Nakamachi-dori Matsumoto

Home / Attraction / Nakamachi-dori Matsumoto
Item image

Nakamachi-dori atau jalan Nakamachi adalah pusat bisnis dan ekonomi Kota Matsumoto sejak sekitar 400 tahun yang lalu. Dahulu, di area ini ada banyak para pembuat bir dan pembuat kimono tradisional. Selain karena lokasinya yang dekat dengan objek wisata utama yakni Kastil Matsumoto, kita bisa “merasakan” kehidupan masyarakat Matsumoto sambil berkeliling, berbelanja ragam oleh-oleh tradisional, pengrajin keramik, hingga mencicipi menu makanan khas yang lezat. Selain itu, hampir seluruh bangunan di sekitar jalan Nakamachi ini punya desain eksterior yang unik, dengan dinding putih hitam dan motif polkadot di bagian bawah. Pas banget buat jadi latar belakang foto yang keren. Simak lanjutan kisah saya mengunjungi Matsumoto berikut ini.

Area Nakamachi-dori ini mirip dengan Takeshita-dori yang ada di Harajuku, namun suasananya lebih tradisional dengan bangunan-bangunan tua yang disebut dengan kura atau dozo. Bangunan ini adalah bangunan tahan api dengan tujuan untuk menyimpan barang-barang berharga yang ada di dalamnya. Di akhir abad ke-18 memang di area Nakamachi sering terjadi kebakaran yang membuat para pedagang rugi karena dagangan yang disimpan terbakar habis. Dinding bangunan kura ini tebalnya sekitar 20-30 centimeter dan dibuat dengan batu yang dilapisi dengan tanah untuk menahan panas.

Selain bisa berbelanja oleh-oleh khas Matsumoto, seperti aneka kerajinan tangan, keramik, kita juga bisa membeli beragam pakaian, sepatu, dan aksesoris yang dijual di pusat–pusat perbelanjaan besar di sekitar Nakamachi. Berikut ini tempat-tempat yang bisa teman-teman kunjungi:

Museum Arloji di Nakamachi-dori Matsumoto

Museum Arloji di Nakamachi-dori Matsumoto

  1. Museum skala/ standardisasi peralatan. Tempat yang kini dijadikan museum ini dibangun tahun 1902, dan menjadi tempat standardisasi peralatan di seluruh Jepang, seperti aneka timbangan, alat ukur berat kain sutera, hingga alat ukur Roberval yang digunakan untuk menimbang perhiasan.
  2. Kuil Nakamachi. Terletak di sisi timur jalan Nakamachi, kuil ini dipercaya sebagai pelindung area Nakamachi. Hal ini dipercaya oleh para penduduk karena saat terjadi kebakaran besar, kuil ini melindungi bangunan di belakangnya dan juga menghentikan rambatan api.
  3. Museum Seni Matsumoto, di mana beragam koleksi Yayoi Kusama, seorang seniman kontemporer asli Matsumoto yang terkenal dengan desain polkadotnya.
  4. Museum Arloji Matsumoto, di mana kita bisa melihat beragam arloji dari berbagai wilayah Jepang, lengkap dengan penjelasan sejarah. Museum ini juga terkenal dengan bandul jam raksasa yang merupakan bandul jam terbesar di Jepang.
  5. Nakamachi Kurassi-kan, yakni pabrik pembuatan bir sake khas Matsumoto. Tempat ini juga jadi ikon Nakamachi, di mana kita bisa bersantai di area terbuka sampil menikmati kopi, teh, sake, atau makan mie soba sambil melihat orang-orang berlalu lalang di sepanjang jalan Nakamachi.
Kurassikan di Nakamachi-dori Matsumoto

Kurassikan di Nakamachi-dori Matsumoto

Akses Menuju Nakamachi Matsumoto

Dari Stasiun Matsumoto, kita bisa berjalan kaki selama 10 menit ke arah timur menyusuri sungai Metoba. Buat teman-teman yang ingin berkeliling kota Matsumoto, tersedia juga sepeda gratis yang bisa ditemukan di dekat stasiun, kastil, atau museum seni Matsumoto.

Akses Menuju Matsumoto

1. Dari Tokyo (Dengan Kereta)

Dari Shinjuku Station naik kereta JR Chuo Line sampai Stasiun Matsumoto melalui Stasiun Takao dan Kofu. Lama perjalanan sekitar 4,5 jam dengan ongkos 4.000 yen.

Atau juga bisa naik kereta Limited Ekspress Super Azusa dari Stasiun Shinjuku sampai Stasiun Matsumoto selama 2,5 jam dengan ongkos 6.380 yen. Baik kereta lokal JR Chuo Line dan kereta Limited Ekspress Super Azusa ini tercover oleh JR Pass.

Selain itu teman-teman juga bisa naik kereta Shinkansen Hakutaka/ Asama dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Nagano sekitar 100 menit dengan ongkos tiket 7.680 yen. Kemudian dari Nagano, bisa lanjut naik kereta limited express Wide View Shinano selama 50 menit dengan ongkos tiket 2.320 yen.

2. Dari Tokyo (Dengan bus)

Buat yang mau naik bus, tersedia bus Keio Highway dari terminal bus Stasiun Shinjuku sampai ke Stasiun Matsumoto. Bus ini berangkat setiap jam dengan lama perjalanan sekitar 3 jam dengan harga 3.500 yen untuk sekali perjalanan dan 6.100 yen untuk rute pergi-pulang. Informasi selengkapnya bisa dilihat di Matsu Moto Shinjuku.

3. Dari Nagano (Dengan Kereta)

Dari Stasiun Nagano, kita bisa naik kereta limited express Wide View Shinano selama 50 menit dengan ongkos tiket 2.320 yen. Atau Shinonoi Line seharga 1.140 yen namun dengan 80 menit perjalanan.

Cheap Hotels in Matsumoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Matsumoto BackPackers
1 km away
Matsumoto BackPackers
from ‎¥3171/night
Premier Hotel Cabin Matsu
1 km away
Premier Hotel Cabin Matsumoto
from ‎¥6342/night
Hotel Trend Matsumoto
1 km away
Hotel Trend Matsumoto
from ‎¥5421/night
Hotel New Station
1 km away
Hotel New Station
from ‎¥6444/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Resort Ski Fujimi Panoram
42 km away
Ayuk ke Resort Ski Fujimi Panorama
Garyu Park
55 km away
Pohon bunga sakura di Garyu Park saat hanami
Kebun Wasabi Daio
13 km away
Pemandangan Kebun Wasabi Daio Nagano
Shin Hotaka Ropeway
36 km away
Pegunungan Alpen Jepang dari Shin Hotaka Ropeway

Sumber gambar : Flickr Kazuhiko Sakurai, 大 方, Masashi Nakano


Recommended for you


Last modified: April 23, 2017 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (2)

    • Nugroho Christian  |  

      Baik kereta lokal JR Chuo Line dan kereta Limited Ekspress Super Azusa dari Shinjuku sampai Matsumoto ini tercover oleh JR Pass.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!