Buddha Kamakura

Home / Temple / Buddha Kamakura
Item image

The Great Buddha of Kamakura atau yang lebih dikenal dengan Kamakura Daibutsu adalah patung Amida Buddha raksasa. Patung ini dibuat dari Perunggu sekitar tahun 1252. Patung Buddha setinggi 13,35 meter dan seberat 93 ton ini adalah Patung Buddha terbesar kedua di Jepang, setelah Daibutsu terbesar yang ada di Kuil Todaiji, Nara.

Awalnya patung Buddha ini berada di dalam ruangan utama Kuil Kotokuin, namun di awal abad ke 15 terjadi topan dan gelombang pasang di Kamakura yang kemudian merusak bangunan Kuil Kotokuin. Sejak tahun 1495 sampai sekarang, Great Buddha of Kamakura diletakkan di ruangan terbuka, di atas reruntuhan Kuil Kotokuin. Untuk dapat melihat patung Great Buddha Kamakura ini, teman-teman bisa berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Hase ke arah utara.

buddha kamakura

Patung Great Buddha Kamakura ini menggambarkan Buddha yang sedang bermeditasi. Buddha duduk dalam posisi lotus dengan tangan Dhyani Mudra. sikap meditasi. Dengan ekspresi tenang dan latar belakang pepohonan dan bukit-bukit kecil, mengunjungi Great Buddha Kamakura akan memberikan teman-teman pengalaman tidak terlupakan.

Kita bisa mencoba masuk ke dalam tubuh Buddha juga loh. Ya, ada ruangan kosong (rongga) di dalam patung perunggu ini. Setelah membayar uang persembahan sebesar 20 yen, kita bisa naik melalui tangga putar kecil untuk sampai di bagian atas patung. Di dalam tubuh Buddha, kita bisa melihat banyak orang yang berdoa bahkan hingga bersimpuh. Saya sendiri begitu mengagumi detail dan teknik pembuatan patung perunggu Buddha ini. Sungguh keren orang-orang jaman dahulu mampu membuat patung besar ini sebagai wujud penghormatannya kepada Sang Buddha.

Setelah kembali turun, kita bisa berkeliling di area taman yang mengelilingi patung Buddha. Di sini, tersebar beberapa prasasti batu. Di atas batu prasasti ini diukir tulisan-tulisan singkat yang berisi pujian maupun doa kepada Sang Buddha. Salah satu yang paling terkenal adalah puisi ciptaan Akiko Yosano yang berisi penghormatan kepada Buddha yang luhur yang mau datang dan memberkati Kamakura.

Setelah puas melihat Great Buddha Kamakura teman-teman bisa mengunjungi Kuil Hasedera yang berada hanya 5 menit dengan berjalan kaki.

patung di kuil hasedera

Bagaimana cara ke sini?

jalur kereta enoden Jepang kamakura-enoshima

Jalur kereta Enoden Jepang dan objek wisata Kamakura-Enoshima

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik JR Yokosuka Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen.

Dari Stasiun Shinjuku, teman-teman bisa naik kereta JR Shonan Shinjuku Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen. Kalau naik kereta JR Shonan Shinjuku tanyakan apakah langsung ke Kamakura atau harus berpindah di Ofuna.

Dari Stasiun Kamakura, teman-teman bisa naik kereta Enoden sampai di Stasiun Hase (lama perjalanan 5 menit dengan ongkos 190 yen). Dari Stasiun Hase, Great Buddha of Kamakura dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.

Tour ke Kamakura

yokohama bay bridge

Dalam satu hari, teman-teman bisa mengunjungi Kuil Hasedera, Patung Great Buddha of Kamakura, dan Kuil Hachimangu. Setelah itu, kita akan mengunjungi Yokohama Chinatown dan melihat Yokohama Bay Bridge.

Cheap Hotels in Kamakura [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kamakura Guest House
2 km away
from ¥3289/night
Hotel Saika
5 km away
from ¥12960/night
Hotel Shiosai
4 km away
from ¥12960/night
8 Hotel
5 km away
from ¥10186/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Enoshima Sea Candle
6 km away
Enoshima Sea Candle ikon Enoshima yang cantik
Chichibunomiya
53 km away
chichinobunomiya
Pantai Enoshima
4 km away
Panorama pantai Enoshima
Yokohama Marine Tower
18 km away
Yokohama Marine Tower

Sumber gambar: Dokumentasi pribadi Tim Info Jepang, Flickr Julien LOZELLI


Recommended for you


Tiket masuk 200 yen
Last modified: November 3, 2016 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Adrian Reza
2016-05-15 23:47:48

Close Comments

Comments (10)

  1. Hi mas , mau tanya .. kalo suica / pasmo bisa dipake dr shinjuku untuk ke kamakura ? Rutenya seperti apa yaa ? Soalnya baca2 blm ada yg ahas suica ke kamakura.. dan suica itu bisa ga kita refund misal di bandara kansai osaka? Thx

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya suica bisa dipakai di kereta menuju ke Kamakura. Lengkapnya bisa dibaca di info wisata di Kamakura.
      Suica tidak bisa direfund di Kansai, hanya bisa di sekitaran Tokyo, Haneda dan Narita.

  2. MEDIAWATY PUALAMZAH  |  

    selamat siang Pak,
    1. ada rencana ke :
    A. hakone, kawaguchi,
    B. nikko,
    C. . kamakura & yokohama …
    apakah lebih hemat beli JR Tokyo wide pass or hakone pass?
    2. apakah 1 hari perjalanan cukup untuk ke shinjuku > Hakone> kawaguchi > shinjuku ?
    3. kalau tidak pakai hakone pass, apakah ada tambahan transport lain dari hakone ke
    kawaguchi/gotemba ?
    4. kalau kembali dr Gotemba/ kawaguchi ke shinjuku apakah bisa pakai JR
    wide pass ? atau harus kembali ke hakone ?

    trima kasih Pak

    • Nugroho Christian  |  

      1. Lebih baik menggunakan Tokyo Wide Pass saja.
      2. Sebetulnya cukup, namun kamu akan terburu-buru dan tidak bisa menikmati, saran saya, silahkan pilih salah satu, atau kalau memang tetap mau mengunjungi Hakone-Kawaguchiko, korbankan yang lainnya supaya lebih maksimal.
      3. Ya, ada, kamu harus membayar tiket bus Odakyu dari Hakone ke Gotemba, lalu bus Fujikyu dari Gotemba ke Kawaguchiko. Lengkapnya bisa dibaca di Bus di Kawaguchiko Gotemba
      4. Kalau dari Gotemba, harus ke Kawaguchiko dulu, baru naik kereta Fujikyu Railway ke Otsuki, dilanjutkan dengan kereta JR Chuo Line sampai Kawaguchiko. Ongkos dari Kawaguchiko ke Shinjuku tercover sepenuhnya dengan Tokyo Wide Pass.

    • MEDIAWATY PUALAMZAH  |  

      terima kasih Pak atas penjelasannya.
      untuk wisata di hakone ini tujuan yg bisa dicapai dengan naik ropeway & cruise apakah ada transportasi lainnya untuk mencapainya ? atau memang harus melalui Ropeway & cruise ??

      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Rute yang saya sampaikan itu rute favorit bu (daya tarik utama hakone). Ibu bisa menempuh rutenya dengan naik bus atau kereta, namun ya tidak bisa melihat keindahan danau Ashinoko atau keindahan kawah Owakudani yang terkenal. Salam.

  3. pak Nugroho,
    saya akan ke Jepang akhir April dan berencana membeli Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass
    jadwal :
    Jakarta – Haneda, apakah bisa pakai Pass tsb dari Haneda ke pusat Kota Tokyo, dan beberapa tempat di Tokyo ? seperti taman Ueno, Giant Buddha Kamakura, Shibuya, Skytree ? kemudian saya mau ke Toyama, dari St. Shibuya bisa pakai Pass tsb utk dilanjutkan ke Toyama ?
    saya sedikit bingung, karena beberapa tempat yang jual Pass ini ditanya, katanya Pass tsb hanya mencover perjalananan kereta luar kota saja.
    saya juga akan ke Hokaido dari Tokyo dengan pesawat dan ke Osaka dari Sapporo dengan Pesawat.

    • Lie Lie  |  

      Pak Nugraha,

      sesuai email terdahulu , kami rencana akan beli Hokuriku Pass utk ke Toyama.
      karena kami akan ke Hokaido dengan pesawat, apakah JR PASS bisa mengcover akomodasi selama di Hokaido .
      rencana akan ke Gunung Moiwa, Otaru, taman maruyama, danau shikotsu, taman Odori dan sekitarnya.
      mohon rekomendasi Pass yang cocok utk kami yg bisa mengcover kota Tokyo, Toyama , Hokaido
      thanks,
      Lie Lie

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau membeli JR PASS (29.110 yen), maka ongkos kereta ke seluruh kota di Jepang termasuk Toyama dan Hokkaido TERCOVER semuanya. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!