Kastil Wakayama

Home / Castle / Kastil Wakayama
Item image

Puas berkeliling tempat-tempat wisata di Osaka dan Nara, kesempatan liburan musim panas tahun ini saya isi dengan mengunjungi Prefektur Wakayama. Buat teman-teman yang belum tahu, Wakayama ini letaknya di selatan Osaka dan Nara. Wilayah Wakayama sudah lama dikenal sebagai tempat ziarah agama, khususnya bagi para penganut Buddha Shingon. Setelah mengunjungi Gunung Koya kemarin, perjalanan saya kali ini berlanjut ke pusat kota Wakayama. Kastil Wakayama (Wakayama-jo) dibangun oleh Toyotomi Hideyoshi pada tahun 1585, penguasa wilayah Jepang saat itu. Kompleks kastil ini mirip dengan Kastil Hiroshima atau Kastil Himeji, yang dikelilingi oleh tembok batu dan parit dalam sebagai pertahanan dari serangan musuh. Simak kisah kunjungan saya ke Kastil Wakayama berikut ini.

Kegiatan seru di Kastil Wakayama

1. Berkeliling dan melihat kemegahan kastil Wakayama

Meskipun hampir seluruh bangunan kastil hancur akibat perang dunia kedua, namun pemerintah kota Wakayama berhasil melakukan upaya rekonstruksi (pemugaran) tahun 1958. Sejak saat itulah, area kastil ini juga dibuka untuk publik. Di pintu masuk, kita akan disambut oleh Gerbang Otemon yang megah. Setelah itu, ada juga Gerbang Okaguchi dan kompleks kastil yang terletak di atas bukit. Kompleks kastil ini dikelilingi oleh taman indah dengan ratusan pohon bunga sakura. Di musim semi, taman ini jadi lokasi favorit penduduk Kota Wakayama untuk berkumpul bersama keluarga dan hanami bersama.

Bunga sakura di Kastil Wakayama

Bunga sakura di Kastil Wakayama

Iluminasi taman di sekitaran kompleks kastil di malam hari juga sangat indah. Seperti gambar di bawah ini…keren kan? 

2. Menikmati pemandangan dari atas menara Donjon

Kita bisa masuk ke bangunan Kastil Wakayama, termasuk ke menara penjaga Donjon. Di sini, kita bisa melihat aneka koleksi baju perang, senjata perisai, dan juga pedang yang digunakan oleh para samurai untuk mempertahankan kastil. Dari lantai paling atas menara, kita bisa menikmati pemandangan kota Wakayama, Sungai Kino, dan juga daratan Shikoku dan Samudera Pasifik.

Pemandangan dari atas Kastil Wakayama

Pemandangan dari atas Kastil Wakayama

3. Menikmati keindahan taman tradisional Jepang Nishi-no-Maru

Di dalam kompleks kastil, kita juga bisa mampir sejenak di Taman Nishi-no-Maru (Momijidani), taman lanskap khas Jepang. Perpaduan keindahan kolam, sungai kecil, air terjun, dan juga pepohonan membawa miniatur alam ke dalam satu tempat. Di musim gugur, ratusan pohon maple juga menyajikan pemandangan yang keren banget. Jangan lupa juga berfoto di Ohashi Roka, jembatan lengkung bersejarah yang dibangun di jaman Kekaisaran Edo.

Keindahan taman di kompleks Kastil Wakayama

Keindahan taman di kompleks Kastil Wakayama

4. Melihat patung singa duduk di kompleks Kastil Wakayama

Kastil Wakayama yang terletak di selatan Osaka dan Kyoto terkenal dengan keangkerannya. Itu dikarenakan Kastil Wakayama ini dikelilingi gunung-gunung terjal di Wakayama, sehingga sangat menguntungkan secara geografis. Gunung-gunung ini melindungi Kastil Wakayama dari seluruh penjuru arah ibarat singa yang sedang duduk melingkarkan badannya. Itulah sebabnya Kastil Wakayama sempat dikatakan Kastil Torafusu (dalam bahasa Jepang, tora=singa, fusu=duduk melingkarkan tubuh dalam bahasa Jepang). Teman-teman bisa menemukan patung singa duduk ini di kompleks Kastil Wakayama seperti foto di bawah ini.

4. Lihat atraksi ninja di Kastil Wakayama

Mulai dari tahun lalu, pemerintah kota Wakayama mengadakan atraksi ninja di Kastil Wakayama, seiring dengan makin terkenalnya Ninja ke seluruh dunia. Para Ninja yang adalah mahasiswa di kota Wakayama akan menghibur dengan atraksi Ninja, melempar senjata, bersembunyi di balik batu, atau juga atraksi akrobatik yang keren. Kita juga bisa minta berfoto dengan para ninja yang baik hati itu. Informasi lengkap mengenai tempat di mana bisa menemukan ninja bisa dibaca di halaman berikut (bahasa Jepang).

5. Mampir ke Kebun Binatang Gratis di kompleks Kastil Wakayama

Kastil Wakayama menjadi satu-satunya kastil yang memiliki kebun binatang di Jepang dan telah dibuka sejak jaman Taisho 80 tahun lalu. Di sini kita bisa melihat koleksi binatang beragam: mamalia 13 spesies, burung-burung, dengan total 104 ekor hewan. Biaya masuknya gratis, dan tentu sangat menguntungkan bagi teman-teman yang sedang pergi ke Kastil Wakayama. Sekali mengunjungi tempat wisata, bisa dapat beberapa pengalaman yang tidak terlupakan.

6. Melihat koleksi benda seni modern dari penjuru dunia

Setelah puas berkeliling area kastil dan taman, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Museum Seni Modern Wakayama. Letaknya ada di sebelah selatan kastil. Di museum ini, kita bisa melihat lukisan-lukisan Picasso, Mark Rothko, dan George Segal.

Informasi Tiket Masuk

Untuk masuk dan berkeliling area taman dan bangunan Kastil Wakayama, kita dikenakan biaya tiket masuk seharga 350 yen.

Akses ke Kastil Wakayama

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR Hanwa Line sampai Stasiun Wakayama melalui Stasiun Hineni atau Nishikujo. Lama perjalanannya sekitar 85 menit dengan ongkos 1.240 yen. Dari Stasiun Wakayama, kita bisa naik bus keliling Wakayama selama 10 menit dan turun di halte Koen-Mae, di dekat pintu masuk Kastil wakayama.

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Kyoto Line sampai Stasiun Osaka, kemudian berpindah ke kereta JR Hanwa Line sampai Stasiun Wakayama. Lama perjalanan sekitar 2 jam, dengan ongkos 1.840 yen.

Dari Stasiun Nara, kita bisa naik kereta JR Yamatoji sampai Stasiun Tennoji di selatan koa Osaka, kemudian berpindah ke kereta JR Hanwa Line sampai Stasiun Wakayama. Lama perjalanan sekitar 2 jam, dengan ongkos 1.580 yen.

Recommended Hotels near Wakayama Castle [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Wakayama Daiichi Fuji Hot
1 km away
Wakayama Daiichi Fuji Hotel
from ‎¥4831/night
Smile Hotel Wakayama
0 km away
Smile Hotel Wakayama
from ‎¥6039/night
APA Hotel Wakayama
1 km away
APA Hotel Wakayama
from ‎¥6039/night
Toyoko Inn JR Wakayama-ek
2 km away
Toyoko Inn JR Wakayama-eki
from ‎¥6844/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kastil Wakayama
0 km away
Kastil Wakayama
Pantai Shirahama Wakayama
62 km away
Pasir putih pantai Shirahama di Wakayama
Air Terjun Nachi
90 km away
blog-image
Kuil Kumano Hongu Taisha
70 km away
Bangunan utama Kuil Kumano Hongu Taisha

Sumber gambar: Flickr Paco AlcantaraC|ick, hwgirl, Kyoheyhey


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

  1. Hi Pak Nugroho,

    Saya mau tanya JR Pass yang cocok dgn jadwal:
    14 Apr : TOKYO
    15 Apr : FUJI
    16 Apr : KYOTO
    17 – 20 Apr : OSAKA – NARA – WAKAYAMA
    21 – 22 Apr : AOMORI
    23 – 26 Apr : TOKYO

    Terima kasih :)

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!