Museum Miraikan

Home / Museum / Museum Miraikan
Item image

Museum Miraikan adalah museum yang menampilkan ilmu pengetahuan dan teknologi Jepang terkini. Miraikan sendiri berarti lorong masa depan dalam bahasa Jepang. Museum yang mulai dibuka sejak tahun 2001 akan memberikan kesempatan kepada kita berkenalan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui eksperimen atau mencoba langsung, pameran, atau dialog dengan para ilmuwan, insinyur, dan guide yang ada di museum ini. Tenang saja, para guide atau lebih dikenal dengan science-communicator bisa berbahasa Inggris dan Jepang. Sehingga teman-teman bisa bertanya atau meminta penjelasan dalam bahasa Inggris. Tidak ada salahnya jika kita berkunjung ke Museum Miraikan dalam perjalanan ke Jepang, selain menambah pengetahuan, kita juga bisa melihat objek-objek teknologi teraktual di Museum yang terletak di Odaiba ini.

Museum Miraikan atau Museum Nasional Ilmu Sains dan Teknologi adalah wujud nyata dari bagaimana DNA teknologi sudah ada di orang Jepang. Bahkan anak-anak kecil sudah dibiasakan untuk berkenalan dengan ilmu pengetahuan praktis yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan di museum ini? Tim Info Jepang sudah merangkumnya bagi kita semua.

Pintu Masuk Museum Miraikan Tokyo

Pintu Masuk Museum Miraikan Tokyo

Apa apa saja di Museum Miraikan?

1. Curiosity Field (Area keingintahuan)

Area ini diperuntukkan untuk anak-anak usia pra-sekolah. Di sini anak-anak akan dilatih kemampuan eksperimen dan mengambil keputusan melalui permainan dan simulasi digital. Permainan-permainan tersebut antara lain menggiring bola, menggambar di kertas, orb track (membuat jalur supaya bola dapat bergulir). Orangtua juga dapat melihat ketertarikan anak di bidang tertentu.

2. Tsunagari

Tsunagiri adalah area di mana pengunjung bisa mengalami dan merasakan hubungan antara manusia, teknologi, dan lingkungan hidup. Teman-teman bisa melihat Geo-Cosmos yaitu miniatur bumi di alam semesta. Sambil mengamati bumi seperti layaknya astronot di luar angkasa, teman-teman bisa membaca informasi mengenai bumi di Geo-Scope dan Geo-Palette. Dan yang paling terkenal di sini adalah Tsunagari. Tsunagari sendiri adalah nama proyek pengumpulan data mengenai bumi, kebudayaan, dan teknologi di masa kini untuk kemudian diwariskan ke generasi selanjutnya, Teman-teman bisa menginput data juga mengenai budaya Indonesia loh. Penulis sudah memasukkan beberapa kesenian dan budaya yang ada di Indonesia.

Earth Today di Museum Miraikan Tokyo

Earth Today di Museum Miraikan Tokyo

3. Pameran spesial

Setiap tahunnya, Museum Miraikan mengambil sebuah tema untuk dipamerkan kepada pengunjung. Tahun lalu, Miraikan mengangkat tema mengenai Pokemon Lab yang sukses menarik perhatian para remaja. Tema Pokemon Lab mengajak para pengunjung untuk lebih berani mencoba dan terus berjuang mencapai keberhasilan.

Nah, tahun ini tema yang diangkat mengenai perkembangan permainan video (video-game), mulai dari Nintendo, Game-Boy, Playstation, hingga kini XBox dan Wii. Pameran mengenai permainan ini berlangsung dari 2 Maret-30 Mei 2016. Selain itu, tahun ini juga mengangkat tema mengenai ninja. Di pameran ini akan ditampilkan mengenai sejarah ninja, keterampilan dan kemampuan fisik seorang ninja, termasuk juga makanan, peralatan, dan kemampuan bertahan hidup mereka.

Presentasi Terminator di Museum Miraikan

Presentasi Terminator di Museum Miraikan

4, Toko Museum Miraikan

Di Museum Miraikan, teman-teman juga bisa membeli beberapa oleh-oleh, seperti kit permainan bagi anak-anak, buku-buku kartun mengenai ilmu pengetahuan, dan juga miniatur robot Asimo (robot paling mutakhir yang dibuat di Jepang). Harganya juga terjangkau, sangat pas dijadikan kenang-kenangan kunjungan ke Museum Miraikan.

Robot Asimo di Museum Miraikan

Robot Asimo di Museum Miraikan

5. Restoran “Miraikan Kitchen”

Setelah puas berkeliling dan bertanya-tanya, perut mungkin akan terasa lapar. Anak-anak juga kelelahan setelah puas bermain. Nah, teman-teman bisa mencoba makan di restoran Miraikan Kitchen. Letaknya yang berada di lantai 7 akan memberikan kita kesempatan melihat pemandangan Odaiba dan Kota Tokyo dari ketinggian.

Harga tiket masuk Museum Miraikan

Untuk orang dewasa, harga tiket masuknya adalah 620 yen, sedangkan untuk usia di bawah 18 tahun sebesar 210 yen. Bagi anak-anak pra-sekolah dan orang-orang berkebutuhan khusus, bisa masuk dengan gratis. Jika memiliki Tiket Tokyo Subway, Common One-day Ticket for Tokyo Metro & Toei Subway, Tokyo Metro 24-hour Ticket, Tiket Tokyo Combination, Toei One-Day Economy Pass dan Tiket Welcome Tokyo Subway Pass biaya tiket masuk Museum Miraikan menjadi 490 yen dan 160 yen.

Bagaimana cara ke Museum Miraikan?

Tempat wisata di odaiba Jepang

Peta Lokasi Tempat wisata di Odaiba Jepang

Dari Shinjuku atau Tokyo Station, teman-teman bisa naik kereta JR Keihin Tohoku atau JR Yamanote Line ke Shimbashi Station (sekitar 4 menit, dengan ongkos 140 yen). Kemudian berpindah ke Yurikamome Monorel turun di Fune-no Kagakukan Station (sekitar 16 menit dengan ongkos 380 Yen.). Teman-teman bisa berjalan kaki 5 menit sampai ke Miraikan.

Cheap Hotels in Odaiba [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

InterContinental Tokyo Ba
4 km away
InterContinental Tokyo Bay
from ¥18700/night
Hotel Trusty Tokyo
1 km away
Hotel Trusty Tokyo Bayside
click for detail
Hilton Tokyo Odaiba
1 km away
Hilton Tokyo Odaiba
from ¥26600/night
Grand Pacific Le Daiba
1 km away
Grand Pacific Le Daiba
from ¥14900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Shops and Restaurants Tok
11 km away
Tokyo Skytree dan Asahi Beer Tower
Spa Laqua Tokyo
10 km away
Spa Laqua Tokyo
Toyosu Market
3 km away
kedai restoran di toyosu market
Gedung Pemerintahan Tokyo
11 km away
Gedung Tokyo Metropolitan di Stasiun Shinjuku

Sumber gambar: Flickr MIKI YoshihitoMIKI YoshihitoDick Thomas JohnsonDick Thomas Johnson


Recommended for you


Last modified: March 11, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (14)

  1. Saya sudah pesan tokyo subway pass(bukan jr), bagaimana cara naik kereta ke odaiba ya pak,stasiun mana pembeehentianyg terdekat jika naik dari shinjuku.trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Shinjuku bapak bisa naik kereta Tokyo Metro Marunouchi Line sampai Stasiun Akasaka-Mitake lalu naik kereta Tokyo Metro Ginza Line sampai Stasiun Shimbashi (tercover dengan Tokyo Subway Pass). Dari Shimbashi, tinggal naik Yurikamome Line ke Odaiba. Salam.

  2. Erni herawati  |  

    Hari 1 haneda ke hotel di daerah urayasu(di dekat shin urayasu,hanya menaruh koper karena rombongan).terus langsung ke tokyo skytree.
    Hari ke 2 disneyland
    Hari ke 3 disneysea
    Hari ke 4 pindah hotel di daerah shinjuku(didekat yotsuya sanchome).jalan jaalan ke isetan
    Hari ke 5 shibuya
    Hari ke 6 odaiba
    Hari ke 7 pindah hotel daerah dekat stasiun dakokucho.ke dontobori
    Hari ke 8 ke kyoto
    Hari ke 9 ke namba
    Hari ke 10 airport osaka
    Kalo naik kereta yang hemat pakai apa saja ya pak.terima kasih pak.

    • Erni herawati  |  

      Berarti semua pakai yang ketengan ya pak.tidak usah beli yang paket an tiket keretanya

    • Erni herawati  |  

      Kalo pakai paket an.tolong bisa dijelaskan yang mana harus beli tiket yang paket an.terima kasih.karena saya baru pertama ke jepang

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf Ibu, Tim Info Jepang tidak menuliskan detail perjalanan di website ini karena akan sangat panjang dan membingungkan pembaca lainnya. Ibu bisa bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan selama di Jepang nanti, termasuk jenis-jenis pass kereta yang tepat dipergunakan. Salam

  3. Salam p….sy trip ke jepang bersama 3 org anak mulai 29-11 juli. itenary sy adlh :
    booking penginapan slm 5 mlm di osaka
    dy 1 08.30 tiba di kansai airport lsg ke apt di osaka. abis mkn siang km mulai jln ke nara ( Narapark + naramachi)
    dy 2 osaka – kyoto – osaka
    dy 3 osaka – kobe – osaka
    dy 4 osaka amazing 1day pass
    dy 5 osaka – tateyama kurobe alpine – osaka
    dy 6 osaka – shirakawago – tokyo. (booking penginapan di tokyo shibuya)
    dy 7 Tokyo ( shibuya, shinjuku harajuku, patung hatchiko, ropongi hill, tmgb, museum miraikan, odaiba)
    dy 8 Tokyo
    dy 9 Tokyo – mt fuji – gotemba – tokyo
    dy 10 tokyo – hakone – tokyo
    dy 11 tokyo
    dy 12 haneda airport
    yg sy tanyakan :
    jenis pass apa yg cocok u itenary sy ( dy 1-dy 6)
    u di tokyo jenis pass ap yg sebaiknya di pakai ( dy 7 – dy 12)
    terima kasih …

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Karena ada perjalanan PP Osaka-Tateyama Kurobe Alpine Route-Osaka, kemudian juga ke Shirakawago, dan Gunung Fuji serta Hakone, maka JR PASS (29.110 yen) sudah balik modal ibu.
      Salam

    • – jk sy ubah dy 7 dg rute tokyo, mt fuji, kawaguchi lake, getemba, hakone lake balik ke tokyo dlm 1 hr ap bs?

      – JR osaka tokyo hokuriku arch pass ap bisa mengcover dy1-dy 7
      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Sepertinya tidak mungkin menjalani mt fuji, kawaguchi lake, gotemba, hakone dalam satu hari.
      Sebab kalau ingin berkeliling Hakone dan Kawaguchiko, perlu masing-masing satu hari.
      Bisa dibaca itinerary satu hari di Hakone, dan tempat wisata di Fuji-Kawaguchiko. Kalau memang ingin dalam satu hari, lebih baik memilih mau ke Kawaguchiko atau Hakone.
      Seperti di komentar sebelumnya, ibu lebih cocok menggunakan JR PASS. Silakan pakai dari hari kelima perjalanan, osaka – tateyama kurobe alpine – osaka.
      Jangan sejak hari pertama sampai ketujuh, akan rugi besar.
      Mengapa JR PASS dan bukan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass, sebab pass ini tidak mengcover ongkos ke Fuji-Kawaguchiko dan Hakone.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!