Kuil Hasedera

Home / Temple / Kuil Hasedera
Item image

Dari Great Buddha Kamakura teman-teman bisa mengunjungi Kuil Hasedera. Jaraknya hanya 5 menit dengan berjalan kaki. Letaknya di lereng bukit yang agak curam, namun ada anak tangga yang memudahkan kita untuk dapat mencapai halaman dan juga bangunan utama kuil Hasedera. Menurut Tim Info Jepang, taman atau halaman kuil Hasedera adalah salah satu taman yang terindah di antara kuil-kuil di Kamakura. Teman-teman juga bisa bekeliling bangunan kuil melalui jalan setapak yang dihiasi dengan bunga ajisai atau bunga azelea yang berwarna merah, merah muda, ungu, dan biru muda.

Apa yang bisa dilakukan di Kuil Hasedera?

1. Melihat patung kayu terbesar di Jepang

Di dalam Kuil Hasedera atau Hase Kannon, teman-teman bisa melihat patung kayu terbesar di Jepang, yaitu patung Buddha Kannon. Patung Buddha ini adalah daya tarik utama pengunjung yang ke Kuil Hasedera. Patung kayu setinggi 9 meter ini memiliki kembaran di Kuil Hasedera di Nara. Menurut cerita masyarakat di sini, awalnya kedua patung kayu Buddha Kannon ini dibuat di Nara. Namun, tiba-tiba salah satu patung kayu tersebut ditemukan masyarakat di pantai Shonan Kamakura. Orang-orang percaya bahwa Dewi yang membawa patung itu dari Nara sampai ke Kamakura. Untuk mengingat peristiwa ini sekaligus menghormati Dewi Kannon, mereka mendirikan kuil di Kamakura, yang kini menjadi Kuil Hasedera. Patung kayu itu juga dilapis dengan emas dan diletakkan di bangunan utama kuil.

patung kuil hasedera

Patung Kuil Hasedera

2. Melihat Patung-Patung Budha bersejarah

Selain daya tarik utama berupa patung Buddha Kannon, teman-teman juga bisa melihat patung-patung lainnya yang dipercaya sebagai wujud Kannon (Dewi Kemurahan), Ungyo dan Agyo (Dewi pelindung dari rasa takut), Benzaiten (Dewi Musik), Jizo (Dewi pelindung anak-anak di akhirat) dan Jikokuten, Zochoten, Komokuten, dan Tamonten (Dewi pelindung Buddha dari godaan setan).

patung kuil hasedera

Patung Kuil Hasedera

3. Berkeliling dan menikmati keindahan taman

Kuil Hasedera memiliki pesona taman terindah di Kamakura. Setelah puas melihat patung-patung dan bangunan kuil, tidak ada salahnya untuk berkeliling taman. Teman-teman bisa melihat bunga-bunga ajisai yang bermekaran, dan juga sebuah kolam yang dikelilingi tanaman bambu. Selain itu, kita juga bisa melihat bunga-bunga hydrangea yang bermekaran pada musim panas.

Kebun bunga Hydrangea di Kuil Hasedera

Kebun bunga Hydrangea di Kuil Hasedera

4. Melihat Kota Kamakura dari atas bukit

Dari Kuil Hasedera, teman-teman bisa melihat kota Kamakura dan juga Teluk Sagami di depan kota Kamakura. Diapit oleh lautan di depan dan bukit membuat Kamakura mempunyai objek wisata yang pas: bukit yang indah, lautan, dan juga bangunan bersejarah yang kental akan makna. Jangan lupa kunjungi Kuil Hasedera!


pantai kamakura dari kuil hasedera

Pantai Kamakura dari Kuil Hasedera

Catatan penting di Kuil Hasedera

Untuk masuk ke Kuil Hasedera, kita harus membayar tiket masuk sebesar 300 yen. Dan di dalam lingkungan kuil teman-teman tidak diperbolehkan mengambil foto dan berisik.

Karena letaknya yang cukup tinggi, pengunjung dapat melihat laut dari pelataran Kuil tersebut. Di samping Kuil terdapat jalan setapak tempat berbagai macam bunga Ajisai ditanam. Bunga-bunga tersebut akan mekar dengan indah ketika musim panas. Sayang sekali ketika saya berkunjung ke sana, belum ada satu bunga pun yang terlihat mekar.

Akses ke Kuil Hasedera

jalur kereta enoden Jepang kamakura-enoshima

Jalur kereta Enoden Jepang dan objek wisata Kamakura-Enoshima

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik JR Yokosuka Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen.

Dari Stasiun Shinjuku, teman-teman bisa naik kereta JR Shonan Shinjuku Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen. Saat naik kereta JR Shonan Shinjuku, silakan perhatikan layar pengumuman di dalam kereta apakah kereta langsung ke Kamakura atau harus berpindah di Ofuna.

Dari Stasiun Kamakura, teman-teman bisa naik kereta Enoden sampai di Stasiun Hase (lama perjalanan 5 menit dengan ongkos 190 yen). Dari Stasiun Hase, Kuil Hasedera dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.

Tour ke Kamakura

yokohama bay bridge

Dalam satu hari, teman-teman bisa mengunjungi Kuil Hasedera, Patung Great Buddha of Kamakura, dan Kuil Hachimangu. Setelah itu, kita akan mengunjungi Yokohama Chinatown dan melihat Yokohama Bay Bridge.

Cheap Hotels in Kamakura [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Shonan Crystal Hotel
5 km away
from ¥9018/night
Shonan OVA
9 km away
from ¥15000/night
Pension Green Grass
1 km away
from ¥14006/night
IZA Kamakura Guest House
0 km away
from ¥3501/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Buddha Kamakura
1 km away
great buddha kamakura
Enoshima Sea Candle
5 km away
Enoshima Sea Candle ikon Enoshima yang cantik
Sengokuhara
48 km away
Padang Rumput Sengokuhara di musim panas
Owakudani
47 km away
owakudani

Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi Tim Info Jepang, Flickr *Yaco*Toshihiro Oimatsu


Recommended for you


Last modified: May 1, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!