Info Wisata di Okayama

You are here Home  > Wisata Jepang >  Info Wisata di Okayama

Okayama adalah kota kedua terbesar di area Chugoku di selatan Pulau Honshu, setelah kota Hiroshima. Okayama berkembang pesat khususnya semenjak Perang Dunia Kedua sebagai kota pertahanan di sisi selatan Jepang bersama dengan Hiroshima dan Nagasaki. Sempat digempur semasa perang, Okayama kini jadi pusat industri dan ekonomi terbesar yang terhubung dengan Pulau Shikoku. Mari simak kisah kunjungan saya ke Okayama di tahun 2016 kemarin dalam Info Wisata di Okayama berikut ini.

Kegiatan Seru Wisata di Okayama

1. Kastil Okayama

Kastil Okayama adalah ikon wisata utama Prefektur Okayama. Kata orang, belum ke Okayama kalau belum berfoto dengan latar belakang Kastil ini dikenal dengan sebutan kastil gagak atau “Crow Castle” karena dinding luarnya yang berwarna hitam mirip dengan burung gagak. Selain bisa menikmati pemandangan taman kastil yang indah, kita bisa mencoba beragam atraksi favorit yang tersedia di dalam kastil, seperti memakain kimono atau membuat Bizenyaki (keramik khas Jepang). Dari lantai paling atas, kita bisa melihat pemandangan kota Okayama dari ketinggian.

Wisata di Okayama Megahnya Kastil Okayama daya tarik wisata Okayama
Megahnya Kastil Okayama daya tarik wisata Okayama

2. Taman Korakuen

Bicara soal taman landskap Jepang, Taman Korakuen Okayama berstatus sebagai taman terindah bersama dengan Taman Kenrokuen Kanazawa di Tokyo dan Taman Kairakuen di Ibaraki. Taman Korakuen ini awalnya masuk sebagai taman Kastil Okayama, namun sejak tahun 1884, taman ini dijadikan taman publik oleh pemerintah kota Okayama. Selain menjadi spot hanami terkenal di Okayama, kita juga bisa melihat kolam Sawa-no-ike dengan tiga buah pulau buatan di tengahnya, sebuah replika dari Danau Biwa di Prefektur Shiga.

Wisata di Okayama Keindahan Taman Korakuen di Okayama
Keindahan Taman Korakuen di Okayama

3. Distrik Bikan atau Kurashiki

Distrik Bikan terkenal dengan arsitektur bangunannya yang unik. Atap genteng, warna tembok putih hitam, berjejer rapi di tepi kanal. Bikan adalah tempat dimana kehidupan lama dan modern berpadu serasi dengan pesona alam dan tempat wisata belanja. Para turis mancanegara menyebut daerah ini dengan Kanal Kurashiki, tempat paling asyik untuk jalan-jalan menyelami budaya Okayama, sekaligus makan atau berfoto santai bersama dengan teman atau pasangan.

Salah satu atraksi yang jangan sampai terlewat adalah naik kapal “Kurashiki Kawabune Nagashi”. Kurashiki sering disebut sebagai “Japanese Venice” yang punya pemandangan dan suasana kota air Venice di Italia yang terkenal. Malam harinya, pemandangan lampu di tepian kanal juga menawarkan pengalaman jalan-jalan malam yang sungguh romantis.

Pemandangan malam Kanal Kurashiki di Okayama
Pemandangan malam Kanal Kurashiki di Okayama

4. Museum Seni Ohara

Museum Seni Ohara didirikan pada tahun 1930 oleh pegusaha tekstil Jepang terkenal bernama Magosaburo Ohara. Museum Ohara kemudian menjadi museum Jepang pertama yang menampilkan barang-barang kesenian Eropa, seperti aneka lukisan dan patung dari Perancis, Italia, Belanda, dan juga Amerika. Karya-karya Cezanne, Degas, El Greco, Gauguin, Monet, Munch, dan Picasso bisa kita lihat di museum ini.

Kurashiki memang terkenal sebagai kota dengan banyak museum seni. Selain Museum Seni Ohara, kita juga bisa mengunjungi Museum Kerajinan Kurashiki (Flokcraft Museum) yang mempresentasikan kehidupan penduduk dan kebudayaan Kurashiki. Lalu ada Museum Seni Tradisional Okayama yang didirikan oleh arsitek terkenal Jepang Kenzo Tange, Museum Arkeologi Kurashiki dengan koleksi artefak bersejarahnya. Dan terakhir, museum favorit saya, yakni Museum Mainan Jepang yang juga menjual aneka permainan tradisional Jepang sebagai suvenir.

5. Mall Ivy Square

Berjalan terus di sepanjang kanal Kurashiki kita bisa melihat Ivy Square, pusat perbelanjaan terkenal dengan arsitektur yang unik. Di depannya, ada alun-alun luas di mana sering diadakan acara pertunjukan musik atau beer garden setiap akhir pekan. Di dalamnya, kita bisa menemukan berbagai jenis kafe dan restoran, onsen publik, hingga toko oleh-oleh khas Hakata.

Wisata di Okayama Alun-alun Ivy Square Okayama dengan desain arsitektur yang unik
Alun-alun Ivy Square Okayama dengan desain arsitektur yang unik

Akses Wisata di Okayama

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 3.5 jam (dengan Nozomi) atau 4 jam (dengan Hikari) dengan ongkos 16.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Selain itu, bisa juga dengan naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda sampai Bandara Okayama. Lama perjalananya sekitar 75 menit. Harga tiketnya sekitar 36.000 yen, atau dengan sekitar 16.000 yen dengan harga diskon tiket pesawat. Setibanya di Bandara Okayama, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus selama 30 menit menuju Stasiun Okayama.

2. Dari Osaka/ Kyoto

Dari Stasiun Shin-Osaka, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 45 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass. Selain itu, JR Kansai Pass, Kansai Hiroshima Pass, dan Sanyo-Sanin Pass juga mengcover rute dari Osaka sampai ke Okayama.

Jika teman-teman dari Stasiun Kyoto, bisa naik kereta lokal JR Kyoto Line ke Stasiun Shin-Osaka dahulu. Atau kalau mau langsung, tersedia kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 1 jam (Mizuho dan Nozomi) dan 90 menit (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 7.500 yen.

3. Dari Hiroshima

Dari Stasiun Hiroshima, teman-teman bisa naik kereta Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Okayama. Lama perjalanannya sekitar 35 menit (Mizuho dan Nozomi) 1 jam (dengan Sakura atau Hikari) dengan ongkos 5.500 yen. Untuk kereta shinkansen Hikari tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

Untuk ke Kurashiki, teman-teman bisa naik kereta JR Sanyo Line atau JR Hakubi Line sampai Stasiun Kurashiki. Lama perjalanannya sekitar 17 menit dengan ongkos 320 yen. Dari pintu keluar Stasiun Kurashiki (sebelah selatan), kanal Kurashiki bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 10-15 menit.

Recommended Hotels near Okayama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sauna and Capsule Hotel H
Sauna and Capsule Hotel Hollywood
from ¥2700/night
Hotel Maira
Hotel Maira
from ¥6101/night
Hotel AreaOne Okayama
Hotel AreaOne Okayama
from ¥5800/night
Hotel Excel Okayama
Hotel Excel Okayama
from ¥4716/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Geoff WhalanSteFou!張 家寧Toshihiro Gamo

 


Recommended for you

Last modified: July 9, 2017

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!