Museum Seni Hakone

Home / Museum / Museum Seni Hakone
Item image

Tidak jauh dari sekitar Taman Gora di Hakone, ada sebuah museum yang cukup “tersembunyi” dari hingar bingar kunjungan wisata di Hakone. Benar, seiring berjalannya waktu, Hakone kini mulai dikenal oleh para wisatawan. Lokasinya yang cukup dekat dengan Gunung Fuji sebagai ikon wisata utama Jepang dengan akses yang mudah dari Tokyo membuat Hakone jadi salah satu wilayah yang pasti dilalui oleh para pengunjung. Museum Seni Hakone atau Hakone Bijutsukan ini dikatakan “tersembunyi” karena dikelilingi oleh 200 pohon maple berukuran besar dan menutupi bangunan museum. Perpaduan sempurna antara museum yang tidak terlalu ramai dengan pemandangan taman yang keren jadi daya tarik utama para pengunjung tempat ini. Berikut ini liputan kontributor kami ke Museum Seni Hakone dalam rangka berburu tempat-tempat dengan pemandangan musim gugur terbaik di Hakone.

Kegiatan seru di Museum Seni Hakone

1. Melihat koleksi Museum Seni Hakone

Museum Seni Hakone ini dibangun oleh Okada Mokichi di Hakone sekitar tahun 1952. Okada Mikichi sendiri adalah pecinta dan kolektor benda-benda seni Asia yang hidup di Jepang di akhir abad ke-19. Beragam koleksinya ini kemudian dikumpulkan oleh keluarga Okada dan dipajang dalam Museum of Art (MOA) yang ada Hakone dan Atami. Bangunan museum ini dengan luas total bangunan museum 7.700 meter persegi. Beberapa benda seni yang bisa kita lihat di museum ini antara lain keramik Jepang dari jaman Edo, lalu patung Haniwa, tembikar tanah liat dari jaman Jomon berusia ribuan tahun, aneka lukisan dari Korea dan perkakas tembaga serta keramik porcelain China kuno,

2. Pergi ke Taman Koke (Moss Garden)

Sebelum masuk ke museum, kita akan melewati Taman Koke atau Moss Garden. Tumbuhan lumut tumbuh sempurna dalam iklim dan kelembaban Hakone yang tinggi, ditambah lebatnya dedaunan pohon maple yang menutupinya. Area Taman Koke akan berubah menjadi karpet hijau terang di musim semi dan panas, dan kecoklatan di musim gugur. Total ada 130 jenis tumbuhan lumut yang hidup di area Taman Koke. Teman-teman bisa berjalan santai melalui jalan setapak berkeliling area taman ini.

Oiya, ada juga bangunan tempat minum teh Shinwatei yang menyediakan menu teh Jepang yang bisa kita nikmati langsung sambil beristirahat dan menikmati pemandangan taman.

Pendopo Shinwatei di Museum Seni Hakone

Pendopo Shinwatei di Museum Seni Hakone

3. Menikmati Momiji di Taman Sekirakuen

Selain Taman Koke (Moss Garden), teman-teman juga bisa berkunjung ke area taman landskap Jepang, yakni Taman Sekirakuen. Taman Taman yang hanya dibuka untuk publik setiap akhir pekan, libur nasional, dan di setiap hari pada bulan November (saat puncak musim gugur) ini punya pemandangan yang spektakuler. Sekitar 200 pohon maple berukuran besar di sini berubah warna menjadi kuning kemerahan, adalah daya tarik  utama Museum Seni Hakone.

Keindahan Museum Seni Hakone di musim gugur

Keindahan Museum Seni Hakone di musim gugur

Area perbukitan di sekitaran Gora dengan batu-batu vulkanik berukuran besar dan hawa sejuk membuat teman-teman dijamin tidak akan melupakan kunjungan ke tempat ini. Berikut ini Tim Info Jepang memberikan beberapa foto pemandangan musim gugur yang bisa teman-teman nikmati juga di museum seni ini. Kita juga bisa merasakan sejenak foot bath (pemandian air panas untuk kaki) di area Taman Sekirakuen.

Informasi Tiket Masuk

Kita dikenakan biaya tiket masuk museum sebesar 900 yen, yang sudah termasuk tiket ke Taman Koke dan Taman Sekirakuen yang ada di sekitar museum. Oiya, area museum ini cukup ketat, kita tidak boleh membawa tas maupun peralatan elektronik saat berkeliling dan melihat benda-benda koleksi di museum. Teman-teman bisa menitipkan tas dan barang-barang bawaan di loker penitipan di area pintu masuk museum.

Akses ke Museum Seni Hakone

Dengan menggunakan kereta Hakone Tozan dari Stasiun Hakone-Yumoto Stasiun Gora. Lama perjalanan sekitar 35-40 menit, dengan harga tiket 400 yen. Dari Stasiun Gora, kita bisa lanjut berjalan kaki sekitar 10 menit sampai ke area museum.

Selain itu, teman-teman bisa naik kereta gantung Hakone Ropeway dari Stasiun Sounzan (rute kereta gantung Togendai melalui Kawah Owakudani) dan turun di Stasiun Koenkami. Dari Stasiun Koenkami, kita tinggal berjalan kaki selama 3 menit.

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yoshimatsu
7 km away
click for detail
Hotel Hakone Powell
4 km away
from ¥14005/night
Mount View Hakone
4 km away
from ¥14005/night
Senkei
5 km away
from ¥18143/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kastil Odawara
10 km away
Kastil Odawara di sore hari
Museum Little Prince Hako
3 km away
Objek di taman Museum Little Prince Hakone
Chichibunomiya
9 km away
chichinobunomiya
Museum Seni Narukawa
5 km away
Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone

Sumber gambar: Flickr shuzo serikawa, hoge asdf, shuzo serikawa


Recommended for you


Last modified: October 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
inoto
2017-03-07 10:57:54
very nice viewing

Close Comments

Comments (15)

  1. Halo Pak saya mau tanya kalau itinerary saya
    Day 1: Tokyo area
    Day 2: Kawazu, pp Tokyo
    Day 3: Kawaguchiko, Hakone (stay 1 night)
    Day 4: back Tokyo, go Kanazawa (Shirakawa go)
    Day 5: Kanazawa to Kyoto
    Day 6: Kyoto to Osaka
    Day 7: Osaka
    Apakah lebih baik saya beli Hokuriku Arch Pass dan Tokyo Wide Pass atau JR Pass? Terima kasih..

  2. Ada satu pertanyaan terkait itinerary saya Fuji – Hakone:
    1st day -> Shinjuku-Odawara-Hakone-Gotemba Premium Outlet-Odawara-Shinjuku
    2nd day -> Shinjuku-Fuji Kawaguchiko-Gotemba-Snow town Yeti-Mishima-Kyoto

    Apakah itin saya sudah benar pak Nug?
    Saya sudah punya JR pass, apakah sebaiknya saya beli Fuji Hakone pass via Odawara pak?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Itinerarinya sudah benar bu, begitu juga dengan rencana penggunaan Fuji Hakone Pass versi Odawaranya. Saran saya, ada baiknya ibu memilih menginap di Kawaguchiko saja di malam 1st day, supaya lebih puas menikmati Hakone dan Kawaguchikonya, serta memanfaatkan Fuji Hakone Pass nya. Salam.

    • Halo pak Nug, sy jd teringat, kl dengan itinerary sy yg hari kedua dari Shinjuku-gotemba-snow town yeti-mishima- kyoto, dimana sy hrs titip koper ya? apakah di gotemba stat ada penitipan koper? mohon bantuannya.
      trims sblmnya.

  3. Dear Info Jepang,
    Berikut ini itinerary kami ke Jepang tahun 2018.
    Jakarta > Tokyo (3 nights) > Kyoto (2 nights) > Osaka (2 nights) + Kobe > Hakone (1 nights) > back to Tokyo (2 nights) > Jakarta.
    Keluarga kami yang akan berangkat terdiri dari 2 dewasa, 1 anak (14 tahun > sudah dihitung dewasa ya?) dan 1 anak (usia 5 tahun 7 bulan pada saat keberangkatan).
    pertanyaan saya:
    1. Apakah perlu kami membeli JR Pass
    2. Selama di Tokyo, tiket kereta apa saja yang perlu kami beli?
    3. Selama di Kansai area, apakah perlu membeli 2 Days Kansai Pass?
    4. Selma di Hakone, apakah perlu membeli 2 Days Hakone Pass ?
    Untuk pembelian tiket 1 – 4, apakah perlu beli di Jakarta?
    Untuk anak terkecil kami, usia 5 tahun 7 bulan, apakah perlu kami membawa stroller ? apakah bisa beli stroller 2nd di Jepang? jika ada di mana belinya?
    Kami tunggu jawabnya. Salam. Mala

    • Nugroho Christian  |  

      1. Karena ada rute PP Tokyo-Kyoto/Osaka, sudah akan balik modal dengan JR Pass. Untuk usia 14 tahun sudah dihitung dewasa, namun untuk usia 5 tahun itu bisa gratis bepergian.
      2. Cukup gunakan JR Pass saja atau gunakan kartu SUICA/Pasmo supaya lebih praktis.
      3. Tidak perlu, cukup gunakan JR Pass saja. Perjalanan Kobe-Osaka-Kyoto bisa dicapai dengan kereta JR yang tercover dengan JR Pass.
      4. Ya, bisa. Ibu bisa beli Hakone Free Pass (versi Odawara) yang mengcover ongkos transportasi yang tidak tercover dengan JR Pass.
      5. Rasanya sulit untuk membeli, apalagi jika ibu tidak bisa bahasa Jepang mencari barang-barang second. Triknya ibu bisa menyewa saja (hanya ada di tempat wisata/ kota besar) atau bawa dari Indonesia.
      Salam.

  4. Sore pak,

    Saya rencana ke jepang 18 s/d 29 juni
    Itinerary sy sbb :
    18 – 20 : Tokyo
    20 – 22 : disneyland & disneysea
    22 – 25 : osaka dan sekitarnya
    25 – 28 : hakone & Mt. Fuji
    28 – 29 : tokyo

    Kira2 pass mana yg sesuai? Apakah balik modal dg JR PASS?
    Mohin pencerahan..

    Yg ke 2.
    Dr osaka ke hakone..
    Naik kereta apa ya?

    Terima kasih sebelumnya.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!