Tateyama Kurobe Alpen

Home / Nature / Tateyama Kurobe Alpen
Item image

Salah satu objek wisata terkenal di Tateyama Kurobe Alpen Route adalah daerah Otani atau lembah besar di dalam bahasa Indonesia. Di sini salju tiap tahunnya turun sekitar 7 meter. Bahkan ada hari-hari tertentu di mana ketinggian salju mencapai 20 meter. Di akhir musim salju, pemerintah daerah setempat mengerahkan mobil pengeruk salju untuk membuka jalan yang tertutup salju tebal, dan hasilnya seperti yang teman-teman bisa lihat di foto di bawah, ada dinding salju yang tinggi di pinggir jalan! Di jalan Yuki no Otani (Tembok Salju di Tateyama) ini, bus akan berhenti tepat di tengah-tengah jalan dan kita bisa turun dari bus. Sambil menikmati pemandangan tembok salju yang putih, kita bisa berfoto bersama dengan latar belakang tembok salju putih dan pegunungan Tateyama yang terkenal itu.

Kita tidak perlu takut saat berjalan kaki melewati tembok salju ini. Menurut informasi dari pembimbing perjalanan, massa jenis salju yang tertimbun adalah 500 kilo per meter kubik, sehingga salju tertekan dan telah mengeras sempurna dari atas hingga ke bawah.

Informasi mengenai Tembok Salju di Tateyama – Kurobe Alpen Route

Nama kegiatannya adalah Yuki no Tani no Wo-ku atau berjalan di lembah salju. Tahun 2017 diadakan mulai dari tanggal 15 April 2017 hingga 22 Juni 2017. Saat hari kerja, acara berlangsung dari jam 09.30 pagi hinga 15.15. Teman-teman tidak perlu mendaftarkan diri atau memesan tiket, cukup datang ke Stasiun Murodo di bagian tengah Tateyama Kurobe Alpine Route, dan akan disediakan bus gratis yang akan mengantarkan kita sampai ke tembok salju raksasa.

Tembok Salju di Tateyama Kurobe Alpen Route

Tembok Salju di Tateyama Kurobe Alpen Route

Saran dari Tim Info Jepang supaya pergi pada bulan Mei. Meskipun sudah dibuka semenjak bulan April, namun salju masih sering turun di bulan itu, sehingga langit jadi sedikit gelap dan kurang mendukung perjalanan kita menyusuri tembok salju. Incar bulan Mei dan hari cerah, di mana sinar matahari dan langit biru akan sangat kontras dengan putihnya tembok salju. Dengan begitu kita bisa melihat keindahan tembok salju ini dengan sempurna!

Jangan lupa pakai krim anti sinar ultraviolet! Tateyama Kurobe Alpine ada di gunung dengan ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Tentu kadar sinar ultraviolet jauh lebih tinggi dan tidak ada halangan sinar matahari di atas gunung. Selain itu, bawa juga pakaian tebal, baju lengan panjang dan jaket luar lengan panjang untuk mengantisipasi suhu rendah di pegunungan Tateyama. Gambar di bawah adalah penjelasan rute perjalanan menyusuri tembok salju di Tateyama – Kurobe Alpen route diambil dari website resminya.

transportasi di tateyama

Transportasi di Tateyama Alpine Route


Jika teman-teman datang selain di tanggal di atas, kemungkinan melihat tembok salju akan makin kecil. Untuk tahun 2017, Tembok salju masih dapat dilihat hingga akhir Juli, namun tidak selalu begitu setiap tahunnya. Di musim panas, kamu bisa melihat Kurobe Dam yang dibuka atau naik kapal wisata Kurobe dan melihat Tateyama Kurobe Alpen dari atas danau. Ini hanya bisa dilakukan di musim panas, sebab Kurobe Dam dan Danau Kurobe membeku di musim dingin sampai musim semi. Jika teman-teman datang di musim gugur, teman-teman bisa menikmati momiji musim gugur di Tateyama Kurobe Alpen.

Momiji Jepang 2017 Murodo di Tateyama Kurobe Alpine

Momiji Jepang 2017 Murodo di Tateyama Kurobe Alpine

Akses termudah dari Tokyo

Buat teman-teman yang berangkat dari Tokyo, akses termudah dari Tokyo adalah Stasiun Toyama dan Stasiun Shinano-Omachi. Dari Stasiun Shinano-Omachi, tinggal naik bus lokal menuju ke Ogizawa. Kalau menurut jarak, lebih dekat dari Shinano-Omachi, tapi kalau mau melihat-lihat pemandangan juga, bisa mencoba pergi dari Stasiun Toyama.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN TOYAMA

Ambil kereta JR Shonan-Shinjuku Line (via Utsunomiya Line) sampai di Stasiun Omiya (Saitama). Transfer ke Hokuriku Shinkansen Max Toki turun di Stasiun Toyama. Total waktu 2 jam 56 menit, total biaya 12.000 yen.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN SHINANO-OMACHI

Dari Shinjuku naik Limited Express Azusa, turun di Stasiun Matsumoto. Transfer ke JR Oito Line, turun di Stasiun Shinano-omachi. Total waktu 4 jam 5 menit, total biaya 7.130 yen.

DARI STASIUN TOKYO KE STASIUN TOYAMA

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen turun di Stasiun Toyama. Total waktu perjalanan paling singkat adalah 2 jam 10 menit, dengan total biaya 12.930 yen.

Bisa juga menggunakan tiket kereta api murah dari JR (otoku tateyamakurobe)

Dari Stasiun Toyama atau Shinano-Omachi bisa mengikuti Tateyama-Kurobe Alpen Route.

Galeri Foto Tembok Salju di Tateyama Kurobe Alpen

Cheap Hotels in Tateyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Enraku
29 km away
Enraku
from ¥17454/night
Toyama Excel Hotel Tokyu
24 km away
from ¥8400/night
Wakyu
25 km away
from ¥6000/night
Daiwa Roynet Hotel Toyama
24 km away
from ¥7300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kastil Toyama
24 km away
Kemegahan Kastil Toyama
Kuil Zuiryuji
42 km away
Iluminasi malam di Kuil Zuiryuji Toyama
Pegunungan Tateyama
0 km away
Panorama Pegunungan Tateyama di musim panas
Hotaruika Toyama
23 km away
Suasana hotaruika di pantai Toyama

Sumber gambar : Flickr Ben ChenPietro ZanariniKabacchiskyseekerdouble-hSeima I, M Reza Faisal, skyseeker


Recommended for you


Last modified: August 22, 2017 by

Close Comments

Comments (70)

  1. Sore Pak,
    Tolong tanya. Kondisi tembok salju di sekitar tgl 20 juni gimana ya? apakah masih cukup tinggi? dan apakah masih cukup banyak salju yg bisa dinikmati di sekitaran tgl tersebut?
    trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang pak. Tahun 2017 ini, hingga awal Juli tembok salju masih cukup tinggi dan bisa berfoto-foto di sini Pak. Salam

  2. Mlm pak Chris,
    Kalo rute alpine route cm smpi Murodo, sesampai d Tayama st, tiket yg sy beli;
    1. Toyama Chiho Railway 1200 yen
    2. Tateyama Cable Car 720 yen
    3. Highland Bus 1710 yen
    Betul pak..? Tiket tsbt bisa lgsg beli di loket stasiun?
    Sy mau ty utk transportasi balik dr Murodo k Toyama St ny bagaimana y pak?

    Itin sy, menginap 1 mlm d Toyama, keesokan hari ny, lanjut k Kanazawa, Shirakawago, Takayama Old Town, kemudian mau lgsg menuju Osaka.

    Mohon saran utk rute dn transportasi ny pak.

    Thanks.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya, betul tiket-tiket transportasinya bisa langsung dibeli di stasiun kereta, cable car, dan highland bus di jalur Tetayama Kurobe Alpine Route.
      Kalau mau kembali lagi ke Toyama, ya bisa membeli tiket arah sebaliknya pak, dengan harga yang sama juga. Salam

    • Lukman  |  

      Pagi pak, berarti hrg tiket return Toyama-Murodo 2x 3630 yen =7260 yen, kalo kita beli tiket pp hrg lebih murah ga pak.?
      Ga terlalu beda jauh dgn kita ambil tiket terusan yg 9000 yen y pak.?

      Sorry pak, ada pertyaan seblomny yg belom d jwb, hehe…
      Kalo itin ny, Kanazawa-Shirakawago-Tateyama Old Town-Osaka, rute nya sdh pas pak?
      Mohon petunjuk utk transportasi ny pak
      Thanks.

  3. Laily munawwarah  |  

    Terima kasih pak nugroho infonya…., saya mau nanya lagi pak, kalau saya sampai di haneda jam 22.30 waktu jepang, apakah loket pembelian JR pass ity masih buka pak?, dan apakah JR pass itu bisa langsung digunakan ditanggal yg sama dengan tgl pembelian?…
    Terima kasih sebelumnya pak nugroho….

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sepertinya loket pembelian JR Pass sudah tutup bu Laily. Untuk penggunaannya, terserah ibu, ibu tinggal bilang ke petugasnya kapan akan dimulai penggunaannya. Bisa advance juga. Misal ibu beli/ tukar JR Pass tanggal 1 Juli, ibu bisa bilang minta diaktifkan untuk tanggal 4 Juli (sesuai itinerary ibu yang paling menguntungkan). Salam.

  4. laily munawwarah  |  

    Salam pak nugroho, saya laily, rencana ke tokyo tgl 3 juli, hampir mirip sama mb. Vivi. Saya rencana keliling tokyo tgl 4 juli, ke tateyama tgl 5 juli 2017 dan mt. Fuji tgl 7 juli. Saya rencana beli JR pass krn bs cover tiket shinkansen ke nagano, tetapi ketika coba booking di http://www.japan-rail-pass.com/jr-pass, tidak tersedia tiket jr pass utk tanggal 4-5 juli. Tiket baru tersedia di tgl 6. Padahal tgl 8 sudah berangkat ke osaka. Mohon masukannya pak Nugroho, sebaiknya saya pakai pass apa?
    saya lihat postingan teman di tateyama di tgl 28 juni semalam masih ada saljunya. Bagaimana kalau ditanggal 5 ya pak?. Apakah masih ada?
    Terima kasih sebelumnya pak nugroho…..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. JR PASS memang harus dibeli 1-2 minggu sebelumnya. Kalau memang tidak bisa, bisa kok bu langsung membeli JR PASS setibanya di Jepang.
      Silakan baca di artikel: Membeli JR Pass di Jepang.
      Lalu mengenai Tateyama Kurobe Alpine Route, bisa tidaknya Tembok Salju itu tidak hanya bergantung ada tidaknya salju, namun rencana pengelola tempat juga bu. Sebab jalan yang dilalui di tembok salju Tateyama Kurobe Alpine Route itu adalah jalan negara. Kalau sudah dibuka untuk kendaraan umum, maka kita tidak bisa melihat lagi tembok salju. Nah, plan awal 2017, jalan ini akan mulai dibuka sampai 22 Juni, namun nyatanya masih dibuka sampai akhir bulan Juni. Salam

  5. Pak Nugroho, Boleh saya minta beberapa info ??? saya ada skedul tiba di Osaka 10 Jan 2018 jam 23 pm, apakah Takayama Hokuriku Pass mengcover Thunderbird dari Shin Osaka station menuju ke Kanazawa? Dan apakah ada skedul malam?
    Masa berlaku 5 hari dihitung sejak pertama pemakaian atau bagaimana?
    Lalu kalau tgl segitu apakah jalur Tateyama Kurobe Alpine nya masih bisa dilewati (tidak ditutup) walau tanpa salju?
    Kalau rutenya dari Toyama lewat Murodo lalu Shinano-Omachi menuju Hida Takayama, pakai mode transport apa yg bisa dicover oleh Takayama Hokuriku Pass?
    Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Takayama Hokuriku Pass mengcover ongkos kereta Thunderbird. Masa waktu 5 hari berurutan ini adalah sesuai kalender. Artinya masa berlakunya akan berjalan dari jam 00.00-23.59. Pada awal Januari, rute Tateyama Kurobe Alpine ditutup total, jadi bapak tidak bisa ke Murodo atau Shinano-Omachi. Sementara untuk ke Hida Takayama, bisa naik Bus Nohi atau Hokutetsu dari Toyama/ Kanazawa melalui Shirakawago.

  6. Sore Pak
    Tolong Tanya, saya pergi ke Jepang 26 Juni s/d 5 Juli 17 Tokyo – Kawaguchi – Osaka – Sapporo
    Suhu udara sekitar berapa derajat Celcius dan perlu Jaket tebal ??

    Power Outlet / Listrik berapa Voltage nya 110 V atau 220 V dan bentuk konektornya UK Type ( kaki 3 ) atau US Type ( spt Indonesia ) atau yang gepeng tipis ??

    Terimakasih Banyak

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!