Tokyo Tower

Home / Tower / Tokyo Tower
Item image

Tokyo Tower menjadi menara tertinggi di Jepang sejak 1957, namun kini digantikan oleh Tokyo Sky Tree yang ketinggiannya mencapai 634 meter, atau hampir 2 kali tinggi menara pemancar sinyal televisi bewarna merah ini. Tokyo Tower berdiri sejak tahun 1957 dan didirikan sebagai menara pemancar untuk gelombang TV.

Selain berfungsi sebagai menara pemancar, Tokyo Tower juga dikenal sebagai tempat wisata. Dari atas, kita bisa menikmati pemandangan kota Tokyo di siang dan malam hari. Di saat hari cerah, teman-teman bisa melihat berbagai landmark kota lainnya misalnya Tokyo Skytree, pemandangan perkantoran, dan gunung Fuji di sebelah timur. Di malam hari kita dapat menikmati spektakulernya pemandangan malam di Tokyo, dengan berbagai warna lampu kota dan lampu mobil yang berkelap-kelip.

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Tokyo Tower? Info Jepang merangkum 5 kegiatan yang bisa dilakukan waktu pergi ke menara 333 meter ini. Berikut liputannya.

5 Kegiatan Asyik di Tokyo Tower

1. Mencoba naik tangga sampai ke dek tengah

Mau coba sensasi naik tangga sampai 200 meter? Buat kamu berjiwa petualang dan percaya diri dengan otot kakimu, tidak ada salahnya mencoba naik tangga di Tokyo Tower. Kita bisa merasakan angin bertiup dan melihat pemandangan terbuka kota Tokyo dari atas. Meskipun kaki sedikit sakit, tapi sensasinya beda bro!

Naik tangga Tokyo Tower

2. Naik elevator langsung ke atas Tokyo Tower

Buat kamu yang sudah lelah jalan-jalan kota Tokyo atau mau menyimpan tenaga buat target selanjutnya, tenang saja ada elevator. Ada tiga elevator di lantai satu yang langsung menghubungkan dengan dek di bagian. Bagian interior dan background musik elevator juga menarik karena selalu berubah tiap musimnya. Pintu naik elevator ini berada di lantai 1 Tokyo Tower.

Naik Elevator Tokyo Tower

3. Coba lihat ke bawah lantai!

Berjalan di atas kaca Tokyo Tower

Di beberapa tempat di dek observasi di atas, ada lantai yang berupa kaca transparan. Dari sini kita bisa melihat tegak lurus ke bawah tanpa halangan. Kita bisa melihat pemandangan tepat di bawah kaki kita dan rasakan sensasi berjalan di udara! Buat kamu yang punya nyali, coba lihat ke bawah lantai Tokyo Tower. Hiih!

4. Baca informasi tentang sejarah Tokyo Tower

Sambil berjalan-jalan dan melihat pemandangan 360 derajat kota Tokyo 360, tidak ada salahnya belajar tentang sejarah Tokyo dan proses pembangunan Tokyo Tower. Semua bahan gratis untuk dilihat dan dibaca, jadi gak usah malu-malu.

Selamat datang di Tokyo Tower

5. Belanja oleh-oleh khas Tokyo Tower

Setelah puas melihat pemandangan kota, silakan mampir di pertokoan lantai 2 Tokyo Tower. Di sini kita bisa menemukan toko-toko yang menjual kaos, aksesoris, dan boneka maskot Tokyo Tower. Tidak hanya itu, kita juga bisa membeli oleh-oleh khas Jepang lainnya dan kue Jepang seperti Tokyo Banana dan lainnya. Untuk teman-teman yang sudah lapar, bisa ke Foot Town lantai 2 di Tokyo Tower juga. Disini ada restoran TOWER’S DINER, restoran Soba dan Udon, serta Food Court dengan aneka ragam menu yang lezat tentunya. Lebih baik makan di sini kan, daripada bingung-bingung cari tempat makan di mana sebelum kembali ke hotel atau penginapan.

Berbelanja di Tokyo Tower

Informasi Mengenai Tokyo Tower

Tokyo Tower dilengkapi dengan 2 lantai observasi utama dan 1 lantai observasi khusus. Untuk menikmati pemandangan kota Tokyo dari ketinggian, kita harus membeli tiket di lantai dasar. Harga tiket bervariasi, yaitu 310 yen (untuk anak umur 4 tahun ke atas), 460 yen (pelajar SMP ke atas), dan 820 yen (pelajar SMU ke atas). Tiket tersebut berlaku untuk naik hingga ke lantai observasi utama (1F dan 2F) yang terletak di ketinggian ±150 meter.

Jika Anda ingin naik hingga ke lantai observasi khusus yang berada di ketinggian 250 meter, Anda harus membeli tiket lagi. Pembelian tiket dilakukan di lantai 2F observasi utama, dengan harga tiket 350 yen (anak umur 4 tahun ke atas), 400 yen (pelajar SMP), dan 600 yen (pelajar SMU ke atas).

Beli Online Tiket Masuk
Tokyo Tower Sekarang!

Puas menikmati pemandangan kota Tokyo, kita bisa turun ke lantai 2. Di sini kita bisa membeli barang-barang kerajinan tangan khas Tokyo Tower, dan oleh-oleh Jepang lainnya dengan harga terjangkau. Kalau teman-teman berani mencoba, kita juga bisa mendapat potongan harga lho!

Tokyo Tower buka sepanjang tahun, dengan jam operasional mulai pukul 10.00 hingga pukul 22.00.

Akses Menuju Tokyo Tower

Ada banyak stasiun yang dekat dengan Tokyo Tower, misalnya Akabanebashi, Kamiyacho, Onarimon, Daimon, maupun Hamamatsucho Station. Selanjutnya kita tinggal jalan kaki sekitar 10 menit hingga ke bawah Tokyo Tower. Sambil berjalan kaki, kita bisa menikmati pemandangan Tokyo Tower yang berdiri gagah diantara gedung-gedung tinggi kota Tokyo.

Dari Shinjuku Station

Dari Stasiun Shinjuku, kita bisa naik subway Toei Oedo Line sampai ke Akabanebashi Station. Kemudian bisa berjalan kaki kurang lebih 12 menit. Perlu waktu 24 menit dan ongkosnya 220 Yen.

Dari Tokyo Station

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta JR Keihin Tohoku Line atau JR Yamanote Line ke Hamamatsucho Station. Kemudian berjalan kaki sekitar 15 menit. Perlu waktu 23 menit dan ongkosnya 160 Yen.

Galeri Foto Tokyo Tower

Sakura dan Tokyo Tower Jepang Pemandangan dari Tokyo Tower
Pemandangan dari Tokyo Tower

Tour di Tokyo

Tokyo Sky Tree di malam hari

Berkendara dengan bus mengunjungi Taman Istana Kaisar, National Diet Building atau Gedung DPR Jepang, State Guest House, Ginza, dan Akihabara, Asakusa dan Kuil Sensoji serta berjalan di Nakamise-dori yang penuh dengan toko suvenir dan oleh-oleh. Terakhir, menikmati panorama kota yang indah dari Tokyo Skytree.


Tur berkeliling di pasar ikan terbesar di pusat kota Tokyo yakni Tsukiji Market. Selain itu, teman-teman bisa belajar cara membuat sushi langkah demi langkah bersama dengan koki terkenal dan menyantapnya untuk makan siang.


Pergi ke Tokyo Tower

Melihat pemandangan Kota Tokyo dari dek observasi di Tokyo Tower, makan siang dengan menu Jepang di restoran Chinzanso. Dilanjutkan dengan mengelilingi taman dan halaman luar Istana Kaisar Jepang (Imperial Palace), lalu menyusuri Sungai Sumida dengan kapal menuju Asakusa dan Kuil Sensoji. Di akhir tour mengunjungi pusat perbelanjaan dan hiburan Ginza.


Malam hari di Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

Menikmati pemandangan kota Tokyo dari Tokyo WTC, lalu menuju Tokyo Bay untuk kemudian naik perahu menyusuri Sungai Sumida sampai ke Asakusa dan mengunjungi Kuil Sensoji yang terkenal. Di akhir tour akan mengunjungi pusat perbelanjaan Ginza.


Tour malam di Tokyo

Mari coba merasakan kebiasaan pekerja atau karyawan di Tokyo malam hari atau selepas pulang kantor. Menikmati makanan-makanan pinggir jalan khas Jepang yang murah namun lezat yang dimasak di depan langsung di depan kita.


Pergi ke Tokyo Tower

Nikmati pemandangan pagi dari dek observasi di Tokyo Tower, lalu melanjutkan perjalanan ke Istana Kaisar Jepang, ke Asakusa dimana kita bisa berbelanja oleh-oleh dan suvenir, serta mengunjungi Kuil Buddha tertua Kuil Sensoji.

Cheap Hotels in Tokyo Tower [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Gracery Ginza
2 km away
from ¥9978/night
Hotel Unizo Ginza
3 km away
from ¥9367/night
The Prince Sakura Tower
3 km away
The Prince Sakura Tower Tokyo
from ¥18200/night
ARTnSHELTER
6 km away
from ¥3850/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gedung Pemerintahan Tokyo
6 km away
Gedung Tokyo Metropolitan di Stasiun Shinjuku
Taman Kasai Rinkai
11 km away
Bermain di pinggir pantai Taman Kasai Rinkai
Oedo Onsen Monogatari
6 km away
Pemandian air panas untuk kaki di Oedo Onsen Monogatari
Showa Kinen Koen
32 km away
showa kinen koen

Sumber gambar :Flickr yamcat, Gavin, Piro*, Jyoshiki, Isriya Paireepairit, tomosuke214, Tomasz Wagner, Diego Terrieri


Recommended for you


Last modified: September 19, 2017 by

Close Comments

Comments (19)

  1. Admin mau tanya lagi dong kl dari tokyo towe mau foto d patung liberty satu area apa harus naik kereta lagi beda lokasi ya?
    Yoroshiku onegaishimasu

  2. william wijaya kusuma  |  

    mau tanya kak, spot terbaik untuk foto bersama tokyo tower dimana ya? apakah ada park / tempat di sana bisa foto dgn view yang bagus?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Wah, rasanya agak sulit pak William. Mungkin bisa berdiri di bagian taman terbuka di area Tokyo Tower. Salam.

    • Rudy Paulus  |  

      Coba spot foto di SHIBA PARK atau juga bisa dari depan Zozoji Temple. Tidak jauh dari Tokyo Tower. Silahkan cek lokasinya di Google Map. Semoga bermanfaat.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau memang ingin menggunakan Tokyo Wide Pass, maka Tokyo Tower dan Tokyo Sky Tree harus turun di stasiun JR kemudian berjalan kaki cukup jauh. Sedangkan tempat wisata yang lainnya, ada stasiun kereta JR yang dekat. Salam

  3. Admin, TOkyo tower ini termasuk perfecture apa ya? Saya berencana keliling dalam 1 hari. Rute saya : Shibuya – Harajuku – Shinjuku – Asakusa (Tokyo sky tree) – Toyo Tower – Ueno – Ginza. Apa rute ini sudah benar? Jika saya pakai JR Tokyo Wide Pass apakah bisa ketempat tersebut?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tokyo Tower ada di prefektur Tokyo. Mungkin rutenya bisa diubah, Shibuya – Harajuku – Shinjuku – Tokyo Tower – Ueno – Ginza – Tokyo Sky Tree. Rute ini bisa ditempuh juga dengan free pass harian kota Tokyo, misalnya Tokyo Metro 24-Hours Pass. Salam

  4. Hi Salam 🙂

    21-27 feb , rencana akan backpackeran ke jepang nih, baru ready tiiket , yg lain masih searching2 itung2 mgkn ada biaya yg bs dihemat 😀
    Dan tiket issued pp dr osaka.
    Jadiiii kira kira itin kasar Spt ini.. mohon masukan dan koreksi ya 🙂
    21 sampi osaka jam 10 pagi. Mau lgs explore … mmm osaka castle? Umeda sky building? Malam dotonburi?
    22 usj
    23 tokyo — ? Kmn ya.. ? Shibuya? Hachiko? Tokyo tower?
    24 disneysea
    25 fuji
    26 kyoto – osaka
    27 osaka – pulang

    Apakah rute tsb ngoyo banget utk perjalanan 6 hari? Harus beli jr pass? Jr pass apakah sdh mencakup perjalanan ke fuji?
    Trm kasih masukanya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hi Eca, salam juga.
      Karena ada rute Osaka-Tokyo-Osaka, kamu sudah pasti balik modal jika membeli JR Pass, ditambah mengcover rute ke Fuji. Untuk rutenya sendiri saya rasa sudah cukup bagus kok dan seperti itinerary turis umumnya. Khusus di Tokyo, kamu bisa ke Odaiba, Tokyo Tower/ Tokyo Skytree, Asakusa, atau Akihabara

    • Terimakasih kesediaany membalas pertanya saya ya 😊
      Hari pertama sampai di osaka, bila ingin lgs explore ke osaka castle, koper bisa di titipkan di station kah? Dr kansai menuju ke station mana ya klo arah ke osaka castle? Apakah ada penitipan koper?
      Oiya satu lagi.. ada rekomendasi restoran halal di osaka? Terimakasih ats responya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Eca. Silakan bisa dibaca di Osaka Castle.
      Koper bisa dititip di stasiun terdekat yakni Osakajo-koen Station, namun koper ukuran besar hanya tersedia 2 buah.
      Mohon informasi lengkapnya mengenai penginapan atau rute perjalanan di Osaka supaya bisa menginformasikan alternatif penitipan loker.
      Salam

    • Rencana saya akan menginap di the park front hotel universal studio, tgl 21-23 feb
      Landing di kansai airport 10pagi, krn blm memungkinkan utk check in, mau explore city mungkin dimulai dr osaka castle, bgmn menuju osaka castle menggunakan jr pass dan dmn bs menitipkan luggage?
      Apakah akses ke hotel yg saya maksud mudah dengan jr pass? Dan saya lihat di peta , hotel dekat sekali dg yumesaki line, apkah itu salah satu jr station ?
      Krn ketika tgl 23 check out hotel, lgs akan menuju tokyo jd mohon masukan utk hotel yg akes nya mudah dg jr station juga mudah akses ke pusat kota
      Trm kasih 🙂 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Eca. Kalau mau mudah, silakan begitu tiba di Kansai Airport, tukarkan langsung JR Pass dan langsung menuju ke Hotel.
      Hotel biasanya menerima penitipan koper bagi yang akan check in hari itu. Ini jauh lebih mudah, mengingat loker-loker biasanya sudah terisi kalau sudah siang hari. Nah, setelah titip barang bisa deh jalan-jalan kota Osaka.
      Rutenya Kansai Airport-Universal City Station (stasiun terdekat dari Hotel)-Osakajokoen Station (Osaka Castle), dan semuanya tercover oleh JR Pass.
      Nanti saat akan naik shinkansen ke Tokyo juga mudah, tinggal satu kali berganti di Nishi Kujo Station untuk ke stasiun shinkansen Shin Osaka. Salam

    • Problem solve yeay… terimakasih pak Nugroho 🙂
      Pertanyaan terakhir utk osaka hehe,
      Klo mau keliling2 (osaka castle, umeda building, tempoyan wheel, aquarium) sebaiknya beli osaka amazing pass atau osaka kaiyu ticket?
      Trm kasih bangeeet info2 nya yaaa 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Perlu dicatat bahwa Osaka Amazing Pass tidak sama dengan Osaka Kaiyuu Ticket. Kalau dengan Osaka Kaiyuu Ticket seharga 2.550 yen, hanya free masuk ke Osaka Kaiyuukan Akuarium, ticket subway Osaka, dan potongan harga bukan gratis masuk ke tempat-tempat wisata: Osaka Castle, Umeda Sky Building, dll seperti dengan Osaka Amazing Pass. Salam

  5. Kalau dari stasiun shinjuku ke tempat-tempat wisata seperti shibuya, asakusa, tokyo tower, stasiun tokyo apa tercover JR Tokyo Wide Pass?
    Terima Kasih

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Bobi
2016-06-03 08:05:54
Senang akhirnya bisa ke Tokyo Tower
Jean
2016-05-29 07:50:10
Nice place for tokyo
Yuyik
2016-03-26 23:00:37
Jangan lupa ke sini kalau sedang di tokyo
Gisel
2014-10-01 12:19:44
akhirnya bs pergi juga ke Tokyo Tower. cuacanya pas cerah, jd pemandangannya bagus bgt. ada jg toko oleh-oleh di bwhnya

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!