Museum Seni Ohara

Home / Museum / Museum Seni Ohara
Item image

Setelah puas berjalan-jalan di kota Okayama, seorang teman mengajak saya mengunjungi Kurashiki. Wilayah yang terkenal dengan keindahan kanal-kanalnya yang khas seperti di Venezia ini semakin populer di telinga para wisatawan. Teman-teman bisa membaca cerita kunjungan saya ke Kanal Kurashiki. Nah, mumpung di Kurashiki, kami pun mengunjungi sebuah museum seni yang konon punya koleksi terlengkap di Jepang. Museum Seni Ohara mulai dibuka pada tahun 1930, dan menjadi museum pertama yang menampilkan barang-barang kesenian Eropa. Aneka lukisan dan patung dari Perancis, Italia, Belanda, dan juga Amerika. Di tahun 1961, beberapa lukisan dari pelukis terkenal Jepang seperti Fujishima Takeji dan Koide Tarushige, lalu aneka keramik, kain celup, hingga pahatan kayu juga menambah lengkap koleksi museum ini. Mengunjungi museum ini akan membawa kita ke dunia seni yang unik, di mana kita bisa melihat beragam benda seni dengan aneka bentuk dan keindahannya masing-masing.

Berada di tepi kanal Kurashiki, Museum Seni Ohara terdiri dari 3 bangunan, yakni bangunan galeri utama, gedung Annex, dan Museum Kojima. Museum Seni Ohara ini juga menyandang level bintang Michelin 2, yang berarti pelayanan dan keunikan museum ini sangat baik dan diapresiasi dunia.

Di dalam area bangunan utama, kita bisa melihat aneka koleksi utama museum seni ini, yang mayoritas berasal dari seniman-seniman Eropa. Ada lukisan dari Picasso, “Annunciation” karya El Greco, “Water lilies” karya Monnet, Gauguin, Modigliani, dan juga Rodin. Di bangunan Annex, kita bisa melihat lukisan, keramik, maupun kain celup karya seniman Jepang. Ada juga beberapa barang antik dari China. Kita juga bisa belajar latar belakang karya seni dari rekaman maupun penjelasan yang tersedia dalam bahasa Inggris.

Museum Kojima terpisah dari kedua bangunan lainnya sekitar 200 meter, persisi di seberang Ivy Square. Bangunan museum ini didirikan untuk menghormati seniman Jepang Kojima Torajiro. Kojima adalah seniman Jepang yang termashyur karena lukisan-lukisan bergaya surealis khas Eropa.

Sebelum pulang, teman-teman juga bisa berkunjung ke Museum Shop yang menjual aneka suvenir seperti kartu pos, lukisan mini, kalendar, dan agenda yang hampir semuanya adalah replikasi dari karya-karya seni yang menjadi koleksi di Museum Ohara. Teman-teman juga bisa mampir dan melihat kompleks taman Jepang atau “Nihon Teien” di Museum Seni Ohara yang terkenal dengan estetikanya.

Kemegahan Museum Seni Ohara di Kurashiki

Kemegahan Museum Seni Ohara di Kurashiki

Suasana taman Museum Seni Ohara

Suasana taman Museum Seni Ohara

Informasi Tiket Masuk Museum

Tiket masuk Museum Seni Ohara adalah 1.300 yen untuk orang dewasa, 800 yen untuk mahasiswa, dan 500 yen untuk anak-anak sampai pelajar SMA.

Akses ke Museum Seni Ohara

Museum Seni Ohara terletak di ujung sebelah utara kanal Kurashiki. Area kanal Kurashiki sangat terkenal karena keindahan dan nilai sejarahnya.

Dari Stasiun Okayama, teman-teman bisa naik kereta JR Sanyo Line atau JR Hakubi Line sampai Stasiun Kurashiki. Lama perjalanannya sekitar 17 menit dengan ongkos 320 yen. Dari pintu keluar Stasiun Kurashiki (sebelah selatan), kanal Kurashiki bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 15 menit. Selain itu, tersedia juga bus lokal sampai ke pemberhentian Ohara Bijutsukan di samping Museum Ohara. Lama perjalanannya dengan bus sekitar 2 menit dengan ongkos 170 yen.

Akses menuju Okayama

1. DARI TOKYO

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 3.5 jam (dengan Nozomi) atau 4 jam (dengan Hikari) dengan ongkos 16.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Selain itu, bisa juga dengan naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda sampai Bandara Okayama. Lama perjalananya sekitar 75 menit. Harga tiketnya sekitar 36.000 yen, atau dengan sekitar 16.000 yen dengan harga diskon tiket pesawat. Setibanya di Bandara Okayama, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus selama 30 menit menuju Stasiun Okayama.

2. DARI OSAKA/ KYOTO

Dari Stasiun Shin-Osaka, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 45 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass. Selain itu, JR Kansai Pass, Kansai Hiroshima Pass, dan Sanyo-Sanin Pass juga mengcover rute dari Osaka sampai ke Okayama.

Jika teman-teman dari Stasiun Kyoto, bisa naik kereta lokal JR Kyoto Line ke Stasiun Shin-Osaka dahulu. Atau kalau mau langsung, tersedia kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 1 jam (Mizuho dan Nozomi) dan 90 menit (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 7.500 yen.

3. DARI HIROSHIMA

Dari Stasiun Hiroshima, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 35 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Recommended Hotels near Museum Seni Ohara [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Excel Okayama
17 km away
Hotel Excel Okayama
from ¥4716/night
Hotel Mielparque Okayama
15 km away
Hotel Mielparque Okayama
from ¥4960/night
Sauna and Capsule Hotel H
16 km away
Sauna and Capsule Hotel Hollywood
from ¥2700/night
Hotel Maira
16 km away
Hotel Maira
from ¥6101/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Liwei, chunghao4798,Tsuneharu Kuwahara


Recommended for you


Last modified: April 12, 2017 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!