Bukit Pasir Tottori

Home / Attraction / Bukit Pasir Tottori
Item image

Gurun pasir adalah sebutan untuk wilayah luas dengan iklim kering. Wilayah ini identik dengan pasir, kaktus, dan air yang sangat sedikit. Terbayang di pikiran kita mengenai gurun pasir yang ada di dataran Arab atau gurun pasir Sahara yang sangat terkenal. Tapi, tahukah teman-teman bahwa Jepang juga memiliki gurun pasir? Ah yang benar saja! Jepang kan daerah subtropis, merasakan musim dingin juga bahkan, masa sih ada gurun pasirnya? Meskipun bukan berbentuk gurun pasir, namun bukit pasir Tottori sudah lebih dari cukup memberi kita “gambaran” mengenai gurun pasir. Bisa dibilang, bukit pasir Tottori adalah salah satu dari spot atau tempat wisata unik yang ada di Jepang. Hanya ada satu di Jepang, dan lokasinya ada di Prefektur Tottori, di tepi Laut Jepang. Meskipun awalnya dianggap tidak logis secara ilmiah, namun kini Bukit Pasir Tottori (Tottori Sand Dunes) menjadi daya tarik utama kota Tottori sejak beberapa tahun terakhir. Dengan hampir 2 juta pengunjung setiap tahunnya, ada banyak kegiatan wisata seru yang bisa kita lakukan di Bukit Pasir Tottori.

Kegiatan seru di Bukit Pasir Tottori

1. Melihat bukit pasir layaknya gurun di Jepang

Bukit pasir Tottori meliputi area seluas hampir 30 kilometer persegi, sejauh mata memandang, hamparan pasir benar-benar membawa kita merasakan suasana gurun. Namun, sesungguhnya pasir ini berasal dari letusan Pegunungan Chugoku yang dibawa sungai Sendai menuju Laut Jepang di sisi utara. Pasir-pasir yang ada di dasar laut kemudian terbawa oleh arus bawah laut dan ombak ke daratan tepi pantai, terus menerus selama ribuan tahun hingga akhirnya membentuk bukit pasir Tottori. Kini area bukit pasir Tottori masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Sanin Kaigan.

Pemandangan laut dari Tottori Sand Dunes

Pemandangan laut dari Tottori Sand Dunes

Begitu uniknya tempat ini membuat hampir 2 juta pengunjung datang ke sini setiap tahunnya. Mayoritas berasal dari wilayah Asia dan Australia. Saran Tim Info Jepang, hindari datang ke sini pada musim panas (Juli-Agustus) karena cuacanya yang sangat panas dan kering, sehingga kita akan sangat mudah sakit. Teman-teman bisa datang ke sini di awal musim semi, akhir musim gugur, atau saat musim dingin yang secara iklim atau cuaca lebih bersahabat.

Untuk bisa menikmati pengalaman padang pasir di Tottori, kita tidak dipungut biaya alias gratis. Mari nikmati pemandangan dan semilir angin yang berhembus menerpa wajah kita.

Menikmati padang pasir Tottori

Menikmati padang pasir Tottori

2. Berkunjung ke Museum Pasir

Museum Pasir di Tottori menampilkan aneka patung pasir dari beragam seniman dunia. Dahulu, patung-patung ini ditaruh di luar sebagai hiasan, namun sejak tahun 2012, dibangunlah bangunan museum untuk menyimpan dan menampilkan patung-patung ini. Museum Pasir buka dari jam 09.00 sampai jam 18.00 (atau sampai jam 20.00 saat akhir pekan) dengan tiket masuk sebesar 600 yen (untuk orang dewasa). Setiap tahunnya ada acara spesial yang diadakan sejak pertengahan April sampai Januari, khusus untuk tahun 2017 ini diambil tema mengenai negara Amerika Serikat.

3. Biar lengkap, coba naik unta dan berfoto-foto!

Mumpung lagi di bukit pasir alias gurun jadi-jadian, coba juga naik unta layaknya seorang musafir atau pedagang zaman dahulu. Unta-unta di sini sudah jinak kok karena memang sengaja dipelihara sebagai atraksi. Saat naik unta, jangan lupa berselfie atau minta kepada sang pawang untuk mengambilkan foto kita. Wah kerennya!

Coba naik unta di Tottori Sand Dunes

Coba naik unta di Tottori Sand Dunes

Kalau teman-teman mau mencoba atraksi naik unta, bisa membayar 1.300 yen (satu orang) atau 2.500 yen (paket berpasangan/ 2 orang). Atraksi ini tersedia dari jam 09.30-16.30 (bulan Maret-November) dan jam 10.00-16.00 (bulan Desember-Februari). Saat musim dingin, kita tetap bisa naik unta kok!

Selain itu, ada juga atraksi permainan baru seperti paragliding dan sandboarding (berselancar tapi di atas pasir).

Akses ke Bukit Pasir Tottori

Dari Stasiun Tottori, kita bisa naik bus kota yang menuju Tottori Sakyu dan berhenti di halte atau pemberhentian terakhir. Busnya berangkat setiap 1 jam sekali dari halte bernomor #0 di depan Stasiun Tottori. Lama perjalanannya sekitar 20 menit dengan ongkos 370 yen.

Pada hari libur maupun akhir pekan, ada bus Kirin Jishi Loop Bus yang beroperasi dari Stasiun Tottori ke Tottori Sand Dunes. Teman-teman bisa naik loop bus A sampai ke bukit pasir selama 25 menit. Ongkosnya 300 yen.

Akses ke Tottori

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Kyoto, Stasiun Shin-Osaka, atau Stasiun Himeji. Lalu berpindah ke kereta limited ekspress Super Hokuto sampai Stasiun Tottori. Lama perjalanannya sekitar 6-6,5 jam dengan total ongkos 17.750 yen. Rute dari Tokyo sampai Tottori tidak tercover sepenuhnya dengan JR Pass. Kita harus menambah ongkos 1.820 yen untuk kereta Super Hokuto yang dioperasikan oleh perusahaan swasta.

Selain itu, tersedia juga bus malam dari Tokyo (dari Shinjuku atau Shinagawa) sampai Stasiun Tottori. Lama perjalanannya sekitar 9-10 jam dengan ongkos 10.000 yen.

Terakhir, kita bisa naik pesawat domestik Maskapai ANA dari Bandara Haneda sampai Bandara Tottori. Lama perjalanannya sekitar 75 menit. Harga tiketnya sekitar 28.000-31.000 yen, atau sekitar 16.000-20.000 yen untuk tiket penerbangan murah. Dari Bandara Tottori, tersedia bus sampai Stasiun Tottori. Lama perjalananannya 20 menit dengan ongkos 460 yen.

2. Dari Kyoto/ Osaka

Dari Stasiun Kyoto atau Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta limited ekspress Super Hokuto sampai Stasiun Tottori. Lama perjalanannya sekitar 3 jam dengan ongkos 7.550 yen (dari Kyoto) atau 2,5 jam dengan ongkos 6.470 yen (dari Osaka). Ongkos kereta Super Hokuto tidak tercover sepenuhnya dengan JR Pass, namun tercover sepenuhnya dengan JR Kansai Wide Pass. Kita harus menambah ongkos 1.820 yen lagi. Kereta limited ekspress Super Hokuto berangkat setiap 2 jam sekali (paling pagi jam 07.06 sampai 19.35), dan melalui Stasiun Osaka, Stasiun Shin-Osaka, Stasiun Himeji, Stasiun Ohara sampai Stasiun Tottori.

3. Dari Hiroshima

Dari Stasiun Hiroshima, kita bisa naik kereta shinkansen sampai Stasiun Himeji, dilanjutkan dengan kereta limited ekspress Super Hokuto sampai Stasiun Tottori. Lama perjalanannya sekitar 4 jam dengan ongkos 11.220 yen. Ongkos kereta Super Hokuto tidak tercover sepenuhnya dengan JR Pass. Kita harus menambah ongkos 1.820 yen lagi. Kereta limited ekspress Super Hokuto berangkat setiap 2 jam sekali (paling pagi jam 08.36 sampai 21.08).

Cheap Hotels in Tottori [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Tottori City Hotel
5 km away
from ¥5161/night
Drop Inn Tottori
5 km away
Drop Inn Tottori
from ‎¥3300/night
APA Hotel Tottori Ekimae
5 km away
from ¥4756/night
Toyoko Inn Tottori Eki Mi
5 km away
from ¥5161/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr cotaro70s, Free Images, mstk east


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Close Comments

Comments (6)

  1. Selamat Siang, Mas Nugroho mau minta saran. Karena keterbatasan waktu, saya lebih baik ke Kyoto / Osaka atau ke Tottori ya. Rencana hari sebelumnya saya mengunjungi Hiroshima full day, kemudian menginap di Okayama dan berjalan-jalan di Okayam, Himeji , Kobe dan menginap lagi Okayama. Saya minta saran untuk mengunjungi Kyoto / Osaka atau Tottori. Pertimbangan saya ke Tottori karena saya pikir orang Indonesia masih jarang ketempat ini, tapi Kyoto / Osaka sudah banyak orang Indonesia yang mengunjungi.Terima kasih atas saran dan balasan

    • saya ke Jepang bulan April 2018, saya akan kembali dari Tokyo. Rencana setelah dari (tottori / kyoto) saya akan ke kanazawa. Kalau dari jarak tempuh, saya memilih kyoto / osaka, kemudian lanjut ke Kanazawa.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau bulan April, berarti ada banyak bunga-bunga yang bisa dilihat di kebun Tottori Hanakairo. Namun seperti yang ibu katakan, perjalanan ke Tottori itu berlawanan arah dengan ke Kanazawa atau Tokyo. Kemudian dari Kyoto, perlu waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke Tottori. Kalau dilihat waktu pulang-perginya, sudah seharian habis di Tottori. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Masuk ke padang pasirnya gratis, namun kalau mau ke museum pasirnya harus bayar 600 yen. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!