Air Terjun Nachi

Home / Nature / Air Terjun Nachi

Perjalanan saya di Wakayama kemudian berlanjut ke arah selatan. Setelah menginap dan merasakan kehidupan sebagai pendeta Buddha di Gunung Koya (Koyasan) dan juga melihat kemegahan Kastil Wakayama, tujuan saya berikutnya adalah air terjun Nachi. Di dalam brosur wisata yang saya ambil di Stasiun Wakayama, air terjun ini masuk dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi di Wakayama. Air terjun setinggi 133 meter ini ada di kaki Gunung Nachi (sesuai namanya), dan menyandang status sebagai air terjun tertinggi di Jepang. Dari kejauhan, kita bisa mendengar suara air yang jatuh menghantam bebatuan. Percikan air terasa dari jarak 50 meter dari dasar air terjun. Simak kunjungan kontributor Tim Info Jepang melihat keindahan air terjun Nachi Falls.

Air terjun Nachi atau Nachi-no-otaki ini ada di kompleks Kuil Seiganto-ji, yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. Air terjun dan kuil ini masuk ke dalam jalur perjalanan ziarah Kumano Kodo yang terkenal. Tidak heran, dalam beberapa kesempatan saya melihat beberapa orang duduk dan bertapa. Mungkin berdoa atau memohon berkat dan perlindungan kepada sang Buddha. Air terjun ini jadi tempat peristirahatan dan tempat berdoa yang terkenal selama belasan abad.

Untuk mencapai lokasi dan melihat air terjun dari dekat, kita harus melalui ratusan anak tangga dari jalan utama. Akses jalan yang cukup menantang ini terasa terbayar lunas saat saya bisa melihat percikan air yang membasahi muka saya dan jernihnya air terjun Nachi. Meskipun saya belum banyak mengunjungi tempat-tempat di dunia, namun, air terjun ini adalah salah satu pemandangan terbaik di muka bumi ini.

Panorama Air Terjun Nachi

Panorama Air Terjun Nachi

Bersumber dari sungai Nachi, pemandangan hutan di kaki Gunung Nachi juga tidak kalah indah. Wilayahnya masih begitu alami dan terjaga, dengan ribuan pepohonan lebat yang mungkin sudah berusia ratusan tahun. Di musim panas, pepohonan ini merekah dan menyambut para peziarah yang datang. Dan di musim gugur, kita bisa menikmati momiji dari dedaunan yang berubah warna. Setelah puas berkeliling dan berdoa sejenak (bersyukur untuk kesempatan ini), saya melanjutkan perjalanan ke Kuil Seiganto-ji dengan pagoda tiga lantainya yang terkenal. Lihat deh bagaimana kemegahan pagoda Seiganto-ji berpadu indah dengan air terjun Nachi, keren! Kalau mau berfoto di depan air terjuan, harus masuk ke dalam area kuil. Buka jam 07.00 hingga 16.30 dengan biaya masuk 300 yen untuk orang dewasa, 200 yen untuk anak SD dan SMP.

Pemandangan Air Terjun Nachi

Pemandangan Air Terjun Nachi dari Kuil Seiganto-ji

Akses Menuju Air Terjun Nachi

Air Terjun Nachi bisa dicapai dengan naik bus dari Stasiun Kii-Katsuura maupun Stasiun Nachi, dan turun di pemberhentian Nachi-no-Taki-mae (Nachi Waterfall). Lama perjalanannya dan ongkosnya adalah 25 menit dan 620 yen (dari Stasiun Kii-Katsuura). Sedangkan kalau atau dari Stasiun Nachi, lama perjalanannya 15 menit dengan ongkos 480 yen. Busnya tersedia dari jam 06.45 sampai jam 18.05, dengan keberangkatan setiap 30 menit dan 1 jam. Rekomendasi hotel dibawah ini adalah hotel-hotel yang berada di dekat Stasiun Kii-Katsuura, yang murah dan dekat dengan stasiun kereta.

Akses tercepat ke Air Terjun Nachi adalah dari Stasiun Kii-Katsuura. Dari Stasiun Wakayama, kita bisa naik kereta limited ekspress Kuroshio sampai Stasiun Kii-Katsuura. Lama perjalanan sekitar 3 jam dengan ongkos 5.080 yen (kursi biasa) atau 5.400 yen (kursi pesanan). Selain itu, tersedia kereta lokal JR Kinokuni Line dengan rute yang sama. Lama perjalanannya 5 jam dengan ongkos 3.350 yen. Ongkos ke Wakayama ini tercover sepenuhnya dengan Kansai Wide Area Pass.

Recommended Hotels near Nachi Falls [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Charmant
7 km away
Hotel Charmant
from ‎¥5989/night
Katsuura Kanko Hotel
6 km away
Katsuura Kanko Hotel
from ‎¥8628/night
Onsenminshuku Kosakaya
7 km away
Onsenminshuku Kosakaya
from ‎¥10049/night
Wakatake
7 km away
Hotel Nagisaya
from ‎¥8628/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Yoshino-Omine
66 km away
Kuil Kimpusenji di jalur Yoshino-Omine
Air Terjun Nachi
0 km away
blog-image
Kastil Wakayama
90 km away
Kastil Wakayama
Pantai Shirahama Wakayama
49 km away
Pasir putih pantai Shirahama di Wakayama

Sumber gambar: Flickr  Kzaral, Kzaral, Sabine


Last modified: September 7, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (25)

    • Nugroho Christian  |  

      Ongkos kereta sampai Stasiun Kii Katsura tercover dengan Kansai Wide Pass pak. Salam.

  1. Malam Pak Nugroho.
    Saya akan menginap di Osaka, lebih tepatnya sekitar shinsaibashi. Dengan berbekal JR Pass kereta line mana yang harus saya gunakan untuk menuju Nachi Water fall?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa naik subway Midosuji Line dulu sampai ke Tennoji Station. Ongkosnya 230 yen dan tidak tercover oleh JR PASS.
      Dari Tennoji Station, bisa naik kereta ekspress Kuroshio sampai ke Kii Katsuura Station. Ongkosnya 6370 yen dan tercover oleh JR PASS. Dari Kii Katsuura Station, bisa naik bus sampai ke Nachi Waterfall. Salam

  2. Halo saya Maggie,
    Saya berencana mengunjungi Wakayama selama 3 hari 2 malam. Home base kami di Osaka. Tapi karena ada orangtua, jadi saya minta masukan, enaknya ke mana saja ya di Wakayama? Tertarik juga dengan Nachi Waterfalls, tapi kalau harus naik tangga susah juga, Apa bisa naik taksi ke point terdekat dari air terjunnya> Terima kasih

  3. Malam Pak Nugroho.
    Kami ingin mengunjungi Nachi waterfall & sekitarnya. Lalu kami ingin foto sunset di Shirahama. Apakah cukup one day trip ?
    Jam berapa train terakhir balik ke Osaka ? Terima kasih Pak Nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Cukup kok bu, benar ibu bisa ke Nachi Waterfall terlebih dahulu baru ke Shirahama Beach. Nanti pulangnya bisa naik JR Kinokuni Line dari jam 5 sore.

    • Maaf nanya lagi Pak. Jam berapa ya kira” sunset di Shirahama Beach ? Sepertinya saya harus inap ya jika ingin pulang sekitar jam 8 malam ? Thanks Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu berencana datang kapan ya? Bulan November ini sunset kira-kira ada di jam 17.00. Kereta terakhir dari Stasiun Shirahama ke Shin-Osaka berangkat jam 19.45 dan tiba jam 22.06. Salam.

    • Antara 11-14 Juni 2018, Saya sedang susun itinerary nya. Saya pecinta fotografi jadi targetnya sunset harus dapat Pak 😃

    • Nugroho Christian  |  

      Wah, kalau di bulan Juni (musim panas) sunsetnya mungkin bisa sampai jam 7 malam. Mungkin kamu akan berkejaran dengan waktu. Saran saya, kamu sebaiknya pesan hotel di sekitaran Pantai Shirahama.

  4. Siang mas, mau tanya kalau ke wakayama, air terjun nachi bisakah daytrip?
    Kalau tidak bisa dan harus menginap sebaiknya menginap di wakayama city atau di daerah nachinya?
    thanks.

  5. Malam pak,

    Pak saya mau tanya kalau mau kesini dari Nara bisa langsung dari station Nara ngga ya? apa harus ke Shin Osaka dulu? apa sudah tercover oleh kansai wide pass untuk ke wakayama lalu ke Kuil seigantoji dan nachi falls?

    lama perjalanan dr shin osaka/nara ke wakayama brpa jam? dan dari wakayama ke sini berapa jam?

    kalau mau ke daerah ini dan ke shirahama, enaknya rutenya mana dulu ya pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Nara, ibu bisa naik kereta menuju ke Tennoji di Osaka, supaya bisa naik kereta ekspress langsung ke Stasiun Kii Katsuura.
      Dari Kii Katsuura Station bisa naik bus ke Air Terjun Nachi. Perjalanan dengan kereta ekspress paling cepat adalah 5 jam. Sementara dari Wakayama Station sekitar 3 jam.
      Kalau mau ke Shirahama sama saja bu.. mau duluan ke Shirahama dulu atau sepulangnya dari Kii Katsuura. Namun, mungkin lebih baik ke Air Terjun Nachi lebih dulu, sebab akses busnya lebih terbatas.
      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Keberangkatan kereta pertama Kuroshio 1 dari Shin Osaka Station pukul 07.33, sampai di Kii Katsuura pukul 11:33. Salam

    • Lalu kalau mau ke shirahama dari kii katsuura station naik apa? Apa sudah tercover Kansai Wide?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Bisa naik kereta Kisei Main Line atau nama lainnya Kinokuni Line ke arah Shingu, perjalanan selama 2 jam 10 menit, dan ongkosnya tercover oleh Kansai Wide Area Pass. Salam

  6. Slmt sore pak Nugroho…km sangat tertarik u/ mengunjungi Nachisan Seiganto-Ji Temple dgn latar belakang Nachi Waterfall( suami hobbi foto alam )…mohon bantuannya pak…km dr Shin Osaka JR st. U/ ke tpt ini bs kah pk JR Pass train?…jk ya kereta JR apa? lalu km hrs naik transportasi apa u/ smp ke temple tsb? Dan bs kah km pp(1 day trip) dr Osaka?..tqsm pak u/ bantuannya….km ke Jpng tgl 17 smp 25 apr/17 tiba n plg dr Haneda.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu silakan naik kereta ekspress Kuroshio sampai ke stasiun terdekat, seluruh ongkosnya tercover oleh JR PASS.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!