Kebun Tulip Tonami

Home / Attraction / Kebun Tulip Tonami
Item image

Kebun Tulip Tonami terletak di Kota Tonami yang berada di sisi selatan Kota Takaoka di Prefektur Toyama. Kota Tonami kini adalah produsen utama bunga tulip terbesar di Jepang baik sebagai hiasan, produk kering, maupun olahan bunga tulip. Di hampir seluruh wilayah kota ini kita bisa melihat tanaman tulip yang menjadi mata pencaharian utama para penduduk. Di sini, ada lebih dari 250 jenis spesies tulip dengan berbagai warna, bentuk, dan aroma yang berbeda. Setiap minggu tserakhir April hingga minggu pertama Mei (terutama saat Golden Week), Tonami akan dipenuhi oleh para pengunjung yang ingin melihat tiga juta bunga tulip yang mekar saat Festival Tulip Tonami. Simak liputan kami mengunjungi Tonami untuk menyaksikan Festival Tulip Tonami.

Kegiatan Wisata Seru di Kebun Tulip Tonami di Toyama

1. Melihat hamparan bunga tulip di Festival Tulip Tonami

Tonami adalah salah satu wilayah di Jepang yang tidak punya bukit atau gunung. Semua wilayah kotanya datar, penuh dengan sawah dan kebun bunga. Tanaman tulip mulai diperkenalkan di Tonami sejak tahun 1918. Saat itu tulip mulai di tanam di sebuah kebun pribadi masyarakat. Seiring berjalannya waktu, terutama setelah perang dunia kedua, penduduk Tonami mulai membuka lahan dan menanam tulip. Kebun Tulip Tonami dibangun dengan sistem terasering atau seperti tangga. Selain untuk menguatkan tanah, sistem ini membuat para pengunjung bisa menikmati kebun bunga ini dari berbagai sudut.

Sepanjang festival (baca informasi festival Tulip Tonami) pada tanggal 22 April hingga 5 Mei 2019, akan ada ribuan wisatawan yang berkunjung ke Tonami dari Toyama atau Kanazawa. Momen festival tulip yang berbarengan dengan liburan Golden Week masyarakat Jepang juga membuat festival semakin ramai. Selain bisa berkeliling dan menikmati keindahan bunga tulip, kita bisa mencoba makanan tradisional yang dijual kios makanan di sekitar taman seperti es krim rasa cumi-cumi (cumi-cumi banyak ditangkap di lautan Toyama) atau es krim rasa bunga seperti foto di atas, membeli oleh-oleh, bahkan menyaksikan penampilan anak muda Tonami yang menyanyi dan menari.

Pemandangan Kebun Tulip Tonami

Pemandangan Kebun Tulip Tonami

Keindahan Kebun Tulip Tonami

Keindahan Kebun Tulip Tonami

2. Melihat koleksi langka bunga tulip di Galeri Tulip Tonami

Selain itu, ada Galeri Tulip Tonami atau Tulip Shikisaikan adalah bangunan kaca di mana kita bisa melihat tulip bermekaran sepanjang tahun. Bangunan galeri ini juga dijadikan sebagai museum mengenai bunga tulip dan proses pembudidayaannya, jenis dan ragam spesies bunga tulip, serta sejarah bunga tulip di Tonami.

3. Coba naik balon udara di Festival Balon Udara Tonami

Struktur tanah yang rata membuat daerah terbuka Kebun Tulip Tonami dijadikan arena festival balon udara Tonami. Setiap tahunnya, tim-tim akan berkumpul di Tonami dan berlomba mengendalikan balon udara. Festival ini diadakan di musim gugur setiap tahun, sekitar awal bulan Oktober. Untuk tahun 2018, jadwalnya adalah 6 Oktober sampai 8 Oktober 2018. Kita bebas masuk ke arena festival balon asalkan tidak mengganggu tim yang bertanding. Kita bisa melihat bagaimana balon udara mengembang dan saat balon mulai terbang. Balon-balon beraneka warna akan menghiasi langit di atas kebun bunga Tonami, menjadikan kegiatan ini jadi pengalaman yang tidak bakal terlupakan. Kita juga bisa mencoba naik balon udara lho! Cukup membayar sumbangan 500 yen, kita bisa naik ke balon dan melihat pemandangan dari ketinggian selama kurang lebih 1 jam. Seru banget ya!

Festival Balon di Kebun Tulip Tonami Toyama

Festival Balon di Kebun Tulip Tonami Toyama

Informasi Tiket Masuk Kebun Tulip Tonami

Untuk masuk ke area kebun, biaya masuknya 1000 Yen untuk dewasa dan 300 Yen untuk pelajar SMP dan SD. Jika teman-teman ingin ikut serta dalam Festival Tulip Tonami, bisa datang di akhir April hingga awal Mei ke Tonami. Untuk tahun 2019, festival tulip berlangsung pada 22 April 2019 hingga 5 Mei 2019.

Akses menuju Kebun Tulip Tonami

Dari pusat kota Takaoka, kita bisa naik kereta JR Johana Line dari Stasiun Takaoka atau Stasiun Shin-Takaoka sampai Stasiun Tonami. Lama perjalanannya sekitar 25 menit dengan ongkos tiket 240 yen. Kebun tulip bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 15 menit ke arah timur laut dari Stasiun Tonami.

Untuk mencapai Takaoka, kita bisa naik kereta Shinkansen Hokuriku dari Stasiun Kanazawa (lama perjalanan sekitar 15 menit dengan harga tiket 1.530 yen), dari Stasiun Toyama (lama perjalanan sekitar 8 menit dengan harga tiket 1.180 yen), atau dari Stasiun Tokyo (lama perjalanan sekitar 2 jam dengan harga tiket 13.500 yen). Kereta Shinkansen akan melintasi Stasiun Shin-Takaoka yang terletak sekitar 1,8 kilometer di sisi selatan pusat kota dan Stasiun Takaoka. Semua tiket kereta ini masuk dalam cakupan JR Pass dan Hokuriku Arch Pass (kita tidak perlu  membayar tiket kereta lagi).

Selain itu, kalau teman-teman sedang ada di Toyama dan ingin menghemat biaya transportasi bisa mencoba naik kereta Ainokaze Toyama sampai ke Stasiun Takaoka. llama perjalanan sekitar 17 menit dengan harga tiket 360 yen.

Baca juga: Info Wisata di Toyama Info Wisata di Toyama dan akses menuju Toyama

Cheap Hotels in Takaoka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Seven Seven Takaoka
12 km away
from ¥6238/night
Hotel New Otani Takaoka
13 km away
from ¥11645/night
Asahi City Inn Hotel
13 km away
from ¥4366/night
APA Hotel Takaoka-Marunou
14 km away
from ¥4679/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Air Terjun Shomyo
51 km away
Air Terjun Shomyo di Tateyama Kurobe
Kastil Takaoka
13 km away
Kolam di tengah Taman Kastil Takaoka
Murodo Terminal di Alpine
57 km away
Bus yang melewati Tateyama Kurobe Alpine Route
Gokayama
24 km away
Keindahan warisan budaya dunia Gokayama

Sumber gambar: Flickr Adam Kahtava, the.FirebottleYoshihiro Miwa, tsuda, Daa Nell


Recommended for you


Last modified: January 26, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (42)

  1. Mau tanya ya.. saya rencana akan ke toyama pertengahan april 2020. Diluar wkt festival tulip di tonami, apkh kita bisa visit kebun tulipnya? Apkh ada tourist attraction lainnya di tonami selain festival tulip?

    Any suggestion ke tempat sekitaran toyama yg ckp worth visiting tanpa menggunakan shinkansen? Soale saya ga rencana beli jr pass. Di toyama hanya 1 hari aja sebelum lanjut ke alpine route.

    Thanks

  2. Halo haloo, selamat malam mas nugroho. mau tanya dan minta saran donk. Saya akan ke Jepang akhir 20 Oktober 2019 dan bingung untuk pemilihan JR. Rencana setelah tiba di Osaka 21 oktober 2019 , besok pagi nya ( 22 oktober 2019 ) akan lanjut ke Takayama baru setelah itu kembali ke Osaka dan saya jadikan base tinggal. Itinerary nya sebagai berikut :
    Day 1 : flight dr CGK- SG -KIX
    Day 2 : tiba di KIX pk 16.10. Habis itu ke hotel dan jalan2 di sekitar namba.
    Day 3 : Osaka – Takayama
    Day 4 : Takayama ( Kurobe Gorge )
    Day 5 : Takayama ( Shinhotaka Ropeway )
    Day 6 : Takayama ( Shirakawago, HIda Folk Village )
    Day 7 : Takayama- Osaka ( apakah memungkinkan skalian lewat mengunjungi kanazawa/Toyama/Nagoya? Kalau bisa rute terbaiknya sebaiknua bagaimana?)
    Day 8 : Osaka – Nara – Kobe
    Day 9 : Osaka – Kyoto
    Day 10 : Osaka- Kyoto / Osaka – Wakayama
    Day 11 : Osaka – USJ
    Day 12 : Osaka – CGK
    Kira2 untuk akomodasi disana yang paling efektif apa yah? Apakah hanya JR Takayama-Hokuriku? Sisanya ketika base di Osaka lebih baik pakai apa untuk akomodasi? Dan diaktifkannya kapan saja? mohon sarannya. terimakasih

  3. Pak Nugroho..selamat pagi
    Pak mau tanya kalau bulan Agustus awal di Mt.Fuji/Kawaguchiko bunga Lavender dkk nya ada tidak pak? kalau ke Furano waktunya tidak cukup. Terima kasih

  4. Hallo Pak Nugroho.. minta info kalau awal Agustus ( sudah panas) apa masi ada bunga2 yang bisa dilihat di Tonami atau di Taman Bampaku Kinen -Osaka ? kuatir kecewa sampai sana sudah tidak ada
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk di Tonami, di awal Agustus masih ada bunga, namun tidak bermekaran. Sementara itu, di Bampaku Kinen Koen, ada juga bunga mawar dan kebun bunga lainnya.Salam.

  5. Pak.. jika saya ke festival tonami ini tanggal 16april besok apa bisa kesana pak? Dan apakah bunganya sudah bagus? Atau lebih baik tidak usah kesana. Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk tahun 2018, festival tulip berlangsung pada 20 April 2017 hingga 5 Mei 2017. Tanggal 16 April, sepertinya bunga tulipnya sudah mulai bermekaran, namun belum semuanya. Salam.

    • Lalu apakah tempatnya sudah mulai dibuka?? Atau akan tutup sampai tanggal 20april?? Terimakasih infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kebun Tulip Tonami nya buka kok, hanya tidak ada bunga-bunga bermekaran (mungkin berbeda dengan ekspektasi). Salam

  6. Malam Pak Christian, kalau bukanya tonami hanya sampai tanggal 5 Mei 2018 berarti sudah tutup dan tidak bisa dikunjungi sama sekali?
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Setelah itu masih buka tamannya ibu, namun bunga tulipnya sudah tidak dapat dilihat lagi (sudah gugur). Salam.

    • Semoga waktu kita berkunjung kesana masih ada bunga indah nya.
      Terima kasih banyak atas reply nya.
      Salam

  7. Pagi Pak Nugroho. Dalam 1 hr keburu ga pak kalo sy ke Festival tulip Tonami dan Tateyama alpine route. Sy menginap di Kanazawa.
    Thanks Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Rasanya akan sulit pak, kecuali bapak ke Tateyama Kurobe Alpinenya sampai Midagahara atau Murodo, lalu kembali ke Toyama dan langsung menuju ke Tonami. Salam.

  8. Selamat malam mas nugroho,

    Golden week 2018 saya berencana ke jepang lg, kurang lebih tempat yg ingin saya kunjungi sbb :

    Yuki no Otani
    Tonami tulip festival
    Kyoto (opsi aja)
    Shibazakura festival
    Tokyo

    Yg ingin saya tanyakan, pass apa yg cocok utk rute tsb, saya di jepang 29-5 may. Apa harus JR pass atau ad opsi lain? Tgl segitu masi ada sakura mekar atau udah rontok ya? Thank you.

    • Nugroho Christian  |  

      Bukan, sakura itu mekar di awal April. Kalau ingin melihat sakura pada Golden Week, hanya tinggal di daerah utara saja yang belum rontok sakuranya. Kalau rencana ke Kyotonya jadi, lebih baik kamu membeli JR Pass saja.
      Kalau hanya ingin melihat Yuki No-Otani, tidak perlu membeli Tateyama Kurobe Option Ticket. Lebih baik bermalam di Tokyo saja, lalu naik kereta Hokuriku Shinkansen paling pagi menuju Toyama. Untuk ke Shibazakura bisa gunakan JR Pass (ongkosnya tercover sampai Stasiun Otsuki) dilanjutkan dengan Fujikyu Railway sampai Stasiun Kawaguchiko, dan naik bus ke Motosuko Resort sampai ke area Festival Shibazakura. Salam.

    • Oh utk sakuranya tinggal daerah utara maksudnya, maaf saya miss disitu.
      Saya ada pertanyaan juga di bagian toyama sih mas, saya share lg dsini ya :

      29 apr: tiba di tokyo sore hari, lebh baik semalem di tokyo atau saya lsg bermalam di toyama?
      30 apr: toyama – alpine route, saya cm ingin ke yuki no otani – nagano – menginap 1 mlm lg di toyama
      1 mei : toyama tulip fair – takayama/langsung kyoto baiknya? – kyoto (bermalam di kyoto)
      2 mei : fushimi inari – arashiyama – back to tokyo
      3 mei : tokyo – shibazakura festival – tokyo
      4 mei : tokyo
      5 mei : tokyo – jakarta

      Apakah itin saya tsb diatas sudah maksimal? Hari apa yg masi masi bisa saya explore?
      Jika saya tidak jd ke kyoto, pass apa yg cocok? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih baik bermalam di Tokyo saja, lalu naik kereta Hokuriku Shinkansen paling pagi menuju Toyama, dilanjutkan ke Tateyama Kurobe Alpine, lalu balik lagi ke Toyama. Kalau mau menempuh rute full, kamu harus agak ketat, karena kamu masih harus naik kereta lagi dari Nagano ke Toyama.
      Untuk ke Takayama, dari Tonami, kamu bisa kembali lagi ke Toyama (dengan naik kereta JR Johana Line dan Ainokaze Toyama Railway) lalu dilanjutkan dengan naik kereta Limited Ekspress View Hida sampai ke Takayama.
      Kalau ingin ke Kyoto, saran saya, lebih baik kamu tidak perlu ke Takayama, cukup ke Kanazawa (dekat dari Toyama), lalu ke Shirakawago (sebagai pengganti ke Takayama). Perjalanan ke Kyoto lalu bisa dilakukan dengan naik kereta limited ekspress Thunderbiird.

    • Terima kasih infonya mas nugroho, saya tidak ingin full sih hanya ingin ke yuki no otani saja, berarti saya dr toyama – yuki no otani – toyama lg ya tidak perlu sampai nagano?
      Atau saya dr tokyo – nagano – alpine route – toyama (bermalam di toyama), jadi tetap ambil full route tp mulai dari nagano – toyama.

      Besok paginya toyama – kanazawa – kyoto
      Shirakwa go tetep dimampirin sblm kyoto mas? Udah ga ada saljunya tapi ya.

    • Nugroho Christian  |  

      Iya betul bu, Yuki no Otani itu hanya sampai Murodo saja. Jika ingin full, jadwalnya akan sangat ketat, dan jadinya gak asik lagi. Memang tidak ada lagi saljunya, namun rasanya sayang jika melewatkan Shirakawago, apalagi kalau sudah di Toyama dan lewat Kanazawa. Salam.

    • Noted mas nugroho, terima kasih atas bantuan dan sarannya. Nanti jika sudah dekat saya boleh tanya lg ya :)

    • Dear mas nugroho,

      Sepertinya ada perubahan itin, saya tidak jadi ke kyoto mau ke hirosaki aja, tetap lebih baik beli jr pass ya mas?

  9. Slmt mlm pak, klo Bulan February apakah bunga tulipnya jg sdh berkembang? Apa hny yg di dlm kaca saja. Apa kita bs jg masuk kedlm kaca yg berisi bunga tulipnya tsb? Terimakasih

  10. siang pak.. kalau harus memilih antara tulip tonami dengan grinpa tulip festival mana yang lebih bagus?? sy ada plan ke fuji dan kanazawa akhir april tp mau pergi ke salah satu saja tulip festival nya . terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau membandingkan luasan taman tulipnya, Kebun Tulip Tonami jauh lebih besar daripada Grinpa. Namun, Taman Bunga Grinpa punya kelebihan, yakni latar belakang Gunung Fuji.
      Ibu bisa mempertimbangkan hal ini. Salam

  11. Selamat pagi
    Saya ada rencana ke Jepang bln April 10hari.Adapun perjalan yg akan di tuju selain Tokyo ada tateya kurube Alpen.festival tulip tanami.festival shibazakura.hitachi seaside park.Gunung Fuji.yg mau sy tanyakan JR Pass mana yg pas untuk rute di atas Dan baiknya perjalan d mulai dr mana dulu selain Tokyo.terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mohon informasinya, ibu mendarat di bandara mana? Kemudian kembali ke Indonesia ke bandara mana? Lalu apakah ada perkiraan itinerary selama di Jepang?
      Untuk sekarang, Tim Info Jepang hanya bisa menyarankan Ibu silakan membeli JR PASS (29.110 yen).
      Salam

    • Maaf .Ini pak jadwal saya.mendarat n pulang Narita Tokyo
      Hari 1.Tiba di tokyo jam 16.hotel chiba
      Hari 2.Keliling Tokyo
      Hari 3 keliling tokyo
      Hari 4.taman shibazqkura
      Hari 5 taman Hitachi seaside parkir
      Hari 6.Keliling kota Tokyo
      Hari 7.tateyama kurube Alpen
      Hari 8 festival tulip tanami
      Hari 9.keliling kota tokyo
      Hari 10.Pulang Jkt Narita jam 18
      Yg mau sy tanyakan
      1.JR Pass mana yg tepat untuk rute tsb
      2.untuk hari ke 8 dan 9 apakah bisa 1hari PP Tokyo? Klau tdk bs baiknya sy menginap di daerah mana yg berdekatan tempatnya.supaya sy bs book hotel.
      3.kalau ke festival shibazakura dan Hitachi seaside park apakah sejalan dan bisa 1hari kembali ke tokyo.
      Terimakasih atas bantuannya.

    • Selamat siang pak nugroho. Mau tanya tentang pembelian tiket kereta api. bila rute kita airport kansai-osaka-kyoto-nara-kobe kita pakai 3 day pas kintetsu 3 day. Habis itu dari osaka -tokyo-mount fuji dan kota sekitarnya- ke narita airport kita beli jr pass 7 hari. Bagus engak cara ini. Mohon petunjuknya. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak berapa hari ke Jepang? Rasanya cukup pakai JR Pass 7 hari yang mengcover semuanya. Salam.

  12. Saya berencana ke jepang antara tgl 16-23 april. Kalau saya ke bbrp tempat ini, urutan route yang searah & ideal gimana ya? Saat pindah kota lebih baik pp atau menginap di hotel kota tujuan? Thanks.
    1. Kyoto: sagano bamboo, fushimi inari, kinkakuji temple
    2. Tokyo: disneyland
    3. Osaka: universal studio, osaka castle
    4. Mt. fuji kawaguchi
    5. Nagano hanami
    6. Tonami tulip park
    7. Ashikaga flower park

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf Ibu, kami tidak melayani pembuatan itinerary langsung di website karena akan membuat bingung para pembaca lainnya. Kalau memang membutuhkan bisa menghubungi nomor Tour Guide Online untuk membuatkan itinerary nya.
      Salam

  13. Hallo pak, mau tanya. Saya tgl 16 des besok tiba di toyama sekitar jam 12 siang dan menginap semalam setelah itu besoknya lanjut ke osaka. Saya ingin ke tateyama kurobe alpine, shirakawa go, kurobe dam, tonami tulip dan takayama. Apakah bisa itu saya lakukan? Kalau tidak bisa, dr wisata tersebut lebih baik saya ambil yang mana ya pak dan apakah bisa dibuatkan rutenya? Dan utk moda tranportasinya saya harus menggunakan apa? Saya punya JR pass.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!