Odaiba Tokyo

Home / Attraction / Odaiba Tokyo
Item image

Odaiba adalah pulau buatan terbesar di Teluk Tokyo, sebelah timur kota Tokyo. Sama dengan namanya (daiba=benteng), Odaiba awalnya dibangun sebagai benteng sekaligus pusat pertahanan dan perdagangan kota Tokyo pada 1853. Namun seiring dengan berkembangnya ekonomi Tokyo dan bertambahnya populasi penduduk, wilayah pantai Tokyo terus direklamasi dan dibangun bangunan-bangunan baru. Simak keseruan kunjungan Tim Info Jepang ke Odaiba Tokyo.

Selain apartemen-apartemen mewah dengan pemandangan pantai yang menawan, ada juga banyak gedung-gedung perkantoran dan bisnis. Tidak hanya itu, pusat perbelanjaan dan hiburan, mal-mal besar, hotel, dan restoran pun terus dibangun tak henti hingga kini. Sekarang, Odaiba menjadi pusat perhatian wisatawan mancanegara karena hiburannya yang unik, dan hanya ada di tempat ini saja. Selain itu, hanya di Odaiba saja kita bisa menikmati keindahan teluk Tokyo dan gemerlapnya bangunan pencakar langit kota Tokyo di malam hari.

Odaiba terus menggeliat. Menyambut perhelatan Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo, tempat ini akan menjadi sentral pertandingan olahraga dan penginapan atlet olimpiade. Tentu akan makin banyak pusat hiburan dan spot-spot wisatawan yang akan dibangun di sini. Jadi jangan sampai lupa pergi ke Odaiba ya!

Kegiatan Seru yang bisa dilakukan di Odaiba Tokyo

1. Jalan-jalan ke Palette Town

Palette Town Odaiba

Palette Town adalah surga belanja bagi para wisatawan. Ada ratusan toko yang menjual barang-barang merek dunia terkenal, mulai daripakaian, tas, jam tangan, aksesoris dan perhiasan, hingga peralatan elektronik. Selain itu, masih ada restoran yang menjual menu-menu makanan barat dan Jepang yang bisa kita nikmati sambil melihat panorama Teluk Tokyo dan Rainbow Bridge yang terkenal. Informasi lengkap mengenai toko-toko dan restoran di Pallete Town bisa ditemukan di Shop and Restaurants Palette Town and Venus Fort.

2. Bersantai di Pinggir Pantai

Menikmati keindahan Odaiba Tokyo

Tepi pantai Odaiba adalah tempat favorit para penduduk kota Tokyo menghabiskan waktu sore hari. Kita bisa duduk santai di area taman sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Selain itu, di malam hari, kita juga bisa melihat keindahan iluminasi Rainbow Bridge yang keren banget!

3. Pergi ke Gedung Fuji Televisi

Gedung Fuji Televisi dari kejauhan

Satu tempat wisata yang tidak boleh dilupakan adalah Gedung Fuji Televisi. Gedung dengan desain unik ini beberapa kali tampil di manga dan anime Jepang. Bagaimana kalau berkunjung ke Gedung Fuji Televisi di Odaiba? Selain event dan festival musim panas, kita bisa melihat panorama malam kota Tokyo dari atas tempat observasi. Info lengkap mengenai Gedung Fuji Televisi.

4. Pergi Aquacity Odaiba

Tempat ini merupakan shopping mall favorit wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Kita bisa menemukan lebih dari 60 toko, mulai dari restoran, bioskop, dan lainnya. Dari rooftop di lantai 7 Aquacity Odaiba kita juga bisa melihat panorama Teluk Tokyo yang indah. Aquacity Odaiba buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00.

5. Decks Tokyo Beach

Permainan, belanja fashion, dan juga restoran dalam satu arena. Kita juga bisa bermain dengan 1,6 juta keping lego di Legoland Discovery Center yang ada di lantai B-1 Decks Tokyo Beach. Kita bisa melihat miniatur kota Tokyo dengan keping lego, dan arena permainan lego lainnya. Ada juga gang Odaiba icchome yang menyediakan aneka kuliner khas Jepang seperti takoyaki, yakiniku, dan berbagai jajanan Jepang jaman dahulu. Decks Tokyo Beach buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 21.00. Informasi mengenai kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan di Odaiba Decks bisa dibaca di artikel berikut.

6. Diver City Tokyo Plaza

Pusat komersil ini adalah yang paling baru di Odaiba. Selesai dibangun pada 2012, Diver City Tokyo Plaza menjadi pusat hiburan dan fashion masyarakat Tokyo. Kita bisa menemukan beragam toko fashion yang menyediakan aksesoris dan busana brand terkenal, atau juga toko suvenir “The Odaiba”, dan Toko “Hello Kitty Japan” yang menyediakan beragam suvenir dan aksesoris bertemakan si kucing imut. Ada juga Gundam Store dan robot Gundam raksasa di Gundam Front Tokyo buat kamu penggemar gundam. Diver City Tokyo Plaza buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 21.00.


Patung Gundam sudah tidak ada lagi terhitung dari tanggal 5 Maret 2017. Patung gundam yang baru akan dipasang pada pertengahan Agustus 2017, tepatnya mulai tanggal 19 Agustus 2017. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menemukan ribuan koleksi mainan Gundam di Gundam Base yang berada di lantai 7 Diver City Tokyo, mall di mana robot raksasa Gundam berada. Teman-teman pecinta Gundam, sepertinya tidak boleh melewatkan tempat ini yaa.

Gundam Raksasa di Diver City Odaiba Tokyo

Gundam Raksasa di Diver City Odaiba Tokyo

7. Melihat Patung Mini Liberty

Jangan lupa untuk pergi ke ke replika Patung Liberty di Odaiba. Letaknya berada di taman pinggir pantai di belakang gedung Fuji Televisi. Teman-teman bisa berfoto dan menikmati pemandangan layaknya kota Manhattan di Amerika dengan latar belakang pantai Odaiba.

Patung liberty di Odaiba

Di musim panas, sekitar bulan Agustus, pinggir pantai Odaiba dihiasi oleh ribuan lantera kertas dengan lampu di dalamnya memberikan panorama malam yang indah di Odaiba Tokyo. Jika ingin melihatnya ada dua pilihan: bisa melihat dari Odaiba Decks atau dari Odaiba Kaihin Koen. Festival lentera ini adalah untuk memperingati hari laut yang dirayakan di Senin minggu ketiga tiap tahunnya. Biasanya festival akan diadakan dua hari berturut-turut pada hari Minggu dan Senin-nya dimulai dari pukul 18.30 hingga 22.00. Jika teman-teman pas datang ke Tokyo, jangan lupa untuk melihat keindahan festival lentera di Odaiba ini.

Pemandangan lentera di Odaiba Tokyo

Pemandangan lentera di Odaiba Tokyo

Akses Menuju Odaiba

Dari Tokyo Station naik JR Keihin Tohoku atau JR Yamanote Line ke Shinbashi Station. Kemudian berpindah ke Yurikamome Monorel turun di Daiba Station. Durasi waktu 30 menit dengan ongkos 460 Yen. Untuk kamu yang punya JR PASS atau Tokyo Wide Pass, dari Tokyo bisa naik kereta Keihin Tohoku Line sampai ke Oimachi Station, lalu pindah ke Rinkai Line sampai ke Tokyo Teleport Station di Odaiba.

Dari Shinjuku Station naik Toei Oedo Line menuju Shiodome Station. Kemudian berpindah ke Monorel Yurikamome turun di Daiba Station. Durasi waktu 40 menit dengan ongkos 540 Yen. Buat teman-teman yang punya Tokyo Wide Pass, bisa naik kereta Rinkai Line dari Shinjuku sampai ke Tokyo Teleport Station di Odaiba.

Untuk tempat wisata di Odaiba bisa dibaca di artikel di atas atau Liburan satu hari di Odaiba.

Tempat wisata di odaiba Jepang

Peta Lokasi Tempat wisata di Odaiba Jepang

Cheap Hotels in Odaiba [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

InterContinental Tokyo Ba
3 km away
InterContinental Tokyo Bay
from ¥18700/night
Grand Pacific Le Daiba
1 km away
Grand Pacific Le Daiba
from ¥14900/night
Shiba Park Hotel
4 km away
Shiba Park Hotel
from ¥13350/night
The Strings by InterConti
3 km away
The Strings by InterContinental, Tokyo
from ¥15800/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Shops and Restaurants Ven
1 km away
Suasana di dalam Venus Fort Odaiba
Bukit Todoroki
12 km away
Kuil di puncak bukit Todoroki
Museum Miraikan
1 km away
Pintu masuk Museum Miraikan
Koishikawa Korakuen
9 km away

Sumber gambar : Flickr Héctor GarcíaFabian Reusykanazawa1999Loïc LagardeHéctor GarcíaAtsushi KaseManish Prabhune

Sumber video : Youtube Discover the spirit of Japan – Japan videos


Recommended for you


Last modified: August 17, 2017 by

Close Comments

Comments (60)

  1. Mas saya baca diatas, kalau kita akan menuju Odaiba dari Shinjuku berarti hanya naik sekali dgn menggunakan JR Rinkai Line sampai Tokyo Teleport Stasiun di Odaiba ya ??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya betul silakan naik kereta Rinkai Line (yang terhubung langsung dengan Saikyo Line) melewati Shinjuku. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, mulai dari tahun ini JR Rinkai Line (yang dulunya bagian dari JR Line) sudah tidak merupakan JR Line. Salam

    • Risni Susanti  |  

      Ooh gtu.. berarti kl seperti jalur saya diatas kl mau ke odaiba dari shinjuku dgn JR Saikyo line yg tersambung JR Rinkai line berarti saya bayar pas posisi dimana nya ya mas ??#maaf jd bawel nanya nya ya 😀😀

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau ibu pakai JR PASS, maka di pintu karcis Tokyo Teleport sudah tidak boleh masuk dan disuruh membeli tiket. Ibu bisa beli tiket sampai ke Osaki Station, keluar di Osaki Station, dan kemudian masuk lagi ke Osaki Station dengan menunjukkan JR PASS untuk naik JR Saikyo Line. Salam

  2. Pak mao tanya dunk .. Klo untuk keliling tokyo bbrp hari utk transportasinya baiknya tokyo subway pass atau tokyo wide pass dan apa bedanya ya pak?

    Makasih sebelumnya

  3. siang [pak,

    saya lagi emmahami transportasi di JP. mksdnya cara menuju2 ke tempat dari satu wisata ke wisata lain. saat di Tokyo itu rata2 dimulai dari st. shunjuku, st. shibuya dan st.tokyo ya,,,?

    sayakan menginap di Asakusa untuk 2hari, berarti setaip memulai perjalanan saya harus menuju ke stasiun shinjuku/tokyo/shibuya ya…? dari stasiun asakusa.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Shinjuku/tokyo/shibuya selalu dijadikan acuan karena merupakan stasiun yang dekat dengan tempat wisata terkenal/ favorit di Jepang dan dilalui kereta JR. Kalau kamu tinggal di Asakusa, ada kereta langsung juga kok ke Odaiba dengan naik kereta Toei lewat Stasiun Shimbashi dilanjutkan dengan kereta Yurikamome. Salam.

  4. pak Nugroho, mau tanya, untuk tokyo driver city sepertinya patung gundam raksasanya sudah tidak ada ya? alias lg di renovasi? *dpt info dari googleeee.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya, memang sedang renovasi. Baru ada bulan agustus nanti Dhani. Salam.

  5. halo kak, mau tanya , untuk oedo onsen monogatari di odaiba itu kita bayar tiket masuk sudah termasuk berendam kaki /outdoor onsen, dan sudah termasuk di pakaikan kimono ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dengan tiket masuk sudah termasuk semuanya Dhani, termasuk pakaian yukata dan berendam di onsennya. Info lengkapnya bisa langsung dilihat di cerita saya dengan Oedo Onsen Monogatari.

  6. Mas chris, mau tanya apabila saya punya JR Pass dan ingin ke daiba dari shinjuku station apakah bisa di cover tanpa harus beli tiket kereta lagi?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta JR Yamanote Line atau JR Chuo Line sampai Stasiun Shimbashi (tercover dengan JR Pass), dilanjutkan dengan kereta Yurikamome sampai Stasiun Daiba (tidak tercover, ibu harus membayar 320 yen). Salam

  7. Saya ada rencana datang ke odaiba dari pagi jam 8.30 dan manghabiskan waktu seharian sampai jam 4 sore disana, tempat wisata apa yang bisa saya nikmati disana pada jam pagi tersebut? karena saya perhatikan kok jam operationalnya itu jam 10 semua?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Memang Arthur, kamu mungkin bisa mengunjungi Tokyo Teleport dahulu sebelum ke Odaiba, atau ke tempat-tempat wisata lain di Tokyo yang buka sejak pagi hari, seperti Kuil Sensoji di Asakusa atau Tsukiji Market.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
jay
2014-10-04 15:34:17
odaiba keren bg! smg bisa pergi ke Jepang suatu hr nnt

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!