Akihabara

Home / Shopping Center / Akihabara
Item image

Dari pusat elektronik berlantai sembilan, kafe bertemakan karakter-karakter anime, pemuda-pemudi yang berpakaian costume-play, Akihabara menjadi tempat suci buat para pecinta musik pop Jepang, anime, manga, figure, dan game, serta para otaku. Untuk urusan belanja ketika berkunjung ke Jepang, Akihabara menjadi tujuan yang paling tepat. Pusat perbelanjaan Akihabara merupakan kawasan perbelanjaan terbesar di seluruh Jepang dan menawarkan beragam barang elektronik. Letaknya yang hanya 5 menit dari Stasiun Akihabara membuatnya selalu dipenuhi oleh wisatawan asing dan orang Jepang tentunya.

Kita bisa menemukan banyak toko barang elektronik yang menjual hardware bagi para otaku. Otaku adalah sebuah kata untuk mendeskripsikan orang-orang yang tergila-gila akan sesuatu. Dalam bahasa Indonesia, maniak mungkin pas dipadankan dengan otaku. Otaku biasanya diitendikkan dengan manga atau anime, bisa juga soal permainan atau game hingga penyanyi atau artis idola. Dan Akihabara adalah salah satu distrik kota Tokyo yang selalu dikaitkan dengan para otaku.

6 Hal yang Bisa Dilakukan di Akihabara Tokyo

Berikut 6 hal yang bisa dilakukan di Akihabara Tokyo, dirangkum oleh Info Jepang.

1. Berbelanja barang elektronik

Lebih dari 250 toko listrik dan elektronik berada di kawasan perbelanjaan yang berpusat di Chuo-dori Street tersebut. Kita dengan mudah mendapati produk elektronik terbaru dan tercanggih seperti smartphone, laptop, video game player, dan lainnya. Tidak hanya itu ada juga toko-toko yang menyediakan perangkat animasi yang kian digemari orang muda.

Oh ya, jangan lupa mengecek apakah tegangan listriknya sesuai atau tidak. Sayang kan sudah membeli banyak barang tapi malah gak bisa terpakai di Indonesia?

2. Pergi ke Yodobashi Akihabara

Sejak dibuka tahun 2005, Yodobashi Camera Akihabara menjadi trademark dan pusat elektronik terbesar di Jepang. Meskipun ada nama Camera, Yodobashi Akihabara juga menjual segudang peralatan elektronik tercanggih dan mutakhir di Jepang. Kita bisa menemukan peralatan masak, mandi, alat musik, permainan anak, alat kesehatan dan gym, sikat gigi elektronik, jam tangan, lampu LED, telepon genggam, laptop, dan segala macamnya.

Toko dengan 15 lantai (6 lantai di bawah tanah dan 9 lantai di atas) memiliki luas total 6000 meter persegi dan menyediakan barang-barang elektronik terbaik di Jepang. Kita tidak perlu kuatir mengenai bahasa, karena para pelayan dan penjaga toko biasanya sudah dilatih untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris, Korea, atau China. Tidak perlu segan-segan bertanya, sebab mereka pasti membantu kita menemukan barang paling pas dan terbaik. Jangan lupa juga tunjukkan paspor untuk mendapatkan potongan harga!

3. Bermain di Koloseum Surechigai

Koloseum Surechigai Akihabara Tokyo

Koloseum Surechigai Akihabara Tokyo

Di sini kamu bakal melihat pemandangan aneh. Orang-orang duduk di bangku sambil melihat ke bawah bermain Nintendo DS atau Nintendo 3DS. Ya, disinilah para maniak game berkumpul untuk bertarung satu dengan yang lainnya. Kita bisa menemukan lawan sepadan pada game favorit.

4. Menyantap snack di kafe terdekat

Jalanan utama Akihabara di dikelilingi oleh beragam restoran, kafe, izakaya, dan beragam toko. Selain cuci mata dengan beragam barang leketroink kekinian, jangan lupa untuk mencicip makanan tradisional Jepang yang dijajakan dengan harga miring di sini.

AKB 48 Cafe di Akihabara

AKB 48 Cafe di Akihabara

Di Akihabara kita juga bisa menemukan banyak restoran dan cafe, terutama AKB48 Cafe yang terkenal itu. Kita bisa menyantap snack setelah lelah berbelanja dan berkeliling di Akihabara atau mengecek pesan-pesan masuk handphone lewat WIFI gratis.

5. Lihat barang-barang di Toko Anime

Buat kamu yang suka karakter-karakter anime Jepang, jangan lupa mampir di toko anime di Akihabara. Kita bisa menemukan bantal, gantungan kunci, hinga kaos dan kostum anime dan manga. Di antara banyak toko di Akihabara, terdapat toko yang bisa direkomendasikan untuk semua orang yaitu Kotobukiya. Di dalam toko ini dilengkapi dengan bermacam-macam barang yang berhubungan dengan anime, manga, dan game. Walaupun tidak tahu banyak tentang budaya otaku, teman-teman tetap bisa masuk ke toko ini dengan mudah dan menemukan oleh-oleh khas Akihabara.

Kotobukiya di Akhibara Tokyo

Kotobukiya di Akhibara Tokyo

6. Pergi ke Don Quijote

Akihabara juga dikenal sebagai panggung pertunjukkan dari AKB 48, yang dikenal juga sebagai AKB Theater.

Don Quijote Akihabara Tokyo

Don Quijote Akihabara Tokyo

Kita bisa membeli barang oleh-oleh dengan harga miring di Don Quijote Akihabara. Buat kamu yang suka AKB 48, bisa pergi ke lantai paling atas untuk melihat galeri dan ruang pertunjukan markas AKB 48 di Akihabara.

Akses Menuju Akihabara

Dari Shinjuku Station (Tokyo), teman-teman bisa naik JR Chuo Sobu Line sampai Stasiun Akihabara. Lama perjalanan sekitar 18-20 menit dengan ongkos 160 Yen.

Dari Tokyo Station, bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Akihabara. Lama perjalanan sekitar 3 menit dengan ongkos 130 Yen.

Dari Bandara Haneda, teman-teman bisa naik kereta Keikyu Railway sampai Stasiun Shinagawa, dilanjutkan dengan naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Akihabara. Lama perjalanan sekitar 35 menit dengan ongkos 580 yen.

Tour di Tokyo

Tokyo Sky Tree di malam hari

Berkendara dengan bus mengunjungi Taman Istana Kaisar, National Diet Building atau Gedung DPR Jepang, State Guest House, Ginza, dan Akihabara, Asakusa dan Kuil Sensoji serta berjalan di Nakamise-dori yang penuh dengan toko suvenir dan oleh-oleh. Terakhir, menikmati panorama kota yang indah dari Tokyo Skytree.


Tur berkeliling di pasar ikan terbesar di pusat kota Tokyo yakni Tsukiji Market. Selain itu, teman-teman bisa belajar cara membuat sushi langkah demi langkah bersama dengan koki terkenal dan menyantapnya untuk makan siang.


Pergi ke Tokyo Tower

Melihat pemandangan Kota Tokyo dari dek observasi di Tokyo Tower, makan siang dengan menu Jepang di restoran Chinzanso. Dilanjutkan dengan mengelilingi taman dan halaman luar Istana Kaisar Jepang (Imperial Palace), lalu menyusuri Sungai Sumida dengan kapal menuju Asakusa dan Kuil Sensoji. Di akhir tour mengunjungi pusat perbelanjaan dan hiburan Ginza.


Malam hari di Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

Menikmati pemandangan kota Tokyo dari Tokyo WTC, lalu menuju Tokyo Bay untuk kemudian naik perahu menyusuri Sungai Sumida sampai ke Asakusa dan mengunjungi Kuil Sensoji yang terkenal. Di akhir tour akan mengunjungi pusat perbelanjaan Ginza.


Tour malam di Tokyo

Mari coba merasakan kebiasaan pekerja atau karyawan di Tokyo malam hari atau selepas pulang kantor. Menikmati makanan-makanan pinggir jalan khas Jepang yang murah namun lezat yang dimasak di depan langsung di depan kita.


Pergi ke Tokyo Tower

Nikmati pemandangan pagi dari dek observasi di Tokyo Tower, lalu melanjutkan perjalanan ke Istana Kaisar Jepang, ke Asakusa dimana kita bisa berbelanja oleh-oleh dan suvenir, serta mengunjungi Kuil Buddha tertua Kuil Sensoji.

Cheap Hotels in Akihabara [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Richmond Hotel Oshiage
4 km away
Richmond Hotel Premier Tokyo Oshiage
from ¥13200/night
Asakusa View Hotel
2 km away
Asakusa View Hotel
from ¥12625/night
Hotel MyStays Kameido
5 km away
from ¥5850/night
Capsule and Sauna Century
8 km away
from ¥3300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kebun Binatang Ueno
2 km away
Panda besar di Kebun Binatang Ueno
Shinjuku Gyoen
6 km away
Panorama khas Inggris di Taman Shinjuku Gyoen
Museum Nasional
2 km away
Fosil Dinosaurus di Museum Nasional Alam dan Sains Tokyo
Shops and Restaurants Tok
5 km away
Sanji-no Oresama Restaurant Tokyo Tower

Sumber gambar : Flickr nakashiKarl BaronDanny ChooAntonio Tajuelo


Recommended for you


Last modified: May 21, 2018 by

Close Comments

Comments (46)

  1. selamat malam,
    saya mau mau tanya apakah saya perlu membeli tokyo subway pass atau lainnya untuk rute di tokyo seperti ini :
    hari 1 Sakura Ryokan (Taito) – akihabara -sakura ryokan
    hari 2 sakura Ryokan – shibuya – shinjuku – sakura ryokan
    hari 3 sakura Ryokan – ueno park – sumida – sakura ryokan
    hari 4 sakura ryokan – shibuya – ginza – sakura ryokan
    hari 5 sakura ryokan – gotemba premium outlet – sakura ryokan
    hari 6 sakura ryokan – disneysea – sakura ryokan
    hari 7 sakura ryokan – fujiko f fujio – shinjuku gyoen – sakura ryokan
    hari 8 ke bandara narita

    mohon pencerahannya ya Pak..
    terima kasih.

  2. Tegangan volt yg bisa dipake di indo yg brp ya pak? Ada rekomen tempat utk beli iphone? Lalu kalo harga di rakuten itu sama dengan hrg d akhibara atau biasanya lebih rendah dr yg riilnya di akhibara?

    • Nugroho Christian  |  

      Tegangan yang bisa dipakai di Indonesia adalah 220V pak. Kalau mau membeli peralatan listrik/ elektronik di Jepang, mohon diperhatikan batasan tegangan ini, karena tegangan listrik di Jepang 110 Volt. Harganya bisa dibilang sama saja, namun di Akihabara kita bisa lebih puas mencari barang-barang sekaligus bisa dapat promo pada waktu-waktu tertentu. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Walter
2016-05-26 10:52:13
Liburan di tokyo akihabara tentu harus dikunjungi. Ngeliat barang2 elektronik terbaru di jepang

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!