Museum Dinosaurus Fukui

Home / Attraction / Museum Dinosaurus Fukui
Item image

Graaaaw….hawwr….suara geraman Tyrannosaurus Rex yang sedang mengintai mangsanya. T-Rex adalah sapaan dinosaurus yang kita kenal sebagai yang paling seram, buas, dan menakutkan dari semua jenis dinosaurus yang ada. Setidaknya itulah yang kita lihat dari film-film bertema dinousaurus. Replika T-Rex, Fukui-raptor, dan dinosaurus lainnya menyapa kunjungan saya ke Museum Dinosaurus Fukui Jepang. Saya begitu terpesona dengan makhluk purbakala yang sudah ada di bumi ribuan tahun yang lalu sejak kecil. Ukuran tubuh yang besar dengan bentuk-bentuk yang unik membuat dinosaurus selalu menggugah rasa ingin tahu saya. Di rumah, ada beberapa buku yang bercerita mengenai sejarah dinosaurus. Nah, rasa ingin tahu mengenai dinosaurus inilah yang mengantarkan saya pergi ke Fukui, lebih tepatnya ke Kota Katsuyama.

Museum Dinosaurus Fukui atau juga dikenal dengan Fukui Kenritsu Kyoryu Hakubutsukan adalah satu-satunya museum di Jepang yang didedikasikan untuk pembelajaran dan riset lanjutan mengenai dinosaurus. Perlu teman-teman ketahui, Prefektur Fukui sudah lama menjadi lokasi penggalian fosil dinosaurus yang tinggal di Jepang, khususnya di wilayah Katsuyama. Proses penggalian dan penelitian dimulai sejak tahun 1989, dan sudah ditemukan beberapa fosil seperti Fukuisaurus, Fukuiraptor, dan juga Fukuititan. Museum dinosaurus Fukui ini menjadi salah satu dari tiga museum dinosaurus terbesar di dunia.

Desain bangunan yang futuristik (tanpa tiang penyangga di tengah-tengah bangunan) dengan koleksi fosil berpadu dengan teknologi canggih membuat museum ini masuk ke dalam tiga Museum Dinosaurus terbaik di dunia, bersama dengan Royal Tyrrell Museum di Kanada dan Museum Dinosaurus Zigong yang ada di China. Museum ini didirikan oleh Kisho Kurokawa pada tahun 2000, dengan total bangunan 3 hektar, dan menjadi salah satu museum terluas di Jepang.

Di area pintu masuk, saya dan pengunjung lainnya disambut dengan video perkenalan mengenai Museum Dinosaurus Fukui. Kita dikenalkan dengan sejarah penggalian fosil dinosaurus di Fukui, pembangunan museum ini, ulasan singkat tentang sejarah dan koleksi museum. Selain itu juga ada area “Dino Street” atau “jalanan Dino” yang memajang aneka replika fosil dinosaurus pertama yang hidup di bumi.

Jam sekarang sudah menunjukkan pukul 10.30. Perjalanan saya berkeliling bangunan museum empat lantai ini berlanjut. Saya kemudian naik ke lantai dua di mana ada banyak replika fosil dinosaurus yang sudah dirangkai. Berdiri di bawah fosil ini dan membayangkan dinosaurus sebesar ini di hadapan kita langsung membuat saya sedikit takut. Beberapa pengunjung lainnya juga berkata serupa, amazing. Pernahkah kamu terbayang makhluk sebesar ini hidup berdampingan dengan kita?

Halaman depan Museum Dinosaurus Fukui

Halaman depan Museum Dinosaurus Fukui

Nah, satu lagi yang buat museum ini kelihatan keren banget (ya iyalah secara Jepang gitu!). Ada robot-robot berbentuk dinosaurus yang bergerak dan bersuara layaknya dinosaurus sungguhan. Berpadu dengan latar belakang pepohonan yang begitu nyata, spot-spot ini adalah incaran para pengunjung untuk berfoto ria. Kita bahkan bisa berfoto memegang dinosaurus!

Di area permainan anak-anak, para pengunjung akan diajak berkenalan dengan formasi batuan bumi di masa lampau yang bersatu dan membentuk benua raksasa bernama Pangaea. Itulah mengapa dinosaurus bisa ditemukan hampir di seluruh dunia padahal mayoritas bukanlah perenang handal. Samai hari ini, ternyata bumi kita terus bergerak, ada yang menjauh dan ada juga yang semakin mendekat.

Yang tidak boleh dilewatkan adalah area Laboratorium Dinosaurus atau Dino Lab. DI sini kita bisa melihat proses penelitian dan penggalian fosil, proses pembersihan, hingga analisa fosil untuk menentukan jenis dinosaurus apa. Lalu juga ada analisa atau rekaan teknik yang memberikan gambaran fosil yang ditemukan dalam database fosil lainnya. Hasilnya? Satu per satu fosil yang disusun dan menjadi satu replika yang amazing banget!

Puas berjalan-jalan dan melihat beragam koleksi, saya naik ke lantai tiga. Di lantai ini ada toko museum yang menjual beragam oleh-oleh, restoran, dan juga area teater. Area teaterini sering untuk acara-acara spesial seperti diskusi mengenai dinosaurus atau saat ada exhibit non-permanent yang didatangkan dari wilayah lain.

Informasi Tiket Masuk

Kita dikenai biaya tiket masuk sebesar 720 yen (untuk orang dewasa) dan 260 yen (untuk anak-anak sekolah sampai SMP). Untuk anak di bawah usia 6 tahun, tidak dikenakan biaya tiket masuk. Harga yang cukup murah untuk melihat beragam koleksi dan teknologi keren yang membuat kita bisa mengenal dinosaurus lebih dekat.

Akses ke Museum Dinosaurus Fukui

Dari Stasiun Fukui, teman-teman bisa naik kereta Eiheiji Line atau Echizen sampai stasiun akhir yakni Stasiun Katsuyama. Lama perjalanan sekitar 55 menit dengan ongkos 770 yen. Setelah tiba di Stasiun Katsuyama, kita bisa keluar lewat pintu timur dan naik bus langsung menuju ke museum.

Tersedia tiket combo yang dijual di Stasiun Fukui seharga 1.900 yen. Tiket combo ini sudah termasuk tiket kereta pulang pergi Fukui-Katsuyama, tiket bus, dan juga tiket masuk museum. Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli tiket ini supaya bisa memperoleh keuntungan dan jatuhnya lebih murah.

Dinosaurus di depan stasiun Fukui

Dinosaurus di depan stasiun Fukui

Akses ke Fukui

Dari Tokyo

Teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Maibara di Prefektur Shiga (hanya Shinkansen Hikari dan Kodama yang berhenti di Maibara). Lama perjalanan sekitar jam 2 jam dengan ongkos 11.880 yen. Dari Maibara, kita kemudian lanjut naik kereta limited ekspress Shirasagi sampai Stasiun Fukui selama 70 menit dengan ongkos 2.840 yen. Semua rute ini tercover oleh JR PassTokyo Osaka-Hokuriku Arch Pass, dan Takayama Hokuriku Pass.

Dari Kyoto atau Osaka

Kalau dari Kyoto atau Osaka, teman-teman bisa naik kereta limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Fukui. Lama perjalanan sekitar 80-90 menit dengan ongkos 4.420 yen (dari Stasiun Kyoto) atau 110-120 menit dengan ongkos 5.510 yen (dari Stasiun Osaka). Semua rute ini tercover oleh JR Pass atau Takayama Hokuriku Pass.

Dari Kanazawa

Teman-teman yang sedang ada di Kanazawa, Takaoka, atau Toyama, bisa naik kereta limited ekspress Thunderbird dari Stasiun Kanazawa sampai Stasiun Fukui. Lama perjalanan sekitar 40 menit dengan ongkos 2.500 yen. Semua rute ini tercover oleh JR Pass atau Takayama Hokuriku Pass.

Cheap Hotels near Fukui Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Fujita Fukui
26 km away
Hotel Fujita Fukui
from ¥5813/night
Terminal Hotel Fukui
25 km away
Terminal Hotel Fukui
from ¥5605/night
Toyoko Inn Fukui Ekimae
26 km away
Toyoko Inn Fukui Ekimae
from ¥5813/night
Hotel Route-Inn Fukui Eki
26 km away
Hotel Route-Inn Fukui Ekimae
from ¥6954/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Ninja Myoryuji
54 km away
Pintu masuk Kuil Ninja Myoryuji
Pasar Omicho Ichiba
56 km away
Pintu masuk Pasar Omicho Ichiba di Kanazawa
Kanazawa Castle
55 km away
Museum Seni Kanazawa
55 km away
Human gallery di Museum Seni Kanazawa

Sumber gambar: Flickr Kazuya IRIE, Emran Kassim, Lillakanarie


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

  1. Hallo ,

    Mau tanya kl dr osaka – fukui – tokyo rutenya gimana ya? Bisakah dlm 1 hr mampir musium dino?

    Naik apa saja? Tercover jr pass smua? Apakah harus beli tiket combo lg?

    Terimkasih sblmnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa naik kereta ekspress Thunderbird sampai ke Fukui Station, kemudian naik kereta Eiheiji Line atau Echizen sampai stasiun akhir yakni Stasiun Katsuyama. Lama perjalanan sekitar 55 menit dengan ongkos 770 yen. Setelah tiba di Stasiun Katsuyama, kita bisa keluar lewat pintu timur dan naik bus langsung menuju ke museum. Ibu bisa membeli Combo Tiket bu, karena jalur keretanya bukan jalur kereta JR.
      Pulangnya ibu bisa kembali ke Fukui Station, kemudian naik Thunderbird sampai di Kanazawa Station, dan kemudian naik Hokuriku Shinkansen sampai ke Tokyo. Salam

    • Terimakasih pak jawabannya.

      Naik kereta thunderbird dari station osaka atau shin osaka? Jd yg dicover jr pass hanya hokuriku dr fukui – tokyo ya pak. Sisanya pk pasmo/suica?

      1 hari ckp kan ya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kereta Thunderbird melewati Osaka Station dan Shin Osaka station bu. JR PASS mengcover ongkos sampai Fukui Station.
      Ongkos dari Fukui Station sampai ke stasiun terdekat dengan Museum Dinosaurus Fukui tidak tercover dengan JR PASS. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!