Kastil Okayama

Home / Castle / Kastil Okayama
Item image

Kastil Okayama adalah ikon wisata utama Prefektur Okayama. Kastil ini disebut juga kastil gagak atau “Crow Castle” karena dinding luarnya yang berwarna hitam mirip dengan burung gagak, persis dengan Kastil Matsumoto yang ada di Prefektur Nagano. Kastil Okayama ini dibangun oleh Ukita Naoie dan diselesaikan oleh Ukita Hideie, anak adopsi Toyotomi Hideyoshi, pada tahun 1597. Kastil Okayama ini dikelilingi oleh parit-parit besar sebagai pertahanan yang airnya berasal dari Sungai Asahi. Setelah sempat hancur akibat serangan bom selama Perang Dunia II di tahun 1945, akhirnya Pemerintah Okayama membangun kembali Kastil Okayama di tahun 1966, dengan struktur baru yang tahan gempa dan api. Kini, kemegahan Kastil Okayama menyambut kunjungan puluhan ribu wisatawan yang datang ke Okayama.

Kegiatan seru di Kastil Okayama

1. Berkeliling kompleks Kastil Okayama

Begitu masuk ke kompleks kastil, kita akan melewati gerbang besar yang terbuat dari kayu. Selanjutnya ada susunan batu-batu peninggalan bangunan asli kastil yang sempat rusak di tahun 1945. Lalu kita akan melihat Tenshukaku, bangunan utama kastil bertingkat tujuh yang kini digunakan sebagai museum, di mana ada berbagai peralatan perang seperti pedang, perisai, dan juga baju zirah yang berasal dari abad ke-15. Di lantai paling atas, ada area observasi di mana kita bisa melihat pemandangan kota Okayama dari ketinggian.

Bangunan utama Tenshukaku ini dikelilingi oleh taman luas dengan ratusan pepohonan. Kita bisa duduk santai sejenak sambil berinteraksi dengan burung-burung gagak yang hidup bebas di area taman. Tidak ada yang mengetahui asal-usul burung gagak yang hidup di sini, namun beberapa cerita penduduk lokal, burung-burung ini sudah hidup di kompleks kastil sejak kastil dibangun kembali tahun 1966.

Koleksi baju zirah di Kastil Okayama

Koleksi baju zirah di Kastil Okayama

2. Melihat Bunga Sakura di kompleks Kastil Okayama

Kalau teman-teman datang di musim semi, jangan lupa untuk ke taman kompleks Kastil Okayama. Kita bisa berfoto dengan latar belakang Kastil Okayama yang megah dan pohon-pohon bunga sakura yang mekar saat hari-hari hangat di musim semi. Bunga sakura di sini mekar pada sekitar akhir bulan Maret hingga awal April.

3. Merasakan pengalaman menjadi Raja dan Ratu Jepang

Salah satu pengalaman unik di Kastil Okayama adalah kita bisa mencoba menjadi raja dan ratu Jepang. Ada beragam pakaian kimono yang bisa kita sewa, lengkap dengan aksesorisnya termasuk pedang katana bagi wisatawan pria. Sungguh keren! Eits, jangan puas dulu, jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dengan kamera kamu. Lumayan buat kenang-kenangan jalan-jalan seru di Kastil Okayama.

Selain itu, ada juga aktivitas workshop membuat keramik khas Jepang, Bizenyaki. Tenang saja, ada instruktur yang siap mengajari dan mendampingi kita saat mencoba membuat keramik ini. Sebagai catatam Bizenyaki adalah kenang-kenangan khas Okayama yang sangat terkenal. Jadi, daripada membelinya, mengapa kita tidak coba membuatnya langsung?

4. Berkunjung ke Taman Korakuen

Puas berkeliling dan melihat-lihat bangunan kastil Okayama, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke Taman Korakuen yang berada di seberangnya. Taman terbuka di pusat kota Okayama ini adalah tempat favorit penduduk kota untuk olahrga di pagi hari atau bersantai di sore hari. RIbuan pepohonan dan kebun bunga yang cantik dijamin akan menyegarkan pikiran teman-teman. Jangan lupa berfoto di sini ya!

Informasi Tiket Masuk

Tiket masuk ke Kastil Okayama adalah sebesar 300 yen (untuk orang dewasa, di atas 15 tahun) atau 120 yen (untuk anak-anak dibawah usia 15 tahun).

Akses menuju Kastil Okayama

Dari Stasiun Okayama, kita bisa berjalan kaki selama 25 menit ke arah timur (sekitar 2.2 kilometer). Kastil Okayama dapat dengan mudah kita temukan dengan banyaknya papan penunjuk jalan. Atau bisa juga naik tram Higashiyama dari Stasiun Okayama dan turun di Shiroshita. Sampai di Stasiun Tram Shiroshita, kita tinggal berjalan kaki selama 10 menit sampai ke Kastil Okayama.

Selain itu, kita juga bisa naik bus Okaden dengan menuju Okaden Takaya atau bus Ryobi menuju Higashiyama-keiyu Saidiji. Baik bus Okaden maupun Ryobi, kita kemudian bisa turun di pemberhentian Kencho-mae. Dari halte/ pemberhentian kita tinggal berjalan kaki 5 menit sampai ke Kastil Okayama.

Akses menuju Okayama

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 3.5 jam (dengan Nozomi) atau 4 jam (dengan Hikari) dengan ongkos 16.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Selain itu, bisa juga dengan naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda sampai Bandara Okayama. Lama perjalanannya sekitar 75 menit. Harga tiketnya sekitar 36.000 yen, atau dengan sekitar 16.000 yen dengan harga diskon tiket pesawat. Setibanya di Bandara Okayama, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus selama 30 menit menuju Stasiun Okayama.

2. Dari Osaka/ Kyoto

Dari Stasiun Shin-Osaka, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 45 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass. Selain itu, JR Kansai Pass, Kansai Hiroshima Pass, dan Sanyo-Sanin Pass juga mengcover rute dari Osaka sampai ke Okayama.

Jika teman-teman dari Stasiun Kyoto, bisa naik kereta lokal JR Kyoto Line ke Stasiun Shin-Osaka dahulu. Atau kalau mau langsung, tersedia kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 1 jam (Mizuho dan Nozomi) dan 90 menit (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 7.010 yen.

3. Dari Hiroshima

Dari Stasiun Hiroshima, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 35 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Recommended Hotels near Okayama Castle [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Mielparque Okayama
2 km away
Hotel Mielparque Okayama
from ¥4960/night
Hotel AreaOne Okayama
2 km away
Hotel AreaOne Okayama
from ¥5800/night
Hotel Excel Okayama
0 km away
Hotel Excel Okayama
from ¥4716/night
Sauna and Capsule Hotel H
1 km away
Sauna and Capsule Hotel Hollywood
from ¥2700/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Haruyuri芳蘭 徐芳蘭


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!