Karuizawa Prince Shopping Plaza

Home / Attraction / Karuizawa Prince Shopping Plaza
Item image

Karuizawa, mungkin masih terdengar asing di telinga teman-teman. Memang benar, karena wilayah yang terletak di tengah Prefektur Nagano ini belum banyak dibahas dalam website-website wisata. Karuizawa sendiri dahulu termasuk dalam jalur Nakasendo, salah satu dari dua jalan utama yang menghubungkan Kyoto dengan Tokyo. Wilayah Karuizawa terletak di ketinggian 800-1000 meter dari atas permukaan laut memberikan hawa sejuk sepanjang tahun, persis seperti kawasan Puncak di Indonesia. Nah, buat teman-teman yang sedang berada di Nagano dan ingin mengunjungi Ueda atau Matsumoto pasti melalui Karuizawa. Simak laporan perjalanan Tim Info Jepang berkunjung ke Karuizawa Prince Shopping Plaza berikut ini.

Kota Karuizawa adalah kota resort liburan orang-orang Jepang. Seperti Puncak bagi orang Jakarta atau Lembang bagi orang Bandung. Wilayah pegunungan dengan hutan-hutan yang masih alami, jalanan naik-turun yang cocok untuk jogging atau bersepeda, dan juga udara sejuk sepanjang tahun memang jadi daya tarik utama Karuizawa. Eh, tunggu dulu, Karuizawa juga dikenal dengan surga belanja juga loh, salah satunya adalah Karuizawa Prince Shopping Plaza.

Toko di Karuizawa Prince Shopping Plaza

Toko di Karuizawa Prince Shopping Plaza

Kegiatan Wisata di Karuizawa Prince Shopping Plaza

1. Berbelanja di Karuizawa Prince Outlets

Kawasan pusat perbelanjaan ini masuk ke dalam jajaran outlet mall terkemuka di Jepang. Ada beragam merek-merek dunia yang bisa teman-teman temukan di sini, mulai dari pakaian, sepatu, peralatan olahraga, perhiasan, dan juga aksesoris. Desain bangunan dan toko-toko di dalam pusat perbelanjaan ini sangat bagus dan cocok buat kita yang ingin merasakan pengalaman baru dalam berbelanja. Kita juga bisa menikmati beragam hidangan tradisional Karuizawa yang disajikan di restoran yang ada di dalam mal. Karuizawa Prince Shopping Plaza buka setiap hari dari jam 10.00-20.00. Teman-teman tidak perlu repot-repot membawa uang tunai yen juga, karena semua toko di sini menerima pembayaran via kartu kredit VISA, Master Card, JCB Card, American Express, Diners Club INTERNATIONAL, dan Union Pay.

2. Jangan lupa melihat Iluminasi Malam di musim panas dan musim dingin

Tidak hanya tempat belanja, kita juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah khas prefektur Nagano. Kita bisa lihat pegunungan dan halaman yang hijau, sangat selaras dengan bangunan Karuizawa Prince Shopping Plaza yang interiornya dari kayu. Di musim dingin, kita juga bisa melihat iluminasi malam yang menambah semarak suasana belanja di Karuizawa Prince Shopping Plaza. Di musim panas, ada juga iluminasi malam yang menambah semarak jika berbelanja ke tempat ini. Total ada lebih dari 125 ribu lampu LED menerangi seantero Karuizawa Prince Shopping Plaza. Iluminasi berlangsung dari 5 Agustus hingga 24 September 2017, mulai dari pukul 18.00 hingga 22.00 setiap harinya.

Iluminasi di Karuizawa Prince Shopping Plaza

Iluminasi di Karuizawa Prince Shopping Plaza

3. Bermain di Kids Park

Sudah puas berbelanja? Bagaimana kalau mampir di arena bermain anak Kids Park? Kids Park berlokasi di sebelah Food Court di lantai utama Karuizawa Prince Shopping Plaza. Ada mainan dinosaurus raksasa, perosotan dan wahana permainan lainnya. Kids Park buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 16.30. Biaya masuknya adalah 400 yen untuk 15 menit atau 600 yen untuk 30 menit. Lalu bisa menambah 300 yen untuk tiap 15 menit lainnya. Biaya masuk ini adalah untuk anak-anak, sedangkan orangtua yang menemani tiketnya gratis hingga 1 orang dewasa.

4. Fasilitas Loker dan penitipan barang di Karuizawa Prince Shopping Plaza

Oiya, buat teman-teman yang cuma mampir di Karuizawa sebelum ke Nagano atau ke Kanazawa, Toyama, atau Takaoka, tidak perlu khawatir kerepotan membawa tas atau koper. Di Karuizawa Prince tersedia loker penitipan yang bisa teman-teman manfaatkan. Harganya cuma 600 yen untuk ukuran ekstra besar (sampai kira-kira 38 inci), dan 200 yen untuk yang ukuran kecil. Selama di Karuizawa Prince, kita juga bisa terhubung dengan internet tanpa perlu kartu sim DoCoMo atau mobile Wi-Fi Pupuru, karena di seluruh kawasan pusat belanja ini ada akses Wi-Fi gratis.

Karuizawa Ginza

Tidak begitu jauh dari Karuizawa Prince Shopping Plaza, teman-teman harus mampir juga ke Karuizawa Ginza. Kalau di Karuizawa Prince mayoritas barang yang dijual adalah barang-barang dari merek dunia, nah, barang-barang yang ada di Karuizawa Ginza adalah produk lokal. Mulai dari pakaian, pajangan dan hiasan, dan juga makanan lokal. Kesannya juga lebih tradisional dan kita bisa lebih merasakan pengalaman masa lampau Karuizawa saat transportasi utama di sini adalah gerobak kuda. Di ujung jalan, teman-teman juga bisa mampir ke Gereja Shaw Memorial. Gereja bersejarah ini didirikan oleh seorang misionaris A.C. Shaw yang mengenalkan agama Kristen di Karuizawa sekitar tahun 1890.

Cara terbaik untuk berkeliling Karuizawa adalah dengan bersepeda atau berjalan kaki. Suasana kota yang dikelilingi dengan pepohonan dengan kontur berkuit-bukit sungguh menyenangkan untuk dieksplorasi. Teman-teman bisa menemukan penyewaan sepeda di depan Stasiun Karuizawa dan juga dekat Karuizawa Ginza. Harganya mulai dari 700-900 yen untuk sewa satu hari penuh.

Lanjut ke Kusatsu Onsen

Teman-teman juga bisa melanjutkan perjalanan ke Kusatsu Onsen dan Air Terjun Shiraito dengan bus dari Stasiun Karuizawa. Lama perjalanan sekitar 80 menit dengan ongkos 2.200 yen.

Akses ke Karuizawa Prince Shopping Plaza

Karuizawa Prince Shopping Plaza bisa dicapai dengan 3-5 menit berjalan kaki dari pintu keluar selatan Stasiun Karuizawa.

Tersedia bus shuttle dari Stasiun Karuizawa sampai ke Karuizawa Ginza dengan 2 kali keberangkatan per jam. Lama perjalanannya 10 menit dengan ongkos 150 yen. Selain itu ada juga bus Kusakaru Kotsu dengan rute dari Stasiun Karuizawa-Air Terjun Shiraito-Kusatsu Onsen, yang melalui Karuizawa Ginza dan Air Terjun Shiraito.

Akses ke Karuizawa

Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta JR Hokuriku Shinkansen sampai ke Stasiun Karuizawa. Lama perjalanan sekitar 70-80 menit dengan ongkos 5.500 yen, yang tercover dengan JR Pass, Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass, dan juga JR Tokyo Wide Pass. Khusus untuk Tokyo Wide Pass seharga 10.000 yen untuk 3 hari, jika teman-teman melakukan perjalanan PP Tokyo-Karuizawa saja sudah balik modal.

Selain itu, tersedia bus cepat dari Stasiun Ikebukuro ke Stasiun Karuizawa. Lama perjalanannya sekitar 3-3,5 jam dengan ongkos 2.600 yen.

Dari Nagano

Dari Stasiun Nagano, ada dua pilihan kereta untuk ke Stasiun Karuizawa. Pertama dengan kereta JR Hokuriku Shinkansen selama 35 menit dengan ongkos 3.500 yen, atau dengan kereta Shinano selama 90 menit dengan ongkos 1.640 yen (tidak dapat menggunakan JR Pass).

Cheap Hotels in Karuizawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Karuizawa Prince Hotel We
2 km away
from ‎¥14156/night
The Prince Villa Karuizaw
2 km away
from ‎¥30253/night
Hotel Grand Vert Kyu Karu
2 km away
from ‎¥11759/night
APA Hotel Karuizawa
2 km away
from ‎¥5822/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Naka-Karuizawa
4 km away
Penginapan Hoshino Resort Naka-Karuizawa
Kyu-Karuizawa
1 km away
Hotel Kyu Mikasa di Kyu-Karuizawa
Karuizawa Prince Shopping
0 km away
Toko di Karuizawa Prince Shopping Plaza
Danau Nakatsuna Hakuba
76 km away
Sakura dan salju di Danau Nakatsuna Hakuba

Sumber gambar: Flickr bizmac, Iyhon Chiu, Hmee Talingchan


Recommended for you


Last modified: August 8, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (66)

  1. Selamat siang pak.
    Saya berencana ke Karuizawa di awal bulan desember 2019.
    Kalau tidak salah di tanggal segitu baru ada salju buatan. Apakah salju buatan itu hanya untuk kids snow park?
    Sama bertanya, since real snownya belum ada, apakah worth it untuk stay di Karuizawa? Apa lebih baik PP Tokyo Karuizawa?
    Thanks!

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Salju buatannya itu hanya di lintasan untuk ski, namun di kids snow parknya belum ibu.
      Ibu bisa menginap di Karuizawa, cari yang memang dekat dengan Karuizawa Station. Atau bisa juga pp dari Tokyo, menggunakan Tokyo Wide Pass. Salam

  2. Selamat siang Pak,
    Kami berencana akan ke Jepang pada bulan Januari 2010, dan akan ke tempat Fujiyama, Karuizawa, Shirakawago, takayama

    atau Shirakawago, Osaka, Kyoto…kira2 bisa untuk 7h6m dan budget biaya excl tiket berapa kira2 Pak…

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk ongkos dan hotelnya perkiraan kami sekitar 12-15 juta rupiah, termasuk JR Pass. Salam.

  3. Malam pak nugroho,

    Pak,bila ingin membeli jr wide pass selain di haneda airport,dimana?
    Untuk resevasi seat harus dilakukan pas hari H nya? Apakah bisa melalui internet atau datang langsung ke station?
    Kalau saya dari gala guzawa ingin ke karuizawa, bagaimana rute yang hrs kami ambil? Tolong saran nya pak nugroho, Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selain di Bandara Haneda, ibu bisa membeli TWP di Bandara Narita. Selain itu, bisa juga dibeli di loket tiket kereta Stasiun Tokyo, Stasiun Shinjuku. Tiket JR Tokyo Wide Pass ini juga bisa teman-teman peroleh di Travel Service Center di Stasiun Shibuya, Ikebukuro, Shinagawa, Ueno, Yokohama, dan Mito. Untuk reserve seat memang hanya bisa dilakukan pada hari H (sebelum keberangkatan). Lalu dari Gala Yuzawa, ibu bisa naik kereta shinkansen sampai ke Takasaki, lalu pindah ke Hokuriku Shinkansen sampai ke Karuizawa. Salam.

  4. Selamat malam pak nugroho.

    Kami ada plan ke tokyo bulan feb 2019. Akan ke Gala yuzawa dengan JR Tokyo Wide Pass. Pulang dari Gala ke Tokyo sekitar jam 3an sore. Apakah sebelum nya bisa di mampirkan ke Karuizawa Prince Shopping Plaza ini? Kalau bisa, berapa lama waktu tempuh nya dan rute kesana nya ya, pak? dan apakah ter cover dengan Tokyo Wide Pass?

    Mohon penjelasan nya. Terimakasih banyak

    • Terimakasih atas penjelasan nya pak. berarti nanti jika mau pulang ke tokyo dari karuizawa nya tinggal naik hokuriku shinkansen lagi ya? untuk jam2 nya apakah ada setiap jam pak? dan apa sebaik nya reserved seat ya?

      sebenarnya sempat terpikir apa sebaiknya main salju nya di karuizawa ski resort nya saja biar dekat. Tapi kok seperti nya view nya tidak sebagus gala ya pak?(rata2 kalau liat vlog orang kok keadaan sekitar area sled masih tanah, beda dengan gala yang benar2 tertutup salju)

      kalau boleh minta saran..apakah worth it kalau kami main salju nya di gala baru ke karuizawa atau sekalian saja semua nya di karuizawa (salju dan shopping?). Kalau misal nya ke gala dulu baru karuizawa apakah waktu nya mencukupi?

      terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Iya bu, tinggal naik kereta Hokuriku Shinkansen sampai ke TOkyo. Untuk kereta Hokuriku shinkansen sendiri tersedia 20-30 menit sekali. Untuk tempat bermain ski, sebetulnya sama saja baik Karuizawa Ski Resort atau Gala Yuzawa, hanya memang Gala Yuzawa lebih terkenal karena sangat mudah aksesnya, keluar stasiun sudah di pintu masuk resort ski. Untuk kondisinya yang belum tertutup salju, tergantung kapan ibu berkunjung sih…kalau Desember, mungkin belum terlalu tebal. Melihat rutenya, tidak ada salahnya mencoba, asalkan masih kuat saja karena biasanya abis main salju dah kecapean. Salam.

  5. Dear pak Nugroho,
    saya berencana mengunjungi Alpine Route dan Shirakawa-go dengan bermalam di Kanazawa, yang sebelumnya mampir di Karuizawa, pertanyaannya apakah semua rute perjalanan kami tersebut diatas akan ter cover bila menggunakan JR Pass pak..? terima kasih sebelumnya pak Nugroho.

    • Haryo Wicaksono  |  

      Dear pak Nugroho,
      tanya lagi ya pak.., adakah tiket bus atau pass yang sudah mengcover seluruh perjalanan dari Kanazawa ke Gokayama, Shirakawa-go dan Takayama PP, terima kasih banyak pak sebelumnya.

  6. Selamat siang pak Nugroho,

    Yang ingin saya tanyakan, JR Wide pass ini untuk tiket kereta saja atau bisa untuk shikansen juga? Shikansen apa saja ? karena rute kami Mt Fuji dan Karuizawa. Terima kasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Shinkansen Hokuriku dari Tokyo sampai Karuizawa dan Sakuradaira. Untuk ke Gunung Fuji bisa dengan kereta ekspress Kaiji/ Azusa sampai Stasiun Otsuki, dilanjutkan kereta Fujikyu Railway sampai ke Stasiun Kawaguchiko.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!