Kastil Hikone

Home / Attraction / Kastil Hikone
Item image

Hikone adalah kota wisata yang terletak pantai timur Danau Biwa di Prefektur Shiga di timur Kyoto. Meskipun kota ini adalah kota terbesar di Shiga bersama dengan Otsu, namun suasana Hikone ini cukup sepi. Mungkin karena mayoritasnya pergi untuk bekerja di Kyoto setiap harinya. Hikone sendiri bisa dicapai dengan 45 menit perjalanan naik kereta dan sangat pas dijadikan sebagai perjalanan sampingan (side-trip) buat teman-teman yang sedang di Kyoto. Kastil Hikone dan Taman Genkyuen adalah dua objek wisata utama Hikone yang sudah dikenal luas. Keindahan Kastil Hikone yang mirip dengan Kastil Himeji Hyogo dengan tamannya yang indah membuat ribuan pengunjung datang ke Hikone setiap harinya. Simak lanjutan perjalanan kami berkeliling ke Danau Biwa sambil mengeksplorasi Hikone dan mengunjungi objek-objek wisata seru yang ada di sini.

4 Kegiatan Wisata Seru di Hikone

1. Melihat Hanami dan pemandangan dari atas Kastil Hikone

Bersama dengan Kastil Himeji, Kastil Hikone masuk ke dalam jajaran kastil terindah di Jepang. Kastil Hikone dibangun sekitar tahun 1603 oleh Ii Naokatsu dan diselesaikan oleh saudaranya Naotake yang menjadi seorang menteri di masa kekuasaan Tokugawa. Kuil Hikone dibangun di atas bukit Konkizan di pusat kota Hikone. Jika kebetulan sedang berkunjung ke Hikone di bulan April, jangan lewatkan juga kesempatan menikmati keindahan bunga sakura (hanami) di area taman sekitar kastil. Hanami sakura di Hikone biasanya berlangsung pada minggu kedua April atau seminggu setelah hanami di Kyoto atau Tokyo, pas banget buat teman-teman yang terlewat tidak sempat melihat bunga sakura di kedua kota tersebut.

Pemandangan hanami bunga sakura di Kastil Hikone

Pemandangan hanami bunga sakura di Kastil Hikone

Dari lantai 3 bangunan menara donjon kastil, kita bisa melihat keindahan Danau Biwa dan juga Taman Genkyuen. Untuk mencapai area kastil, kita bisa berjalan kaki selama 10 menit dari Stasiun Hikone ke arah barat. Kastil Hikone dibuka untuk umum dari jam 08.30-17.00 dengan harga tiket masuk 600 yen (sudah termasuk tiket masuk Taman Genkyuen juga).

Pemandangan dari atas Kastil Hikone

Pemandangan dari atas Kastil Hikone

2. Jangan lupa mampir ke Taman Genkyuen

Taman Genkyuen terletak persis di depan Kastil Hikone, dan dahulu dijadikan sebagai taman pribadi tempat peristirahatan keluarga Naotake dan tamu dari penguasa Tokugawa. Seperti umumnya taman landskap Jepang lainnya, kita bisa melihat perpaduan berbagai unsur alam seperti danau, hutan, sungai, bukit, dan kebun bunga dalam satu tempat. Teman-teman bisa berjalan menyusuri jalan setapak di sekeliling kolam maupun menyeberang ke pulau-pulau kecil di tengah kolam.

Kita juga bisa beristirahat sejenak di bangunan kedai teh tradisional Jepang yang ada di tepi kolam. Suasana dalam kedai teh ini dibuat layaknya kedai teh jaman dahulu. Cukup dengan 500 yen, kita bisa menikmati sajian minum teh tradisional Jepan gsambil menikmati pemandangan ke arah taman dan Kastil Hikone. Sungguh menakjubkan!

Taman Genkyuen dan Kastil Hikone

Taman Genkyuen dan Kastil Hikone

3. Museum Kastil Hikone

Puas berkeliling dan melihat keindahan bangunan kastil dan tamannya, sempatkan juga mampir ke Museum Kastil Hikone. Letaknya tidak jauh dari pintu gerbang utama kastil. Di sini kita bisa melihat benda-benda peninggalan keluarga Naotake maupun Tokugawa, seperti pedang, perisai, lukisan kaligrafi, berbagai jenis keramik dan patung, serta pakaian tari Noh yang terkenal. Museum ini buka setiap hari dari jam 08.30-17.00, dengan tiket masuk 500 yen.

Salah satu koleksi Museum Kastil Hikone

Salah satu koleksi Museum Kastil Hikone

4. Jalan-jalan dan berburu oleh-oleh di Jalan Yumekyobashi

Jalan-jalan kami di Hikone belum selesai. Saatnya berburu oleh-oleh. Setelah berbincang dengan penduduk lokal dan juga baca-baca dari internet, jalan Yumekyobashi adalah tempat terbaik untuk membeli oleh-oleh di Hikone. Dari kompleks Kastil Hikone, kita tinggal berjalan kaki kurang lebih 5-10 menit ke arah barat. Bangunan toko oleh-oleh, kafe, restoran, kedai teh berbaris rapi di jalan sepanjang kurang lebih 200 meter. Suasananya dijaga seperti jaman Edo, rasanya persis seperti di Kawagoe atau Higashi Chaya di Kanazawa. Ada banyak oleh-oleh di sini, salah satu yang favorit adalah pajangan dinding atau kerajinan tangan khas Hikone dengan tema Kastil Hikone maupun Taman Genkyuen.

Akses menuju Hikone

Dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa naik kereta JR Biwako Line (60 menit) atau JR Special Rapid Service (50 menit) sampai Stasiun Hikone. Ongkosnya 1.140 yen.

Dari Stasiun Osaka, teman-teman bisa naik kereta JR Biwako Line JR Special Rapid Service sampai Stasiun Hikone (dengan transit di Stasiun Kyoto). Lama perjalanan sekitar 80 menit dengan ongkos tiket 1.940 yen.

Buat teman-teman yang berangkat dari Stasiun Tokyo, Hikone terletak di tengah-tengah rute perjalanan kereta Shinkansen Tokyo-Kyoto. Teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Hikari atau Kodama dan turun di Stasiun Maibara. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dengan ongkos 11.880 yen yang tercover dengan JR Pass. Setibanya di Stasiun Maibara, kita tinggal naik JR Biwako Line sampai Stasiun Hikone selama 5 menit dengan ongkos 190 yen.

Cheap Hotels in Hikone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hikone Castle Resort 
1 km away
Hikone Castle Resort & Spa
from ¥9842/night
Hotel Estacion Hikone
1 km away
Hotel Estacion Hikone
from ¥5905/night
Hakkeitei
0 km away
Hakkeitei
from ¥11603/night
Comfort Hotel Hikone
1 km away
Comfort Hotel Hikone
from ¥7666/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pasar Nishiki
54 km away
Suasana nishiki market di Kyoto
Kuil Chionin
52 km away
Suasana Kuil Chionin di musim gugur
Toei Kyoto Studio Park
57 km away
Suasana Toei Kyoto Studio Park
Resort Ski Hirogawara Kyo
47 km away
Tempat bermain anak-anak di Resort Ski Hirogawara Kyoto

Sumber gambar: Flickr 極地狐, akamitori, 人民的好青年, Kentaro Ohnosenngokujidai4434


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!