Tempat Wisata Seru Waktu Liburan di Odaiba

You are here Home  > Center Town, Night View, Wisata Jepang >  Tempat Wisata Seru Waktu Liburan di Odaiba

Odaiba adalah tempat wisata yang relatif baru di kota Tokyo karena baru dibangun 20-30 tahun yang lalu. Terletak di pinggir selat Tokyo dan menghadap langsung ke arah laut, Odaiba jadi tempat wisata seru yang menawarkan aneka ragam permainan seru, onsen, wisata kuliner dan perbelanjaan, serta pemandangan yang bagus di siang dan malam hari. Dalam artikel kali ini, Tim Info Jepang sudah merangkum beragam macam kegiatan seru yang bisa dilakukan saat liburan di Odaiba, hasil penelitian dan menjadi guide mengantarkan tamu Indonesia ke Odaiba ini. Semoga bermanfaat dalam menyusun jadwal perjalanan ke Jepang.

1. Tokyo Big Sight

Tokyo Big Sight adalah gedung berarsitektur unik berbentuk limas segiempat dan menjadi pusat eksibishi dan pameran-pameran terkenal di Tokyo. Beberapa contoh pameran yang terkenal dan menarik banyak pengunjung adalah Anime Japan, Tokyo Motor Show, dan Comicet (pameran manga terbesar di Jepang).

2. Berendam di Oedo Onsen Monogatari

Pengen mencoba masuk ke pemandian air panas atau onsen di Jepang tapi gak kepengen bayar mahal ryokan Jepang? Maka Oedo Onsen Monogatari adalah pilihan yang tepat. Selain letaknya di Odaiba yang sangat mudah diakses dari pusat kota Tokyo, kita dapat dengan mudah mencoba masuk ke pemandian air panas tanpa perlu malu dan takut. Di sini kita bisa mendapatkan yukata di ruang ganti baju dan mendapatkan penjelasan tata cara masuk ke pemandian air panas. Selesai mandi, kita dapat berelaksasi di ruang istirahat atau menikmati santapan siang di restoran-restoran yang ada di Oedo Onsen Monogatari. Tidak ketinggalan ada juga tempat bermain untuk anak-anak atau toko oleh-oleh jika ingin membeli suvenir.

Suasana Oedo Onsen Monogatari

Suasana Oedo Onsen Monogatari

3. Belajar dan Bermain di Museum Miraikan

Museum Miraikan artinya adalah museum masa depan. Itulah tema museum yang terletak di bagian selatan Odaiba. Museum ini menampilkan beragam objek dan penjelasan mesin-mesin berteknologi canggih dan mutakhir seperti Google Street Map, Virtual Reality, dengan bahasa yang sangat mudah. Meskipun anak-anak mungkin tidak mengerti semua penjelasannya, namun alat-alat percobaan, robot-robot mungil, bola dunia, dan mesin-mesin mutakhir tentu akan merangsang rasa ingin tahu dan belajar anak-anak.

Liburan di Odaiba: pergi ke Museum Miraikan

Liburan di Odaiba: pergi ke Museum Miraikan

4. Gundam Front Tokyo

Buat kamu penggemar Gundam atau penggemar pra-model Gundam, maka Gundam Front Tokyo dan Diver City di Odaiba adalah tempat yang sangat cocok. Di sini kita bisa melihat pertunjukkan Gundam di senja hari dengan tampilan cahaya dan musik yang keren. Di lantai 7 Diver City, kita juga bisa membeli banyak pra-model Gundam dan aneka produk Gundam lainnya dengan harga sangat murah dibandingkan di Indonesia (pengalaman Tim Info Jepang).

Liburan di Odaiba: Ke Gundam Store

Liburan di Odaiba: Ke Gundam Store

5. Bermain dan Berbelanja di Pallete Town

Bianglala besar adalah tanda penunjuk Pallete Town, tempat wisata multifungsi di Odaiba. Kita bisa merasakan serunya berbelanja di Venus Fort yang bertemakan arsitektur Mediterania. Ada juga Toyota Mega Web History dimana kita bisa menemukan berbagai koleksi mobil-mobil unik jaman dahulu. Ada juga tempat bermain arcade, arena batting center (pemukul softball) dan bianglala untuk melihat pemandangan Odaiba dari ketinggian.

Kincir Raksasa di Palette Town Odaiba

Bianglala raksasa di Palette Town Odaiba

6. Pergi ke Takoyaki Museum

Odaiba Decks adalah tempat dimana kita bisa wisata kuliner dan bermain sepuasnya. Di sini kita bisa mencoba aneka ragam kuliner khas Jepang di gang Odaiba Icchome Shotengai yang bertemakan Jepang tahun 1950-an atau zaman Showa. Kita bisa menemukan kios-kios unik dengan lantunan lagu-lagu lawas khas Jepang, tempat yang sangat bagus merasakan budaya Jepang jaman dulu. Ada juga Takoyaki Museum yang sangat ramai di kalangan wisatawan mancanegara karena bisa melihat penjelasan mengenai makanan bola-bola isi ini.

Gang Odaiba Icchome Shotengai berlokasi di lantai 4 Odaiba Decks dan terdapat lebih dari 20 kios dan restoran-restoran unik. Tempat yang sangat pas untuk makan siang sewaktu liburan di Odaiba.

Liburan di Odaiba: Suasana Takoyaki Museum

Liburan di Odaiba: Suasana Takoyaki Museum

7. Jalan-jalan ke Tokyo Trick Art Museum

Jangan lupa bawa kamera jika pergi ke Tokyo Trick Art Museum! Seluruh bangian museum dari dinding dan lantainya dipenuhi gambar-gambar ilusi yang tentunya akan sangat seru. Tempat ini sangat cocok bila Anda liburan di Odaiba bersama dengan anak-anak. Tokyo Trick Art Museum terletak di lantai 4 Odaiba Decks dan buka setiap hari mulai jam 11 siang. Tiket masuknya 900 yen untuk pelajar SMP ke atas dan 600 yen untuk pelajar SD dan TK.

8. Bermain Lego di Legoland

Lego adalah impian semua anak-anak. Di Odaiba Decks terdapat Lego Discovery Center, dimana kita bisa bermain lego sepuasnya, membuat benda-benda dari ribuan keping lego. Beberapa benda seperti mobil atau gajah mungil terbuat dari lego dan tentu membuat gembira anak-anak. Legoland Discovery Center buka setiap hari mulai dari jam 10 pagi dan berlokasi di lantai 3 Odaiba Decks.

Lego Discovery Center

Lego Discovery Center

Tahun ini LEGOLAND Center Nagoya juga dibuka untuk umum dengan beragam wahana dan fasilitas seru bertema Lego. Sungguh menyenangkan.

9. Pergi ke Madame Tussaud Museum

Di sini kita bisa berfoto dengan artis dan orang-orang terkenal di seluruh dunia. Di Madame Tussaud Museum tersimpan banyak patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal seperti Presiden Barack Obama, Lady Gaga, Johnny Depp, group music One Direction dan lainnya. Kita bisa berfoto dengan tokoh favorit kita sepuasnya di sini. Seru banget ya!

Liburan di Odaiba: pergi ke Madame Tussaud Museum

Liburan di Odaiba: pergi ke Madame Tussaud Museum

10. Yuhu Main sepuasnya di Sega Tokyo Joypolis

Buat kamu pecinta game arcade, Sega Tokyo Joypolis tidak boleh dilewatkan. Kita bisa bermain game simulasi dan arcade (seperti di Timezone) sepuasnya di sini. Jika ingin mencoba semua permainan, tersedia pula one-day pass di mana kita bisa mencoba semua permainan berkali-kali sampai puas. Saran dari Tim Info Jepang, kalau bisa hindarilah hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional Jepang karena tempat ini akan sangat ramai sehingga hanya bisa mencoba sedikit permainan karena harus mengantri. Jika berlibur bersama sahabat atau kerabat juga pasti seru karena ada banyak permainan multiplayer yang akan lebih seru bila dimainkan bersama-sama. Info lebih lanjut mengenai jam operasi dan biaya masuk di artikel berikut.

Liburan di Odaiba: bermain di Sega Tokyo Joypolis

Liburan di Odaiba: bermain di Sega Tokyo Joypolis

Beli Online Tiket Masuk
Tokyo Joypolis

11. Berkeliling di Aqua City dan Gedung Fuji Television

Bila Takoyaki Museum ada di Odaiba Decks, maka Aqua City memiliki Ramen Museum. Di sini kita bisa mencoba beraneka ragam ramen dengan cita rasa yang berbeda-beda, cocok sekali bagi kamu pecinta ramen Jepang. Tidak hanya itu, Aqua City juga memiliki panggung khusus di mana selalu diadakan pertunjukan setiap bulannya. Beberapa waktu belakang ada panggung Shonen Jump, lalu Monster Hunter dan One Piece. Jika teman-teman memerlukan informasi lebih lanjut bisa bertanya di kotak komentar di bawah ini.

Liburan di Odaiba: Panggung Outdoor Gedung Fuji Television

Liburan di Odaiba: Panggung Outdoor Gedung Fuji Television

12. Berfoto di Taman Odaibakaihin Koen

Meskipun namanya Odaiba Kaihinkoen atau taman pantai Odaiba, namun menurut Tim Info Jepang taman ini tidak terlalu bagus untuk tempat bermain (memang karena merupakan taman di pantai buatan). Jika teman-teman ingin merasakan suasana pantai sesungguhnya lebih baik pergi ke arah Kamakura atau Enoshima di selatan Tokyo, seperti yang sudah dirangkum oleh Tim Info Jepang di artikel berikut.

Taman Odaibakaihin Koen lebih tepat untuk tempat berfoto sebab pemandangannya bagus dan spesial, tidak terdapat di tempat wisata lainnya. Di sini kita berfoto dengan latar belakang Patung Liberty dan Rainbow Bridge! Patung Liberty adalah tiruan Manhattan City di Amerika Serikat dengan ukuran yang lebih kecil. Di malam hari pencahayaan Patung Liberty dan Jembatan Rainbow Bridge membuat suasana malam di tempat ini jadi tambah seru. Foto kenang-kenangan di tempat ini tentu akan jadi pengalaman tidak terlupakan selama liburan di Odaiba.

Liburan di Odaiba: Taman Kaihinkoen

Liburan di Odaiba: Taman Kaihinkoen

Akses Menuju Odaiba

Dari Tokyo Station naik JR Keihin Tohoku atau JR Yamanote Line ke Shinbashi Station. Kemudian berpindah ke Yurikamome Monorel turun di Daiba Station. Durasi waktu 30 menit dengan ongkos 460 Yen. Untuk kamu yang punya JR PASS atau Tokyo Wide Pass, dari Tokyo bisa naik kereta Keihin Tohoku Line sampai ke Oimachi Station, lalu pindah ke Rinkai Line sampai ke Tokyo Teleport Station di Odaiba.

Dari Shinjuku Station naik Toei Oedo Line menuju Shiodome Station. Kemudian berpindah ke Monorel Yurikamome turun di Daiba Station. Durasi waktu 40 menit dengan ongkos 540 Yen. Buat teman-teman yang punya Tokyo Wide Pass, bisa naik kereta Rinkai Line dari Shinjuku sampai ke Tokyo Teleport Station di Odaiba.

Cheap Hotels in Odaiba [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Trusty Tokyo
Hotel Trusty Tokyo Bayside
click for detail
Grand Pacific Le Daiba
Grand Pacific Le Daiba
from ¥14900/night
The Strings by InterConti
The Strings by InterContinental, Tokyo
from ¥15800/night
Shiba Park Hotel
Shiba Park Hotel
from ¥13350/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gedung Pemerintahan Tokyo
Gedung Tokyo Metropolitan di Stasiun Shinjuku
Bukit Todoroki
Kuil di puncak bukit Todoroki
Yomiuri Land
Iluminasi musim dingin di Yomiuri Land
Museum Snoopy Tokyo
Boneka Snoopy raksasa di Museum Snoopy Tokyo

Sumber gambar: Flickr MiNe, zenjiro, Walter Lim, Victor Lee, e_chaya, Aisyah Hifni, IQRemix, Graham Stanley, MarySloA, jpellgen


Recommended for you

Last modified: August 10, 2017

TAGS  :

Comments (21)

  1. Pak nugroho saya ada rencana ke asakusa dan odaiba di hari bersamaan … sy tiba di tokyo jam 7.30 haneda airport sebaiknya saya memakai transportasi bus apa utk ke asakusa dan dr asakusa sy ingin river cruise ke odaiba transportasinya bagaimana dr asakusanya pak..habis itu sy ke odaiba mau lihat gundam dan permainan seperti timezone jg legoland dari odaiba saya pulang ke hotel di keo naik apa sebaiknya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa naik kereta Keikyu Line Airport Express yang langsung menuju ke Asakusa Station.
      Lalu dari Odaiba untuk kembali ke Shinjuku, ibu bisa naik Yurikamome Monorel sampai ke Shiodome, lanjut subway Toei sampai Shinjuku atau naik kereta Rinkai Line dari Tokyo Teleport Station sampai ke Shinjuku Station. Info lengkapnya bisa dibaca di artikel di atas. Salam

  2. PAGI PAK…TKS BUAT INFONYA.
    SAYA MAU NANYA LAGI, KALAU PULANG SAYA SEBAIKNYA LEWAT TOKYO TELEPORT STATION ATAU DAIBA STATION ? MENGINGAT HOTEL SAYA BERADA DI GINZA.
    KALAU LEWAT DAIBA STATION DGN MONOREL YURIKAMOME APAKAH SAYA BISA TURUN DI SHIMBASHI STATION LALU NAIK GINZA LINE KE GINZA?
    APAKAH JARAK KE 2 STATION TERSEBUT BERDEKATAN?
    TKS PAK.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau mau ke Ginza, lebih bagus dan lebih cepat naik kereta monorel Yurikamome.
      Kalau mau ke Shinjuku/ Shibuya, baru lebih bagus naik JR Rinkai Line dari Tokyo Teleport. Letak keduanya cukup dekat. Salam

  3. MALAM PAK NUGROHO, UNTUK BERKELILING ODAIBA AREA DARI 1 TEMPAT KE TEMPAT LAIN APAKAH BISA DGN BERJALAN KAKI ATAU ADA ALTERNATIF LAIN?
    KALAU JALAN KAKI BISA BERAPA LAMA?
    TKS BANYAK

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Hanya nomor 1-3 yang letaknya agak berjauhan, sedangkan item lainnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit.
      Alternatif bisa naik kereta monorel Yurikamome Line (kelihatan kalau jalan-jalan di Odaiba). Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Noborito Station, bisa naik kereta Odakyu sampai ke Shinjuku (ongkosnya 250 yen).
      Kemudian pindah ke kereta Saikyo/ Rinkai Line sampai ke Tokyo Teleport Station di Odaiba (ongkosnya 330 yen). Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Ada di Gundam Front Tokyo, di DiverCity Tokyo Plaza Odaiba (lebih dekat dari Stasiun Daiba). Salam.

  4. Halo Pak Nugroho,

    Kamis malam tanggal 18 Aug 2017 saya rencana tiba di Tokyo dari kawaguchiku (Osaka, Kyoto before) mohon sarannya untuk itinerary yang pas sampai minggu malam ke mana saja. Tempat yang ingin saya datangi salah satunya odaiba, mungkin tidak semua objek nya didatangi. Terima kasih sebelumnya Pak Nugroho.

    warm regards
    DYR

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf Ibu, kami tidak melayani pembuatan itinerary langsung di website karena akan membuat bingung para pembaca lainnya. Kalau memang membutuhkan bisa menghubungi nomor Tour Guide Online untuk membuatkan itinerary nya.
      Salam

    • diki yulianto  |  

      Ok Gpp Pak. Saya browsing di sini lengkap sekali informasinya. saya rasa bisa susun itinerary sendiri. Nanti saja saya akan tanyakan lagi bila memang ada pertanyaan yang lebih spesifik.

      Domo Arigato

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, terimakasih atas pengertiannya Pak.
      Artikel di website ini memang disusun berdasarkan pengalaman Tim Info Jepang mengguide, makanya informasinya lengkap dan tepat sasaran.
      Bapak juga bisa membaca-baca lebih dari 10 ribu komentar di website infojepang. Salam

  5. selamat malam pak, Saya berencana dari haneda langsung ke Tokyo big sight, kira-kira ada limousine bus dari haneda ke Tokyo big sight? Kalau ada kira-kira berapa biayanya?
    Thank you atas bantuannya pak nugroho

  6. sore pak,
    Kalau untuk tanggal 9 mei, di aqua city kira2 ada pertunjukan apa ya? Makasih..
    Kira2 kalau ke Odaiba sharian bisa habis brp lama waktunya dan bagusnya mulai jam brapa ya? Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hari selasa sepertinya jarang ada event spesial di Odaiba. Tapi nanti kalau ada info terbaru akan saya beritahu Sherny.
      Odaiba paling bagus dikunjungi siang-malam hari Sherny, di mana pemandangan malam harinya (ada iluminasi yang keren). Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Sama saja, keduanya di tepi laut dan punya tempat wisata yang seru. Ada beragam tempat wisata di Odaiba seperti yang saya jelaskan, begitu juga dengan Yokohama, termasuk Minatomirai yang terkenal.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!