Kawazu Izu

Home / Attraction / Kawazu Izu
Item image

Bunga sakura. Mendengarnya apa yang terlintas atau muncul dalam pikiran teman-teman? Negara Jepang! Musim semi! Kalau pertanyaan itu ditanyakan ke saya, saya pasti menjawabnya bunga pink yang begitu cantik. Puluhan ribu wisatawan dari Indonesia datang ke Jepang setiap tahunnya di awal musim semi (akhir Maret-awal April) untuk melihat keindahan bunga sakura yang sedang mekar. Istilah kerennya sih hanami bunga sakura. Nah, beberapa tahun terakhir ini saya sudah hanami hampir di seluruh kota Jepang. Tokyo dan Kyoto sudah pernah. Begitu pula hanami di Hiroshima dan Sapporo. Namun, baru kemarin saya berkesempatan menikmati hanami di Kawazu. Kawazu? Di mana tuh? Mungkin masih banyak yang belum tahu Kawazu ini, karena memang masih sedikit website yang membahasnya. Tapi tenang saja, teman-teman bisa langsung menyimak serunya perjalanan kami ke Kawazu di Semenanjung Izu ini.

Berbeda dengan mayoritas wilayah Jepang yang menikmati hanami bunga sakura di akhir Maret sampai awal April, kita bisa menikmati keindahan bunga sakura di Kawazu sekitar pertengahan Februari atau satu bulan lebih cepat. Selain itu, bunga sakura di sini juga bisa bertahan cukup lama, yakni antara 3-4 minggu. Sampai hari ini gak ada yang tahu pasti sih, kenapa pohon-pohon bunga sakura di Kawazu ini bermekaran lebih cepat dan juga lebih tahan lama. Namun, inilah yang jadi daya tarik utama Kawazu. Kita bisa “duluan” menikmati hanami, tentu dengan harga tiket pesawat yang lebih murah dan bersahabat karena belum masuk puncak liburan. Perpaduan sempurna juga dengan kawasan Gala Yuzawa, jadi kita bisa melihat hanami mekar, lalu keesokan harinya bermain ski dengan salju yang masih menumpuk tebal di Gala Yuzawa.


Keindahan Kawazu Sakura

Di Kawazu sudah dimulai Festival Kawazu Sakura. Di sini, kita bisa menikmati keindahan bunga sakura satu bulan lebih cepat daripada jadwal umum hanami sakura di akhir Maret. Simak laporan perjalanan Tim Info Jepang dengan naik kereta ekspress Odoriko ke Kawazu Izu.


Membeli JR Tokyo Wide Pass di Ueno

JR Tokyo Wide Pass untuk mengunjungi objek-objek wisata di wilayah Kanto dengan mudah dan gratis, seperti Gala Yuzawa, Nikko, Fuji Kawaguchiko, Hitachi Seaside Park Ibaraki, Yokohama, dan Kamakura.


Kegiatan Wisata Seru di Kawazu Izu

1. Menikmati pemandangan hanami bunga sakura terpanjang di Jepang

Keluar dari Stasiun Kawazu, teman-teman tinggal menyeberang ke arah sungai Kawazu. Pemandangan bunga sakura di sini keren bangeeet! Amazing! Turis-turis lainnya banyak yang juga bilang extremely beautiful. Menurut pusat informasi Kawazu, total ada lebih dari 8.000 pohon bunga sakura tumbuh berjajar di tepi sungai sepanjang empat kilometer ke arah perbukitan sampai ke Tujuh Air Terjun Kawazu. Sekilas, hanami di Kawazu sebelas dua belas dengan Philosopher Path yang ada di Kyoto. Menurut cerita, pohon-pohon ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Jalan-jalan sambil berhenti beberapa kali di spot-spot yang keren adalah cara terbaik untuk menikmati keindahan bunga sakura di sini. Banyak juga muda-mudi Jepang maupun pasangan wisatawan yang mengabadikan momen kebersamaan dengan latar belakang bunga pink cantik ini.

Bunga sakura terpanjang di Kawazu Izu

Bunga sakura terpanjang di Kawazu Izu

Bersamaan dengan Festival Bunga Sakura Kawazu, kita bisa menikmati iluminasi bunga sakura dari jam 6 sore sampai jam 9 malam sambil menikmati jajanan makanan lokal Kawazu, seperti ramen dan udon berwarna pink (kayak warna bunga sakura) atau taiyaki (makanan ringan dari ikan). Rasanya kayak jalan-jalan di street food gitu deh, keren banget! Ada juga Yang jadi catatan, buat gabung ke Festival Bunga Sakura Kawazu, sebaiknya teman-teman memesan penginapan di Kawazu atau Atami. Bisa sih pulang ke Tokyo, namun pasti bakalan lelah banget dan sampai mendekati tengah malam di Tokyo. Oiya, festival ini hanya berlangsung selama 1 bulan saja dari tanggal 2 Februari sampai 10 Maret 2019.

Festival Sakura maupun pemandangan sakura di Kawazu adalah daya tarik utama Kawazu. Total ada lebih dari 2 juta pengunjung yang datang ke sini, di mana mayoritas (hampir 70 persen) datang pada bulan Februari-Maret, yakni saat festival berlangsung. Waktu terbaik datang ke Kawazu adalah pada minggu terakhir festival, yakni hari-hari terakhir bulan Februari sampai awal bulan Maret. Teman-teman yang ingin berkunjung ke Jepang sekitar pada periode itu, mungkin bisa memasukkan Kawazu sebagai kota tujuan wisata selama berada di Jepang. Dijamin, gak bakalan menyesal deh!

Buat teman-teman yang ingin menginap di Kawazu, Tim Info Jepang juga sudah merangkumkan data-data mengenai hotel dengan harga terjangkau dan layanan yang bagus (di atas rata-rata), antara lain:

  1. Gallery Court Ofa Atu
  2. Amagiso
  3. Unryu
  4. Kawazu Kaien

2. Makan siang atau malam tak terlupakan di Izu Imaihama Tokyu Hotel

Puas menikmati pemandangan bunga sakura, teman-teman bisa mampir dan makan siang atau makan malam di Izu Imaihama Tokyu Hotel. Di hotel ini, ada beberapa tema restoran yang menjual menu-menu makanan favorit. Ada Shangri-la, restoran yang menyediakan menu western dengan pemandangan langsung ke arah Samudera Pasifik. Di malam harinya, kita bisa makan di Maikohama atau Azuma yang menjual makanan tradisional Jepang, seperti tempura, sashimi, dan juga minuman teh Jepang sebagai santapan pembuka (appetizer). Tersedia bus shuttle dari Stasiun Kawazu ke hotel ini setiap 30-40 menit dari jam 09.30 sampai jam 17.35.

Pemandangan laut dari Izu Imaihama Tokyu Hotel

Pemandangan laut dari Izu Imaihama Tokyu Hotel

Akses ke Kawazu Izu

Kawazu masuk ke dalam Semenanjung Izu dalam Prefektur Shizuoka. Jalur kereta menuju Izu dilalui oleh jalur kereta Tokaido Shinkansen, yakni di Stasiun Atami dan Stasiun Mishima. Buat teman-teman yang ingin melanjutkan perjalanan ke kawasan Gunung Fuji dan Kawaguchiko, tersedia bus langsung dari Stasiun Mishima ke dua tempat wisata tersebut melalui Gotenba.

Dari Tokyo, kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen (kereta Hikari atau Kodama saja) sampai Stasiun Atami (sekitar 45 menit, dengan ongkos 3.670 yen) atau sampai Stasiun Mishima (sekitar 50-60 menit, dengan ongkos 4.000 yen). Jalur kereta ini masuk dalam cakupan JR Pass. Selain dengan menggunakan kereta shinkansen, buat teman-teman yang ingin berhemat bisa mencoba naik kereta lokal JR Tokaido Main Line. Dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Atami sekitar 100 menit dengan ongkos 1.940 yen, atau sampai Stasiun Mishima selama 120 menit dengan ongkos 2.270 yen.

Kalau teman-teman ingin berkunjung ke Izu Kawazu dari Hakone, bisa naik kereta JR Tokaido Main Line dari Stasiun Odawara (pintu masuk Hakone) sampai Stasiun Atami. Lama perjalanannya sekitar 25 menit dengan ongkos 410 yen.

Setibanya di Stasiun Atami, teman-teman bisa naik kereta JR Ito Line sampai Stasiun Ito (lama perjalanan sekitar 25 menit dengan ongkos 320 yen), lalu dilanjutkan dengan kereta Izu Kyuko Line sampai Stasiun Kawazu. Lama perjalanan sekitar 45 menit dengan ongkos 1.370 yen.

Selain itu, teman-teman bisa naik kereta Odoriko yang menghubungkan Stasiun Tokyo sampai Stasiun Odawara (selama 80 menit dengan ongkos 3.500 yen), lalu sampai Stasiun Ito (selama 100 menit dengan ongkos 4.000 yen), Stasiun Kawazu (2,5 jam dengan ongkos 5.390 yen) hingga di ujung selatan Semenanjung Izu di Stasiun Shimoda (2,5 jam dengan ongkos 6.000 yen). Semua rute kereta Odoriko ini tercover oleh Tokyo Wide PassJR East Nagano Niigata Area Pass, JR East Tohoku Area Pass, dan JR East South Hokkaido Pass.

Catatan: Jadwal kereta Ekspress Odoriko yang menghubungkan Stasiun Tokyo dengan Stasiun Kawazu adalah jam 09.00, 10.00, 10.30, 11.00, 12.00, 13.00, 13.30.

Cheap Hotels in Izu Kawazu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Gallery Court Ofa Atu
1 km away
Gallery Court Ofa Atu
from ¥4894/night
Kokoronodoka
1 km away
Kokoronodoka
from ¥9684/night
Izu Imaihama Tokyu Hotel
1 km away
Izu Imaihama Tokyu Hotel
from ¥7081/night
Kawazu Kaien
0 km away
Kawazu Kaien
from ¥13537/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gotemba Premium Outlets
62 km away
Gunung Fuji dari Gotemba Premium Outlets
Atami Plum Garden
39 km away
Bunga plum mekar di Atami Plum Garden
Fuji Safari Park
48 km away
Bus keliling Fuji Safari Park
Stasiun Mishima
43 km away
Penampakan Depan Stasiun Mishima

Sumber gambar: Flickr Izu navi, Kinuyo


Recommended for you


Last modified: March 5, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Sylvie
2017-01-31 20:02:06
Response cepat, informative sekali. Jempol 👍👍👍

Close Comments

Comments (235)

  1. Halo. Min rencana mau ke Jepang tgl 24 feb – 6 maret 2020, nah mau minta rekomendasi best spot nya di Jepang supaya bisa menikmati musim. Salju dan cherry Blossom? Thanks min

  2. Elisabeth Supit  |  

    Hai pak. Mau tanya jam berapa saya paling lambat balik dari kawazu spy bisa naik kereta odoriko lgs ke st tokyo. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Kereta Odoriko terakhir yang langsung ke Tokyo itu berangkat jam 14.25 dan 15.20. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!