Kurobe Dam

Home / Nature / Kurobe Dam
Item image

Rute Kurobe Dam di Toyama adalah rute perjalanan wisata Jepang paling terkenal di seluruh dunia. Kita bisa menikmati keindahan Laut Jepang, kesejukan kota Toyama, dan menyaksikan kemegahan pegunungan Tateyama di bagian tengah Jepang. Pegunungan Tateyama sendiri adalah pegunungan terpanjang dan tersusun atas puluhan gunung tinggi, hingga sering disebut Alpen-nya Jepang. Artikel kali ini membahas perjalanan ke Kurobe Dam, dam dengan ketinggian dinding 186 meter dan dibangun di ketinggian 1454 meter diatas permukaan laut, menjadikan dam ini terbesar dan termegah di Jepang.

Area Tateyama di Prefektur Toyama menjadi daerah dengan curah hujan tertinggi di bagian Hokuriku Jepang. Dengan curah hujan yang tinggi disertai dengan curamnya pegunungan, area Tateyama sangat cocok untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Dan jadilah Kurobe Dam yang megah. Dam terbesar di Jepang ini memasok listrik ke daerah Hokuriku dan Kinki. Kurobe Dam mulai dibangun sejak 1963 dan selesai 7 tahun kemudian. Ada 171 pekerja yang meregang nyawa di cuaca dan tempat kerja ekstrim Kurobe Dam, yang kemudian dinobatkan sebagai pembangunan terbesar abad ke-20.

Informasi mengenai Kurobe Dam dan Kapal Garube

Satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di Kurobe Dam adalah saat pintu air dam dibuka pada musim panas. Karena curah hujan yang tinggi di musim panas, biasanya sungai meninggi dan kapasitas dam hampir penuh, untuk itulah pintu air dibuka pada saat musim panas, antara pertengahan bulan Juni hingga pertengahan Oktober. Kita bisa merasakan deru air yang menyembur dari pintu air dan jatuh ke bawah. Namun karena ada perbedaan ketinggian lebih dari 100 meter, air yang jatuh langsung berubah menjadi uap air dan membuat kita bisa melihat pelangi di Kurobe Dam, suatu hal yang jarang kita alami. Kita bahkan bisa berada di tengah-tengah pelangi, hebat bukan?

JADWAL DIBUKANYA PINTU AIR KUROBE DAM (2017)

26 Juni-31 Juli: 06.00-17.30
1 Agustus-9 September: 06.30-17.00
10 September-15 Oktober: 07.00-16.30

Kurobe Dam terbuka untuk umum dan tidak perlu membayar apa-apa untuk bisa melihat dan berjalan di atas Kurobe Dam. Buat teman-teman yang ingin melihat pemandangan Kurobe Dam dari atas kapal, kita bisa mencoba naik kapal Garube. Kapal Garube ini memiliki rekor, kapal yang beroperasi di tempat yang paling tinggi dari permukaan laut, sekitar 1.448 meter dpl. Dengan membayar ongkos 1.080 yen untuk dewasa dan 540 yen untuk anak-anak, kita bisa berkeliling naik Kapal Garube selama 30 menit, dan menyaksikan kemegahan Tateyama Kurobe Alpine Route. Kapal Garube di Kurobe Dam beroperasi dari 1 Juni hingga 10 November setiap tahunnya.

Akses Menuju Kurobe Dam di Toyama

  1. Dari Osaka ke Tateyama station (立山駅) dengan kereta
  2. Toyama Station – Tateyama Station dengan Bus dalam Kota Toyama – 60 menit – 1170 yen
  3. Tateyama station ke Bijodaira (美女平) dengan kereta funikuler – 7 menit – 700 yen
  4. Bijodaira ke Murodo (室堂) dengan bus – 50 menit – 1840 yen
  5. Murodo ke Daikanbo (大観峰) dengan bus menembus gunung – 10 menit – 2100 yen
  6. Daikanbo ke Kurobedaira (黒部平) dengan cable car – 7 menit – 1260 yen
  7. Kurobedaira ke Kurobeko (黒部湖) dengan kereta funikuler menembus gunung – 5 menit – 840 yen
  8. Kurobeko ke Kurobe Dam (黒部ダム) berjalan kaki selama 15 menit
  9. Kurobe Dam ke Ogisawa (扇沢) dengan bus troli menembus gunung – 16 menit – 1500 yen
  10. Ogisawa ke Shinano-Omachi (信濃大町) dengan bus

Seluruh transportasi melintasi Pegunungan Tateyama (dari Stasiun Tateyama sampai ke Stasiun Shinano-Omachi) tercover dengan Tateyama Kurobe Option Ticket yang bisa menghemat sampai dengan 3.000 yen.


Baca juga Itinerary 1 hari Perjalanan Tokyo Tateyama dalam 1 hari atau liburan murah ke Tateyama dengan Tateyama Kurobe Option Ticket dan Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass

Akses termudah dari Tokyo

Buat teman-teman yang berangkat dari Tokyo, akses termudah dari Tokyo adalah Stasiun Toyama dan Stasiun Shinano-Omachi. Dari Stasiun Shinano-Omachi, tinggal naik bus lokal menuju ke Ogizawa. Kalau menurut jarak, lebih dekat dari Shinano-Omachi, tapi kalau mau melihat-lihat pemandangan juga, bisa mencoba pergi dari Stasiun Toyama.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN TOYAMA

Ambil kereta JR Shonan-Shinjuku Line (via Utsunomiya Line) sampai di Stasiun Omiya (Saitama). Transfer ke Hokuriku Shinkansen Max Toki turun di Stasiun Toyama. Total waktu 2 jam 56 menit, total biaya 12.000 yen.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN SHINANO-OMACHI

Dari Shinjuku naik Limited Express Azusa, turun di Stasiun Matsumoto. Transfer ke JR Oito Line, turun di Stasiun Shinano-omachi. Total waktu 4 jam 5 menit, total biaya 7.130 yen.

DARI STASIUN TOKYO KE STASIUN TOYAMA

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen turun di Stasiun Toyama. Total waktu perjalanan paling singkat adalah 2 jam 10 menit, dengan total biaya 12.930 yen.

Bisa juga menggunakan tiket kereta api murah dari JR (otoku tateyamakurobe)

Dari Stasiun Toyama atau Shinano-Omachi bisa mengikuti Tateyama-Kurobe Alpen Route.

Galeri Foto Kurobe Dam di Toyama

Cheap Hotels in Tateyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Takaoka Manten Hotel Ekim
61 km away
from ¥6966/night
Gassho Minshuku Nakaya
67 km away
Gassho Minshuku Nakaya
from ¥9676/night
Hotel Grand Terrace Toyam
43 km away
from ¥6998/night
Hotel Togen
29 km away
Hotel Togen
from ¥9343/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tateyama Kurobe Alpine
10 km away
Kota Toyama dengan background Pegunungan Tateyama
Takaoka Otogi no Mori Par
62 km away
Halaman Takaoka Otogi no Mori Park
Kurobe Dam
0 km away
Kurobe Dam di musim gugur
Kebun Tulip Tonami
63 km away
Keindahan Kebun Tulip Tonami di Toyama

Sumber gambar : Flickr 陳 ポーハン, jsteph, かがみ~, foooomio, Agustin Rafael Reyes, Shipher Wu, Tokyo Times, elminium, foooomio


Recommended for you


Last modified: March 24, 2017 by

Close Comments

Comments (14)

    • Harris  |  

      kalau dari osaka apa memungkinkan pergi ke Dam ini secara pulang hari? (same day)

      Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau berangkat pagi-pagi dari Osaka, bisa kembali ke hari yang sama. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Bapak bisa naik kereta Thunderbird pertama jam 06.30 dari Osaka, tiba di Kanazawa pukul 09.13. Kemudian naik kereta shinkansen Kagayaki pukul 09.46, sampai ke Toyama pukul 10.04. Masuk ke Tateyama Kurobe Alpine seperti yang tertulis pada Pengalaman ke Tateyama Kurobe Alpine Route, hingga keluar di Nagano Station pukul 18.15.
      Kemudian bisa naik kereta shinkansen Kagayaki dari Nagano pukul 18.51, tiba di Kanazawa pukul 19.58. Lanjut naik kereta Thunderbird dari Kanazawa pukul 20.47 sampai ke Osaka Station pukul 23.28. Salam

    • Harris  |  

      terima kasih pak. Apa travel kesana pada saat 15-18an july (musim panas) masih ok?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Tembok Salju Tateyama Kurobe Alpine Route yang menjadi ikon wisata sudah tidak terlihat lagi.
      Yang bisa dilihat mungkin hanya keindahan Kurobe Dam, atau atraksi saat pintu air dibuka, dan kapal wisata Danau Kurobe.
      Tim Info Jepang tidak bisa mengatakan masih OK atau tidak karena tergantung selera Bapak sekeluarga. Salam

  1. Pagi pak Nug, saya masi bingung, ada beberapa pertanyaan diatas yg bertanya jika PP Tokyo – Osaka – Tokyo maka dianjurkan membeli JRPass, dan jika one way tidak dianjurkan, jika perjalanan saya pertama landing di Osaka, kemudian jika membeli JRPass dan mengaktifkan sewaktu perjalanan Kyoto – Tokyo, dan selain itu JRPass saya pake ketika ke tateyama + membeli Tateyama Kurobe Alpen Route, kemudian ada ke Lake Kawaguchiko, Gotemba, apakah JRPass sudah menguntungkan?? maaf pak mengulangi pertanyaan lagi. Terima Kasih bnyk pak

  2. siang pak,
    min, mau tanya tatetaya kurobe alpine kan dibuka mulai pertengahan april. itu apakah termasuk dam nya juga min?
    kalau ropewaynya juga tutup ya pergi bln maret?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Bapak/ Ibu. Yang dimaksud buka dari pertengahan April adalah Tateyama Kurobe Alpine Route, seluruh rutenya termasuk dam dan ropewaynya sudah dibuka Pak dari Tateyama sampai ke Nagano. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Gen
2016-03-26 22:58:06
Kalau ke Tateyama, sempatkan ke sini

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!