Murodo Terminal di Alpine Route

Home / / Murodo Terminal di Alpine Route
Item image

Murodo Terminal adalah tempat paling ramai di Tateyama Kurobe Alpine Route. Murodo Terminal menunjuk pada bus terminal, yang menjadi lokasi pemberhentian moda transportasi menuju ke tembok salju di Tateyama Kurobe Alpine Route. Untuk mencapai tempat ini, teman-teman bisa berangkat dari arah Toyama atau dari Nagano. Kamu bisa membaca mengenai rute perjalanannya di artikel rute Tateyama Kurobe Alpine Route.

Informasi Mengenai Murodo Terminal

Seperti yang disampaikan di artikel di atas, kalau ingin mencapai Murodo Bus Terminal ada 2 jalan, yakni melalui Toyama atau Nagano. Namun bila ingin PP ke Murodo saja, Tim Info Jepang menyarankan untuk mengambil rute dari Toyama. Selain ongkosnya yang lebih murah, waktu perjalanan juga jauh lebih hemat, dan lebih praktis. Teman-teman cukup naik kereta, cable car, dan kemudian naik bus sampai di Murodo Terminal. Terminal Murodo adalah terminal transit bus paling tinggi di Jepang. Wajarlah, karena terminal bus ini berada di puncak pegunungan di ketinggian 2450 meter. Jadi teman-teman yang akan datang ke sini wajib menyiapkan pakaian, karena akan ada perbedaan suhu mencolok antara Murodo Terminal dan kota Toyama yang terletak di kaki gunung. Di Murodo Terminal, kita juga bisa menemukan restoran, lounge dan cafe, teras dek observasi melihat pemandangan pegunungan, dan Tateyama Nature Conservation Center yang menampilkan kekayaan alam di sekitaran Murodo Terminal.

Dinding Salju di Tateyama Kurobe Alpine Route

Dinding Salju di Tateyama Kurobe Alpine Route

Tateyama Nature Conservation Center

Tim Info Jepang sempat masuk ke dalam bangunan yang berada di samping Murodo Terminal. Di sini, kita bisa menemukan koleksi dan informasi mengenai hewan dan tumbuhan di sekitaran Murodo dan pegunungan Tateyama. Kita juga bisa menikmati tour dalam ruangan yang akan menjelaskan mengenai kondisi dan kekayaan alam di sekitaran Murodo. Tempat ini cocok buat teman-teman yang tidak bisa keluar dari Murodo Terminal karena cuaca yang tidak bersahabat. Oh ya, di bulan April sampai Juni, rute perjalanan dari atap Murodo Terminal sampai Tateyama Nature Conservation Center akan dipenuhi salju dan jalannya dibuatkan labirin loh! Wah kedengarannya seru banget yah. Ini juga menjadi alternatif buat teman-teman yang tidak bisa jalan ke tembok salju Yuki No Otani karena faktor alam atau waktu berkunjung yang sudah lewat. Tateyama Nature Conservation Center buka dari tanggal 15 April hingga 15 November 2019, dengan rincian jam beroperasi sebagai berikut.

4 April hingga 15 November dari 08.30 hingga 17.00
16 Juli hingga 31 Agustus dari 08.00 hingga 17.00
Tanggal di atas 5 November dari 09.00 hingga 16.00
Biaya masuknya gratis.

Pegunungan Tateyama Kurobe yang tertutup salju tebal

Pegunungan Tateyama Kurobe yang tertutup salju tebal

Menikmati pemandangan dari dek observasi di rooftop Terminal

Dari rooftop kita bisa menyaksikan pemandangan pegunungan Tateyama dan rute perjalanan ke Danau Mikurigaike.

Restoran di dalam Murodo Terminal

Buat teman-teman yang tidak kuat dingin atau tidak bisa keluar karena cuaca kurang bersahabat, bisa bersantai sejenak untuk mencicipi ragam masakan di restoran dalam Murodo Terminal. Di sini kita bisa menikmati makanan soba, hamburger, tendon, curry, atau roti/ snack ringan lainnya di beberapa restoran di sini. Misalnya di Restoran Tateyama (buka jam 10.00-14.00), Rindou (buka jam 09.00-17.30).

Suasana terminal Murodo di Tateyama Kurobe Alpine Route

Suasana terminal Murodo di Tateyama Kurobe Alpine Route

Suasana di dalam Terminal Murodo

Suasana di dalam Terminal Murodo

Akses termudah dari Tokyo

Buat teman-teman yang berangkat dari Tokyo, akses termudah dari Tokyo adalah Stasiun Toyama dan Stasiun Shinano-Omachi. Dari Stasiun Shinano-Omachi, tinggal naik bus lokal menuju ke Ogizawa. Kalau menurut jarak, lebih dekat dari Shinano-Omachi, tapi kalau mau melihat-lihat pemandangan juga, bisa mencoba pergi dari Stasiun Toyama.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN TOYAMA

Ambil kereta JR Shonan-Shinjuku Line (via Utsunomiya Line) sampai di Stasiun Omiya (Saitama). Transfer ke Hokuriku Shinkansen Max Toki turun di Stasiun Toyama. Total waktu 2 jam 56 menit, total biaya 12.000 yen.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN SHINANO-OMACHI

Dari Shinjuku naik Limited Express Azusa, turun di Stasiun Matsumoto. Transfer ke JR Oito Line, turun di Stasiun Shinano-omachi. Total waktu 4 jam 5 menit, total biaya 7.130 yen.

DARI STASIUN TOKYO KE STASIUN TOYAMA

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen turun di Stasiun Toyama. Total waktu perjalanan paling singkat adalah 2 jam 10 menit, dengan total biaya 12.930 yen. Ongkosnya tercover dengan JR Pass atau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass. Dari Stasiun Toyama atau Shinano-Omachi bisa mengikuti Tateyama-Kurobe Alpen Route.

Cheap Hotels in Tateyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Gassho Minshuku Nakaya
61 km away
Gassho Minshuku Nakaya
from ¥9676/night
Green Hotel Kisen
27 km away
Green Hotel Kisen
from ¥17348/night
Hotel Grand Terrace Toyam
36 km away
from ¥6998/night
Enraku
27 km away
Enraku
from ¥17454/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kurobe Dam
6 km away
Kurobe Dam di Musim Panas
Hotaruika Toyama
31 km away
Suasana hotaruika di pantai Toyama
Pegunungan Tateyama
14 km away
Panorama Pegunungan Tateyama di musim panas
Pantai Amaharashi
56 km away
Naik kereta di tepi Pantai Amaharashi

Sumber gambar : Flickr Thomas Au詠喬 張Nan-Cheng TsaiWei Jen Chang, 詠喬 張


Recommended for you


Last modified: August 5, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (63)

  1. Halo pak Nugroho, saya mau bertanya
    1. Sy mendarat di Narita pukul 15.40 sore dan berencana mau langsung ke shirakawago, apakah itu memungkinkan pak? Mengingat dr Narita sy hrs ke Tokyo station dulu? Lalu dr Tokyo station baiknya sy ke Toyama atau ke Kanazawa pak? Jd rencananya hari pertama sy langsung menginap di toyama atau kanazawa si mana yg terdekat sj dr tokyo, mengingat sy pergi ber 4, 2dewasa, anak berusia 11thn dan 5thn
    2. Plan kedua adalah mendarat Narita sy langsung menginap semalam dl di Shinjuku Tokyo(atau ada saran lainkah?) baru besok paginya sy berangkat pagi ke Shirakawago via Toyama (atau bapak ada saran yg lebih cepat?). Sy berencana hanya ke Shirakawago saja kalo sempat ke tayama, dan apakah mungkin dr shirakawago sy langsung ke osaka? Mohon info rute terdktnya ya pak
    3. Fyi sy berencana beli JR pass karena tujuan sy Tokyo-Osaka(pp Kyoto)-Tokyo. Sy akan 10hari total di Jepang 11Dec-21Dec, adakah itinerary terbaik buat kami sekeluarga? O ya yg jelas tgl 18Dec sy mau ke disney ya pak. Sebelumnya terima kasih atas infonya

  2. Siang pak, ingin bertanya….
    jika saya hanya ingin melakukan day trip untuk tgl 28 Mei dari Tokyo untuk menikmati Tateyama kurobe Alpine road, rute apakah yg bapak rekomendasi:
    a) Tokyo – Toyama – Nagano – Tokyo
    b) Tokyo – Nagano – Toyama – Tokyo; atau
    c) Tokyo – Nagano – Murodo – Nagano – Tokyo?

    Menurut bapak sy harus start dari jam brp dari Tokyo supaya tidak ketinggalan kereta kembali ke Tokyo

    terima kasih sebelum nya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Sama saja pak, intinya 1 rute full itu menghabiskan waktu normal 9-10 jam. Bapak bisa berangkat paling pagi (jam 6 dari Tokyo) dan pulang sore harinya. Jauh lebih mudah kalau startnya dari Nagano, dan berakhir di Toyama.
      2. Saran saya, kalau hanya ingin sightseeing dan santai-santai, rute favorit itu adalah Tokyo-Toyama-Murodo-Toyama-Tokyo. Mungkin bisa dicoba. Salam.

    • Alex S  |  

      Terima kasih pak atas info nya… kalau boleh tau kenapa lebih mudah kalau start dari Nagano daripada Toyama?

      Jika dengan rute Tokyo-Toyama-Murodo-Toyama-Tokyo apakah menurut bapak sy butuh beli tourist pass atau langsung beli tiket per trip on the spot saja? dengan opsi ini berapakah waktu normal yg akan dihabiskan?

      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau rutenya PP dari Toyama-Murodo-Toyama juga bisa pak. Saya pikir bapak mau full route dari ujung ke ujung.
      Kalau seperti itu lebih baik mulai dari Nagano sehingga selesai di Toyama dan bisa segera masuk ke dalam Hotel di Toyama malamnya. Salam

    • Alex S  |  

      Rencana saya memang full route pak, PP dari Tokyo. Jika untuk full route, mengapa lebih baik start di Nagano daripada Toyama ya pak? Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Rute dari Nagano dan keluar di Toyama itu lebih baik pak, karena bapak bisa pulang lebih sore/ malam daripada rute sebaliknya. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!