Museum Nasional Nara

Home / Museum / Museum Nasional Nara
Item image

Masih berada di kawasan Nara Park, Kuil Todaiji, dan Kuil Kasuga-Taisha yang bersejarah, kita bisa mengunjungi National Museum Nara atau Museum Nasional Nara. Di dalam museum ini, kita dapat melihat beragam benda seni Buddha, seperti patung, arca, lukisan, tulisan atau kaligrafi, berbagai pajangan dinding, dan alat-alat yang digunakan dalam upacara keagamaan Buddha. Seluruh benda ini dipajang dengan apik sesuai dengan masa atau periode, fungsi, dan pembuatnya. Kita bisa melihat perkembangan seni Buddha yang terus maju seiring berjalannya waktu. Ada juga relawan (biasanya pelajar dan mahasiswa) yang siap menemani kita berkeliling museum dan memberikan penjelasan mengenai benda-benda di Museum seni Buddha terbesar di Jepang ini. Yuk, simak laporan kunjungan Tim Info Jepang ke Museum Nasional Nara.

Kegiatan Menarik di Museum Nasional Nara

1. Berkeliling dan melihat koleksi benda-benda seni Buddha

Museum Nasional Nara dibagi menjadi dua bagian besar, bagian pertama yaitu Nara Buddhist Sculpture Hall yang berisi patung-patung Buddha yang dibuat dari perunggu berbagai arca batu. Di masing-masing patung dan arca, terdapat penjelasan mengenai patung seperti pembuatnya, perkiraan tahun pembuatan, dan juga mengenai sosok Buddha atau Dewa dengan posisi atau kegiatan yang sedang dilakukan.

Kemudian di bagian lainnya, kita bisa melihat lukisan, tulisan dan kaligrafi, pajangan dinding, dan juga area untuk eksibisi spesial. Eksibisi spesial biasanya mengambil tema mengenai kesenian Buddha di daerah lain di Jepang. Eksibisi spesial yang berlangsung tahun ini antara lain:

  • Legenda Shigisan: harta karun Kuil Chōgosonshiji (berlangsung dari 9 April-22 Mei 2016)
  • Washi: sejarah kelahiran kesenian modern kertas Jepang (berlangsung 7 Juni-3 Juli 2016).
  • Nisho: Hidup yang didedikasikan untuk berkorban (berlangsung mulai 23 Juli-19 September 2016) untuk memperingati perayaan 800 tahun kelahiran pendeta Buddha Nisho

2. Belajar mengenai sejarah dan kebudayaan Buddha di Jepang

Museum ini tidak hanya bertujuan untuk menampilkan benda-benda kesenian Buddha, namun juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengenal dan mempelajari kesenian Buddha lebih dalam. Selain bisa bertanya kepada para relawan, kita juga bisa bergabung dalam kuliah umum atau seminar yang diadakan di museum ini. Kuliah umum gratis dan diadakan setiap hari Sabtu dari jam 13.30-15.00, dengan pembicara dosen, kurator museum, dan kolektor benda seni.

Benda koleksi sejarah di Museum Nasional Nara

Benda koleksi sejarah di Museum Nasional Nara

Lentera tulisan jepang koleksi Museum Nasional Nara

Lentera tulisan jepang koleksi Museum Nasional Nara

3. Mengunjungi toko oleh-oleh dan restoran

Setelah berkeliling dan memperoleh pengetahuan baru mengenai kesenian Buddha di Jepang, kita bisa mengunjungi toko oleh-oleh yang ada di dalam museum. Di sini dijual buku, kaos, piring atau gelas, lukisan dinding, dan miniatur patung Buddha. Atau kita juga bisa menikmati makanan seperti pasta, omelet, atau kari daging khas Nara di sini. Dengan pemandangan ke arah Nara Park yang indah, menikmati makanan ringan atau sekadar minum teh di sini tentu memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Museum Nasional Nara

Museum Nasional Nara dari depan

Akses ke Museum Nasional Nara

1. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, naik kereta JR Nara Rapid Line (tersedia keberangkatan setiap 30 menit) sampai stasiun kereta JR Nara, dengan durasi perjalanan selama 44 menit dengan harga tiket 710 yen atau gratis jika menggunakan JR Rail Pass. Dari Stasiun Nara, kita tinggal berjalan kaki 15 menit (900 meter) untuk sampai ke Museum Nasional Nara Park.

2. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR Yamatoji Rapid Line (keberangkatan setiap jam) sampai stasiun kereta Nara selama 50 menit dengan harga tiket 800 yen atau gratis jika menggunakan JR Rail Pass. Dari Stasiun Nara, kita tinggal berjalan kaki 15 menit (900 meter) untuk sampai ke Museum Nasional Nara Park.

3. Dari Tokyo

Jika teman-teman ingin ke Nara dari Tokyo, cara termudah dan termurah adalah dengan naik Shinkansen Nozomi ke Stasiun Kyoto (detailnya dapat dilihat di sini). Dari Kyoto, tinggal naik JR Nara Rapid Line seperti cara nomor 1 di atas.

Cheap Hotels in Nara [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Fine Garden Nara Kashiba
19 km away
from ‎¥4184/night
Guesthouse Naramachi
1 km away
from ‎¥2298/night
Guesthouse Nara Backpacke
0 km away
from ‎¥3000/night
Sunroute Nara Hotel
1 km away
‎from ¥7164/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gunung Wakakusa
2 km away
Panorama dari atas Gunung Wakakusa
Yoshino-Omine
46 km away
Kuil Kimpusenji di jalur Yoshino-Omine
Gunung Yoshino
36 km away
Sakura dari Gunung Yoshino Nara
Nara Park
1 km away
Bunga sakura di Nara Park

Sumber gambar: Flickr 陳 ポーハン, Ian ArmstrongIan Armstrong


Recommended for you


Harga tiket masuk 520 yen untuk umum, 260 yen untuk mahasiswa, dan gratis untuk anak-anak hingga pelajar
Last modified: July 15, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (12)

  1. Salam Pak Nugroho,
    Itinerary saya : Narita – Osaka – Kyoto – Kobe – Himeji – Nara – Takaoka – Kawaguchiko – Tokyo
    Apakah bisa tercover dengan Tokyo Hokuriku Arch Pass?
    Kemudian yg tercover Horikuri Pass ini apakah seluruh JR lines di Tokyo?
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ongkos perjalanan ke Himeji, Kawaguchiko tidak tercover dengan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.
      Sementara di Tokyo sendiri, cakupan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass sama seperti Tokunai Pass+jalur kereta ke Narita dan Haneda. Salam

  2. Halo Pak, berikut adalah itinerary saya:
    day 1: haneda – tokyo
    day 2: tokyo
    day 3: tokyo
    day 4: tokyo – fuji kawaguchiko
    day 5: fuji kawaguchiko – kyoto
    day 6: kyoto
    day 7: kyoto
    day 8: kyoto- osaka
    day 9: osaka – nara – osaka
    day 10: osaka – tokyo – haneda (train ride to haneda 18:00)

    Apabila saya akan beli 7days JR Pass, sebaiknya saya baru aktifkan dari day 4, benar kah?
    Dan selama day 1-3, apakah sebaiknya saya beli 72hrs Tokyo Subway Pass atau suica/pasmo?

    Terima kasih Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya benar pak, JR Pass baru akan balik modal setidaknya kalau digunakan untuk mengcover PP perjalanan dari Tokyo-Kyoto/Osaka. Untuk day 1-3, bisa membeli salah satu dari Free Pass kereta di Tokyo sesuai dengan tempat yang bapak mau kunjungi, karena gak semua dekat dengan kereta subway. Salam.

  3. Sya rencana hari ini Sabtu 03062017 terbang ke Osaka by Garuda direct flight jam 23.20 nyampai di KIX jam 08.15. Ini baru pertma kali ke Jepang
    Minggu saya punya free time sebelum Senin meeting. Tapi perusahaan membookingkan sy hotel di Kansai Airport hotel (nikko mandarin). nah sya pengen pergi ke Nara seharian. dan balik lagi ke Kansai Airport.
    Kira2 cocoknya Kartu yang mana ya?
    Day 1. Kansai – Nara muter2 Nara – Kansai (pake kartu apa)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Kalau hanya berkeliling tempat wisata di Nara, sepertinya tidak perlu membeli pass Pak. Bisa naik bus aja langsung ke Kintetsu Nara, dan keliling tempat wisata di Nara, kemudian kembali lagi ke Kansai Airport. Salam

  4. Saya dan keluarga berencana liburan ke Osaka, Kyoto, Nara, Hakone, dan Tokyo.
    Apa kartu suica/pasmo sudah bisa mencakup semua daerah tersebut? Lalu, apa bisa digunakan untuk baik subway atau JR di tiap kota tsb?

    Thank you

    • Info Jepang  |  

      Hi, Karina, kamu berangkat dari mana? Apa dari Tokyo?

      Suica/ Pasmo bisa dipakai di semua jaringan kereta JR, Subway, Bus kota (terutama di Kyoto, Nara, dan Hakone yang mayoritas objek wisatanya dicapai dengan bus atau subway). Namun, kalau melihat rencana liburan Karina, kami menyarankan untuk membeli tiket JR Pass. JR Pass itu menawarkan paket murah perjalanan Tokyo-Kyoto-Osaka-Nara dengan kereta. Mudahnya gini, yang harusnya 15.000 yen jika dengan tiket biasa, dengan JR Pass kita cuma membayar 20.000 untuk PP. Lengkapnya bisa baca di FAQ Terlengkap Japan Rail Pass

      Kalau mau tanya2 lagi, hubungi kami bisa ke 0818.221.505, Kami punya layanan Tour Guide Online yang siap membantu liburan dari persiapan bahkan nanti menjelaskan cara menuju lokasi objek wisata di Jepang ke Karina dan keluarga.
      Salam dan selamat liburan!

    • karina  |  

      Berangkat dan menginap di osaka lalu tektok ke nara dan kyoto. Terus lanjut ke hakone kemudian tokyo dgn total hari 10. Jadi baiknya pakai jr pass kemudian sisa 3 harinya gimana ya?

      Thank you

    • Info Jepang  |  

      Hakone bisa ditaruh di 3 hari terakhir, di mana kamu bisa beli Hakone Free Pass yang berlaku2 atau 3 hari. Hari terakhir rasanya kamu bisa berkeliling di Tokyo di mana ada JR Yamanote Line mengelilingi Tokyo murah kok. Ada banyak taman atau objek wisata juga seperti asakusa atau ginza atau shinjuku yang bisa dikunjungi.

  5. Saya dari bandara Kansai
    Day 1: sampai osaka sore, jalan2 di sekitar hotel dan ke dotonbori
    Day 2: USJ
    Day 3: Osaka + Nara
    Day 4: Kyoto
    Day 5: otw Tokyo dan jalan2 setengah hari di tokyo
    Day 6: Wisata kuil2 di tokyo
    Day 7: Disneysea
    Day 8: Disneyland
    Day 9: beli2 souvenir dan ke bandara Haneda Tokyo
    Perlu paka JR pass atau tidak? Karena katanya kalau mau balik modal paling tidak PP Osaka-tokyo tapi saya hanya satu arah tetapi jika tidak menggunakan JR pass saya takut sulit jika harus bolak balik membeli tiket kereta/bus tiap kali bepergian. Saya juga kepikiran membeli suica/pasmo tapi itu hanya bisa di Tokyo sedangkan saya hari pertama di Osaka. Bagaimana solusinya ya pak?

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!