Kuil Kumano Hongu Taisha

Home / Temple / Kuil Kumano Hongu Taisha
Item image

Saat mengunjungi Wakayama dan Air Terjun Nachi, saya melihat ada banyak orang yang datang untuk berziarah. Wah, wah, kok ada ziarah? Emangnya siapa yang meninggal? Setelah membaca brosur wisata yang saya dapatkan di Stasiun Wakayama, saya jadi sedikit mengerti. Ziarah di sini adalah perjalanan sejarah bernuansa rohani-spiritual yang awalnya dilakukan oleh keluarga kekaisaran  dan para bangsawan. Namun, seiring berjalannya waktu, kegiatan ziarah ini semakin dikenal dan membuat banyak orang Jepang melakukannya hampir setiap tahun. Orang-orang Jepang biasanya melakukan ziarah untuk berefleksi, menemukan kedamaian, dan merasakan pengalaman spiritual dengan Tuhan. Mungkin mirip dengan ziarah ke Israel bagi umat Kristiani atau ritual ibadah Haji bagi umat Muslim. Nah, saya sampai ke Kuil Kumano Hongu Taisha yang terletak di tenggara Prekeftur Wakayama. Inilah kuil utama dalam rute peziarah Kumano Kodo, rute ziarah paling terkenal di Jepang.

Kegiatan Wisata di Kuil Kumano Hongu Taisha

1. Lihat kemegahan Kuil Kumano Hongu Taisha: Kuil Utama Kumano

Teman-teman jangan bingung, karena Kuil Kumano yang tersebar di setiap wilayah di Jepang. Nah, Kuil Kumano Hongu Taisha ini adalah kuil utama dari lebih dari 3000 Kuil Kumano yang ada di seluruh wilayah Jepang. Dalam strukturnya, kuil ini juga masuk ke dalam Kumano Sanzan (tiga kuil terbesar/ terpenting di Kumano), bersama dengan Kuil Kumano Nachi Taisha dan Kumano Hayatama Taisha. Terletak di atas bukit, saya takjub melihat kemegahan Kuil Kumano Hongu Taisha dengan pepohonan cedar dan cypress besar di sekelilingnya. Dalam perjalanan ziarah Kumano-Kodo, Kuil Kumano Hongu Taisha berada di tengah-tengah rute, membuat kuil ini selalu dilalui para peziarah.

Rute perjalanan ziarah ke Kuil Kumano Hongu Taisha

Rute perjalanan ziarah ke Kuil Kumano Hongu Taisha

2. Wahh ada gerbang torii raksasa di tengah sawah

Kuil Kumano ini awalnya dibangun di Oyunohara, wilayah di tepi Sungai Otonashi. Legenda berkisah suatu malam para roh yang berbentuk tiga bulan turun ke bumi dan masuk ke dalam pohon tarbantin besar di Oyunohara. Para penduduk kemudian membangun kuil untuk menghormati roh ini, termasuk Torii (gerbang kuil) sebagai batas wilayah manusia dan roh. Nah, gerbang kuil Otorii di Oyunohara yang berukuran tinggi 33,9 meter dengan lebar 42 meter menjadi torii terbesar di dunia. Melintasi dan berada di bawah torii ini membuat saya merasa kecil (dalam arti yang sebenarnya ya, seperti liliput, saking besarnya torii).

Torii raksasa di Oyunohara

Torii raksasa di Oyunohara

Di kuil ini kita bisa melihat orang-orang berdoa kepada patung Ketsumimiko-O-kami. Patung ini sendiri sudah berusia ratusan tahun yang dibuat dari kayu pohon torreya. Patung Ketsumimiko-O-kami ini masuk sebagai harta kekayaan nasional Jepang.

3. Cek dulu tanggalnya kalau mau ikut festival

Setiap tanggal 13-15 April, diadakan festival Musim Semi, di mana para roh Kumano akan dibawa berkeliling (dengan kuil kecil mikoshi) dari kompleks Kuil Kumano Hongu ke Oyunohara melalui Yunomine Onsen. Para peziarah akan bergabung dalam parade besar ini karena festival ini menjadi puncak perjalanan ziarah Kumano Kodo.

Orang-orang ramai membeli omamori di Kuil Kumano Hongu Taisha

Orang-orang ramai membeli omamori di Kuil Kumano Hongu Taisha

4. Mencoba menginap di resort onsen sekitar Kuil Kumano Hongu Taisha

Perjalanan saya berlanjut ke tiga buah pemandian air panas (onsen) yang terletak di sekitaran kuil. Ada Kawayu Onsen, Wataze Onsen, dan Yunomine Onsen. Yunomine Onsen dipercaya sebagai pemandian ajaib yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit sejak 1800 tahun yang lalu, karena ada cerita Ogurihangan seorang peziarah sembuh dari penyakit setelah berendam di Yunomine. Lalu Kawayu Onsen yang berada di tepi sungai Kawayu. Sumber air panas di bawah sungai bercampur dan membuat kita bisa berendam sambil berenang di sungai.

Berjalan sedikit dari Yunomine, saya juga sempat mampir ke Tsuboyu Onsen, satu-satunya pemandian air panas yang menyandang predikat sebagai situs warisan dunia UNESCO karena pemandiannya dibuat dari batu yang diukir. Selain itu Tsuboyu punya nilai historis yang amat kental dalam rute perjalanan ziarah Kumano Kodo.

Namun, di kesempatan ini, saya memilih berendam di Watarase Onsen, kompleks open-air onsen (pemandian outdoor) terbesar di Jepang. Lokasinya tidak jauh dari Kawayu Onsen dan bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki. Di sini ada 8 tipe pemandian yang bisa kita nikmati sambil penikmati pemandangan alam pepohonan di depan mata. Untuk harganya juga cukup murah, 700 yen (untuk orang dewasa) dan 300 yen (untuk anak-anak). Watarase Onsen buka sepanjang tahun dari jam 08.00-22.00.

Informasi Tiket Masuk Kuil Kumano Hongu Taisha

Untuk masuk dan berkeliling ke area kuil, kita tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun untuk masuk ke bangunan utama Homotsuden, kita harus membayar tiket masuk 300 yen.

Akses menuju Kuil Kumano Hongu Taisha

Kuil Kuil Kumano Hongu Taisha bisa dicapai dengan naik bus dari:

  1. Stasiun Kii-Tanabe (2 jam perjalanan).
  2. Bandara Shirahama (2 jam 10 menit perjalanan, melalui Stasiun Kii-Tanabe).
  3. Stasiun Shingu (80 menit perjalanan).

Dari Stasiun Wakayama, akses paling dekat adalah Stasiun Kii-Tanabe. Kita bisa naik kereta limited ekspress Kuroshio sampai Stasiun Kii-Tanabe. Lama perjalanannya sekitar 70 menit dengan ongkos 2.630 yen. Selain itu bisa juga naik kereta JR Kinokuni line dengan 2 jam perjalanan dengan ongkos tiket 1.660 yen.

Dari Stasiun Osaka, teman-teman bisa ke Stasiun Tennoji atau Stasiun Shin-Osaka terlebih dahulu dengan naik JR Kyoto Line atau Osaka Loop Line, lalu lanjut naik kereta limited ekspress Kuroshio sampai Stasiun Kii-Tanabe. Lama perjalanannya sekitar 120 menit dengan ongkos 4.750 yen.

Dari Air Terjun Nachi, Kuil Kumano Hongu terhubung dengan kereta limited ekspress Kuroshio sampai Stasiun Kii-Katsuura. Lama perjalanannya sekitar 105 menit dengan ongkos 2.630 yen. Seluruh ongkos kereta tercover oleh JR Pass.

Dari Kuil Kumano Hongu Taisha, kita bisa naik bus Ryujin ke arah Kii-Tanabe dan Bandara Shirahama. Bus ini akan melalui Kawayu Onsen dan Watarase Onsen (10 menit perjalanan) dan Yuminume Onsen (20 menit perjalanan), serta hotel-hotel rekomendasi Tim Info Jepang di bagian bawah ini. Bus yang sama juga bisa digunakan dari stasiun Kii-Tanabe sampai ke Kuil Kumano Hongu Taisha.

Recommended Hotels near Kumano Hongu Taisha [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kawayu Onsen Fujiya
3 km away
Kawayu Onsen Fujiya
from ‎¥6240/night
Sansuikan Kawayu Midoriya
3 km away
Sansuikan Kawayu Midoriya
from ‎¥13084/night
Ashita no Mori
3 km away
Ashita no Mori
from ‎¥8052/night
Yunominesou
3 km away
Yunominesou
from ‎¥10970/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Horyuji
86 km away
Halaman Kuil Horyuji
Taman Yoshikien
94 km away
Taman Yoshikien Nara
Nara Park
94 km away
Bunga sakura di Nara Park
Kasuga Taisha
94 km away
Bagian dalam Kasuga Taisha di Nara

Sumber gambar: Flickr 顔なし, tonochang, marc.pecquet, Haruhiko Nezu


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comment (1)

  1. halo… mau nanya tentang kumano kodo
    apa memungkinkan menyusuri kumano kodo saat musim dingin (awal/pertengahan februari)?
    klo punya waktu 7 hari dan ingin ke bbrp tempat (koyasan, kumano hongu taisha, hayatama taisha, nachi taisha dan wakayama), pass apa yg cocok dan bagaimana itinerary-nya?
    rencananya pingin menginap 1 atau 2 malam di koyasan, 2 malam di wakayama dan selebihnya msh bingung antara menginap di kii-tanabe, hongu atau nachi/kii-katsura
    terima kasih

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!