Kuil Zenkoji

Home / Temple / Kuil Zenkoji
Item image

Selain Taman Monyet Jigokudani, lokasi wisata yang terkenal lainnya di Nagano adalah Kuil Zenkoji. Kuil Zenkoji termasuk ke dalam salah satu kuil terpenting dan paling terkenal di Jepang. Dalam sejarahnya, kuil ini dibangun sekitar 1.400 tahun yang lalu oleh Yoshimitsu Honda sebelum agama Buddha di Jepang terpisah menjadi beberapa sekte yang menyebar ke seluruh wilayah Jepang. Salah satu ikon wisata yang menarik di Kuil Zenkoji ini adalah patung Hibutsu yang dipercaya sebagai patung Buddha pertama yang dibawa ke Jepang. Namun, karena dianggap suci dan keramat, patung Buddha Hibutsu tidak diperlihatkan kepada publik dan turis. Oleh karena itu, para pendeta Buddha membuat acara Zenkoji Gokaicho untuk memperlihatkan replika Hibutsu, yaitu Maedachi Honzon. Zenkoji Gokaicho diadakan setiap musim semi (sekitar bulan April-Mei) setiap enam tahun sekali, dan terakhir diadakan pada tahun 2015 kemarin.

Meskipun ini adalah Kuil Buddha, namun pengunjung atau turis bisa datang dengan bebas. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga 500 yen, kita bisa berkeliling dan menjelajahi bangunan yang ada di kompleks kuil. Ada aula utama, aula tempat belajar, koridor suci, hingga Museum Sejarah Zenkoji yang digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai peninggalan sejarah berupa patung Buddha dan Bodhisattva.

Pintu gerbang Kuil Zenkoji

Pintu gerbang Kuil Zenkoji

Setibanya di area pintu masuk kuil, kita akan melihat pintu gerbang utama, yakni Gerbang Niomon. Selain itu kita juga melihat gerbang Sanmon, di mana kedua gerbang ini punya hiasan atau ornamen berupa patung-patung penjaga Nio. Di sisi luar gerbang Niomon dan Sanmon kita bisa menemukan toko-toko yang menjual suvenir dan beragam kerajinan tangan lokal, serta beberapa restoran atau kedai kecil.

Jalan menuju Kuil Zenkoji

Jalan menuju Kuil Zenkoji

Setelah melewati Gerbang Sanmon, kita akan menemukan area pelataran terbuka dengan cawan dupa besar di tengahnya. Para pengunjung biasanya akan datang dan berdoa sebentar dan memberi penghormatan di sini.

Seperti layaknya kui-kuil di Gunung Koya Wakayama, para turis juga sering menginap di Kuil Zenkoji. Istilah kerennya shokubo (menginap di kuil). Kita bisa datang menjelang sore, menikmati makan malam bersama, tidur di area kuil, dan pagi harinya turut serta dalam doa pagi bersama para pendeta Buddha (oasaji). Pengalaman menginap di kuil jadi salah satu yang paling dicari di Jepang selain keindahan alam dan budaya Jepang yang unik loh!

Akses ke Kuil Zenkoji

Untuk mencapai Kuil Zenkoji, ada dua pilihan rute, yang pertama dengan naik bus kota Nagano selama 10 menit dengan ongkos 100 yen dari depan Stasiun Nagano. Semua bus kota yang ada di depan Stasiun Nagano pasti lewat Kuil Zenkoji, jadi teman-teman tidak akan mungkin kesasar atau  salah naik bus. Selain itu, bisa juga naik kereta dari Stasiun Nagaden Nagano (di sebelah Stasiun Nagano), dan turun di Stasiun Zenkojishita. Lama perjalanan sekitar 4 menit dengan ongkos 170 yen.

Atau bisa juga dengan berjalan kaki dari Stasiun Nagano selama 30 menit melalui jalan Chuo-Dori. Jalan Chuo-Dori ini sangat terkenal di Nagano, ada banyak toko oleh-oleh, bar tradisional Jepang Izakaya, kafe dan restoran yang menjual mie soba, dan juga Asian Night Market, serta pertunjukan Teater Kabuki.

Recommended Hotels near Nagano Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Toyoko Inn Nagano-eki
2 km away
Toyoko Inn Nagano-eki
from ¥6572/night
Nagano Plaza Hotel
2 km away
Nagano Plaza Hotel
from ¥5340/night
1166 Backpackers
1 km away
1166 Backpackers
from ¥2978/night
Hotel Abest Nagano Ekimae
2 km away
Hotel Abest Nagano Ekimae
from ¥6264/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Danau Shirakoma
70 km away
Danau Shirakoma di pagi hari
Garyu Park
11 km away
Pohon bunga sakura di Garyu Park saat hanami
Tebing Tenryukyo
140 km away
Pemandangan musim gugur Tebing Tenryukyo di Nagano
Danau Suwa Nagano
69 km away
Indahnya Danau Suwa

Sumber gambar: Flickr rch850superidoljp


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!