Tateyama Kurobe Alpen

Home / Nature / Tateyama Kurobe Alpen
Item image

Salah satu objek wisata terkenal di Tateyama Kurobe Alpen Route adalah daerah Otani atau lembah besar di dalam bahasa Indonesia. Di sini salju tiap tahunnya turun sekitar 7 meter. Bahkan ada hari-hari tertentu di mana ketinggian salju mencapai 20 meter. Di akhir musim salju, pemerintah daerah setempat mengerahkan mobil pengeruk salju untuk membuka jalan yang tertutup salju tebal, dan hasilnya seperti yang teman-teman bisa lihat di foto di bawah, ada dinding salju yang tinggi di pinggir jalan! Di jalan Yuki no Otani (Tembok Salju di Tateyama) ini, bus akan berhenti tepat di tengah-tengah jalan dan kita bisa turun dari bus. Sambil menikmati pemandangan tembok salju yang putih, kita bisa berfoto bersama dengan latar belakang tembok salju putih dan pegunungan Tateyama yang terkenal itu.

Kita tidak perlu takut saat berjalan kaki melewati tembok salju ini. Menurut informasi dari pembimbing perjalanan, massa jenis salju yang tertimbun adalah 500 kilo per meter kubik, sehingga salju tertekan dan telah mengeras sempurna dari atas hingga ke bawah.

Informasi mengenai Tembok Salju di Tateyama – Kurobe Alpen Route

Nama kegiatannya adalah Yuki no Tani no Wo-ku atau berjalan di lembah salju. Tahun 2017 diadakan mulai dari tanggal 15 April 2018 hingga 22 Juni 2018. Saat hari kerja, acara berlangsung dari jam 09.30 pagi hinga 15.15. Teman-teman tidak perlu mendaftarkan diri atau memesan tiket, cukup datang ke Stasiun Murodo di bagian tengah Tateyama Kurobe Alpine Route, dan akan disediakan bus gratis yang akan mengantarkan kita sampai ke tembok salju raksasa.

Tembok Salju di Tateyama Kurobe Alpen Route

Tembok Salju di Tateyama Kurobe Alpen Route

Saran dari Tim Info Jepang supaya pergi pada bulan Mei. Meskipun sudah dibuka semenjak bulan April, namun salju masih sering turun di bulan itu, sehingga langit jadi sedikit gelap dan kurang mendukung perjalanan kita menyusuri tembok salju. Incar bulan Mei dan hari cerah, di mana sinar matahari dan langit biru akan sangat kontras dengan putihnya tembok salju. Dengan begitu kita bisa melihat keindahan tembok salju ini dengan sempurna!

Jangan lupa pakai krim anti sinar ultraviolet! Tateyama Kurobe Alpine ada di gunung dengan ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Tentu kadar sinar ultraviolet jauh lebih tinggi dan tidak ada halangan sinar matahari di atas gunung. Selain itu, bawa juga pakaian tebal, baju lengan panjang dan jaket luar lengan panjang untuk mengantisipasi suhu rendah di pegunungan Tateyama. Gambar di bawah adalah penjelasan rute perjalanan menyusuri tembok salju di Tateyama – Kurobe Alpen route diambil dari website resminya.

transportasi di tateyama

Transportasi di Tateyama Alpine Route


Jika teman-teman datang selain di tanggal di atas, kemungkinan melihat tembok salju akan makin kecil. Untuk tahun 2017, Tembok salju masih dapat dilihat hingga akhir Juli, namun tidak selalu begitu setiap tahunnya. Di musim panas, kamu bisa melihat Kurobe Dam yang dibuka atau naik kapal wisata Kurobe dan melihat Tateyama Kurobe Alpen dari atas danau. Ini hanya bisa dilakukan di musim panas, sebab Kurobe Dam dan Danau Kurobe membeku di musim dingin sampai musim semi. Jika teman-teman datang di musim gugur, teman-teman bisa menikmati momiji musim gugur di Tateyama Kurobe Alpen.

Momiji Jepang 2017 Murodo di Tateyama Kurobe Alpine

Momiji Jepang 2017 Murodo di Tateyama Kurobe Alpine

Akses termudah dari Tokyo

Buat teman-teman yang berangkat dari Tokyo, akses termudah dari Tokyo adalah Stasiun Toyama dan Stasiun Shinano-Omachi. Dari Stasiun Shinano-Omachi, tinggal naik bus lokal menuju ke Ogizawa. Kalau menurut jarak, lebih dekat dari Shinano-Omachi, tapi kalau mau melihat-lihat pemandangan juga, bisa mencoba pergi dari Stasiun Toyama.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN TOYAMA

Ambil kereta JR Shonan-Shinjuku Line (via Utsunomiya Line) sampai di Stasiun Omiya (Saitama). Transfer ke Hokuriku Shinkansen Max Toki turun di Stasiun Toyama. Total waktu 2 jam 56 menit, total biaya 12.000 yen.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN SHINANO-OMACHI

Dari Shinjuku naik Limited Express Azusa, turun di Stasiun Matsumoto. Transfer ke JR Oito Line, turun di Stasiun Shinano-omachi. Total waktu 4 jam 5 menit, total biaya 7.130 yen.

DARI STASIUN TOKYO KE STASIUN TOYAMA

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen turun di Stasiun Toyama. Total waktu perjalanan paling singkat adalah 2 jam 10 menit, dengan total biaya 12.930 yen.

Bisa juga menggunakan tiket kereta api murah dari JR (otoku tateyamakurobe)

Dari Stasiun Toyama atau Shinano-Omachi bisa mengikuti Tateyama-Kurobe Alpen Route.

Galeri Foto Tembok Salju di Tateyama Kurobe Alpen

Cheap Hotels in Tateyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Enraku
29 km away
Enraku
from ¥17454/night
Gassho Minshuku Nakaya
49 km away
Gassho Minshuku Nakaya
from ¥9676/night
APA Hotel Takaoka-Marunou
42 km away
from ¥4679/night
Green Hotel Kisen
29 km away
Green Hotel Kisen
from ¥17348/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Unazuki Onsen
29 km away
Pemandangan tebing di Unazuki Onsen
Kuil Zuiryuji
42 km away
Iluminasi malam di Kuil Zuiryuji Toyama
Gokayama
49 km away
Keindahan warisan budaya dunia Gokayama
Tateyama Kurobe Alpine
9 km away
Kota Toyama dengan background Pegunungan Tateyama

Sumber gambar : Flickr Ben ChenPietro ZanariniKabacchiskyseekerdouble-hSeima I, M Reza Faisal, skyseeker


Recommended for you


Last modified: January 6, 2018 by

Close Comments

Comments (80)

  1. Sore Pak,
    Tolong tanya. Kondisi tembok salju di sekitar tgl 20 juni gimana ya? apakah masih cukup tinggi? dan apakah masih cukup banyak salju yg bisa dinikmati di sekitaran tgl tersebut?
    trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang pak. Tahun 2017 ini, hingga awal Juli tembok salju masih cukup tinggi dan bisa berfoto-foto di sini Pak. Salam

  2. Halo Mas Nugroho, salam kenal.
    saya bingung mau beli pass apa aja selama di Jepang,
    soalnya JR Pass cuma ada yang 7 & 14 hari, terus lebi baik ambil yang ordinary atau green ya?
    Ini Ittinerary saya :
    Day 1 : Haneda Airport to Osaka
    Day 2 : Universal Studio Osaka
    Day 3 : Osaka City Tour
    Day 4 : Osaka to Kyoto (Temple Tour)
    Day 5 : Osaka to Kyoto (City Tour)
    Day 6 : Osaka to Toyama (Alpine Route) (Stay di Toyama)
    Day 7 : Toyama to Takayama & Shirakawa Go (Stay in Takayama)
    Day 8 : Takayama to Tokyo
    Day 9 : Tokyo City Tour
    Day 10 : Tokyo City Tour
    Day 11 : Gotemba / Kawaguchi ko
    Day 12 : Tokyo Disney Sea
    Day 13 : Tokyo to Haneda Airport
    Mohon Petunjuknya ya, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Pagi pak, untuk day 1, dari Haneda ke Osaka naik apa ya? Bapak juga bisa membaca penggunaan JR Pass di Jepang sebagai gambaran awal. Salam.

    • Untuk day 1 dari Haneda ke Osaka rencana saya naik shinkansen dari Tokyo Station menggunakan JR Pass. Saya Berencana membeli Osaka Amazing Day Pass & Tokyo Subway pass. Udah bener gak ya, mas?

      Tapi untuk di tokyonya, kita stay di Okubo yang termasuk jalur JR pass, jd bingung apa perlu beli Tokyo Subway pass, atau ambil JR pass 14 hari? Melihat banyak sekali passnya, takut tumpang tindih.

      Terima kasih, mas nugroho.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Saya pikir ke Osaka nya naik pesawat. Kalau naik pesawat bisa menggunakan JR PASS yang 7 hari, mulai dari hari kedua.
      Kalau naik kereta shinkansen, berarti bisa membeli JR PASS untuk 14 hari. Dan kalau melihat rute perjalanannya sudah balik modal kok Pak sepertinya. Silakan membaca link di atas, untuk mengetahui perbedaan green dan ordinary type.
      Untuk di Tokyo, bapak kemana saja? Kalau itinerarynya belum pasti, Tim Info Jepang juga tidak bisa memberitahukan perlu tidaknya membeli Tokyo Subway Pass.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!