Taman Kansui Toyama

Home / Canal / Taman Kansui Toyama
Item image

Taman Kansui Toyama atau juga dikenal dengan Toyamaken Fugan Unga Kkansui Park adalah salah satu taman kota dengan pemandangan terbaik di Jepang. Taman ini dibangun di tepi kanal Fugan yang dibangun untuk mencegah pusat kota kebanjiran saat sungai Jinzu di pusat kota Toyama meluap di musim hujan. Taman berumput luas dengan hembusan angin laut di pusat kota ini menjadi tempat favorit anak-anak, para pekerja, hingga warga seninor menghabiskan waktu. Perpaduan warna hijau rerumputan, pepohonan dan warna biru air kanal dan langit cerah memang jadi sarana pelepas penat yang efektif. Setidaknya itulah yang saya rasakan saat mengunjungi Taman Kansui di Toyama, yang hanya berjarak 9 menit jalan kaki dari Stasiun Toyama. Simak kisah kami ke sini yuk!

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Taman Kansui

1. Menikmati pemandangan empat musim terbaik di Toyama

Tidak banyak tempat di Jepang yang memiliki pemandangan empat musim komplit dalam satu lokasi. Salah satunya adalah Taman Kansui ini. Dari musim semi, kita bisa menikmati keseruan hanami bunga sakura bersama dengan keluarga, lalu pemandangan hijau pepohonan dan bunga-bunga yang mekar di musim panas. Dilanjutkan dengan melihat keindahan daun yang berubah menjadi kuning dan merah di puncak musim gugur, hingga ranting-ranting kering dan hamparan salju putih yang menutupi seluruh permukaan rumput taman. Boleh dibilang, taman kansui ini adalah roh dan nadi kehidupan penduduk Toyama. Ia seperti hidup dan menemani keseharian penduduk maupun para turis yang sedang mengunjungi Toyama.

2. Berfoto dengan latar belakang Jembatan Tenmon-kyo

Taman Kansui ini punya ikon wisata utama yakni jembatan lengkung batu bernama Tenmon-Kyo. Jembatan yang menyeberangi kanal ini begitu indah khususnya di malam hari dengan iluminasi lampu-lampu di seluruh jembatan dan di seluruh taman. Buat yang memiliki waktu lebih banyak di Toyama, bisa mencoba menyusuri kanal dengan menggunakan kapal pesiar atau menikmati festival kembang api yang dirayakan beberapa kali di sepanjang tahun.

Jembatan Tenmon-kyo di Taman Kansui Toyama

Jembatan Tenmon-kyo di Taman Kansui Toyama

3. Minum kopi di Kedai Kopi dengan desain terbaik di dunia

Setidaknya ada dua alasan mengapa taman ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Selain memang pemandangannya yang keren, di sini ada kedai kopi merek internasional dengan gelar desain terbaik sedunia. Kedai Kopi Starbucks ini berada tepat di tengah Taman Kansui Toyama, dan bisa dicapai hanya 10 menit jalan kaki dari Stasion Shinkansen Toyama. Saat tiba di taman ini maka akan terlihat pemandangan indah: aliran sungai dengan padang rumput dikelilingi pepohonan hijau. Starbucks berdinding kaca bening tembus pandang, ada teras kecil serta tempat duduk sepanjang dinding kaca. Jika teman-teman duduk di dalam kita bisa menikmati pemandangan Taman Kansui Toyama dan orang-orang yang lalu lalang. Tidak hanya itu, di senja hari, kita juga bisa menyaksikan pemandangan sore yang katanya paling keren di Toyama. Sebagai oleh-oleh, jangan melupakan wadah minum khas Starbucks bertuliskan “Toyama”–kalau sedang habis, teman-teman juga bisa membelinya di Kanazawa kok.

Kansui Park Store juga ada di sebelah kedai kopi yang menjual barang-barang kesenian dan kerajinan khas Toyama yang bisa dijadikan oleh-oleh.

4. Melihat Iluminasi di Taman Kansui Toyama

Iluminasi musim dingin juga menjadi daya tarik utama Taman Kansui Toyama. Lebih dari 25 ribu lampu LED yang dihias di seluruh area taman, di atas permukaan air, dan jembatan Tanmon-kyo menjadikan iluminasi di tempat ini sayang sekali bila dilewatkan. Iluminasi berlangsung dari awal bulan Oktober hingga akhir Februari (Tahun 2015-2016, berlangsung dari 3 Oktober sampai 28 Februari) mulai dari jam 17.00 hingga jam 22.00.

Iluminasi Amanogawa di Taman Kansui Toyama

Iluminasi Amanogawa di Taman Kansui Toyama

5. Naik kapal Fugan Suijo

Tidak hanya kota Osaka dan Tokyo Cruise, di prefektur Toyama, kita juga bisa menikmati pemandangan kota dan taman-taman dari atas perahu wisata. Kapal Fugan Suijo menghubungkan Taman Kansui Toyama dan Taman Iwase di daerah hulu, dan menjadi salah satu daya tarik wisata kota Toyama. Lebih dari 200 ribu orang menikmati pemandangan indah dari atas perahu wisata Fugan Suijo di Taman Kansui Toyama setiap tahunnya.

Kegiatan wisata di Kapal Fugan Suijo ini antara lain, menikmati keindahan bunga sakura di saat musim semi dan elevator air untuk kanal air dengan perbedaan ketinggian air 2.5 meter. Ada 3 rute Fugan Suijo: Rute A yakni Taman Kansui-Iwase selama 60 menit dengan ongkos 1.500 yen, rute B yakni Iwase-Taman Kansui selama 70 menit dengan ongkos 1.500 yen, atau Rute C dari Taman Kansui sampai pintu air Nakashima PP selama 70 menit dengan ongkos 1.200 menit. Untuk jadwal keberangkatan bisa dicek di halaman berikut.

Akses menuju Taman Kansui Toyama

Dari Stasiun Toyama, kita bisa berjalan kaki sekitar 10 menit ke arah utara sampai ke area taman. Patokannya adalah jalan lurus dari halte trem Toyamaeki-Kita sampai menemukan bangunan arena senam Kota Toyama (Toyama City Gymnasium), lalu berbelok kiri dan berjalan kira-kira 100 meter.

Baca juga: Info Wisata di Toyama Info Wisata di Toyama dan akses menuju Toyama

Cheap Hotels in Toyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Gassho Minshuku Nakaya
40 km away
Gassho Minshuku Nakaya
from ¥9676/night
Enraku
35 km away
Enraku
from ¥17454/night
APA Hotel Takaoka-Marunou
18 km away
from ¥4679/night
Hotel Route-Inn Toyama
1 km away
from ¥5850/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Unazuki Onsen
35 km away
Pemandangan tebing di Unazuki Onsen
Tateyama Kurobe Alpen
25 km away
Berjalan kaki melewati tembok Salju di Tateyama
Tateyama Kurobe Alpine
34 km away
Momiji Jepang 2017 Murodo di Tateyama Kurobe Alpine
Air Terjun Shomyo
31 km away
Air Terjun Shomyo di Tateyama Kurobe

Sumber gambar: Flickr Yuya Horikawa, Yuya Horikawauo_labo, Legin_net, CHAN CHUN WAH


Recommended for you


Last modified: September 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (16)

  1. Pagi pak nugroho.., saya akan jlan- jalan ke jepang di bulan maret ini bersama suami dan 1 anak , lama di jepang 8 hari , kurang lebih rencaan jalan2 sy sama seperti blog bapak itinerary 8 hari di jepang. Saya juga tidak beli JR pas krn tiket saya jkt- kansai balik haneda-jkt, dan rencana mau pake bis malam ke tokyonya ( biar hemat) , perjalananan yg sy tambahkan adalah sehari ke sirakawago , jd ran down liburan sy adalah :
    Hari ke 1 : sampai di kansai , taro koper ke hotel trus jalan2 keliling osaka
    Hari ke 2 : jalan2 pp osaka- kyoto dgn shinkansen
    Hari ke 3 : universal studio
    Hari ke 4 : osaka – shirakawago
    Pertanyaanya adalah :
    -apakah sy pp saja dr osaka- sirakawago tanpa menginap , trus malamnya sy naik bus malam dr osaka ke tokyo ( melihat banyak pilihan bus)
    – atau apakah tidak usah balik ke osaka, bisakah sy naik bis malam dr toyama / takayama ke tokyo ?( karna dari peta sudah deket ke tokyo )
    -atau menginap sehari daerah gifu / takayama /toyama supayo tidak buru2 ( yang berati jalan2 di toyama / takayama nambah sehari ) bsk malamnya naik bus ke tokyo

    Manakah pilihan paling efisien dan menghemat waktu 8 hari saya ,

    Hari ke 5 : jalan2 di tokyo ( jika tidak menginap di daerah sirakawago)
    Hari ke 6 : jalan2 di tokyo
    Hari ke 7 : ketokyo disneyland
    Hari ke 8 : perjalanan balik dr haneda-jkt

    Apakah rencana dan rute saya sudah bener pak nugroho? Mohon pencerahan dan nasehatnya … salam 🙏🏻😇

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Osaka ke Shirakawago bisa dengan kereta limited ekspress Thunderbird sampai Kanazawa, lanjut dengan bus Nohi ke Shirakawago. Kembali ke Kanazawa, lalu bisa naik bus malam ke Tokyo (dengan bus malam willer). Itinerary nya sudah benar juga. Salam.

  2. Selamat siang, Pak Nugroho..

    Saya berencana ke Jepang 24 Okt – 06 Nov 17
    Rencana itinerary sbb :
    25 Okt : Tiba di Haneda, Tokyo, titip sebagian koper di hotel Ibis Shinjuku, berangkat menuju Toyama melalui Shinjuku Sta.
    Tiba di Toyama prediksi setelah makan siang, drop koper ke hotel, explore Kastil Toyama dan Taman Kansui.

    26 Okt : Menyusuri Tebing Kurobe Kyokoku dengan Kereta Torokko

    27 Okt : Check out hotel, menuju Shirakawago, menuju Nagoya, check in hotel, explore ke Nagoya TV Tower dan Oasis 21

    28 Okt : Legoland, SCMAGLEV and Railway Park, Osu Shopping district & Osu Kannon Temple

    29 Okt : Check out hotel, Nagoya Science Museum, Shirotori Garden, menuju Osaka, explore Dotonburi

    30 Okt : Universal Studio Japan, Nakanoshima Park

    31 Okt : Osaka Aquarium Kaiyukan, Tempozan Ferris Wheel, Namba

    01 Nov : Osaka – Tokyo

    01-06 Nov : explore Tokyo dan sekitarnya

    Pertanyaan saya :
    1. Pass apa yg harus saya beli?
    2. Apakah itin saya sudah maksimal? Fyi, saya berpergian dg anak usia 2.5 th, dan tidak mau terlalu padat.
    3. Kira2 apakah ada tempat wisata yg belum saya list dan direkomendasi untuk saya kunjungi di Toyama, Nagoya dan Osaka?

    Sementara itu dulu pertanyaan saya..

    Thanks.

    • Sebaiknya saya membeli JR Pass 7 hari dicombine dengan Pass lain? Ato JR Pass 14 hari?
      Mana yg lebih hemat?

      Thanks.

    • Nugroho Christian  |  

      Rencananya tanggal 01-06 itu eksplor Tokyonya kemana saja bu? Kalau bisa yang 7 hari, sebaiknya memang yang 7 hari saja. Salam.

    • Pak,
      Kalo itin Nagoya dan Osaka nya saya switch jadi dr sy naik bus Toyama – Shirakawago PP lalu ke Osaka, apakah lebih baik dr itin saya sebelumnya?
      Untuk itin Tokyo, saya belum susun.
      Nanti saya konsul lg ya jika sudah susun.

      Terimakasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Secara garis besar sepertinya tidak terlalu berbeda bu.. mau Osaka duluan atau Nagoya duluan. Tapi mungkin akan lebih baik seperti semula, sebab kalau ke Osaka lebih dulu maka itinerary ke USJ akan kena pada hari akhir pekan, yang pastinya lebih ramai dibandingkan dengan hari biasa. Salam

    • Oke, Pak..
      Saya mengikuti itin semula saja.
      Thanks info nya.
      Ada yg ingin saya tanyakan, mengenai perjalanan ke Shirakawago, planning saya saya check out hotel lalu menuju Shin-Takaoka naik bus lokal Kaetsuno menuju Shirakawago.
      Lalu dr Shirakawago menuju Nagoya, sebaiknya naik apa?
      Apakah sebaiknya saya naik bus PP Toyama – Shirakawago, lalu menuju Nagoya dr Toyama?
      Terimakasih.

  3. Selamat siang Pak Nugroho, Saya rencana akan ke Jepang dengan rute sbb:
    Jun 18, Tiba Osaka
    Jun 19, ke Universal Studio
    Jun 20, Ke kyoto
    Jun 21, ke Kyoto
    Jun 22, Kobe
    Jun 23, Keliling Osaka
    Jun 24, ke Toyama, Shirawakago, Takeyama nginap di Toyama
    Jun 25, Alpine Road, kemudian ke Tokyo
    Jun 26, Ke Disneysea
    Jun 27, Keliling Tokyo
    Jun 28, Hakone nginap
    Jun29, Mt, Fuji, tokyo
    Jun 30 keliling tokyo malam pulang ke Indonesia dari Haneda
    Pass apa yang menguntungkan untuk rute tersebut. Mohon sarannya. Terima kasih.

  4. selamat malam, sy mau bertanya apakah dengan rute yg saya inginkan ini lebih menguntubgkan dan efisien dengan menggunakan JR pass atau tanpa JR alias ketengan..
    rute sy sbb:
    1. tokyo-toyama
    2. toyama-shirakawago
    3. shirakawa go-toyama
    4. toyama tokyo
    5. tokyo fuji
    6. fuji tokyo
    7. asakusabashi- narita airport

    dan di shirakawago, spot2 wisata apa saja yg bagus di datangi?? jika dr toyama,sebaiknya berhenti di station apa..

    terima kasih sebelumnya..

  5. selamat sore pak nugroho, kami berencana ke shirakawago dari shinjuku station. Sesuai saran bapak kami akan memilih rute lewat toyama. Tolong kami diberi masukan tempat wisata yang harus kami kunjungin selain ke shirakawa go mengingat waktu yang kami miliki cuma 2 hari 1 malam di toyama. Setalah itu kami akan lanjut menuju osaka

    Terima kasih

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!