke kereta Ginza Subway Line sampai Stasiun Asakusa (lama perjalanan 10 menit, dengan ongkos 170 yen).

Dari Stasiun Shinjuku, kita bisa naik kereta JR Yamanote Line atau JR Chuo Line sampai Stasiun Kanda (lama perjalanan 10 menit, dengan ongkos 170 yen) lalu berpindah ke kereta Ginza Subway Line sampai Stasiun Asakusa (lama perjalanan 10 menit, dengan ongkos 170 yen).

Cheap Hotels in Asakusa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Belmont Hotel
from ¥7000/night
Khaosan World Asakusa
Khaosan World Asakusa
from ¥8145/night
Hako Hostel And Bar
from ¥3300/night
Hotel Nihonbashi Villa
from ¥2300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Chidorigafuchi
Sakura di taman Chidorigafuchi
Ramen Enak di Nakano
Ramen Hakodate nakano tokyo
Kebun Binatang Ueno
Panda besar di Kebun Binatang Ueno
Ginza Tokyo
Gedung Ginza Wako

Sumber gambar : Flickr Michael Cornelius, IQRemix, Wei-Te Wong, Manish Prabhune, Danny Choo, Hideya HAMANO


Recommended for you

Last modified: August 27, 2017

TAGS  :

Comments (6)

  1. hai info jepang, sya akan punya rencana pergi ke jepang bulan september pada minggu pertama, apakah pada saat itu sedang ada festival? jika ada dimana?
    kemudian saya akan menginap di hotel daerah asakusa. apakah tempat wisata terdekat dari situ?
    kemudian apakah tiket shinkansen memiliki perjalan malam?
    karena saya akan berencana ke osaka untuk ke universal studio. apakah ada trik selain mengunakan shinkashen? terima kasih?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Silakan dibaca dulu artikel website Info Jepang sampai komentar-komentar nya Pak, sebab informasinya mungkin sudah ditulis.
      Di bagian komentar sudah tertulis: Loker untuk ukuran besar di Asakusa jumlahnya sekitar 30 buah tersebar di seluruh area stasiun. Salam

    • Malam Pak Nugroho,

      mohon informasinya utk pengiriman koper dari tokyo ke tateyama station atau dari tokyo ke hotel toyo osaka, apakah ada dan dimana serta melalui apa pak ?
      rencana saya pagi hari dari tokyo mau ke tateyama alpine road via nagano setelah dari tateyama mau ke osaka ( Hotel toyo ).

      Terima kasih atas bantuan nya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Cece, kamu bisa menggunakan jasa pengiriman Yamato Transport. Pengiriman bisa ke Toyama atau Osaka, namun saran saya sekalian saja kirim ke osaka supaya tidak perlu ribet bawa koper lagi dari Toyama ke Osaka.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!