Tebing Kurobe Kyokoku

Home / Nature / Tebing Kurobe Kyokoku
Item image

Di Tateyama-Kurobe Alpine Route, kita juga bisa melihat tebing Kurobe Kyokoku yang terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan. Proses terbentuknya tebing ini mirip seperti Grand Canyon di Amerika, hebat bukan? Sungai Kurobegawa mengalir antara Tateyama dan Ushiro-Tateyama, dan mengerus permukaan tanah beribu-ribu tahun sehingga membuat jurang Kurobe Kyokoku. Pesona keindahan tebing dan juga pohon-pohon maple yang berubah warna menjadi kemerahan di musim gugur, adalah salah satu panorama terbaik di tebing Kurobe ini.

Banyak sekali wisatawan dari Indonesia yang menanyakan perihal ini kepada Tim Info Jepang. Tim Info Jepang selalu memberikan informasi-informasi secara online kepada mereka mengenai Tebing Kurobe Kyokoku, dan informasi-informasi itu sudah kami rangkum secara ringkas dalam artikel ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat dalam penyusunan jadwal liburan teman-teman di Jepang!

Kita bisa melihat keindahan jurang Kurobe Kyokoku dari atas kereta Torokko. Kereta Torokko ini awalnya digunakan sebagai kereta pengangkut bahan-bahan guna pembangunan Kurobe Dam, namun kini dipergunakan untuk wisata. Kereta terbuka ini berjalan perlahan sekitar 15 kilometer per jam, mengitari lereng gunung, sambil berkelok-kelok mengikuti tebing. Kita bisa melihat jembatan yang tinggi, terowongan masuk ke dalam gunung, dan tebing yang menjulang dari selama perjalanan 1 jam 20 menit kereta Torokko. Saran Tim Info Jepang, datanglah pada bulan September hingga Oktober di mana pegunungan Tateyama sedang momiji. Kita bisa menikmati keindahan pegunungan yang berubah warna menjadi jingga dan merah, sebuah pemandangan yang tidak ada bandingannya (sering disebut sebagai pemandangan alam musim gugur terbaik di Jepang bersama dengan Korankei di Nagoya dan Danau Chuzenji di daerah Tochigi.

Pemandangan Tebing Kurobe Kyokoku dari Kereta Torokko

Berikut adalah laporan dari Tim Info Jepang mengenai pemandangan Tebing Kurobe Kyokoku dari stasiun keberangkatan Unazuki sampai stasiun akhir Keyakidaira. Pertama, stasiun keberangkatan Unazuki terdiri dari dua lantai. Di Lantai pertama, terdapat toko suvenir, loker untuk menyimpan barang-barang, loket penjualan tiket, dan platform kereta Torokko. Di lantai dua, ada pusat informasi turis, dan juga beberapa koleksi foto-foto mengenai sejarah kereta Torokko.

Pemandangan pertama setelah kereta Torokko berangkat adalah jembatan Shin-Yamabiko. Shin menunjukkan jembatan baru hasil renovasi yang menggantikan jembatan yang sudah dibangun sebelumnya. Yamabiko menunjuk pada bunyi suara kereta yang bergaung di sepanjang Tebin Kurobe Kyokoku. Kemudian kita bisa melihat pemandangan Unazuki Dam, dam terbaru di daerah Kurobe Kyokoku. Lalu, pembangkit listrik tenaga air Shin-Yanagawara. Kita kemudian juga bisa melihat jembatan suspensi kecil. Katanya jembatan ini adalah jembatan penyeberangan untuk monyet-monyet yang hidup di daerah tersebut, supaya tetap dapat menyeberang dari satu sisi ke sisi lainnya Danau Unazuki.

Setelah melewati Jembatan Moriishi yang melintang di atas sungai, kita sampai di Stasiun Kuronagi. Banyak orang Jepang yang turun di Stasiun kecil Kuronagi ini, karena ada Kuronagi Onsen yang sangat terkenal. Kuronagi Onsen ini katanya sudah buka semenjak tahun 1645, dan menjadi sumber air panas Unazuki Onsen yang letaknya lebih keluar. Teman-teman bisa mencapai Kuronagi Onsen dengan jalan kaki sekitar 20 menit dari stasiun Kuronagi, dan kita bisa menikmati onsen hingga pukul 16.00.

Selepas stasiun Kuronagi, kereta melewati jembatan Atobiki yang merupakan jembatan tertinggi dan terpanjang di Tebing Kurobe Kyokoku. Jembatan ini menjadi spot foto-foto favorit setelah jembatan Shin-Yamabiko yang terkenal. Kita kemudian bisa melihat Dashidaira Dam, pegunungan Dashiroppo dan Sannabiki di kejauhan sebelum tiba di Nazumigaeshi no Ganpeki. Nazumigaeshi no Ganpeki sendiri berarti tebing dimana tikus pun tidak bisa memanjat, menunjuk kepada tebing besar setinggi 200 meter yang mencuat di pinggir jalur kereta Torokko. Tebing ini sangat dan sangat terjal, sehingga diberi nama seperti itu.

Kemudian ada juga pegunungan Higashi Kanetsuri dan jembatan Kanetsuri sebelum kereta tiba di Kanetsuri Station. Kita bisa melihat pemandangan kuno stasiun Jepang di Kanetsuri Station, kemudian kalau keluar dari Stasiun Kanetsuri, kita bisa menemukan Kurobe Mannen Yuki. Ini menunjuk kepada daerah dengan salju abadi, salju yang tidak pernah cair di kawasan Tebing Kurobe Kyokoku. Ada dek observasi tempat kita bisa duduk santai, melihat salju abadi dan sungai Kurobe di depannya. Kemudian kalau berjalan kaki sekitar 500 meter (20 menit), kita bisa sampai di Kanetsuri Kawara, salah satu pemandian air panas terbuka di pinggir sungai Kurobe. Teman-teman bisa melepaskan sepatu dan mencoba merendam kaki di air panas sambil menikmati keindahan pemandangan Tebing Kurobe Kyokoku. Pemandian air panas ini gratis dan terbuka untuk umum mulai dari pukul 08.30-16.00 selain musim dingin (1 Desember-17 April–saat Kereta Torokko tidak beroperasi).

Tiba di stasiun terakhir Keyakidaira, ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi kalau teman-teman punya waktu cukup. Misalnya saja, menyeberangi jembatan Okukane menuju ke Babadani Onsen. Pemandangan dari jembatan di ketinggian 34 meter ini sangat indah, terutama pemandangan momiji di musim gugur. Perjalanan kemudian berlanjut ke gua Hitokui Iwa, di mana kita bisa berjalan kaki menyusuri gua bebatuan dengan pemandangan alam terbuka di sisi kirinya. Sampai di Babadani Onsen yang menjadi favorit para pelancong Jepang, menikmati pemandangan momiji di Tebing Kurobe Kyokoku sambil berendam di pemandian air panas.

Informasi Tentang Kereta Torroko

Jam beroperasi

Kereta Torokko (Unazuki Station): 07:30 – 15:40 (Bulan Mei sampai pertengahan November). Dari tanggal 16 November sampai 30 November, jam beroperasi kereta adalah 07.57 sampai 14.56. Sedangkan di musim dingin periode bulan Desember sampai April, kereta Torokko tidak beroperasi. Informasi jam beroperasi kereta Torokko bisa dilihat di website berikut.

Ongkos

Kereta Torroko dari Unazuki – Keyakidaira
Untuk perjalanan pulang pergi Dewasa 3420 yen, anak-anak 1720 yen. Untuk ongkos satu arah, dewasa 1.710 yen dan anak-anak 860 yen. Ada tiga jenis gerbong kereta, gerbong reguler dengan jendela terbuka, lalu gerbong relax dengan kursi agak lebar (tambahan biaya 530 yen untuk perjalanan satu arah), dan gerbong spesial (dengan tambahan biaya 370 yen untuk perjalanan satu arah). Setiap perjalanan kereta biasanya kombinasi dari ketiga jenis gerbong ini, jadi teman-teman harus mengeceknya sebelum keberangkatan!

Foto Pemandangan Tebing Kurobe Kyokoku di Toyama

Akses termudah dari Tokyo

Buat teman-teman yang berangkat dari Tokyo, akses termudah dari Tokyo adalah Stasiun Toyama dan Stasiun Shinano-Omachi. Dari Stasiun Shinano-Omachi, tinggal naik bus lokal menuju ke Ogizawa. Kalau menurut jarak, lebih dekat dari Shinano-Omachi, tapi kalau mau melihat-lihat pemandangan juga, bisa mencoba pergi dari Stasiun Tateyama.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN TOYAMA

Ambil kereta JR Shonan-Shinjuku Line (via Utsunomiya Line) sampai di Stasiun Omiya (Saitama). Transfer ke Shinkansen Max Toki, turun di Stasiun Echigo-Yusawa. Transfer ke Limited Express Hakutaka, turun di Stasiun Toyama. Total waktu 3 jam 38 menit, total biaya 11400 yen.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN SHINANO-OMACHI

Dari Shinjuku naik Limited Express Azusa, turun di Stasiun Matsumoto. Transfer ke JR Oito Line, turun di Stasiun Shinano-omachi. Total waktu 4 jam 5 menit, total biaya 7440 yen.

DARI STASIUN TOKYO KE STASIUN TOYAMA

Shinkansen Max Toki, turun di Stasiun Echigo-Yuzawa. Transfer ke Limited Express Hakutaka, turun di Stasiun Toyama. Total waktu 3 jam 15 menit, total biaya 11600 yen.

Bisa juga menggunakan tiket kereta api murah dari JR (otoku tateyamakurobe)

Cheap Hotels in Tateyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Unazuki Kokusai Hotel
24 km away
Unazuki Kokusai Hotel
from ¥21972/night
APA Hotel Toyama
43 km away
from ¥5600/night
APA Hotel Takaoka-Marunou
61 km away
from ¥4679/night
Daiwa Roynet Hotel Toyama
43 km away
from ¥7300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pantai Amaharashi
62 km away
Pemandangan Pantai Amaharashi
Kastil Takaoka
61 km away
Kolam di tengah Taman Kastil Takaoka
Pegunungan Tateyama
22 km away
Panorama Pegunungan Tateyama di musim panas
Hotaruika Toyama
35 km away
Suasana hotaruika di pantai Toyama

Sumber gambar : Amagaeruamanaimages.commakira


Recommended for you


Last modified: August 4, 2017 by

Close Comments

Comments (16)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak pak, yang tercover dengan JR Pass hanya akses kereta sampai Stasiun Toyama dan Stasiun Nagano (2 pintu masuk untuk mengeksplorasi Tateyama Kurobe Alpine).

  1. Hi..
    Mau tanya, jika saya menyusuri tateyama kurobe alpine route dr Tateyama St. dengan cable car pertama, apakah keburu untuk lanjut ke Tebing Kurobe Kyokoku dengan Kereta Torokko ini?
    Jika ya, bagaimana cara nya?
    Trims.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Rute menembus Tateyama Kurobe Alpine route paling cepat ditempuh dalam 6-7 jam. Jadi kalau berangkat pagi-pagi pukul 07.00 sekalipun, sudah sampai sore di ujung jalan. Sepertinya tidak akan bisa langsung ek Tebing Kurobe Kyokoku lagi. Salam

    • Jika harus pilih salah satu, sebaiknya saya pilih rute Tateyama Kurobe Alpine Route atau Tebing Kurobe Kyokoku?
      Mohon masukkan nya, Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau harus memilih, mungkin lebih baik ke Tebing Kurobe Kyokoku karena ada momiji musim gugur. Salam

    • Oke, saya memutuskan ke Tebing Kurobe Kyokoku saja.
      Tateyama Kurobe Alpine Route keep for next trip 🙂

      Bisa minta informasi lebih jelas untuk menuju Tebing Kurobe Kyokoku ini,
      saya berencana menginap di Toyama, saya naik apa jika dari St. Toyama / St. Dentetsu Toyama?
      Apakah tetap naik Chiho Railway ke Tateyama Station?

      Dan apakah anak umur 2,5 th harus membeli tiket untuk Kereta Torokko ini?
      Gerbong special dengan relax bedanya apa ya?

      Sorry yah, banyak tanya..
      Sedang menyusun itinerary supaya trip nya efektif dan efisien.

      Trims.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk pergi ke Tebing Kurobe Kyokoku sama-sama naik Toyama Chiho Railway, bukan ke arah Tateyama Station, tapi ke arah Unazuki Onsen Station. Atau bisa naik shinkansen menuju ke Kurobe-Unazuki Onsen, dan lanjut naik Toyama Chiho Railway.
      Gerbong spesial dan relax sama-sama memiliki jendela terbuka (dibandingkan gerbong biasa hanya seperti gerbong kereta krl indonesia). Yang relax harganya lebih mahal dan 1 bari hanya untuk 3 orang, sementara gerbong spesial satu baris 4 orang. Lalu anak dibawah 6 tahun gratis ongkosnya bu. Salam

    • Tiket kereta Torokka nya boleh turun di setiap stasiun lalu nanti naik lagi di kereta berikut nya?
      Atau harus tetap ikut kereta nya hingga di stasiun terakhir?

      Trims.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang ibu. Kereta Torokkonya bisa turun di stasiun tengah-tengah kok, bisa juga sampai ke stasiun akhir. Namun biasanya orang hanya turun di stasiun akhir dan naik kereta kembali, sebab jumlah perjalanan kereta sangat jarang, dan tidak banyak tempat wisata yang bisa dijangkau dari stasiun-stasiun di tengah jalur kereta torokko kurobe kyokoku. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tateyama dan Tebing Kurobe Kyokoku adalah dua tempat yang berbeda dan berjauhan, jadi tidak tercover Tateyama Kurobe Option Ticket. SAlam

  2. Hi, nanya dong, kalau Kurobe Alpen Route ini musim gugur mulainya kapan ya? Saya rencananya ke Jepang bulan Oktober minggu terakhir. Pengen ke sini lihat alam nya Jepang. Thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kurobe Alpen Route buka sepanjang musim semi-musim gugur: dari tanggal 16 April sampai 30 November.
      Tutup/ tidak buka sama sekali tanggal 1 Desember sampai 9 April (saat musim dingin)
      Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!