Kansai Hokuriku Area Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Kansai Hokuriku Area Pass

Kansai Hokuriku Area Pass adalah salah satu pass kereta yang bisa digunakan untuk berkeliling wilayah Kansai, Kanazawa, dan Toyama. Pass kereta yang mulai dijual pada musim semi tahun 2015 ini sangat kami rekomendasikan bagi teman-teman yang tiba dan kembali ke Indonesia dari Bandara Kansai dan ingin mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine, Shirakawago, dan juga keliling tempat-tempat wisata di wilayah Kansai, seperti Okayama, Himeji, Wakayama, termasuk Osaka, Kyoto, Kobe, dan Nara. Tempat-tempat wisata apa saja yang tercover oleh Kansai Hokuriku Area Pass? Atau kapan sebaiknya saya membeli Kansai Hokuriku Pass ini?

Kansai Hokuriku Area Pass ini adalah gabungan antara Kansai Wide Pass Area dengan Hokuriku Area Pass. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pass kereta ini khusus bagi teman-teman yang ingin berkeliling Kansai, Shirakawago, dan Tateyama Kurobe Alpine tanpa mengunjungi Tokyo atau destinasi favorit seperi Fuji Kawaguchiko.

Berapa harga Kansai Hokuriku Pass?

Kansai Hokuriku Area Pass

Harga (di luar Jepang) Harga (di Jepang)
Dewasa (>12 tahun) 15.000 yen 16.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 7.500 yen 8.000 yen
Masa berlaku 7 hari berurutan

Kansai Hokuriku Pass ini dijual hanya kepada wisatawan asing pemegang visa kunjungan sementara (maksimal 90 hari). Saat membeli, teman-teman akan diminta untuk menunjukkan paspor termasuk juga untuk paspor anak jika ingin membeli pass dengan harga anak.

Jalur-jalur kereta yang masuk cakupan Kansai Hokuriku Pass

Berikut ini adalah jalur kereta dan bus yang bisa kita lalui dengan Kansai Hokuriku Pass tanpa batas (boleh berkali-kali) tanpa perlu membayar tiket lagi.

  1. Kereta JR Kansai Airport dari Stasiun Tennoji menuju Bandara Kansai, lalu kereta JR Osaka Line yang menghubungkan Stasiun Tennoji, Stasiun Osaka, dan Stasiun Shin-Osaka,
  2. Kereta Sanyo Shinkansen yang melintasi Stasiun Shin-Osaka, Shin-Kobe, Himeji, hingga di Stasiun Okayama.
  3. Kereta JR Kyoto Line dan dari Stasiun Shin-Osaka ke Kyoto.
  4. Seluruh kereta JR limited ekspress Thunderbird atau Shirasagi maupun kereta lokal antara Stasiun Osaka, Kyoto, dan Kanazawa.
  5. Kereta JR Hokuriku Shinkansen (Hakutaka/ Tsurugi) dari Stasiun Kanazawa, Stasiun Shin-Takaoka, sampai Stasiun Toyama.
  6. Kereta IR Ishikawa Railway and Ainokaze Toyama Railwayyang menghubungkan Kanazawa, Toyama, Takaoka, Tsubata, hingga Wakura Onsen.
  7. Kereta Kyoto Tango Railway menuju Miyazu Amanohashidate atau kereta Limited Ekspress Hashidate dari Kyoto dan kereta Limited Ekspress Konotori dari Osaka sampai Amanohashidate.
  8. Kereta JR Nara Line dari Kyoto ke Nara.
  9. Kereta JR Hanwa Line dari Osaka ke Wakayama.
  10. Bus JR yang beroperasi di dalam kota Kyoto dan Kanazawa.
  11. Sewa sepeda gratis Ekirin Kun yang tersedia di seluruh wilayah Kansai (Osaka, Nara, Himeji, Matsue, Okayama, Wakayama) sampai ke Hiroshima dan Shimonoseki (di ujung barat Pulau Honshu).
Bunga sakura di Kastil Wakayama

Bunga sakura di Kastil Wakayama

Kansai Hokuriku Pass ini berguna bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan antara kota-kota dan beberapa tempat wisata terkenal berikut ini:

  1. Kyoto
  2. Osaka dan Bandara Kansai
  3. Kobe
  4. Nara
  5. Wakayama
  6. Kinosaki Onsen
  7. Kastil Himeji
  8. Okayama (Kastil Okayama dan Kanal Kurashiki)
  9. Toyama (Toyama Castle, Kansui Park, Warisan Budaya Kuil Zuiryuji, dan juga Tateyama Kurobe Alpine Route)
  10. Kanazawa (Taman Kenrokuen, Kanazawa Castle, Pasar Omicho Ichiba, Museum 21 Century Art, Distrik Higashi Chaya), yang juga adalah pintu masuk tempat wisata warisan dunia UNESCO Gokayama dan Shirakawa-go
  11. Fukui (Museum Dinosaurus Fukui)
Pemandangan sewaktu naik Kinosaki Ropeway

Pemandangan sewaktu naik Kinosaki Ropeway di Kinosaki Onsen

Di mana membeli Kansai Hokuriku Area Pass?

Kansai Hokuriku Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing dengan visa jangka pendek (tidak lebih dari 90 hari, temporary visitor visa). Pass ini hanya bisa dibeli sebelum berangkat ke Jepang melalui website internet JR West lalu ditukar dengan tiket/ pass asli setibanya di Jepang. Pembelian melalui internet (reservasi) hanya bisa dilakukan dari 27 hari-2 hari sebelum ketibaan di Jepang. Teman-teman bisa membeli dan menukar voucher booking tiket (dikirimkan ke email setelah pembayaran diterima) di stasiun berikut ini.

  1. Bandara Kansai
  2. Stasiun kereta besar di wilayah Osaka dan Kyoto, antara lain Stasiun Osaka, Stasiun Shin-Osaka, dan Stasiun Kyoto
  3. Stasiun Toyama
  4. Stasiun Kanazawa
  5. Stasiun Komatsu
  6. Stasiun Higashi-Maizuru dan Stasiun Nishi-Maizuru

Bagaimana cara menggunakannya Kansai Hokuriku Pass?

  1. Seperti penggunaan JR Pass, teman-teman cukup menunjukkan pass dan passport kepada petugas di pintu masuk manual (bukan pintu otomatis) di area stasiun kereta.
  2. Dengan pass ini, teman-teman tidak bisa melakukan reservasi kursi. Jika ingin bepergian dengan kereta kursi reserved, kita harus membayar tiket tambahannya secara tunai sebelum berangkat.
  3. Masa waktu 7 hari berurutan ini adalah sesuai kalender. Artinya masa berlakunya akan berjalan dari jam 00.00-23.59. Bukan dari waktu pembelian atau pengaktifan pass. Oleh karena itu, sebaiknya teman-teman memulai perjalanan pagi-pagi sekali.
  4. Pass ini tidak bisa digunakan untuk naik kereta Tokaido Shinkansen (Tokyo-Kyoto atau Kyoto-Shin Osaka).

Kapan kita harus menggunakan Kansai Hokuriku Pass?

Jika teman-teman hanya ingin mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine dan Shirakawago dari wilayah Kansai akan sangat menguntungkan jika menggunakan pass ini. Sangat cocok bagi teman-teman yang juga tidak membeli JR Pass namun ingin pergi ke tempat wisata Tateyama Kurobe Alpine dan Shirakawago dan tiba serta kembali ke Indonesia dari Bandara Kansai.

Berikut ini adalah daftar itinerary yang MENGUNTUNGKAN jika kita menggunakan Kansai Hokuriku Pass.

  1. Bandara Kansai – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto/ Kobe/ Nara) – Kanazawa atau Toyama – Osaka/Kyoto – Bandara Kansai.
  2. Bandara Kansai – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto/ Kobe/ Nara) – Kanazawa/Toyama – Gokayama/Shirakawago – Nagoya.
  3. Bandara Kansai – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto/ Kobe/ Nara) – Kanazawa/Toyama – Gokayama/Shirakawago – Kanazawa/Toyama.
  4. Osaka/ Kyoto –Tateyama Kurobe Alpine (Toyama) – Shirakawago (Kanazawa) – Kinosaki Onsen – Osaka/ Kyoto.

Jika dalam itinerary teman-teman ada rencana untuk mengunjungi Tokyo, JANGAN membeli Kansai Hokuriku Pass ini. Kami sarankan untuk membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass atau JR Pass reguler.

Hitung-hitungan Ala Tim Info Jepang

Berikut ini adalah harga tiket kereta dan bus yang masuk cakupan Kansai Hokuriku Area Pass, teman-teman bisa membandingkan sendiri keuntungan pass seharga 15.000 yen ini.

  1. Bandara Kansai-Stasiun Shin-Osaka seharga 2.330 yen atau 2.850 yen untuk rute Bandara Kansai-Stasiun Kyoto.
  2. Osaka-Kyoto seharga 560 yen.
  3. Osaka-Nara seharga 800 yen.
  4. Stasiun Osaka-Stasiun Kanazawa seharga 7.130 yen atau Stasiun Kyoto-Stasiun Kanazawa seharga 6.380 yen.
  5. Stasiun Osaka-Stasiun Toyama seharga 9.880 yen atau Stasiun Kyoto-Stasiun Toyama seharga 9.300 yen.
  6. Stasiun Osaka-Stasiun Wakayama seharga 1.240 yen.
  7. Stasiun Osaka-Stasiun Himeji seharga 3.220 yen.
  8. Stasiun Osaka-Kinosaki Onsen seharga 5.080 yen.
  9. Stasiun Osaka-Stasiun Okayama seharga 5.500 yen.

Jika teman-teman menginap di Osaka dan ingin mengunjungi Shirakawago dalam sehari (pulang pergi) maka ongkosnya sudah 14.260 yen, ditambah dengan jalan-jalan ke Nara, Kobe, atau Himeji, sudah pasti akan balik modal dengan Kansai Hokuriku Area Pass ini. Begitu juga kalau ingin mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine dan Toyama. Ongkos perjalanan pulang perginya sudah pasti balik modal.

TIPS+TRIK LIBURAN HEMAT DENGAN FREE PASS KERETA (SELENGKAPNYA)

Shinkansen Terbaru dengan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass adalah salah satu pass (tiket kereta multi jalur) yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Tokyo-Osaka dengan kereta Shinkansen Hokuriku.

kereta shinkansen

Liburan di Jepang pasti tidak jauh dengan yang transportasi kereta, dan supaya kamu tidak malu-maluin, ayo baca dulu etika naik kereta di Jepang.

kuil hakone dari danau ashi

Hakone Free Pass adalah pilihan terbaik bagi teman-teman yang ingin menjelajahi wilayah Hakone. Cakupan Hakone Free Pass ini adalah seluruh kereta JR menuju ke Hakone, seluruh bus Hakone-Tozan, tiket naik kereta gantung, dan termasuk potongan diskon masuk tiket ke tempat-tempat wisata di Hakone.



Recommended for you

Last modified: May 2, 2017

Comments (4)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kansai Hokuriku Pass tidak mngcover ongkos bus ke Shirakawago. Salam

  1. havani irene  |  

    hello,
    saya berenca ke Jepang tgl 16 May ini dan tiba di bandara Haneda jam 7 pagi. saya ingin langsung ke osaka, apakah bisa dibantu advice rute ke osaka yang di cover oleh JR PASS? dan pengaktivan JR PASS di bandara haneda dimana pak?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silahkan naik kereta Tokyo Monorail sampai Hamamatsucho, dilanjutkan dengan JR Yamanote Line ke Stasiun Tokyo, lalu naik kereta shinkansen sampai Stasiun Shin-Osaka. Semuanya tercover dengan JR Pass. Maksudnya pengaktifan apa ya pak? Membeli atau menukar voucher (JR Pass sudah dibeli dari Indonesia)?

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!