Museum Itchiku Kubota

Home / Museum / Museum Itchiku Kubota
Item image

Berada di tepi Danau Kawaguchi dengan latar belakang Gunung Fuji yang begitu menentramkan, Museum Seni Itchiku Kubota adalah museum seni yang menampilkan berbagai karya Itchiku Kubota, seorang pengrajin pakaian dengan teknik pencelupan Tsujigahana. Sejak tahun 1957, Itchiku mulai mengembangkan teknik pencelupan Tsujigahana versinya yang kemudian dikenal sebagai Itchiku Tsujigahana. Karyanya mulai dikenal dunia dengan berbagai pameran di Perancis, Amerika Serikat, Inggris, hingga Belanda mengakui keindahan kimono buatannya. Di tahun 1994, Itchiku kemudian membeli sebidang lahan di tepi Danau Kawaguchi dan membangun museum untuk karya-karyanya. Ia jatuh cinta pada pemandangan Danau Kawaguchi dan Gunung Fuji yang begitu menenangkan jiwanya. Simak kunjungan kami di museum dengan koleksi seni terpenting dan terlangka di Jepang berikut ini.

Sekilas mengenai Teknik Celup Tsujigahana

Teknik celup Tsujigahana ini mulai berkembang di Jepang pada jaman Muromachi. Kain sutera tipis digunakan dengan penggunaan warna-warna cerah untuk memberikan kesan “anggun” dengan tema-tema alam Jepang. Seiring berjalannya waktu, teknik pewarnaan di Kimono ini hampir hilang karena tidak diteruskan oleh siapapun.

Di tahun 1937, saat masih berusia sangat muda (20 tahun), Kubota terpesona dengan keindahan corak kimono dengan teknik celup Tsujigahana yang ada di Museum Nasional Tokyo. Setelah pulang dari penjara di Siberia selepas perang dunia kedua tahun 1957, ia mulai belajar membuat Tsujigahana versinya sendiri. Lebih dari 20 tahun masa percobaan, bolak-balik mencari bahan, teknik, dan waktu yang tepat, ahirnya di ausianya yang 60 tahun ia berhasil menemukan perpaduan yang pas. Ia menamakannya sebagai teknik Itchiku Tsujigahana.

Mengunjungi Museum Sini Itchiku Kubota di Yamanashi

Di dalam Museum Seni Itchiku Kubota, terdapat 104 buah kimono yang dibuat dengan teknik Itchiku Tsujigahana. Termasuk diantaranya kimono dengan tema keindahan Gunung Fuji. Ia terinspirasi dari pemandangan Gunung Fuji setiap musim yang dilihat dari museum ini. Selain itu, ada juga 36 buah kimono dengan tema “The Symphony of Light” yang begitu terkenal seantero dunia.

Namun sayang, Itchiku Kubota meninggal di tahun 2003 saat sedang berupaya menyelesaikan karya terbesarnya, yakni 80 kimono dengan tema “The Symphony of Light”. Inspirasi mengenai “The Symphony of Light” ini muncul saat Kubota melihat keindahan matahari terbenam di balik jeruji penjara di Siberia saat dia muda. Sisa kimononya kemudian diselesaikan oleh teman-temannya, yang mengambil tema Gunung Fuji saat musim gugur dan musim dingin, dan Gunung Fuji dengan langit dan angkasa luar.

Dari area taman di sekitar museum, kita bisa menikmati musim-musim yang ada di Gunung Fuji, mulai dari hanami bunga sakura pada musim semi, bunga azalea, pepohonan hijau di musim panas, dan keindahan warna kuning-merah pepohonan di musim gugur. Tentunya dengan latar belakang keindahan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi yang berpadu satu. Tempat ini juga dikenal dengan momiji tunnel nya yang terkenal.

Informasi Tiket Masuk Museum Seni Itchiku Kubota

Para pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar 1.300 yen (untuk orang dewasa), 900 yen (untuk pelajar dan mahasiswa), 400 yen (untuk pelajar SD-SMP), dan gratis bagi anak-anak dibawah usia lima tahun.

Akses menuju Museum Seni Itchiku Kubota

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit. Ongkos kereta semuanya tercover bila menggunakan JR Tokyo Wide Pass, sedangkan bila dengan JR Pass, maka jalur kereta Fuji Ekspres tidak tercover.

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Untuk mencapai Museum Seni Itchiku Kubota Kawaguchiko, kita bisa naik bus Retro dari Stasiun Kawaguchiko dan turun di halte bus Ukai Orugoruno Mori Bijutsukan. Lama perjalanannya sekitar 25 menit dengan ongkos 380 yen. Museum ini buka setiap hari mulai dari jam 09:30 – 17:30 pada bulan April-November, dan pukul 10.00 – 16.30 di bulan Desember sampai Maret.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yabuki
15 km away
from ‎¥8932/night
Yamanakako Shuzanso
16 km away
from ‎¥15952/night
Guest House Sekimotoya
16 km away
from ‎¥8430/night
Cottage Jokigen
15 km away
from ‎¥33309/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Oshino Hakkai
10 km away
Pemandangan Gunung Fuji dari Oshino Hakkai
Museum Herbal Kawaguchiko
2 km away
Bangunan Museum Herbal Kawaguchiko
Museum Itchiku Kubota
0 km away
Pintu masuk Museum Seni Itchiku Kubota
Snow Town Yeti
32 km away
Bermain ski di Snow Town Yeti

Sumber gambar : Flickr TANAKA Juuyoh (田中十洋), Arno Drucker, peaceful-jp-scenery


Recommended for you


Last modified: February 9, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

  1. Sore Pak Nugroho, Saya rencana mau ke Jepang bulan akhir November 19 hari ke 2 mau ke daerah Fuji, Kawaguchi sekitarnya dan gotemba, pertanyaannya :
    1. Saya rencana beli JR Pass, jika dari stasiun Shijuku harus kemana?
    2. Ada saran tempat wisata yang bisa kunjungi di sekitaran Mt Fuji dan kawaguchi yang rekomendasi jika saya punya Fuji Hakone Pass pulang hari? Mohon sarannya sebaiknya saya pakai Fuji Hakone Pass Shinjuku atau Odawara?
    3. Karena rencana ke esokan hari saya rencana akan wisata ke Hakone dengan sudah mempunyai ke 2 pass tsb sebaiknya saya dari Stasiun mana? Karena renacana akan titip koper untuk melanjutkan perjalanan ke Kyoto.
    Mohon sarannya pak, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu.
      1. Ibu bisa naik kereta menuju ke arah Otsuki. Informasinya bisa dicek di akses menuju ke Fuji Kawaguchiko.
      2. Ibu bisa membaca di tempat wisata di Fuji Kawaguchiko. Kalau pulang pergi 1 hari, ibu harus membayar ongkos pulang menuju ke Shinjuku.
      Sebab Fuji Hakone Pass hanya mengcover ongkos 1 kali dari Kawaguchiko ke Tokyo, atau Odawara ke Tokyo, atau sebaliknya.
      3. Kalau esoknya satu hari lagi pergi ke Hakone, bisa naik kereta JR menuju ke Odawara. Rute perjalanan ke Kyoto bisa dibaca di akses Odawara ke Kyoto. Salam

    • Nathalia  |  

      Pak Nugroho, mau tanya lagi objek wisata dengan Retro Bus Red Line dan Retro Bus Green Line apa tercover dengan Fuji Hakone Pass?
      Terima kasih sebelumnya.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!