Taman Korakuen

Home / Park / Taman Korakuen
Item image

Taman Korakuen Okayama berada di peringkat pertama dari tiga taman landskap Jepang terbaik, membuat Taman Kenrokuen Kanazawa dan Taman Kairakuen Ibaraki di posisi kedua dan ketiga. Lokasi taman ini berada di sebelah Kastil Okayama, sebuah perpaduan yang sempurna: bangunan kastil yang megah dan taman yang indah. Dibangun tahun 1687, Taman Korakuen adalah taman pribadi milik penguasa wilayah Okayama. Namun, setelah itu, area taman ini dibuka untuk publik sampai dengan hari ini. Seperti taman landskap Jepang lainnya, kita bisa melihat kolam, bukit buatan, sungai dan jalan setapak, ditambah dengan pepohonan plum, sakura, dan maple yang berbaris rapi. Satu yang tidak mungkin saya lupakan adalah, iluminasi Fantastic Garden Korakuen yang sangat terkenal.

Kegiatan seru di Taman Korakuen

1. Berkeliling dan menikmati keindahan Taman Korakuen

Pada tahun 1687, seorang Daimyo (pemimpin wilayah) bernama Ikeda Tsunamasa karena dia ingin memiliki taman indah yang bisa ditunjukkan kepada para tamunya. Tamannya kemudian selesai pada tahun 1700, setelah pembangunan Kastil Okayama rampung. Itulah mengapa taman ini dikenal juga sebagai  Okayamajo-koen, yang berarti “Taman kastil Okayama.” Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1884, taman ini kemudian diambil alih oleh pemerintah Kota Okayama, yang kemudian membuatnya sebagai taman publik. Artinya, semua orang bisa masuk dan mengunjunginya secara gratis.

Panorama Taman Korakuen di Okayama

Panorama Taman Korakuen di Okayama

Taman Korakuen terletak di sisi utara Sungai Asahi yang membuatnya selalu hijau dan asri. Dengan konsep “jembatan kayu dan pemandangan”, kita akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan dan sungai yang indah. Dengan total area 13,3 hektar, setidaknya kita membutuhkan waktu seharian untuk bisa melihat seluruh sisi taman ini. Namun, yang paling terkenal adalah kolam Sawa-no-ike dengan tiga buah pulau buatan di tengahnya, sebuah replika dari Danau Biwa di Prefektur Shiga.

Pemandangan Taman Korakuen dan Kastil Okayama

Pemandangan Taman Korakuen dan Kastil Okayama

Kemegahan Kastil Okayama dari kejauhan juga menambah lengkap momen kunjungan saya ke sini. Wait stop sebentar, foto-foto dulu ya!

2. Melihat bunga sakura dan momiji

Seperti halnya taman-taman di seluruh Jepang, kita bisa menikmati hanami sakura di sekitaran Taman Korakuen. Meskipun jumlah pohon sakuranya tidak sebanyak Kawazu Izu atau Shinjuku Gyoen di Tokyo, perpaduan bunga sakura, kolam jernih, dan jalan-jalan setapak sudah lebih dari cukup kok! Keren banget deh! Selain itu, kita juga bisa bersantai sejenak di gazebo-gazebo yang biasa digunakan sebagai tempat upacara minum teh, persis seperti gambar berikut ini.

Melihat hanami sakura di Taman Korakuen

Melihat hanami sakura di Taman Korakuen

Belum puas dengan hanami sakura? Tenang, kalau kamu berkunjung di musim lainnya, seperti musim panas atau musim gugur, kita bisa menikmati momiji saat dedaunan pohon maple berubah menjadi kemerahan. Tahun ini iluminasi musim gugur “Genso Teien” dilaksanakan pada 16 November hingga 25 November 2019, dari pukul 18.00-20.30.

Taman Korakuen di musim gugur

Taman Korakuen di musim gugur

Iluminasi Genso Teien di Taman Korakuen Okayama

Iluminasi Genso Teien di Taman Korakuen Okayama

3. Melihat Iluminasi Fantastic Garden di Taman Korakuen

Satu event spesial di Taman Korakuen adalah iluminasinya yang diadakan setiap musim semi dan musim panas. Iluminasi ini biasanya diadakan malam hari setelah jam beroperasi taman selesai, dan kita bisa melihat keindahan taman yang yang diterangi oleh lampu-lampu hias. Kita bisa menikmati pemandangan berbeda dengan siang hari, di mana kastil Okayama dan taman sekeliling nampak lebih indah kontras dengan kegelapan malam. Kalau boleh jujur, Tim Info Jepang merasa pemandangan saat iluminasi malam hari sepertinya lebih bagus daripada sewaktu datang di siang hari.

Iluminasi Fantastic Garden musim panas diadakan setiap bulan Agustus, mulai dari tanggal 1-31 Agustus 2019, mulai dari pukul 18.00-21.30. Jika biasanya taman hanya buka pada jam 07.30-18.00, maka saat iluminasi taman buka pukul 21.30. Biaya masuknya adalah 400 yen untuk dewasa (15 tahun ke atas).

Teman-teman juga bisa melihat Iluminasi Fantastic Garden musim semi yang diadakan saat liburan Golden Week di Jepang, tanggal 27 April sampai 6 Mei 2019. Biaya masuk dan jam beroperasi taman Korakuen sama dengan ssat iluminasi musim panas.

Iluminasi Fantastic Garden di Taman Korakuen

Iluminasi Fantastic Garden di Taman Korakuen

Informasi Tiket Masuk

Tiket masuk ke ke taman adalah sebesar 400 yen untuk dewasa. Selain itu tersedia paket tiket seharga 560 yen untuk masuk ke Taman Korakuen dan Kastil Okayama.

Akses menuju Taman Korakuen

Taman Korakuen berada di seberang kompleks Kastil Okayama, dipisahkan oleh sungai Asahi. Dari Stasiun Okayama, kita bisa berjalan kaki selama 25 menit ke arah timur (sekitar 2.2 kilometer). Kastil Okayama dapat dengan mudah kita temukan dengan banyaknya papan penunjuk jalan. Atau bisa juga naik tram Higashiyama dari Stasiun Okayama dan turun di Shiroshita. Sampai di Stasiun Tram Shiroshita, kita tinggal berjalan kaki lurus sejauh 350 meter sampai menyeberangi sungai. Taman Korakuen dapat dilihat setelah menyeberang jembatan.

Selain itu, kita juga bisa naik bus Okaden dengan menuju Okaden Takaya atau bus Ryobi menuju Higashiyama-keiyu Saidiji. Baik bus Okaden maupun Ryobi, kita kemudian bisa turun di pemberhentian Kencho-mae. Dari halte/ pemberhentian kita tinggal berjalan kaki 5 menit sampai ke Kastil Okayama.

Akses menuju Okayama

1. DARI TOKYO

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 3.5 jam (dengan Nozomi) atau 4 jam (dengan Hikari) dengan ongkos 16.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Selain itu, bisa juga dengan naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda sampai Bandara Okayama. Lama perjalananya sekitar 75 menit. Harga tiketnya sekitar 36.000 yen, atau dengan sekitar 16.000 yen dengan harga diskon tiket pesawat. Setibanya di Bandara Okayama, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus selama 30 menit menuju Stasiun Okayama.

2. DARI OSAKA/ KYOTO

Dari Stasiun Shin-Osaka, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 45 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass. Selain itu, JR Kansai Pass, Kansai Hiroshima Pass, dan Sanyo-Sanin Pass juga mengcover rute dari Osaka sampai ke Okayama.

Jika teman-teman dari Stasiun Kyoto, bisa naik kereta lokal JR Kyoto Line ke Stasiun Shin-Osaka dahulu. Atau kalau mau langsung, tersedia kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 1 jam (Mizuho dan Nozomi) dan 90 menit (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 7.500 yen.

3. DARI HIROSHIMA

Dari Stasiun Hiroshima, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 35 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Recommended Hotels near Korakuen Garden [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sauna and Capsule Hotel H
1 km away
Sauna and Capsule Hotel Hollywood
from ¥2700/night
Hotel Mielparque Okayama
2 km away
Hotel Mielparque Okayama
from ¥4960/night
Hotel Excel Okayama
1 km away
Hotel Excel Okayama
from ¥4716/night
City Hotel Ikeda
1 km away
City Hotel Ikeda
from ¥5400/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Esprit Ja Ja, Haruyuri, Naoaki Miwa, paiyan-, Hiro Iruya, joezhou98, Okayama Prefecture Official Tourism Guide


Recommended for you


Last modified: June 23, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (2)

    • Nugroho Christian  |  

      Tiket masuk ke ke taman adalah sebesar 400 yen untuk dewasa. Selain itu tersedia paket tiket seharga 560 yen untuk masuk ke Taman Korakuen dan Kastil Okayama.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!