Kastil Toyama

Home / Castle / Kastil Toyama
Item image

Kastil Toyama atau juga dikenal dengan kastil Azumi adalah kastil yang ada di pusat kota Toyama. Kuil ini dibangun tahun 1543 atau hampir 600 tahun yang lalu oleh Sassa Narimasa. Setelah berpindah-pindah kepemilikan, akhirnya pada tahun 1954 pemerintah Kota Toyama mengambil alih pengelolaan kastil ini. Beberapa bagian bangunan kastil diperbaiki dan ditambahkan struktur beton agar lebih kuat saat diguncang gempa maupun angin kencang. Kini kastil yang terletak di selatan Toyama Station ini menjadi ikon wisata prefektur Toyama bersama dengan pegunungan Tateyama yang terkenal. Kompleks taman Kastil Toyama atau Toyama Joshi Koen juga diperbarui dan kini menjadi lokasi favorit untuk bersantai di pagi dan sore hari. Nah, sebelum mengunjungi Tebing Kurobe Kyokoku maupun Pegunungan Tateyama, ayo keliling kota Toyama dan mengunjungi Kastil Toyama terlebih dahulu.

Toyama, dikenal luas karena menjadi kota persinggahan sebelum kita mengunjungi pegunungan Tateyama. Pegunungan Tateyama sendiri sering disebut sebagai Alpen-nya Jepang. Pegunungan bersalju di dekat kota dan atraksi berjalan di antara tembok salju Tateyama tentu sudah mendunia dan menjadi incaran banyak wisawatan. Toyama sendiri bisa kita capai hanya dengan 2-2,5 jam perjalanan kereta Shinkansen dari Tokyo.

Kegiatan Seru di Kastil Toyama

1. Berkeliling di taman kastil

Kastil Toyama dikelilingi oleh kanal (dalam bahasa Jepang disebut hori), mirip dengan Hiroshima Castle dan Kastil Inuyama di Aichi yang masih jelas dan terisi air hingga sekarang. Kastil ini dikelilingi juga dengan taman luas dengan ribuan pohon yang ditanam di sekitarnya. Area taman kastil menjadi area favorit penduduk dan para wisatawan Toyama. Selain bisa masuk dan berkeliling bangunan kastil, kita bisa juga menyusuri taman kastil Toyama. Sepanjang musim semi, area taman dengan ratusan pohon bunga sakura jadi tempat favorit untuk hanami di Toyama.

Bunga sakura di Taman Kastil Toyama

Bunga sakura yang bermekaran di Taman Kastil Toyama

2. Mengunjungi Museum Lokal Toyama

Toyama Local History Museum atau Toyama Municipal Folk Museum adalah museum kota dan kastil Toyama. Kita bisa melihat presentasi mengenai proses pembangunan kastil, area taman, hingga bangunan museum yang dibangun setelah perang dunia kedua. Selain itu, ada juga presentasi mengenai sejarah perkembangan kota Toyama. Puas berkeliling, kita juga bisa naik ke lantai observasi di lantai atas dan menikmati pemandangan kota dari atas. Harga tiket masuk museum lokal Toyama 210 yen untuk orang dewasa dan 100 yen untuk anak-anak dan pelajar. Ini dia pemandangan kota Toyama dari puncak tertinggi kastil…

Pemandangan dari atas Kastil Toyama

Pemandangan dari atas Kastil Toyama

3. Sato Memorial Museum

Di Museum Sato ini, kita bisa melihat beragam koleksi pengusaha kaya asal Toyama, Sato Sukekuro. Koleksi itu antara lain lukisan, peralatan rumah tangga mewah, dan juga perlengkapan untuk upacara minum teh tradisional Jepang (Chadou/ Sado). Semua barang antik dari logam perak dan tembaga ini disusun rapi, lengkap dengan penjelasan dalam bahasa Jepang dan Inggris. Puas berkeliling, jangan lupa berfoto dengan latar belakang bangunan kastil yang keren ini ya.

4. Hanami sambil naik Kapal Matsukawa Cruise

Matsukawa adalah sungai yang membelah kota Toyama dan terkenal dengan pohon-pohon sakura di sepanjang sungai. Nah, tepat di dekat pintu masuk Kastil Toyama, ada pelabuhan tempat naik Kapal Matsukawa Cruise. Kita akan menyusuri sungai Matsukawa sambil hanami dan melihat bunga sakura dari atas kapal, pemandangan yang berbeda dibanding melihatnya dari atas jalan. Jika waktunya pas, kelopak bunga-bunga sakura yang berjatuhan akan memenuhi permukaan sungai Matsukawa, membuat warna air sungai menjadi pink. Kelopak bunga sakura yang beterbangan juga sangat elok dilihat, dan sering disebut sakura-arashi atau badai sakura dalam bahasa Jepang.

Dermaga untuk naik kapal Matsukawa Cruise di dekat Kastil Toyama beroperasi selama musim semi, sekitar akhir bulan Maret hingga awal April saat sakura berakhir. Di musim semi saat sakura mekar, pemesanan/ booking perlu dilakukan mengingat banyaknya pengunjung. Namun kita dapat naik bebas di bulan-bulan lain mulai dari jam 09.00-17.00, dengan biaya 1.500 yen untuk dewasa dan 750 yen untuk anak-anak. Kapal Matsukawa Cruise tidak beroperasi pada hari Senin. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengecek di homepage Matsukawa Cruise berikut.

Akses menuju Kastil Toyama

Dari Stasiun Toyama, kita bisa berjalan kaki sekitar 10 menit ke arah selatan sampai ke area kastil. Sebagai objek wisata utama di Kota Toyama, ada banyak penunjuk di jalan-jalan untuk membantu kita menemukan Kastil Toyama.

Selain itu, kita juga bisa naik tram dari Stasiun Toyama dan berhenti di halte Kokusai Kaigijo-mae. Dari halte, kita tinggal berjalan kaki 3 menit menuju area kastil dan museum.

Baca juga: Info Wisata di Toyama Info Wisata di Toyama dan akses menuju Toyama

Cheap Hotels in Toyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Comfort Hotel Toyama
1 km away
from ¥16400/night
Toyama Excel Hotel Tokyu
1 km away
from ¥8400/night
Hotel New Otani Takaoka
18 km away
from ¥11645/night
Toyama Daiichi Hotel
0 km away
from ¥6600/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Unazuki Onsen
36 km away
Pemandangan tebing di Unazuki Onsen
Kastil Toyama
0 km away
Kemegahan Kastil Toyama
Kuil Zuiryuji
19 km away
Iluminasi malam di Kuil Zuiryuji Toyama
Gokayama
39 km away
Keindahan warisan budaya dunia Gokayama

Sumber gambar: Flickr ColdSleepertsudaKabacchiyamakox


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (6)

  1. siang pak.. saya rencana bulan dec ke jpg dan menginap di hotel grand terrace Toyama. apakah hotel ini dekat tempat wisata seperti cattle Toyama dll. thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya lokasinya dekat bu, ibu bisa berjalan kaki kok menuju ke Kastil Toyama. Salam

  2. Selamat pagi pak, saya akan pergi ke tokyo dari tanggal 18 april hingga 21 may lalu tangga 22 hingga 23 daerah kawaguchi,fuji, hakone lalu malamnya saya akan pergi ke toyama. Pertanyaan saya:
    1) lebih baik saya memakai tokyo wide pass atau menggunakan highway bus dari shinjuku ke kawaguchi?
    2) daerah apa saja yang bisa dikunjungi di dalam tokyo dengan menggunakan tokyo wide pass?
    3) untuk pergi ke toyama dari gotemba lebih baik saya menggunakan apa?
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau hanya ingin ke daerah Fuji, Kawaguchiko, Gotemba dan Hakone bapak silakan naik bus Highway dan kombinasikan dengan menggunakan Fuji Hakone Pass.
      Sebab Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos dari Shinjuku ke Kawaguchiko, sementara ongkos transportasi di kawasan Fuji Kawaguchiko dan Hakone tidak tercover.
      Sementara kalau di dalam Tokyo, Tokyo Wide Pass hanya mengcover ongkos kereta JR, jadinya akan sulit balik modal.
      Kalau ingin juga ke Toyama, sekaligus ke daerah Fuji, Kawaguchiko, Gotemba dan Hakone, bisa menggunakan JR PASS. Salam

    • kalau saya baca untuk ke kawaguchiko bisa menggunakan bus highway atau bisa menggunakan kereta dengan JR pass. kira2 lebih baik kira2 kalau sambil membawa koper lebih mudah pakai transportasi yang mana ya?
      jadwal saya kurang lebih seperti ini:
      21 tokyo
      22 kawaguchiko
      23 fuji hakone
      24 toyama alpine road
      25 kawaguchiko lalu sore ke osaka
      26 osaka
      27 nara kobe kyoto
      28 kyoto
      29 osaka sore balik ke tokyo
      30 tokyo
      kalau saya pake jr pass kira2 kapan saya harus aktivasinya ya? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk JR Pass Rhesa bisa aktifkan pada tanggal 24 supaya bisa mengcover ongkos perjalanan sampai kembali ke Tokyo tanggal 30. Sementara untuk ke Kawaguchiko Fuji Hakone, mungkin Rhesa bisa membeli Fuji Hakone Pass. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!